7 Manfaat Pare yang Luar Biasa Bagi Kesehatan Tubuh

Manfaat Pare –¬†Sebagai masyarakat Indonesia, Anda tentunya sudah tidak asing dengan yang namanya sayur Pare. Sebuah sayur yang terkenal dengan rasanya yang pahit ini memang biasanya dijadikan hidangan masakan keluarga di rumah.

Meskipun memiliki rasa yang pahit, namun sayur pare memiliki banyak penggemar. Tahukah Anda di balik rasanya yang pahit, ternyata sayur pare ini memiliki sejuta manfaat yang sangat baik bagi kesehatan.

Bahkan, dikatakan bahwa pare ini bisa digunakan untuk mengobati berbagai macam penyakit dan tentunya menjadikan tubuh Anda menjadi lebih sehat.

Mau tahu apa saja manfaat pare bagi kesehatan? Sebelum mengetahuinya, ada baiknya jika Anda perlu tahu kandungan yang dimiliki oleh sayur pare terlebih dahulu.

Kandungan Nutrisi Pada Pare

kandungan nutrisi pada pare
Kandungan Nutrisi Pada Pare

Sayur pare adalah salah satu jenis tanaman yang di dalamnya mengandung banyak sekali vitamin yang bermanfaat bagi tubuh. Diantara vitamin tersebut antara lain seperti Vitamin A, B1, B2, B3, B9, Vitamin C, dan juga Vitamin E.

Tidak hanya kaya kandungan Vitamin saja yang tinggi, namun sayur pare juga kaya akan mineral juga. beberapa mineral yang ada dalam sayur ini seperti kalium, magnesium, kalsium, zinc, fosfor, dan juga zat besi. Sayuran ini juga memiliki kandungan antioksidan yang sangat bermanfaat bagi tubuh seperti flavonoid dan fenol.

Karena nutrisi yang dimiliki oleh sayur inilah yang menjadikan pare memiliki manfaat yang sangat luar biasa. apa saja manfaat pare? Langsung saja simak selengkapnya di bawah ini.

READ  10 Fungsi Karbohidrat Bagi Tubuh yang Harus Anda Tahu

Manfaat Sayur Pare

Mengontrol Kadar Gula Darah Tubuh

mengontrol kadar gula darah tubuh
hellosehat.com

Manfaat pertama yang dimiliki oleh pare adalah bisa digunakan untuk mengontrol gula darah dalam tubuh. Jadi, sayur pare ini memiliki fungsi yang sama  seperti insulin yang akan membantu darah membawa glukosa ke dalam sel untuk dibuat menjadi energi.

Karena sifatnya yang seperti inilah menjadikan pare berfungsi untuk mengontrol kadar gula dalam darah. Dengan mengkonsumsi pare, maka sel-sel tubuh Anda akan mendapatkan glukosa sebagai makanannya.

Tidak hanya itu, namun pare juga berfungsi agar tidak terjadi penumpukan glukosa dalam darah serta memindahkannya ke otot, jaringan lemak maupun hati. Sayangnya, pare bukanlah salah satu cara untuk merawat diabetes meskipun sudah ada penelitian yang membuktikan bahwa pare dapat mengontrol gula darah.

Meningkatkan Imunitas

meningkatkan imunitas
www.terapizona.net

Kandungan antioksidan yang tinggi dalam pare serta kandungan Vitamin C-nya menjadikan sayur ini dapat meningkatkan imunitas. Jadi, antioksidan ini berfungsi untuk membentuk pertahanan bagi zat asing yang akan merusak tubuh.

Dengan demikian, maka Anda tidak akan mudah sakit ataupun terserang penyakit yang berbahaya.

Menyehatkan Mata

Menyehatkan Mata
Menyehatkan Mata

Manfaat pare yang selanjutnya juga berfungsi untuk menyehatkan mata. Jadi, di dalam sayur pare ini terdapat kandungan flavonoid seperti betakaroten, zeaxanthin, luetin yang memiliki fungsi untuk menjaga kesehatan mata Anda.

Dengan mengkonsumsi banyak pare ternyata dapat meningkatkan penglihatan terutama pada malam hari. Tidak hanya itu, banyak mengkonsumsi pare juga bisa memperlambat proses degenerasi makula. Sebab, senyawa ini juga memiliki peran dalam hal melawan efek penuaan, menangkal radikal bebas yang dapat membahayakan tubuh.

Meredakan Asma

Meredakan Asma
Meredakan Asma

Bagi Anda yang memiliki riwayat asma dan sering kambuh, mengkonsumsi pare adalah solusi yang paling tepat. Dengan mengkonsumsi pare ternyata dapat mengurangi gejala asma, demam dan juga bronkitis.

READ  15 Manfaat Daun Afrika untuk Kesehatan dan Kecantikan Kulit

Ini karena sayur pare memiliki sifat anti inflamasi dan juga antivirus yang membuatnya menjadi salah satu makanan yang sehat untuk membantu menyehatkan pernapasan. Karena itu, pare sangat direkomendasikan untuk dikonsumsi oleh penderita asma.

Mengobati Berbagai Masalah Kulit

mengobati berbagai masalah kulit
lifestyle.sindonews.com

Pare juga dijadikan sebagai salah satu pengobatan tradisional di Tiongkok. Di sana pare digunakan untuk mengobati masalah kulit. Ini karena dalam pare terdapat senyawa anti bakteri dan anti fungsi yang akan melawan penyebab infeksi kulit.

Beberapa jenis penyakit kulit yang bisa diatasi dengan pare seperti kudis, kurap, dan bahkan psioriasis juga bisa. Ini karena pare dapat menghentikan aktivitas dari gunacylate cyslase yang dapat memperburuk kondisi dari psioriasis.

Mengobati Herpes dan HIV

mengobati herpes dan hiv
www.halodoc.com

Sebuah penelitian menyebutkan bahwa manfaat pare bisa digunakan untuk menghambat virus HIV dalam tubuh.

Karena hal inilah pare sering ditambahkan dalam proses pengobatan penyakit HIV AIDS. Tidak hanya itu saja, sayur yang satu ini juga bisa mengobati penyakit herpes. Ini karena kandungan antivirus yang dimiliki oleh sayuran yang satu ini.

Menjaga Kesehatan Tulang dan Membantu Penyembuhan Luka

menjaga kesehatan tulang dan membantu penyembuhan luka
hellosehat.com

Manfaat lain yang dimiliki oleh pare adalah bisa menjaga kesehatan tulang. Kandungan Vitamin K dan juga kalsium yang tinggi dalam sayur ini akan menutrisi tulang agar lebih kuat. Dengan banyak mengkonsumsi sayur ini, maka risiko tulang patah akan semakin kecil. Selain itu, ia juga berfungsi untuk membantu penyembuhan luka.

Ada banyak sekali manfaat pare yang bisa Anda rasakan dengan mengkonsumsi nya secara sering. Jadi, jangan lihat sayur ini dari rasanya namun lihat betapa luar biasanya manfaat yang diberikan oleh sayur ini.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.