Manfaat Buah Sirsak Bagi Kesehatan, Kandungan Nutrisi Dan Gizinya

Manfaat Buah Sirsak – Siapa yang tidak kenal dengan buah sirsak? Buah sirsak dengan nama latin Annona Muricata merupakan tumbuhan yang berasal dari negara Amerika bagian Selatan dan Tengah. Penyebarannya pun mencakup negara Indonesia.

Di Indonesia sendiri, buah sirsak sangat populer dan banyak ditemui di daerah-daerah. Buah sirsak pun banyak memiliki julukan seperti diantaranya, nangka buris, nangka landa, nangka walanda, dan khusus untuk bahasa Jawa adalah srikaya.

Buah sirsak umumnya banyak dimanfaatkan sebagai bahan dasar pembuatan minuman dan makanan mulai dari jus buah, sub buah, es krim, manisan hingga olahan kue. Buah sirsak yang telah matang mempunyai daging yang berwarna putih dan biji yang pipih berwarna hitam dengan jumlah yang sedikit.

Kandungan Nutrisi Dan Gizi Buah Sirsak

kandungan nutrisi dan gizi buah sirsak
nettcyber.com

Buah sirsak memiliki begitu banyak khasiat dan manfaat karena memang banyak pula kandungan nutrisi dan gizi di dalamnya. Selain karena memiliki rasa yang unik yaitu rasa manis-manis namun sedikit asam, buah sirsak dipercaya merupakan salah satu buah super yang memiliki khasiat untuk menyembuhkan beragam penyakit.

Kandungan dan nutrisi dalam buah sirsak pun sangat banyak. Khasiatnya pun tidak hanya terkandung dalam buahnya, juga pada daun dan pohonnya yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Khasiat pada buah ini karena kandungan antioksidan nya yang tinggi.

Berbagai macam zat yang dikandung sebagai contoh seperti vitamin B1, vitamin B2, karbohidrat dan vitamin C. Buah sirsak juga kaya akan serat pangan yaitu kandungan substansi non-gizi. Kadar serat dalam buah ini mencapai 3,3 gram tiap 100 gram daging buah yang sirsak dimiliki. Buah ini juga mengandung zat-zat lain seperti kalsium dengan kadar 14 mg dan fosfor dengan kadar 27 mg per 100 gram daging buah sirsak.

Berikut ulasan singkat kandungan nutrisi dan gizi lainnya yang bisa kita temui pada buah sirsak ini:

  • Serat

Serat memiliki fungsi untuk memperlancar metabolisme dan pencernaan di dalam tubuh manusia.

  • Karbohidrat

Buah sirsak mengandung setidaknya 38 gram karbohidrat untuk tiap 1 gelas daging buahnya atau setara dengan 100 gram daging buah. Karbohidrat yang terkandung dalam buah sirsak bermanfaat untuk memberikan energi pada tubuh manusia.

  • Kalium

Kalium dalam buah sirsak adalah untuk mengatur tingkat tekanan darah dalam tubuh manusia. Kandungan kalium juga membantu otot-otot yang tersebar pada seluruh jaringan tubuh manusia. Selain itu kandungan tersebut pun berfungsi sebagai perbaikan pada kerusakan atau pengkeroposan sel-sel pada tulang.

  • Vitamin C

Kaya dan tingginya kandungan vitamin C pada buah sirsak menjadikannya sebagai salah satu buah yang bermanfaat sebagai antioksidan pada tubuh. Kandungan antioksidan pada tubuh sangat berguna karena dapat membantu tubuh melawan berbagai macam penyakit yang disebabkan bakteri jahat maupun virus dalam tubuh.

  • Air

Sirsak juga mengandung kadar air yang tinggi. Di dalam satu gelas daging buah sirsak terdapat kandungan air sebanyak 183 gram. Mengkonsumsi buah sirsak secara cukup secara teratur dapat membantu tubuh manusia terhindar dan mencegah terjadinya dehidrasi.

