15 Manfaat Daun Sirsak Untuk Obat Penyakit Dan Kesehatan

Manfaat Daun Sirsak – Dalam dunia kesehatan, daun sirsak dikenal dan populer sebagai salah satu bahan dasar obat-obatan herbal alami untuk mengobati penyakit kanker. Daun tumbuhan yang juga sering dikenal dengan sebutan graviola atau soursop ini sangat berperan penting dalam membantu proses penghancuran sel kanker yang sepuluh ribu kali lebih kuat dibanding dari terapi kemo yang belum tentu berhasil mengobati penyakit kanker.

Pohon boah sirsak tumbuh tidak terlalu tinggi, kira-kira berkisar dua sampai empat meter saja. Untuk di negara lain, tanaman sirsak memiliki berbagai macam julukan, seperti semisal Graviola di Brasil, Guanabana di Spanyol, Soursop di Inggris, dan Durian Belanda di Malaysia.

Pohon sirsak atau srikaya di Jawa ini memiliki bah yang cukup besar, kulitnya berduri namun lunak, daging buahnya berwarna putih kenyal, memiliki rasa masam-masam manis, kita dapat memakannya langsung cukup dengan dikupas atau diolah menjadi aneka minuman dan makanan seperti jus misalnya.

Khasiat dari olahan buah dan daun sirsak berfungsi untuk memberikan efek anti tumor atau kanker yang sangat kuat, dan sudah terbukti secara medis menyembuhkan segala jenis penyakit kanker. Selain itu, sirsak dapat berperan sebagai anti bakteri dan anti jamur yang efektif melawan berbagai jenis parasit dan cacing.

Kandungan dalam sirsak baik buah maupun daun juga dapat menurunkan tekanan darah tinggi, depresi, stress dan menormalkan kembali sistem saraf yang tidak berfungsi dengan baik.

Kandungan Nutrisi Yang Terkandung Dalam Daun Sirsak

Lebih dari 20 penelitian laboratorium kesehatan di Amerika Serikat telah meneliti dan menguji medis khasiat daun dan buah sirsak. Penelitian ini pun sudah berlangsung sejak tahun 1970 an. Penelitian yang dilakukan menemukan bahwa sirsak memiliki berbagai macam kandungan nutrisi yang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Adapun beberapa diantaranya, kandungan dalam daun sirsak berupa:

  1. Iactones, terdiri dari Annohexocina, Annomuricina A, B, C dan E, Annomutacina, Annopentocinas A, B, dan C, Muricoreacina, Gigantetronemina, Murihexocina A dan C serta zat Javoricina.
  2. Isoquinolin, memiliki unsur seperti Anonaine, Anoniine, Atherospermine, dan Coreximine sebagai pelengkap.
  3. Lipid, terdiri dari Asam Gentistic, Asam Lignoceric, CLA, dan Asam Stearat.

Beberapa penelitian yang telah dilakukan menemukan hasil tes dari ekstrak sari sirsak berupa:

  1. Secara efektif kandungan ekstrak sari sirsak dapat memilih target dan membunuh secara langsung sel jahat dari duabelas tipe kanker yang berbeda. Tipe-tipe penyakit kanker ini seperti diantaranya kanker usus besar, kanker payudara, kanker prostat, kanker paru-paru, dan kanker pankreas.
  2. Kandungan yang terdapat dalam daun sirsak pun sepuluh ribu kali lebih kuat dan efektif dalam memperlambat dan menahan pertumbuhan sel kanker dibandingkan Adriamycin dan Terapi Kemo yang sering digunakan.
  3. Tidak seperti terapi kemo yang umumnya digunakan, sari buah sirsak secara selektif hanya memburu dan membunuh sel-sel jahat penyakit kanker dan tidak beresiko membahayakan atau membunuh sel-sel yang sehat.

