10 Manfaat Buah Bit untuk Kesehatan dan Kecantikan

Manfaat Buah Bit – Buah-buahan masuk ke dalam daftar makanan 4 sehat 5 sempurna yang wajib dikonsumsi setiap harinya. Ini karena di dalam buah-buahan terkandung berbagai macam nutrisi yang baik untuk tubuh. Mulai dari vitamin, mineral, zat besi, bahkan karbohidrat dan yang lain sebagainya.

Bagi Anda yang rutin mengkonsumsi buah-buahan setiap harinya, pasti beberapa jenis buah-buahan seperti pisang, kiwi, strawberry, pepaya dan lain sebagainya tak luput dari menu camilan Anda sehari-hari. Namun, pernahkah Anda mencoba buah bit?

Buah yang satu ini memang bukan buah yang baru saja dikenal orang. Banyak sekali orang yang sudah mengkonsumsi buah satu ini setiap harinya. Kandungan gizi yang ada di dalam buah bit juga tak kalah dengan beberapa jenis buah lainnya.

Buah yang berwarna ungu kemerahan tersebut sering ditemukan di Inggris dan Amerika. Namun, bagi Anda yang ingin membelinya, saat ini sudah banyak yang menjual buah bit di pasar swalayan. Nah, bagi Anda yang sedang menjalankan program diet, tentu buah satu ini bisa jadi pilihan yang tepat untuk Anda konsumsi.

Sebelum membahas lebih jauh tentang berbagai macam manfaat yang dimilikinya, alangkah baiknya jika Anda mengetahui kandungan nutrisi yang ada di dalam buah bit tersebut.

Kandungan Gizi yang Ada di Dalam Buah Bit

  • Betasianin
  • Caumarin
  • Triptofan
  • Fosfor
  • Zat besi
  • Magnesium
  • Vitamin C
  • Serat
  • Kaliumen
  • Asam Folat.

Banyak bukan kandungan yang ada dalam buah tersebut? Dengan kandungan yang dimilikinya, berbagai macam manfaat bisa Anda dapatkan dengan mudah jika rutin mengkonsumsi buah tersebut. Kira-kira, apa saja manfaat yang bisa Anda dapatkan dari buah bit? Untuk lebih lengkapnya, yuk simak penjelasan berikut ini:

Manfaat Buah Bit

Mencegah Anemia (Kekurangan Darah)

mencegah anemia (kekurangan darah)
Mencegah Anemia (Kekurangan Darah)

Tahukah Anda jika buah bit sangat ampuh untuk mencegah anemia (kekurangan darah). Warna merah yang dimilikinya selalu dikaitkan dengan warna merah dari darah. Namun, hal tersebut bukanlah sebuah alasan yang tepat. Warna merah yang dimiliki oleh buah bit ini tidak bisa mengatasi masalah anemia yang diderita oleh seseorang.

Namun, hal tersebut disebabkan karena kandungan zat besinya yang cukup tinggi. zat besi sangat baik untuk mengaktifkan kembali serta meregenerasi sel darah merah. Selain itu, zat besi akan membantu menyuplai oksigen yang sangat dibutuhkan oleh sel darah merah. Bagi Anda yang menderita anemia, sangat disarankan untuk rutin mengkonsumsi buah tersebut.

Membantu Meningkatkan Stamina

membantu meningkatkan stamina
Membantu Meningkatkan Stamina

Buah Bit merupakan salah satu buah yang sangat digemari oleh para atlet. Ini karena buah tersebut dapat meningkatkan stamina mereka. Seperti sebuah penelitian yang dilakukan oleh University Exter di Inggris, bahwa dengan meminum jus buah bit dapat membantu para atlet untuk bisa meningkatkan kekuatan serta stamina sebanyak 16%.

Hal tersebut disebabkan oleh kandungan nitrat yang terdapat di dalam buah. Nitrat memiliki manfaat untuk mengurangi pembakaran oksigen pada saat olahraga sehingga rasa lelah bisa berkurang. Tak hanya itu saja, bahkan sebuah studi percobaan yang dilakukan pada tahun 2011 juga memberikan pernyataan bahwa dengan mengkonsumsi jus buah bit secara rutin bisa membantu menambah tenaga serta stamina seseorang menjadi 2.8% lebih banyak.