  • Fosfor

Dengan kandungan 27 mg fosfor pada tiap 100 gram daging buah sirsak ini sangat bermanfaat untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan tulang dan juga berfungsi untuk menghambat terjadinya penyakit osteoporosis yang menyerang tulang manusia.

Manfaat Buah Sirsak Untuk Kesehatan

manfaat buah sirsak untuk kesehatan
tampang.com

Sebagaimana telah dijelaskan sedikit di atas, buah sirsak memiliki banyak sekali kandungan dan gizi sehingga sangat berkhasiat dan bermanfaat bagi tubuh manusia. Banyaknya nutrisi dan gizi pun menjadikan buah sirsak memiliki manfaat bagi kesehatan apabila kita mengkonsumsinya cukup dan teratur.

Mengkonsumsi buah sirsak sangat disarankan bagi kesehatan karena ketika tubuh mengkonsumsi buah ini, sampai pada sistem pencernaan kita, buah sirsak akan segera diuraikan dan kemudian nutrisi dan gizi buah sirsak akan diserap untuk disebarkan ke seluruh bagian tubuh melalui peredaran darah.

Tidak banyak orang yang mengetahui khasiat buah sirsak yang begitu banyak. Di bidang kesehatan buah ini juga sangat sering digunakan oleh para ahli pengobatan dan kesehatan terutama yang tradisional. Mereka menyebutkan bahwa buah sirsak termasuk salah satu buah yang terdaftar buah-buahan yang paling sering menjadi bahan dasar pembuatan obat-obatan herbal dengan fungsinya untuk  menjaga kondisi tubuh agar tetap stabil. Buah sirsak memiliki begitu banyak manfaat yang bisa dijadikan sebagai bahan pengobatan herbal dan kesehatan.

Berikut beberapa diantaranya manfaat yang dapat kita peroleh apabila mengkonsumsi rutin buah sirsak dan tentu dengan porsi yang cukup untuk tubuh. I

Manfaat Buah Sirsak Untuk Kanker

manfaat buah sirsak untuk kanker
manfaat-aneka-buah.blogspot.com

Beberapa kasus di tengah-tengah masyarakat, bagian dari sirsak yang bermanfaat untuk pengobatan kanker adalah terletak pada daunnya. Namun hal ini sendiri masih menjadi perdebatan banyak orang dan beberapa lebih memilih menggunakan buah sirsak sebagai pengobatan kanker.

Banyak orang-orang penderita kanker yang berusaha mati-matian untuk mencari cara agar dapat mengobati penyakit ganas tersebut yang mendiami tubuhnya. Oleh karena itu tak jarang pula mereka penderita kanker juga mencari berbagai cara seperti pengobatan alternatif atau dengan mengkonsumsi macam obat-obatan herbal agar dapat menyembuhkan penyakit mengerikan dengan mencoba pemanfaatan dari buah sirsak ini.

Penelitian dalam bidang kesehatan pun telah menemukan bahwa buah sirsak memiliki kandungan antioksidan yang cukup tinggi sehingga sangat memungkinkan untuk mengobati dan membasmi penyakit kanker yang menggerogoti tubuh. Manfaat dari buah sirsak ini memanglah sangat banyak terutama khasiatnya dalam pengobatan kanker. Meski tidak dipungkiri penelitian terhadap buah sirsak sebagai pengobatan kanker pun masih terus dilakukan dan dikembangkan karena hal tersebut pun sangat dinanti-nanti dalam dunia medis.

Buah Sirsak Membasmi Diabetes

buah sirsak membasmi diabetes
www.daftarresepobat.com

Dalam tubuh manusia, normalnya kadar gula yang dimilikinya haruslah berkisar 70 mg sampai dengan 120 mg. Untuk mencukupkan kadar gula dalam tubuh, perlunya kelebihan kadar gula yang sangat beresiko diabetes untuk dicegah dan dibasmi.

