Manfaat Daun Kemangi Untuk Kesehatan, Kecantikan, dan Kesuburan

Manfaat Daun Kemangi – Anda tentu sudah sangat familiar ketika mendengar kata kemangi. Kemangi merupakan tanaman kecil berbentuk runcing yang bisa digunakan untuk kuliner, biasanya untuk lalapan. Tumbuhan ini memiliki bau harum, sehingga apabila dijadikan sebagai lalapan bisa menambah cita rasa makanan. Ternyata tanaman ini berasal dari Asia dan Afrika, tetapi tanaman bisa hidup di daerah tropis maupun subtropis.

Di Inggris kemangi dikenal dengan nama Basil, di Yunani dikenal dengan nama Basileus, sedangkan di India tumbuhan ini dipercaya sebagai simbol kemurahan hati. Tumbuhan ini memiliki ciri-ciri sebagai berikut, 1) tingginya bisa mencapai 1 meter, 2) daunnya berwarna hijau muda, 3) menghasilkan biji yang berwarna hitam, 4) memiliki bunga yang warnanya bervariasi.

Tumbuhan ini ternyata memiliki beberapa kandungan minyak esensial penting, yaitu linalool, eugenol, dan metil chavicol. Kandungan minyak ini membuat tumbuhan kemangi memiliki banyak sekali manfaat, tidak hanya untuk keperluan kuliner saja. Beberapa manfaat lain tumbuhan kemangi, yaitu untuk kesehatan, kecantikan, dan untuk kesuburan pria.

Daun kemangi merupakan bahan alami yang minim efek samping. Daripada Anda menggunakan obat-obatan yang kadang terbuat dari bahan kimia, lebih baik memanfaatkan bahan alami. Terkadang obat yang terbuat dari bahan kimia tidak menyembuhkan, tetapi malah menyebabkan permasalahan lain.

Artikel kami kali ini akan membahas mengenai manfaat daun kemangi untuk kesehatan, kecantikan, dan kesuburan pria. Agar Anda tidak penasaran kami akan menguraikannya secara mendetail.

Manfaat Kemangi Untuk Kesehatan

manfaat kemangi untuk kesehatan
www.deherba.com

Kemangi memiliki kandungan zat yang baik untuk kesehatan tubuh. Sehingga tidak hanya dimanfaatkan untuk sajian makanan saja, tetapi kemangi juga digunakan untuk membantu menyembuhkan berbagai macam permasalahan kesehatan. Berikut beberapa manfaat daun kemangi untuk kesehatan.

Mencegah diare

mencegah diare
id.theasianparent.com

Diare merupakan penyakit pada perut yang biasanya disebabkan oleh bakteri atau karena salah makan. Seseorang yang mengalami penyakit ini akan sering buang air besar dan fasenya cair. Jika tidak segera diatasi penyakit ini bisa menyebabkan dehidrasi yang parah.

Tetapi Anda tidak perlu khawatir, daun kemangi ternyata bisa digunakan untuk mencegah diare. Pada daun kemangi ada zat yang disebut fitokimia, zat ini dapat melawan peyebab utama diare, bakteri Staphylococcus aureus.

Mencegah penyakit kardiovaskular

mencegah penyakit kardiovaskular
www.merdeka.com

Kasdiovaskular merupakan penyakit yang terjadi karena penyumbatan atau penyempitan pembuluh darah di jantung. Penyakit ini cukup berbahaya karena dapat memicu terjadinya stroke, nyeri dada (angina, dan serangan jantung. Bahkan pada fase yang sudah parah penyakit ini dapat menyebabkan kematian.

Kardiovaskular atau gangguan pembuluh darah pada jantung ini bisa terjadi pada siapa saja, tidak peduli usia, jenis kelamin, pekerjaan, gaya hidup, semua memiliki potensi yang sama terserang penyakit ini. gejalanya sendiri juga tidak bisa diketahui, atau bisa juga seperti gejala penyakit jantung. Untuk mengobati penyakit ini Anda bisa memanfaatkan daun kemangi, dapat memperlancar peredaran darah dan menjaga tekanan darah agar tetap normal.

Daun kemangi dapat memperlancar peredaran darah karena memiliki zat anti inflamasi atau zat yang mencegah penggumpalan darah yang menyebabkan aliran darah tidak lancar.

Mengurangi kolesterol

mengurangi kolesterol
www.merdeka.com

Kolesterol juga bisa terjadi pada siapa saja, tidak peduli usia atau jenis kelamin. Biasanya kadar kolesterol dalam tubuh seseorang tinggi disebabkan karena makanan yang ia konsumsi berkolesterol tinggi. Nah, untuk mengatasi kolesterol tinggi ini, Anda bisa memanfaatkan daun kemangi.

Dalam sebuah penelitian disebutkan bahwa daun kemangi dapat menurunkan kadar kolesterol secara signifikan. Hal itu karena daun kemangi memiliki zat antioksidan dan fitokimia yang dapat mencegah terjadinya penumpukan kolesterol pada pembuluh darah.

Mencegah diabetes

mencegah diabetes
www.bangapin.com

Anda tentu saja sudah tidak asing lagi mendengar kata diabetes. Hal itu karena Indonesia adalah salah satu negara yang penduduknya berpotensi terkena penyakit diabetes. Diabetes merupakan penyakit yang terjadi akibat kadar gula dalam darah meningkat. Penyakit ini disebabkan karena seseorang terlalu banyak mengonsumsi gula atau karbohidrat.

