5 Resep Telur Gulung Anti Mainstream yang Bisa Kamu Praktekkan di Rumah

Resep telur gulung – Telur gulung menjadi salah satu jajanan yang memiliki banyak penggemar. Seperti namanya, penganan yang satu ini menggunakan telur sebagai bahan utamanya. Telur gulung yang termasuk dalam  street food  ini bisa dengan mudah ditemukan di food court-food court hingga penjual kaki lima di pusat keramaian. Tak hanya anak-anak, bahkan orang dewasa pun menjadikan telur gunung sebagai makan favoritnya.

Telur sendiri merupakan salah satu sumber protein yang sangat baik dan dibutuhkan tubuh. Telur mengandung berbagai jenis vitamin dan nutrisi penting seperti vitamin A, vitamin B5, vitamin B12, vitamin B2, vitamin D, vitamin E, vitamin K, asam folat, selenium, fosfor, kalsium, dan seng. Telur mampu mencukupi kebutuhan asam amino tubuh, meningkatkan masa otot, menjaga kesehatan otak, dan menurunkan kadar trigliserida dalam darah.

Telur juga membantu menjaga kesehatan mata karena mengandung lutein dan zeaxanthin. Kandungan ini merupakan antioksidan yang memiliki peran penting bagi kesehatan mata. Orang berusia lanjut, biasanya akan mengalami penurunan kemampuan melihat. Konsusmsi telur yang memiliki kandungan antioksidan kuat, dapat mempertahankan kesehatan retina mata. Resiko katarak dan degenerasi mata yang dapat menyebabkan kebutaan juga dapat dicegah.

Bagi orang yang sedang menjalani program diet, ternyata telur dapat membantu menurunkan berat badan. Kandungan protein yang terdapat dalam telur, memberikan rasa kenyang lebih lama dibandingkan dengan makanan dengan kandungan karbohidrat yang tinggi seperti nasi. Dengan mengonsumsi telur, seseorang akan terhindar dari rasa ingin makan berlebih, sehingga secara tidak langsung akan membantu dalam menurunkan berat badan.

Berikut ini adalah lima resep telur gulung anti mainstream yang dapat dikreasikan di rumah :

Resep Telur Gulung Sosis, Gurih dan Lezat

resep telur gulung sosis, gurih dan lezat
resepcaramemasak.info

Masih tak jauh berbeda dengan resep telur gulung biasa, namun dengan tambahan sosis di dalamnya, tentu saja menjadikan sensasi baru pada tampilan juga cita rasa dari telur gulung ini. Selain menambah kenikmatan, sosis yang terbuat dari gilingan daging ini juga mengandung protein tinggi yang baik dari tubuh.

Sosis juga mengandung zat besi yang dapat meningkatkan kemampuan belajar serta mencegah anemia.Vitamin B12 yang ada dalam sosis akan membantu mengaktifkan folat serta menunjang metabolisme sel di saluran cerna, sumsum tulang, hingga jaringan syaraf.

Bahan-bahan yang perlu disiapkan

  • 3 butir telur ayam yang berkualitas
  • 15 buah sosis yang berukuran sedang
  • 300 ml air
  • 1 sendok teh penyedap rasa
  • minyak goreng secukupnya
  • tusuk sate secukupnya

langkah untuk membuat telur gulung sosis

  1. Kocok semua telur ayam yang sudah disiapkan hingga tercampur sempurna. Kemudian tambahkan sedikit demi sedikit air dan penyedap rasa sesuai selera.
  2. Potong sosis menjadi 2 bagian sama besar. Lalu tusuk sosis yang sudah dipotong-potong  menggunakan tusuk sate yang sudah disiapkan.
  3. Panaskan minyak goreng di atas kompor dengan api sedang
  4. Goreng terlebih dulu sosis bersama dengan tusuk sate hingga matang
  5. Masukkan kocokan telur yang sudah dibuat ke dalam minyak goreng yang sudah panas
  6. Segera gulung telur yang baru saja dimasukkan dengan tusuk sate beserta sosis dan tarik ke tepi wajan. Ulangi dengan langkah yang sama untuk sosis yang tersisa.
  7. Telur gulung sosis siap disajikan. Tambahkan saus tomat atau saus sambal jika suka