Caranya bagaimana? Salah satu caranya adalah dengan mengkonsumsi buah sirsak yang cukup. Karena buah sirsak memiliki manfaat sebagai pembasmi diabetes. Nutrisi yang terkandung dalam buah sirsak berfungsi untuk menstabilkan kadar gula darah dalam tubuh manusia agar tetap dalam batas normal.

Selain manfaat nya di buah sirsak, kita bisa memanfaatkan daun sirsak sebagai bahan pengobatan herbal bagi orang-orang yang menderita diabetes. Daun sirsak dapat digunakan untuk mengobati penyakit diabetes secara alami dengan cara berikut:

Langkah-langkah pengobatan:

  • Pertama-tama ambil 2 sampai 5 helai daun buah sirsak
  • Bersihkan terlebih dahulu daun buah sirsak dengan air yang mengalir agar bakteri dan kuman yang menempel dapat hilang dan larut melalui air.
  • Setelah dibersihkan kemudian rebus daun sirsak ke dalam air dengan takaran tiga gelas atau 600 ml air, rebus hingga mendidih dan biarkan hingga rebusan menyusut menjadi satu gelas.
  • Kemudian air rebusan daun yang hanya tersisa satu gelas tersebut bisa diminum. Minum rebusan daun sirsak rutin dan teratur untuk tiap pagi dan malam hari sebelum tidur bagi para penderita diabetes.
  • Setelah kira-kira tiga sampai empat hari rutin pemakaian, cek kadar gula darah anda segera dan lihat hasilnya.

Buah Sirsak Meminimalisir Gangguan Penglihatan

buah sirsak meminimalisir gangguan penglihatan
ptnasa.net

Sebuah studi dan penelitian yang digawangi Nationa Eye Institute menyatakan bahwa buah sirsak memiliki beragam nutrisi yang mampu menurunkan gangguan pada mata degenerasi makula hingga 25 persen. Kandungan dalam buah sirsak seperti vitamin C, E, beta karoten dan zinc mampu merawat dan mengoptimalkan kesehatan mata.

Buah sirsak dapat membantu para penderita gangguan dan penyakit mata, seperti contoh para penderita katarak. Dengan rutin mengkonsumsi buah sirsak sehari 2 kali dipercaya dapat mengurangi terjadinya resiko gangguan pada mata. Mengkonsumsi buah sirsak pun dapat mencegah pandangan kabur dan gangguan kesehatan mata lainnya seperti mata merah, mata gatal, iritasi hingga penyakit katarak yang dapat menyebabkan kebutaan pada mata.

Mengurangi Terjadinya Resiko Penyakit Serangan Jantung

mengurangi terjadinya resiko penyakit serangan jantung
hellosehat.com

Buah sirsak mengandung vitamin B1 yang memiliki manfaat untuk mempercepat metabolisme, sirkulasi aliran darah pada tubuh serta mencegah gangguan pada sistem saluran dara terutama pada organ jantung.

Menurut penelitian kesehatan yang dilakukan terhadap buah sirsak mengungkapkan keistimewaan buah ini yang sangat membantu kinerja kesehatan tubuh manusia. Pada buah sirsak ini terkandung suatu zat yang mampu menghilangkan ateroklerosis di dalam jantung manusia.

Ateroklerosis sendiri merupakan suatu zat yang dapat memicu terjadinya serangan jantung yaitu kondisi dimana saluran arteri jantung mengalami penebalan yang mengakibatkan darah yang harusnya mengalir menjadi tidak lancar dan berhenti.

Dengan mengkonsumsi jus buah sirsak secara rutin di pagi hari, dapat membantu produksi zat pencegah ateroklerosi sehingga peredaran darah dari jantung ke seluruh tubuh maupun sebaliknya tetap teratur dan berjalan baik.