Manfaat Daun Sirsak Untuk Obat Penyakit Dan Kesehatan

manfaat daun sirsak untuk obat penyakit dan kesehatan
wartakota.tribunnews.com

Ditemukan bahwa salah satu perusahaan terbesar di bidang kesehatan si Amerika yang berbasis obat-obatan medis mendapat omset milyaran dollar hanya dengan melakukan riset luar biasa pada pohon sirsak atau Graviola yang memang banyak tumbuh di dataran Amerika Selatan dan Tengah. Pohon Graviola ini juga banyak ditemui di hutan Amazon.

Dalam penelitian tersebut juga ditemukan bahwa beberapa bagian dari pohon sirsak seperti kulit kayunya, akar pohon, daun, daging buah bahkan biji sirsak pun selama berabad-abad menjadi obat paling mujarab bagi suku India di Amerika Selatan guna menyembuhkan berbagai macam penyakit dalam.

Beberapa penyakit tersebut diantaranya, sakit jantung, asma, penyakit organ hati, dan rematik. Berikut ini sedikit ulasan penulis mengenai beragam jenis penyakit yang dimungkinkan bisa sembuh dengan mengkonsumsi ekstrak daun sirsak secara rutin guna pengobatan.

Daun Sirsak untuk Obat Rematik

daun sirsak untuk obat rematik
daundaunygbermanfaat.com

Rematik merupakan gangguan kesehatan yang terjadi pada persendian dan tulang. Rematik ini sering terjadi atau seringkali penderitanya adalah mereka orang dewasa dan manula. Untuk pengobatannya, kita bisa memanfaatkan daun sirsak yang sangat mudah ditemui di sekitar kita.

Daun sirsak yang sudah ditumbuk hingga menjadi hancur dan halus dapat menjadi obat paling ampuh untuk mengurangi penyakit rematik atau rasa nyeri yang biasa menyerang atritis. Caranya, tempelkan pasta daun sirsak yang sudah ditumbuk tadi pada bagian tubuh yang terasa nyeri dan linu.

Lakukan kegiatan ini secara rutin yaitu kira-kira dua kali sehari atau Anda bisa tiga kali sehari selama dua minggu atau satu bulan kedepan atau hingga efek nyeri dan sakit rematik menjadi berkurang dan hilang sama sekali.

Daun Sirsak sebagai Obat Diabetes

daun sirsak sebagai obat diabetes
manfaatonline.com

Penyakit diabetes yang menyerang orang kebanyakan kini merupakan penyakit yang ditimbulkan karena perubahan kadar gula yang melebihi batas, dimana kadar gula pada tubuh yang normalnya berkisar antara 70 mg sampai 120 mg.

Kandungan nutrisi yang terdapat dalam sari daun sirsak dapat menormalkan dan menstabilkan kembali fluktuasi kadar gula dalam tubuh. Hal tersebut kemudian menjadikan daun sirsak sebagai bahan obat alami untuk penderita diabetes.

Untuk memanfaatkan daun sirsak sebagai obat alami diabetes kita dapat mengolahnya sendiri. Berikut cara pengolahannya, siapkan daun sirsak sebanyak tiga sampai enam helai. Rebus daun ke dalam panci bersama tiga gelas air putih.

Rebus sampai mendidih dan menguap hingga rebusan menjadi hanya satu gelas air saja. Angkat, lalu biarkan agak dingin kemudian ramuan pun siap diminum. Untuk pengobatan penderita diabetes, usahakan konsumsi secara rutin pagi hari dan malah hari sebelum tidur. Terapkan pengonsumsian ini rutin selama tiga sampai lima hari, kemudian cek kadar gula darah Anda.

Daun Sirsak untuk Obat Kanker

daun sirsak untuk obat kanker
makassar.tribunnews.com

Sebagaimana yang telah dijelaskan sebelumnya di atas, ekstrak daun sirsak memiliki kandungan Acetoginin yang terdiri dari dari unsur bulatakin, asimin, dan squamosin yang dapat bertindak sebagai anti-feedent. Hasil riset dan penelitian ilmiah yang dilakukan telah membuktikan bahwa daun sirsak memiliki bahan aktif hingga sepuluh ribu kali lebih kuat dibanding kemo terapi untuk melawan dan membunuh jaringan sel-sel kanker.