Resep Telur Gulung Sayur

resep telur gulung sayur
resepkoki.co

Resep yang satu ini sangat tepat untuk mengakali anak-anak yang susah makan sayur. Dengan bentuk yang menarik tentu orang tidak akan sadar jika telah mengkonsumsi sayur. Selain unik, telur gulung sayur ini juga semakin bernutrisi dengan tambahan sayuran di dalamya.

Bahan-bahan yang perlu disiapkan

  • 2 butir telur ayam yang berkualitas
  • bawang Bombay, cincang halus
  • daun bawang, cincang halus secukupnya
  • 2 buah wortel, kupas dan iris dadu kecil
  • garam halus secukupnya
  • lada bubuk secukupnya
  • kaldu bubuk secukupnya
  • minyak goreng secukupnya

langkah untuk membuat telur gulung sosis

  1. Campurkan semua bahan menjadi satu dan aduk hingga benar-benar rata.
  2. Panaskan teflon di atas kompor dengan api kecil. Tuangkan minyak goreng secukupnya.
  3. Dadar campuran telur dan sayur. Tunggu hingga setengah matang. Kemudian gulung telur secara perlahan dan hati-hati hingga membentuk gulungan sempurna. Ulangi langkah yang  sama untuk kocokan yang tersisa.
  4. Iris telur gulung sayur sesuai selera. Sajikan dengan tambahan saus tomat atau mayones sesuai selera.

Resep Telur Gulung Isi Tahu yang Lembut

resep telur gulung isi tahu yang lembut
kaltim.tribunnews.com

Bahan lain yang dapat dikombinasikan dengan telur gulung adalah tahu. Bahan makanan yang berasal dari kedelai ini menjadi pasangan yang tepat untuk dipadukan dengan dengan telur menjadi telur gulung isi tahu. Selain lezat, telur gulung ini juga mengandung protein yang tinggi. Tahu juga mampu mengurangi risiko kanker, baik bagi ginjal, dan menambah kesehatan tulang.

Bahan-bahan yang perlu disiapkan

  • 1 butir telur ayam yang berkualitas
  • 4 potong tahu berukuran sedang
  • bawang Bombay,  iris tipis
  • lada bubuk secukupnya
  • mentega secukupnya

langkah untuk membuat telur gulung isi tahu

  1. Kocok telur hingga rata kemudian dadar tipis dan lebar
  2. Haluskan  tahu yang sudah disiapkan hingga benar-benar lembut. Tumis irisan bawang Bombay dengan mentega hingga harum  
  3. Masukkan tahu yang sudah dihaluskan. Taburi lada bubuk dan garam .
  4. Siapkan telur yang sudah di dadar di wadah terpisah. Tata adonan tahu yang sudah di tumis. Kemudian gulung.
  5. Telur gulung isi tahu siap disajikan. Tambahkan saus tomat atau mayones jika suka.

Resep Telur Gulung Ala Korea

resep telur gulung ala korea
beautynesia.id

Hal-hal yang berkaitan dengan negeri gingseng ini sepertinya sedang banyak digandrungi oleh sebagian orang terlebih anak muda. Makanan-makanan khas Korea pun tak luput menjadi perhatian. Kuliner Korea bisa dengan mudah ditemukan di berbagai restoran hingga rumah makan yang menyajikan menu khusus dari Korea.

Saking banyaknya makan korea yang sudah banyak dikombinasikan dengan masakan lokal, maka tak ada salahnya jika telur gulung juga dibuat dengan racikan dan tampilan ala Korea.