Buah Sirsak Membantu Menjaga Kesehatan Pencernaan

buah sirsak membantu menjaga kesehatan pencernaan
santrijawa.com

Sistem pencernaan akan terganggu apabila terjadinya gangguan terhadap proses berjalan nya penyerapan gizi serta proses pencernaan makanan yang dapat menyebabkan akan timbulnya penyakit pada pencernaan seperti diare atau sembelit.

Kandungan vitamin B2 yang terkandung dalam buah sirsak yang cukup tinggi dapat membantu menjaga membran mukosa pada organ usus sehingga membantu sistem pencernaan manusia untuk tetap stabil. Mengkonsumsi buah sirsak juga dapat menjaga kondisi kesehatan usus agar memperlancar proses pencernaan makanan maupun penyerapan zat-zat atau gizi yang terkandung dalam makanan.

Membantu Produksi Hemoglobin

membantu produksi hemoglobin
www.caraalami.web.id

Buah sirsak mengandung suatu zat yang bernama riboflavin. Zat yang terkandung ini memiliki fungsi penting dalam tubuh, yaitu untuk membantu tubuh dalam memproduksi sel darah merah atau hemoglobin. Sel dara merah pada tubuh berfungsi untuk mengalirkan oksigen ke seluruh tubuh secara normal dan tetap stabil.

Aliran oksigen yang cukup dalam darah membantu dan mengoptimalkan organ-organ vital maupun non-vital untuk dapat melakukan aktivitasnya dengan baik tanpa adanya gangguan yang beresiko pada kesehatan manusia.

Meningkatkan Konsentrasi Di Dalam Tubuh Manusia

meningkatkan konsentrasi di dalam tubuh manusia
alimustikasari.com

Banyaknya vitamin yang terkandung dalam buah sirsak sangat bermanfaat untuk meningkatkan dan mengoptimalkan konsentrasi dan memori atau daya ingat pada otak. Buah sirsak juga berfungsi untuk menjaga kinerja otak untuk tetap dap beraktivitas dengan baik.

Dengan banyaknya vitamin yang tercukupi untuk diserap tubuh terutama makanan utama otak, menjadikan otak dapat terlepas dari stres da beban-beban pikiran sehingga sistem saraf motorik yang terdapat di dalam nya pun ikut menjadi kuat.

Pemasok Energi Bagi Tubuh

pemasok energi bagi tubuh
berkahkhair.com

Selanjutnya manfaat buah sirsak sebagai salah satu makanan yang dapat menjadi pemasok energi dalam tubuh. Hal tersebut karena buah sirsak yang memiliki kandungan gula dengan jenis fruktosa yang tinggi sehingga dapat menjadi sumber karbohidrat yang dapat membantu tubuh untuk tetap berenergi.

Selain memiliki kandungan karbohidrat yang dapat memasok energi pada tubuh, buah sirsak juga  mengandung vitamin B1 yang bermanfaat untuk memberikan kadar energi pada tubuh manusia. Kadar energi dari vitamin B1 berfungsi untuk mengoptimalkan fungsi organ-organ vital pada tubuh seperti otak, jantung, paru-paru dan ginjal. Vitamin B1 ini akan bertindak sebagai ko-enzim yang merubah glukosa menjadi sumber energi untuk proses kinerja organ-organ tersebut.

Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

meningkatkan sistem kekebalan tubuh
instalasigasmedis.co.id

Kandungan vitamin C tinggi yang terkandung dalam buah sirsak mampun membuat rangsangan dalam pembentukan sel darah putih yang sangat bermanfaat sebagai perisai dalam tubuh atau antioksidan. Berbagai macam antioksidan yang terkandung dalam buah sirsak juga sangat bermanfaat untuk menetralkan radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh manusia sehingga tubuh pun kebal dan tidak rentan terhadap penyakit.

