12 Manfaat Nanas Bagi Kesehatan dan Perawatan Tubuh

Beragam Manfaat Nanas untuk Kesehatan dan Perawatan Tubuh

Siapa yang tidak kenal dengan buah nanas? Ya, nanas adalah salah satu buah yang sangat disukai oleh masyarakat. Pisang yang memiliki rasa sedikit asam dan manis ini bisa disajikan dengan berbagai variasi. Selain dimakan secara langsung, nanas bisa disajikan dengan cara dibuat menjadi salad atau bahkan campuran makanan.

Nah, selain rasanya yang nikmat, nanas memiliki kandungan nutrisi tinggi yang tidak bisa diremehkan. Beberapa nutrisi atau kandungan gizi yang terdapat dalam buah ini diantaranya adalah vitamin C, vitamin B1, folat, air dan lainnya. Kandungan gizi itulah yang membuat nanas memiliki banyak manfaat, terutama untuk kesehatan serta perawatan tubuh.

Ragam Manfaat Nanas Bagi Kesehatan dan Perawatan Tubuh

ragam manfaat nanas bagi kesehatan dan perawatan tubuh
kiatfit.com

Sebagaimana disinggung di awal, nanas adalah buah yang memiliki banyak nutrisi yang sangat baik untuk menjaga kesehatan serta melakukan perawatan tubuh. Nah, ragam manfaat nanas inilah yang membuat Anda sebaiknya mengkonsumsi nanas secara teratur agar mendapatkan manfaatnya dengan maksimal.

Dilansir dari beberapa sumber, ada cukup banyak manfaat buah nanas yang membuat Anda mendapatkan alasan kenapa konsumsi buah yang satu ini menjadi penting. Beberapa manfaat nanas diantaranya adalah sebagai berikut.

Mencegah Kembung

mencegah kembung
www.pegipegi.com

Salah satu manfaat nanas untuk kesehatan yang bisa Anda dapatkan ialah menghilangkan potensi kembung. Perut kembung seringkali menjadi masalah karena akan mengganggu aktivitas Anda setiap hari. Saat mendapat gangguan ini, maka nanas bisa menjadi salah satu solusi awal yang bisa Anda terapkan.

Buah yang berwarna kuning bisa mengurangi gejala perut kembung dengan cukup maksimal karena memiliki kandungan bromelain dalam buah ini. Perlu diketahui, bromelain merupakan zat di mana mampu membantu memecahkan masalah sehingga gejala perut kembung bisa diatasi dengan cukup cepat.

READ  Manfaat Beras Merah Untuk Kesehatan Dan Program Diet

Zat ini sangat ampuh untuk mengatasi masalah kesehatan secara umum serta meredakan pembengkakan pada hidung. Nah, Anda bisa mendapatkan dan memanfaatkan manfaat ini dengan cara mengkonsumsi buah ini dengan teratur.

Mencegah Kanker

mencegah kanker
www.merdeka.com

Kanker, tidak dimungkiri, adalah momok yang sangat menakutkan bagi kesehatan tubuh. Ya, hal ini sangat beralasan karena gangguan kesehatan ini selain mengganggu proses metabolisme, juga bisa berujung dengan kematian.

Nah, dikarenakan efek kanker yang sangat berat, maka proses pencegahan kanker harus dilakukan sejak dini. Dalam hal ini, memperbaiki pola makan adalah hal yang sangat tepat untuk dilakukan, salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan mengkonsumsi nanas.

Ya, siapa sangka, salah satu manfaat nanas adalah buah ini mampu mencegah kanker. Hal ini dikarenakan ternyata dalam buah nanas terdapat kandungan anti karsinogenik. Inilah zat yang akan berperan sebagai agen pencegah kanker di dalam tubuh. Dengan adanya zat ini, maka sel-sel tubuh yang sehat akan dijaga dari kerusakan yang terjadi.