READ  15 Manfaat Daun Afrika untuk Kesehatan dan Kecantikan Kulit

Mencegah Hipertensi

mencegah hipertensi
www.hellosehat.com

Hipertensi atau tekanan darah tinggi merupakan salah satu penyakit yang berbahaya. Bagaimana tidak? Hipertensi bisa memunculkan berbagai macam penyakit lainnya seperti stroke hingga serangan jantung yang merupakan pembunuh nomor satu di dunia.

Banyak cara yang bisa dilakukan untuk mencegah hipertensi, salah satunya dengan rutin berolahraga dan mengkonsumsi makanan yang sehat. Nah, buah bit merupakan salah satu buah yang sangat direkomendasikan untuk mencegah hipertensi.

Tak hanya itu, bahkan buah yang satu ini juga baik untuk dikonsumsi para penderita hipertensi itu sendiri. Berdasarkan sebuah penelitian yang dilakukan oleh Barts and London School of Medicine dan Peninsula Medical School memberikan penjelasan tentang bagaimana cara menurunkan tekanan darah.

Hal tersebut dijelaskan oleh Prof. Amrita Ahluwalia dari Barts and London School of Medicine bahwa rutin minum jus buah bit dan berbagai macam sayuran lainnya yang kaya akan kandungan nitrat, dapat membantu menjaga kesehatan jantung.

Berguna Sebagai Detoks Alami

berguna sebagai detoks alami

Manfaat berikutnya yang dimiliki oleh si buah merah ini ialah sebagai detoks alami. Tentu saja, tubuh membutuhkan proses detoks yang dilakukan secara alami untuk mengeluarkan berbagai macam racun dan zat yang sudah tidak digunakan lainnya.

Meski tubuh bisa melakukan detoks dengan sendirinya, namun hal ini dapat dibantu dengan menggunakan buah bit. Ginjal adalah salah satu organ tubuh yang memiliki peranan penting dalam proses detoks. Ginjal akan menyaring darah serta menghasilkan air seni.

Ada pula paru-paru, yang mana fungsinya ialah untuk mengeluarkan karbon dioksida dari tubuh. Selain itu, kulit manusia juga memiliki peranan penting dalam proses detoksifikasi. Kulit akan mendorong serta mengeluarkan berbagai macam partikel yang bersifat racun dari dalam tubuh lewat pori-pori kulit.

Ada pula hati yang berfungsi untuk membuat berbagai macam racun serta zat berbahaya dari dalam darah. Penelitian yang dilakukan di Polandia memberikan penjelasan bahwa buah bit sangat baik dalam detoksifikasi tubuh.

Percobaan yang dipublikasikan pada jurnal Phytotherapy Research ini menjelaskan bahwa buat bit diujikan pada seekor tikus dengan berbagai macam sel tubuh yang telah rusak. Tikus tersebut kemudian diberikan buah bit secara rutin. Hasilnya, tikus percobaan itu menjadi lebih sehat.

Hasil enzim yang dimiliki oleh tikus menjadi lebih baik. Selain itu, berbagai macam organ dalam yang melakukan proses detoksifikasi pun bisa berjalan dengan maksimal. Nah, bagi Anda yang ingin membersihkan ginjal, mungkin Anda bisa mencoba jus buah bit yang dicampur dengan mentimun dan wortel.

Campuran buah dan sayuran tersebut baik untuk meluruhkan racun yang tertimbun di dalam ginjal.

Kaya Akan Antioksidan

kaya akan antioksidan
Kaya Akan Antioksidan

Antioksidan merupakan senyawa yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Mengapa? Karena senyawa yang satu ini sangat baik untuk menetralkan radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh Anda. Radikal bebas merupakan zat yang sangat berbahaya dan bisa menimbulkan berbagai macam penyakit jika Anda sering terpapar zat tersebut.

Selain dapat menangkal radikal bebas, antioksidan juga baik untuk melindungi tubuh dari berbagai macam penyakit kronis yang mematikan seperti diabetes, kanker hingga jantung. Antioksidan yang dibutuhkan oleh tubuh ini bisa Anda dapatkan di dalam buah bit.

Buah tersebut memiliki kandungan fitonutrien yang cukup tinggi dan berguna untuk melawan berbagai macam penyakit. Bahkan, tidak sedikit penelitian yang memberikan penjelasan bahwa buah satu ini mengandung salah satu fitonutrien yaitu betalain.

Manfaat dari betalain ini baik untuk membuat kulit Anda tampak lebih cerah. Bahkan, bukan cuma itu saja, betalain juga baik untuk menghambat perkembangan dari beberapa jenis kanker dan berbagai penyakit kronis lainnya.