Sebuah penelitian yang dilakukan, beberapa ahli kesehatan menyebutkan buah sirsak juga memiliki senyawa acetogenic hingga muricapentocin yang memiliki fungsi sebagai zat-zat yang mampu meningkatkan sistem imunitas bagi tubuh dari berbagai macam penyakit yang dapat menyerang tubuh manusia.

Baik Dikonsumsi Untuk Ibu Hamil

baik dikonsumsi untuk ibu hamil
www.tribunnews.com

Buah sirsak baik dikonsumsi untuk ibu hamil karena memiliki manfaat yang besar. Seorang ibu hamil sangat memungkinkan membutuhkan lebih banyak asupan gizi agar membantu tumbuh kembang si buah hati kecilnya begitupun untuk tetap membantu kesehatan bagi sang ibu. Berikut beberapa manfaat yang didapatkan bagi ibu hamil yang mengkonsumsinya:

  • Kandungan kalsium dan fosfor yang terkandung dalam buah sirsak dapat membantu kembang tumbuh tulang janin yang dikandung oleh ibu.
  • Buah sirsak dapat dijadikan obat herbal alami yang bermanfaat untuk membersihkan rahim bagi wanita terutama pasca melahirkan atau datang bulan.
  • Kandungan pada buah sirsak juga membantu menurunkan dan mencegah resiko diabetes yang sering dialami ibu pada saat kehamilan.

Buah Sirsak Untuk Kecantikan

buah sirsak untuk kecantikan
www.ensiklopediabuah.com

Tubuh manusia membutuhkan zat-zat penting seperti fruktosa, vitamin C, vitamin B1 dan B2, kalsium, mineral dan masih banyak lagi. Zat-zat tersebut dapat kita peroleh hanya dengan mengkonsumsi buah sirsak secara teratur. Buah sirsak sangat kaya akan vitamin dan nutrisi yang penting bagi kesehatan tubuh kita.

Selain manfaat nya untuk kesehatan dalam tubuh, buah sirsak ternyata bisa dijadikan bahan kosmetik alami untuk kecantikan yang tentunya sangat aman bagi kulit kita. Beberapa diantara manfaat buah ini bagi kecantikan adalah:

  • Masker buah sirsak yang membantu mencegah dan menghilangkan jerawat serta komedo.
  • Mengkonsumsi jus buah sirsak secara rutin sebelum tidur di malam hari membantu melawan tanda-tanda penuaan pada seseorang.
  • Pemakaian jus buah sirsak pada rambut dapat membantu mengusir dan menghilangkan kutu pada rambut.
  • Menjadikan buah sirsak sebagai masker rambut setidaknya rutin satu minggu sekali membantu merawat kesehatan rambut, menguatkan rambut, mencegah kerontokan pada rambut dan mengurangi banyaknya ketombe pada rambut.

Mengobati Penyakit Kolestrol

mengobati penyakit kolestrol
apotekeranda.com

Buah sirsak mengandung serat tinggi sehingga enggan mengonsumsinya pun sangatlah bagus untuk memperlancar sistem pencernaan pada tubuh manusia. Serat sendiri berfungsi untuk memperlancar proses metabolisme dan pencernaan pada tubuh manusia.

Dengan mengkonsumsi 100 gram buah sirsak tiap harinya maka anda sudah memenuhi kebutuhan serat harian sebesar 13 persen. Selain kandungannya juga akan mempermudah penyerapan terhadap kolesterol jahat.

Demikian penjelasan mengenai manfaat buah sirsak yang akan banyak kita dapatkan apabila mengkonsumsinya. Kesehatan tubuh adalah paling utama. Mencegah datangnya penyakit adalah lebih baik ketimbang dari mengobatinya. Siapa lagi yang akan menjaga kesehatan tubuh jika bukan kita sendiri. Semoga dengan penjelasan singkat ini para pembaca dapat memetik pengetahuan yang lebih. Semoga bermanfaat dan selamat membaca.

READ  10 Fungsi Karbohidrat Bagi Tubuh yang Harus Anda Tahu

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.