Selain itu, manfaat nanas yang lebih luas adalah buah satu ini bisa menghilangkan potensi kanker usus. Hal ini dikarenakan ada kandungan antioksidan dan vitamin C dalam jumlah tinggi yang ada pada buah ini. Oleh karena itu, mengkonsumsi nanas menjadi salah satu hal penting untuk dilakukan.

Menjaga Kesehatan Tulang

Menjaga Kesehatan Tulang
Menjaga Kesehatan Tulang

Manfaat nanas selanjutnya adalah menjaga kesehatan tulang. Perlu diketahui bahwa menjaga kesehatan tulang adalah hal yang sangat penting, terutama ketika Anda masih berada dalam masa pertumbuhan.

Nah, apa yang membuat nanas sangat baik untuk memastikan tulang tetap sehat? Perlu diketahui bahwa manfaat nanas ini didapatkan karena adanya kandungan beragam mineral penting di dalamnya seperti mangan dan juga kalsium. Mineral inilah yang akan menutrisi tulang sehingga akan cenderung lebih terjaga kesehatannya.

Pencegah Terjadinya Penggumpalan Darah

pencegah terjadinya penggumpalan darah
nova.grid.id

Mengkonsumsi nanas bisa dijadikan sebagai salah satu cara untuk mencegah penggumpalan darah. Ini adalah manfaat nanas yang sangat penting yang tentu saja harus Anda perhatikan.

Nah, dalam nanas terdapat beragam kandungan yang akan meningkatkan produksi hemoglobin. Dengan produksi hemoglobin yang aman, maka gangguan tubuh seperti anemia, gangguan tiroid hingga penggumpalan darah bisa dicegah.

READ  11 Khasiat Daun Kelor Untuk Kesehatan dan Kecantikan Tubuh

Melawan Radikal Bebas

melawan radikal bebas
www.kkcantik.my.id

Radikal bebas adalah salah satu musuh utama kesehatan karena akan menyebabkan gangguan tubuh yang sangat merepotkan. Nah, nanas adalah salah satu buah yang bisa diandalkan untuk melawan radikal bebas. Ya, salah satu manfaat nanas memang untuk membentengi diri dari radikal bebas.

Apa yang dimiliki nanas untuk melawan radikal bebas adalah vitamin C yang sangat tinggi. Dengan kandungan vitamin C yang sangat tinggi, nanas akan mampu meningkatkan proses metabolisme tubuh sehingga tubuh akan cenderung lebih sehat dan segar serta lebih kuat untuk menghadang radikal bebas.

Mengatasi Ketombe

mengatasi ketombe
Mengatasi Ketombe

Apakah Anda mengalami masalah dengan ketombe? Ketombe memang menjadi salah satu masalah rambut yang sangat mengganggu. Nah, salah satu manfaat nanas yang perlu Anda ketahui adalah buah ini mampu diandalkan untuk mengatasi ketombe yang bandel.

Untuk mengatasi ketombe dengan menggunakan nanas, Anda hanya perlu menggunakan air perasan nanas dan mencampurnya dengan air jeruk nipis. Nah, gunakan campuran ini untuk menggosok bagian rambut yang memiliki ketombe. Lakukan secara teratur selama seminggu dan lihat hasilnya.

Menetralkan Pencernaan

menetralkan pencernaan
hellosehat.com

Salah satu manfaat nanas adalah mengatasi perut kembung. Nah, sejalan dengan hal tersebut, nanas juga bisa diandalkan untuk menjaga kesehatan pencernaan. Ini adalah salah satu manfaat nanas yang sangat penting untuk Anda manfaatkan.

Dengan mengkonsumsi nanas secara teratur, maka buah ini akan mampu menutrisi sistem pencernaan Anda. Tentu, dengan nutrisi yang dimiliki, gangguan pencernaan yang terjadi bisa dicegah dengan optimal.