Hal tersebut memungkinkan daun sirsak efektif mampu mengobati berbagai jenis penyakit kanker termasuk diantaranya prostat, paru-paru, dan kanker payudara.

Langkah-langkah pemakaiannya:

READ  14 Manfaat Pada Buah Pisang untuk Kesehatan Tubuh

Dalam pemakaian manfaat daun sirsak sebagai obat penyakit kanker, Anda atau bagi penderita kanker perlu mengkonsumsi satu gelas ekstrak daun sirsak secara rutin setiap hari, pagi dan malam hari, selam kurun waktu lima sampai enam minggu berturut-turut.

Cara untuk membuat obat dari sari daun sirsak adalah dengan merebus 10 hingga 12 helai daun sirsak ke dalam 3 gelas air. Rebus hingga mendidih dan air menyusut sampai tersisa 1 gelas air saja. Air rebusan tersebutlah yang kemudian diminum tiap harinya selama kurun waktu yang telah dianjurkan.

Selain dengan direbus, sari daun sirsak juga dapat diperoleh dengan cara menghaluskan daun sirsak menjadi jus daun untuk diminum. Ambil 35 helai daun sirsak, lalu cuci bersih di air yang mengalir. Kemudian blender daun sirsak bersamaan dengan 250 ml sampai dengan 300 ml air matang.

Setelah adonan hancur dan menjadi jus, saring airnya dan kemudian simpan di dalam kulkas untuk beberapa saat. Minum secara teratur segelas per hari selama 5 sampai 6 minggu. Sangat dianjurkan untuk meminum ramuan pada jam diatas tengah malam menjelang pagi, kira-kira jam 2 sampai 5 pagi, karena metabolisme tubuh bekerja secara optimal pada jam tersebut.

Untuk rasanya memang akan terasa sangat pahit dan membekas di lidah, namun khasiatnya lebih efektif untuk melawan penyakit kanker.

Daun sirsak untuk Obat Asam Urat

daun sirsak untuk obat asam urat
makassar.tribunnews.com

Penyakit asam urat atau yang lebih dikenal dengan nama Gout merupakan kondisi dimana tubuh merasakan gejala nyeri yang tidak tertahankan, adanya pembengkakan, dan menimbulkan rasa panas pada persendian tulang. Dan gangguan asam urat semacam ini juga dapat diatasi dengan alternatif mengkonsumsi sari daun sirsak.

Untuk membuat ramuanya, cukup dengan memasak atau merebus 7-10 lembar daun sirsak yang sudah mendekati tua namun masih berwarna hijau daun (jangan hijau gelap) ke dalam 2 gelas air. Biarkan mendidih sampai air rebusan menguap menjadi 1 gelas air saja.

Minum sari daun sirsak pagi dan sore hari masing-masing ½ gelas saja. Lakukan kegiatan ini rutin 2-4 minggu ke depan.

Daun Sirsak untuk Mengurangi Bisul di Kulit

daun sirsak untuk mengurangi bisul di kulit
www.peoplehope.com

Penyakit kulit yang sering kali mengganggu penampilan kita adalah bisul. Bisul sering kali muncul di berbagai daerah di kulit seseorang. Munculnya bisul di lain sangat mengganggu aktivitas sehari-hari manusia, bisul pun juga bisa menyebabkan terjadinya infeksi yang mungkin sangat membahayakan bagi kesehatan kulit.

Kandungan senyawa yang dimiliki daun sirsak adalah solusi untuk mengobati bisul. Daun sirsak memiliki suatu senyawa yang mampu meredakan peradangan bisul pada kulit.

Untuk pemanfaatannya, ambil 5 sampai 7 lembar daun sirsak yang masih muda (daun yang berwarna hijau muda dan masih bertekstur tipis), tumbuk dan haluskan hingga menjadi pasta. Kemudian tempelkan pasta tersebut pada area tumbuhnya bisu dan sekitarnya. Lakukan cara ini secara rutin pada pagi dan sore hari hingga bisul mulai mengering dan mengecil.