READ  1001 Manfaat Buah Tin Bagi Kesehatan yang Sangat Berkhasiat

Membantu Menurunkan Berat Badan

membantu menurunkan berat badan
Membantu Menurunkan Berat Badan

Seperti yang sudah disinggung pada penjelasan di atas, bahwa buah bit memiliki manfaat yang sangat baik untuk menurunkan berat badan. Buah yang kaya akan kandungan gizi ini juga memiliki kandungan serat yang cukup banyak. Meski demikian, kandungan kalori yang dimiliki oleh buah tersebut ternyata cukup rendah.

Oleh karena itu, hal inilah yang menjadikan alasan mengapa buah tersebut cocok untuk dikonsumsi, terutama bagi Anda yang sedang menjalankan program penurunan berat badan. Setiap cangkir dari buah bit mengandung 3,8 gram serta serta 59 kalori. Hal itu sama dengan 15% dari jumlah serta yang Anda butuhkan setiap harinya.

Jika Anda mengkonsumsi serat dalam jumlah yang cukup, itu akan membantu proses Anda untuk merasa kenyang lebih lama. Berdasarkan sebuah penelitian yang dilakukan di Boston, jika seseorang mengkonsumsi serat sebanyak 14 gram, dalam sehari ia dapat memangkas asupan kalori hingga 10%.

Hasilnya, berat badan akan turun sebanyak 4 pon dalam kurun waktu 4 bulan lamanya. Namun dengan syarat jika Anda rutin mengkonsumsi buah bit setiap harinya dan menerapkan pola hidup yang sehat.

Mengatasi Masalah Pencernaan

mengatasi masalah pencernaan
Mengatasi Masalah Pencernaan

Masalah pencernaan seperti susah Buang Air Besar (BAB) memang membuat sebagian besar orang merasa tidak nyaman untuk melakukan berbagai macam aktivitas sehari-hari. Ketimbang mengkonsumsi obat-obatan yang diyakini mampu melancarkan BAB, alangkah baiknya jika Anda mengkonsumsi buah bit.

Di dalam buah tersebut terkandung sebanyak 3.8 gram serat pada satu secangkir buah bit. Kandungan serat itu sudah cukup untuk membantu melancarkan proses pencernaan. Tak cukup sampai disitu saja, kandungan serat yang terdapat dalam buah bit juga memiliki manfaat lain.

Manfaat lain yang dimilikinya ialah sangat baik untuk menjaga kesehatan usus, mengatasi masalah wasir dan asam lambung atau GERD. Bagi Anda penderita magh, buah yang satu ini sangat baik untuk dikonsumsi. Apabila Anda mengalami masalah pencernaan seperti diare, mual atau bahkan nyeri, Anda bisa membuat ramuan buah bit.

Caranya ialah, Anda cukup mencampur buah bit, wortel, satu sendok makan jeruk nipis atau jus lemon kemudian blender. Sedangkan jus buah bit yang dicampur dengan satu sendok madu dan dikonsumsi pada pagi hari sebelum sarapan, akan membantu Anda untuk mengurangi perut kembung. Bagaimana? sangat bermanfaat bukan buah merah yang satu ini?

Pewarna Makanan Alami

pewarna makanan alami
Pewarna Makanan Alami

Selain sangat baik untuk tubuh, buah bit juga dapat digunakan sebagai pewarna makanan alami. Ini karena warna merahnya yang cukup pekat sehingga dapat digunakan untuk memberikan warna pada makanan. Pewarnaan makanan dengan menggunakan buat bit jauh lebih aman dan sehat jika dibandingkan dengan jenis pewarna makanan buatan lainnya.

Selain akan menghasilkan warna merah yang lebih cantik dan alami, kandungan nutrisi yang ada di dalam makanan tersebut juga bisa lebih beragam. Munculnya warna merah pada buah bit disebabkan karena adanya kandungan betanin.

Kandungan inilah yang pada akhirnya akan memberikan warna merah menyala yang sangat cantik. Nah, Anda bisa menggunakan warna dari buah tersebut pada beberapa makanan seperti kue kering, kue basah, jelly, pudding, es krim dan lain sebagainya.