Mencegah Penyakit Jantung

mencegah penyakit jantung
Mencegah Penyakit Jantung

Gangguan jantung merupakan pembunuh nomor satu di dunia di mana penderitanya memiliki potensi yang tinggi untuk meninggal secara mendadak. Oleh karena itu, Anda harus peka terhadap kesehatan tubuh Anda, terutama jika Anda memiliki riwayat atau keturunan yang mengidap gangguan kesehatan ini.

Nah, salah satu cara mencegah gangguan kesehatan ini agar tidak terjadi adalah dengan mengkonsumsi nanas. Ya, salah satu manfaat nanas yang sangat penting adalah mencegah penyakit jantung. Dalam nanas terdapat kandungan antioksidan dan juga vitamin C di mana secara berkala bisa menjaga kesehatan jantung dengan optimal.

READ  10 Fungsi Karbohidrat Bagi Tubuh yang Harus Anda Tahu

Menjaga Kesehatan Kulit

menjaga kesehatan kulit
www.alodokter.com

Selain menjaga kesehatan tubuh secara umum, manfaat nanas lainnya adalah buah ini mampu diandalkan untuk menjaga penampilan Anda. Salah satu manfaat nanas yang berkaitan dengan penampilan adalah buah ini bisa dijadikan agen menjaga kulit agar senantiasa sehat.

Nah, perlu diketahui bahwa nanas memiliki kandungan antioksidan yang sangat tinggi. Dengan kandungan antioksidan ini, maka nanas akan bisa membantu melindungi kerusakan sel kulit. Untuk menjaga kesehatan kulit, selain mengkonsumsi nanas, Anda bisa juga membuatnya menjadi masker.

Menjaga Kondisi Kesehatan Mata

Menjaga Kondisi Kesehatan Mata
Menjaga Kondisi Kesehatan Mata

Cukup banyak orang meyakini bahwa solusi kesehatan mata adalah mengkonsumsi wortel. Hal itu memang benar. Namun, wortel bukan satu-satunya solusi untuk kesehatan mata. Nah, nanas adalah buah yang ternyata bisa diandalkan untuk meningkatkan kesehatan mata Anda.

Dalam hal ini, vitamin A yang terdapat dalam buah nanas secara perlahan bisa menjaga kesehatan mata. Konsumsi nanas untuk menjaga kesehatan mata sangat disarankan, terutama untuk Anda yang sudah berusia lanjut.

Menjaga Kesehatan Tubuh Secara Umum

menjaga kesehatan tubuh secara umum
www.sunlight.co.id

Manfaat lain yang didapatkan dari konsumsi buah nanas adalah sistem kekebalan tubuh yang lebih kuat. Ya, dengan kekebalan tubuh yang baik, maka Anda akan jauh lebih jarang sakit.

Nah, apa yang dimiliki oleh nanas untuk menjaga kesehatan tubuh ini? Dalam nanas terdapat aneka vitamin, mineral serta antioksidan. Beragam kandungan nutrisi inilah yang bahu membahu menjaga tubuh agar senantiasa sehat dan tidak mudah terserang penyakit.

Nanas untuk Anti Inflamasi

nanas untuk anti inflamasi
www.wajibabaca.com

Hal lain yang menjadi manfaat nanas untuk diketahui adalah nanas bisa dijadikan media penghilang radang. Beragam kandungan yang terdapat dalam nanas. Seperti bromelain dan antioksidan bisa diandalkan untuk mengatasi peradangan yang terjadi. Hal inilah yang dijadikan alasan kenapa konsumsi nanas secara teratur sangat disarankan.

Nah, beberapa poin di atas menjelaskan aneka manfaat nanas yang akan Anda dapatkan jika mengkonsumsi nanas secara teratur. Dalam hal ini, Anda tentu bisa membuat aneka sajian dengan bahan dasar nanas agar pola konsumsi Anda lebih menyenangkan dan Anda tidak akan bosan mengkonsumsi nanas setiap hari. Semoga bermanfaat.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.