Daun Sirsak untuk Obat Sakit Punggung

daun sirsak untuk obat sakit punggung
kliksehat.co

Nyeri pada punggung adalah salah satu gangguan kesehatan yang menyerang otot dan tulang. Gangguan kesehatan ini seringkali menyerang dan dialami oleh orang dewasa dan manula, tak jarang penyakit ini sering mengganggu ketika tubuh salah dalam berolahraga.

Penggunaan obat kimia untuk pengobatan nyeri punggung pun sangat tidak dianjurkan karena dapat menimbulkan efek samping.

Ekstrak daun sirsak dinilai mampu menjadi obat pengganti atau alternatif obat herbal yang efektif mengobati sakit punggung tanpa efek samping apapun. Cara penggunaannya, Anda bisa merebus 20 helai daun sirsak ke dalam 5 gelas air. Rebus sampai mendidih hingga air rebusan menjadi 3 gelas saja.

Minum ¾ gelas air rebusan ini sekali dalam sehari selama kurang lebih 2-3 hari untuk menghilangkan rasa sakit di punggung.

Daun Sirsak untuk Obat Eksim

daun sirsak untuk obat eksim
obateksimdiselangkangan.com

Selain dapat mengobati bisul, daun sirsak pun juga ampuh mengobati penyakit kulit lainnya seperti eksim. Penyakit kulit yang satu ini juga disebut eczema merupakan kelainan kondisi kulit yang menyebabkan kulit selalu terlihat terlalu basah atau terlalu kering.

Langkah-langkah untuk membuat obat eksim ini hampir sama dengan pembuatan salep guna bisul. Pasta atau salem dioleskan dan ditempelkan pada bagian tubuh yang terindikasi terkena eksim.

Daun sirsak untuk mengurangi Komedo

daun sirsak untuk mengurangi komedo
jagad.id

Daun sirsak memiliki kandungan yang mampu memberikan efek dingin dan menarik bakteri penyebab komedo. Sehingga ekstrak daun sirsak sangat ampuh untuk menghilangkan komedo yang sangat mengganggu penampilan cantik Anda. Caranya cukup dengan menghaluskan atau menumbuk beberapa lembar daun sirsak menjadi cairan pasta.

Hasil tumbukan daun sirsak tersebut kemudian dicampur dengan 2 sendok makan air mawar. Oleskan pada area hidung, diamkan selang beberapa menit hingga agak mengering. Kemudian bilas dengan air dingin. Pemakaian secara teratur sebagai masker di sore hari sebelum mandi sangat efektif mencegah tumbuhnya komedo dan juga masalah kulit wajah lainnya.

Daun Sirsak untuk Mengobati Wasir atau Ambeien

daun sirsak untuk mengobati wasir atau ambeien
obatherbal-murah.com

Wasir atau Ambeien merupakan sejenis penyakit yang menyerang rektum. Penyakit ini bisa menjadi sangat berbahaya karena dapat mengakibatkan pendarahan di area rektum, hal tersebut berakibat akan terasa sangat menyakitkan untuk dirasakan setiap penderita hemoroid.

Untuk melindungi rektum Anda dari penyakit ini, atau apabila Anda ingin mengobati atau mengurangi rasa sakit yang disebabkan oleh penyakit wasir ini, maka daun sirsak dapat menjadi alternatif obat mujarap dan ampuh yang alami.

Daun sirsak memiliki kandungan berupa senyawa yang bisa menghentikan pendarahan pada rektum dan juga dapat membuat otot pada daerah sekitar rektum Anda menjadi lebih rileks dari sebelumnya. Hal ini akan memberikan efek anti nyeri atau meringankan rasa sakit yang disebabkan wasir tersebut.

Sama dengan pembuatan obat lainnya, Anda cukup meminum sari ekstrak daun sirsak segelas sehari secara rutin dalam jangka waktu yang sudah ditentukan untuk meredakan dan mengurangi efek wasir.