Bahan yang diperlukan

  • 3 butir telur ayam yang berkualitas
  • 1 buah bawang bombai, iris tipis
  • 3 siung bawang merah
  • 2 buah sosis
  • 1 buah cabai merah, iris tipis
  • garam halus secukupnya
  • penyedap rasa secukupnya

langkah untuk membuat telur gulung ala Korea

  1. Iris semua bahan dan masukkan ke dalam wadah. Tambahkan garam dan penyedap rasa secukupnya.
  2. Masukkan 2 butir telur ayam ke dalam irisan bumbu  kemudian aduk hingga semua bahan tercampur rata.
  3. Panaskan minyak di atas Teflon dengan api sedang. Kemudian masukkan sedikit demi sedikit adonan yang ada. Gulung adonan telur hingga membentuk gulungan sempurna. Langkah yang sama untuk sisa adonan yang ada.
  4. Sajikan dan iris-iris telur gulung tersebut sesuai selera. Telur gulung ala korea siap disantap . Tambahkan saus sambal atau mayones jika suka.

Resep Telur Gulung Orak-Arik untuk Teman Sarapan

resep telur gulung orak arik untuk teman sarapan
www.fimela.com

Orak-arik sudah menjadi masakan yang menjadi favorit banyak orang karena cara masaknya yang sangat mudah, cepat, dan sederhana. Orak-arik biasanya disajikan untuk sarapan atau makan besar lain bersama nasi hangat. Ditemani dengan kecap atau saus sambal. Resep telur gulung anti mainstream lain yang terinspirasi dari orak arik dan patut dicoba adalah telur gulung orak-arik.  

Bahan-bahan yang harus disiapkan

  • 2 buah telur yang masih berkualitas
  • 1 sendok makan tepung terigu protein sedang
  • bawang Bombay, iris tipis
  • 1 buah cabai kriting segar, iris tipis
  • 1 batang daun bawang segar, iris tipis
  • garam halus secukupnya
  • 1 buah babycorn segar, pipil
  • 1 buah wortel segar yang , kupas dan parut
  • keju parut secukupnya
  • 1 sendok teh merica bubuk
  • mayones sesuai selera
  • minyak goreng untuk menumis secukupnya

langkah untuk membuat telur gulung orak-arik

  1. Panaskan minyak goreng diatas Teflon dengan api sedang.  
  2. Tumis semua bahan, kecuali telur. Taburi lada dan garam secukupnya. Koreksi rasa. Aduk-aduk hingga semua bahan benar-benar tercampur rata dan bumbunya pas. Angkat dan sisihkan di wadah terpisah
  3. Kocok telur hingga rata dan goreng di atas teflon. Ratakan telur ke permukaan teflon dan masukkan semua bahan yang sudah ditumis. Lalu gulung telur secara perlahan hingga membentuk gulungan sempurna. Angkat kemudian potong-potong telur gulung orak-arik sesuai selera.
  4. Telur gulung orak-arik siap disajikan. Tambahkan saus sambal atau mayones jika suka.

Telur gulung sudah lama menjadi makanan favorit bagi banyak orang dari berbagai kalangan. Dinikmati ketika hangat dengan tambahan saus atau mayones, tentu semakin meningkatkan cita rasa dan kelezatan jajanan satu ini Selain karena harganya yang relatif murah apabila dibandingkan dengan jajanan lain, rasanya yang gurih dan nikmat semakin menambah jumlah penggemar street food yang satu ini.

Baca Juga : 8 Kreasi Resep Martabak Telur yang Mudah untuk Disajikan

READ  3 Resep Nasi Bakar yang Bisa Anda Coba Di Rumah

Resep telur gulung di atas bisa dengan mudah dicoba dan dipraktekkan oleh siapa saja. Dijamin anti mainstream dan berbeda dari yang lain. Selain menyehatkan karena ditambah dengan campuran sayur hingga sosis, telur gulung yang dimasak sendiri juga lebih aman. Selamat mencoba!

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.