Pewarna Rambut Alami

pewarna rambut alami
Pewarna Rambut Alami

Mungkin Anda akan sedikit tercengang dengan manfaat yang satu ini. Ya, selain bisa digunakan untuk pewarna makanan alami, ternyata buah bit juga bisa digunakan sebagai pewarna rambut alami. Tentu cara yang satu ini jauh lebih aman ketimbang Ana harus menggunakan pewarna rambut kimia yang dapat membuat rambut menjadi lebih rusak.

READ  Manfaat Buah Naga Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

Untuk bisa menciptakan warna rambut yang indah, Anda cukup mencampur bubuk henna yang berwarna hitam dengan jus akar bit merah. Oleskan pada rambut Anda dan diamkan selama beberapa menit. Hasilnya, rambut Anda akan berwarna hitam alami dengan gradasi warna burgundy yang memukau. Tak hanya itu, bahkan rambut Anda pun akan menjadi lebih sehat dan terlihat cantik alami.

Mengatasi Masalah Ketombe

mengatasi masalah ketombe
Mengatasi Masalah Ketombe

Masalah rambut seperti ketombe membuat sebagian besar orang menjadi tidak percaya diri. Selain itu, rasa gatal dari masalah rambut tersebut juga menimbulkan rasa yang tidak nyaman di kepala. Untuk mengatasi masalah tersebut, ternyata Anda bisa menggunakan buah bit.

Caranya dengan merebus buah tersebut hingga mendidih. Kemudian diamkan air rebusan buah bit hingga dingin. Setelah itu, pijat lembut di kulit kepala Anda, diamkan semalaman. Paginya, Anda bisa membilas rambut sampai bersih. Bagaimana? Banyak bukan manfaat yang dimiliki oleh ‘si merah’ satu ini?

Berbagai macam manfaat yang dimilikinya tersebut tentu tidak hanya baik untuk tubuh Anda, namun juga bisa membuat Anda menjadi lebih cantik. Jadi, bagi Anda yang ingin mendapatkan kulit cerah secara alami, Anda hanya tinggal mengkonsumsinya secara rutin setiap hari.

Selain itu, berbagai macam manfaat lainnya pun bisa Anda dapatkan dengan mudah. Nah, ternyata tak cuma buahnya saja yang memiliki sejuta manfaat. Daun dari buah bit yang satu ini juga memiliki banyak sekali manfaat bagi tubuh.

Di dalam daun buah dengan warna ungu kemerahan tersebut ternyata terkandung beragam nutrisi yang sangat penting. Mulai dari fosfor, seng, protein, serat, magnesium, vitamin B6, tembaga dan potassium. Tak hanya itu saja, bahkan daun dari buah bit ini juga mengandung sebagian besar vitamin C, vitamin A, zat besi dan juga kalsium.

Jika dibandingkan dengan bayam, ternyata kandungan zat besi yang dimiliki oleh daun buah bit jauh lebih banyak. Bahkan, gizi yang terdapat di dalam daun jauh lebih banyak jika dibandingkan dengan kandungan gizi yang bisa Anda temukan pada akar ataupun buah bit itu sendiri. Lalu, apa saja manfaat yang bisa Anda dapatkan dari daun buah bit satu ini? Berikut penjelasannya:

Manfaat Daun Buah Bit

manfaat daun buah bit
Manfaat Daun Buah Bit
  1. Daun buah bit sangat baik untuk melawan penyakit Alzheimer.
  2. Daun buah bit dapat membantu menangkal dan mengurangi resiko osteoporosis dengan cara meningkatkan kepadatan tulang karena adanya kandungan kalsium di dalamnya.
  3. Daun buat bit baik untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dengan cara merangsang produksi antibodi serta sel darah putih.

Sangat beragam bukan berbagai macam manfaat yang bisa Anda miliki dari daun buah yang satu ini? Jadi, Anda tidak hanya akan mendapatkan manfaat dari buahnya saja. Namun, Anda juga bisa mendapatkan manfaat yang sangat baik dari daun buah bit ini sendiri.

Bagi sebagian orang, mungkin tidak menyukai rasa dari buah bit. Nah, bagi Anda yang tidak begitu menyukai rasanya, Anda bisa mengolah buah yang kaya akan manfaat tersebut menjadi jus yang dicampur dengan beberapa sayuran.

Baca juga manfaat buah pisang

Selain itu, Anda juga bisa mencampurkan buah bit ke dalam kue, puding ataupun es krim. Pastinya anak-anak akan lebih menyukai varian makanan yang satu ini. Warnanya yang mencolok juga akan membuat orang tertarik untuk mengkonsumsinya.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.