Daun Sirsak untuk Lindungi Anda dari Kolesterol

daun sirsak untuk lindungi anda dari kolesterol
www.manfaatonline.com

Zaman modern seperti ini, kebanyakan dari kita malah menjalani gaya hidup yang tidak sehat untuk mengejar waktu yang serba cepat. Gaya hidup yang tidak sehat nampak sekali seperti jarang nya kita berolahraga dan sering kali juga kita lebih memilih mengkonsumsi makan cepat saji atau junk food menambah tumpukan kadar kolestrol jahat di tubuh  secara tiba-tiba.

Bagaimana cara kita untuk mengurangi kadar kolestrol yang terus meningkat di tubuh kita. Pastinya anda akan bertanya-tanya bahan herbal apa yang dapat membantu menyingkirkan kadar kolestrol jahat dari dalam tubuh kita.

Solusinya adalah ekstrak dari daun sirsak. Beberapa penelitian yang dilakukan membuktikan bahwa daun sirsak juga bisa sangat bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol jahat dari tubuh kita. Daun sirsak terdapat kandungan beberapa  senyawa yang bisa menurunkan kadar kolesterol jahat dari dalam tubuh.

Daun Sirsak untuk Mengobati Penyakit Hati dan Menurunkan Tingkat Glukosa

daun sirsak untuk mengobati penyakit hati dan menurunkan tingkat glukosa
medium.com

Daun sirsak juga memiliki khasiat untuk mengobati penyakit hati seperti liver. Daun sirsak dapat dimanfaatkan bersamaan dengan teh. Campuran daun sirsak dengan teh ini akan bermanfaat mengobati penyakit hati.

Kandungan pada daun sirsak dapat merangsang produksi hormon insulin dengan membantu sel beta di pankreas. Selain dapat mengobati penyakit hati, daun sirsak juga dapat menurunkan kadar glukosa dalam tubuh karena peningkatan produksi hormon insulin, yang akan mengubah glukosa menjadi energi untuk tubuh.

Cara pengaplikasian nya adalah dengan merebus daun sirsak sebanyak 10-12 lembar daun bersamaan dengan 3 gelas air. Masak hingga rebusan menjadi susut 1 gelas. Minum secara rutin air rebusan 1-2 gelas sehari pada pagi dan sore hari.

Daun Sirsak untuk Anti Penuaan

daun sirsak untuk anti penuaan
www.diedit.com

Vitamin C yang terkandung di daun sirsak lumayan tinggi. Vitamin C ini sangat bermanfaat untuk melepas antioksidan yang bisa melawan radikal bebas. Radikal bebas merupakan sumber masalah bagi kesehatan kulit. Diantaranya seperti tanda-tanda penuaan berupa keriput, garis halus, dan pigmentasi berat.

Antioksidan yang terkandung dalam daun sirsak akan melindungi Anda dari gejala tersebut. Anda dapat merebus daunsirsak dan mengkonsumsi sarinya adalah cara untuk mendapatkan manfaat anti-aging.

Daun Sirsak untuk Melindungi Rambut dari Kutu

daun sirsak untuk melindungi rambut dari kutu
www.kerjausaha.com

Menjaga rambut adalah tantangan paling sulit untuk tetap membuatnya tetap sehat karena paparan polutan lingkungan dan sinar matahari langsung saat kita melakukan rutinitas sehari-hari. Rambut yang sering terpapar polutan seperti ini menyebabkan banyak masalah seperti ketombe, rambut rontok, uban prematur, dan rambut bercabang.

Anda dapat memanfaatkan daun sirsak untuk perawatan rambut Anda, daun sirsak memiliki beberapa kemampuan untuk menghambat pertumbuhan parasit yang bisa sangat berbahaya bagi kesehatan rambut.

Untuk penggunaannya pun cukup mudah yakni cukup dengan merebus daun sirsak 10-20 menit. Kemudian setelah itu gunakan air rebusan yang sudah dingin untuk keramas 2 hari sekali. Kegiatan ini membantu menghilangkan parasit termasuk kutu dan ketombe.

Daun sirsak untuk Meredakan Sakit

daun sirsak untuk meredakan sakit
organicvolunteers.com

Daun sirsak mengandung sifat analgesik yang bermanfaat untung menghilangakan rasa sakit atau sebagai anti nyeri. Daun sirsak dapat dipakai dengan cara diminum atau sebagai salep. Sama dengan pembuatan obat untuk penyakit lainnya, daun sirsak cukup direbut atau dijus untuk diminum atau ditumbuk untuk obat oles pada luka luar.

Daun Sirsak untuk Tidur yang Nyenyak

daun sirsak untuk tidur yang nyenyak

Selain sebagai obat pereda nyeri, daun sirsak memiliki peran untuk membantu membuat kuaitas tidur yang lebih baik. Daun sirsak dapat dijadikan aroma terapi yang menenangkan sehingga membuat Anda memiliki kualitas tidur yang baik karena efek rileks yang diberikan.

Manfaat Lain Yang Bisa Diperoleh Dari Daun Sirsak

manfaat lain yang bisa diperoleh dari daun sirsak
www/diedit.com

Selain manfaat yang disebutkan diatas, berikut manfaat lain dari kandungan dari daun sirsak:

  1. Anti Malaria
  2. Meningkatkan unsur Diuretik pada tubuh.
  3. Vermifuge untuk menekan pertumbuhan cacing pada usus.
  4. Astringent, meminimalkan kulit kering.
  5. Antimutagenik, unsur  yang bermanfaat mencegah gen mutasi.
  6. Hipotensi, untuk meminimalisir darah rendah.
  7. Antibakteri
  8. Antivirus
  9. Anti Tumor
  10. Anti Parasit
  11. Analgesik yang dapat meredakan nyeri atau rasa sakit.
  12. Nervin yang berfungsi memperkuat saraf.
  13. Anti Peradangan (Inflamasi)
  14. Hipoglikemik, yaitu zat penurun glukosa.
  15. Galactogogue, memperlancar ASI pada ibu menyusui.
  16. Cardio-depressant, Memperkuat kinerja jantung.
  17. Stomakik, meningkatkan nafsu makan.
  18. Vasogilator, meningkatkan kinerja pembuluh darah.
  19. Antipasmodic, untuk relaksasi otot.
  20. Obat Penurun Panas

Tips Konsumsi Daun Sirsak

tips konsumsi daun sirsak
kumparan.com

Tips untuk menyamarkan rasa pahit yang dihasilkan oleh rebusan daun sirsak, anda bisa menambahkan sedikit gula atau madu. Anda juga bisa mencampurkan air rebusan dengan teh kesukaan yang sering Anda minum.

Baca Juga : 14 Manfaat Daun Salam Bagi Kesehatan Tubuh dan Kecantikan Kulit

READ  11 Khasiat Daun Kelor Untuk Kesehatan dan Kecantikan Tubuh

Efek Samping Ekstrak Daun Sirsak

efek samping ekstrak daun sirsak
daunsirsakobatkanker.com

Namun kiranya ramuan tradisional ini juga memiliki sedikit efek samping bagi beberapa orang yang memiliki penyakit tertentu:

  • Penyakit Parkison

Bagi anda yang memiliki riwayat penyakit parkison sebaiknya hindari konsumsi daun sirsak ini karena dapat menyebabkan gejalanya lebih buruk dari sebelumnya.

  • Masalah Neurotoksisitas

Neurotoksisitas merupakan sejenis kerusakan otak yang dapat mengganggu neuron (saraf).

  • Tingkat Tekanan Darah Rendah

Mengkonsumsi daun sirsak bagi penderita darah rendah akan sangat berbahaya karena memiliki senyawa yang dapat menekan tekanan darah semakin rendah.

 

Demikianlah ulasan mengenai manfaat-manfaat yang kita dapatkan jika kita mengkonsumsi daun sirsak. Selamat membaca dan semoga bermanfaat bagi para pembaca sekalian.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.