Penyakit ini bisa dibilang cukup berbahaya, apabila sudah kronis bisa menyebabkan kematian. Tetapi Anda tidak perlu khawatir, karena semua penyakit pasti ada obatnya. Salah satu obat untuk mengatasi diabetes yaitu dengan mengonsumsi ramuan dari daun kemangi secara rutin.

Mencegah kanker

mencegah kanker
transferfaktorformula.com

Kanker yang dimaksud di sini bukan Kantong Kering lo guys, tapi penyakit yang disebabkan akibat pertumbuhan yang yang tidak terkontrol. Biasanya kanker disebabkan oleh makanan yang tidak sehat, seperti fast food atau junk food, MSG atau micin, dan soft drink. Jadi lebih baik hindari makan makanan tersebut, lebih baik mencegah dari pada mengobati.

Jika sudah terlanjur dan dokter sudah mendiagnosis Anda terkena kanker, Anda tidak perlu risau dan bingung, karena Anda bisa mengatasinya dengan menggunakan daun kemangi. Kemangi memiliki zat yang dapat menyembuhkan kanker dengan efektif. Anda hanya perlu merebus kemangi dengan air putih secukupnya, lalu minum air hasil rebusan tersebut. Cukup gampang kan.

Meningkatkan fungsi pencernaan

meningkatkan fungsi pencernaan
www.adajerawat.com

Apabila Anda mengalami permasalahan pencernaan, Anda juga bisa memanfaatkan kemangi untuk mengatasinya. Kemangi memiliki kandungan serat yang memperlancar pencernaan. Selain itu juga dapat mengatasi kram perut dan menambah nafsu makan. Nah, sangat cocok nih untuk kalian yang nafsu makannya sedang menurun.

Menjaga kesehatan kulit

menjaga kesehatan kulit
www.vemale.com

Mungkin tidak banyak orang tahu jika kemangi memiliki kandungan vitamin C, sehingga sangat baik untuk menjaga kesehatan kulit Anda, terutama melindungi kulit dari paparan sinar UV. Apabila Anda mengonsumsi ramuan kemangi secara teratur, kesehatan kulit Anda akan terjaga.

Mengurangi stress oksidatif

mengurangi stress oksidatif
klikdokter.com

Stress oksidatif merupakan kondisi ketidak seimbangan yang terjadi antara antioksidan dan radikal bebas dalam tubuh. Kondisi yang demikian dapat memicu beberapa kerusakan pada organ tubuh manusia, sehingga akan menyebabkan berbagai penyakit serius.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa kemangi dapat membantu mengurangi stressoksidatif, karena kandungan zat adaptogen dalam tumbuhan kemangi. Jadi apabila Anda salah satu yang mengalami stress oksidatif, sangat disarankan sekali untuk meminum air rebusan daun kemangi secara rutin.

Mengatasi peradangan (inflamasi)

READ  9 Manfaat Jahe untuk Kesehatan Tubuh dan Efek Sampingnya
mengatasi peradangan (inflamasi)
rizhomananopropolis.com

Masih nyambung dengan stress oksidatif. Sudah disebutkan bahwa stress oksidatif akan menyebabkan kerusakan pada organ tubuh manusia. Kerusakan organ tubuh tersebut terjadi karena peradangan akut. Daun kemangi ternyata juga bersifat anti inflamasi atau anti peradangan, sehingga akan sangat efektif untuk mengatasi peradangan pada organ tubuh.

Zat anti inflamasi itu di antaranya, lonalool, eugenol, dan sitronelol. Jadi apabila dokter mendiaknosis Anda terkena radang apa saja, Anda bisa mengatasi peradangan tersebut dengan daun kemangi.

Mengobati infekti telinga

mengobati infekti telinga
hellosehat.com

Apabila digolong menjadi penyakit, Anda tahu tidak infeksi telinga digolongkan dalam penyakit apa? Nah, iya, infeksi apapun itu akan digolongkan penyakit peradangan. Nah, sama seperti peradangan di atas, Anda juga bisa menggunakan kemangi untuk mengatasinya, karena memiliki kandungan minyak esensial yang bersifat anti inflamasi atau anti peradangan.

Menjaga tubuh dari resistensi antibiotik.

menjaga tubuh dari resistensi antibiotik.
www.klikdokter.com

Apakah Anda tahu jika tubuh manusia itu dapat menyebabkan resistensi antibiotik? Ini terjadi karena adanya aktivitas misuse antibiotik atau pertumbuhan bakteri patogen. Tetapi Anda jangan khawatir, karena untuk mengatasi hal itu memang cukup sederhana.

Anda bisa mengatasinya dengan menggunakan tanaman kemangi. Cukup rebus dengan air putih, lalu minum air hasil rebusan tersebut. Agar hasil lebih maksimal Anda bisa meminum air hasil rebusan tersebut secara rutin.

Mengontrol keasaman (pH) tubuh

mengontrol keasaman (ph) tubuh
tokotidakada.blogspot.com

Kemangi juga berguna untuk menjaga keasaman tubuh (pH) agar tetap seimbang. Tingkat pH normal berfungsi untuk proses metabolisme dalam tubuh, serta merangsang kinerja enzim dan hormon dalam tubuh. Selain itu, pH juga berfungsi untuk menjaga kekebalan tubuh, sehingga tubuh tidak akan mudah terserang penyakit.

Menjaga kesehatan hati

menjaga kesehatan hati
sehatnegeriku.kemkes.go.id

Hati merupakan organ di dalam tubuh yang memiliki ukuran paling besar. Organ ini berfungsi untuk menetralkan racun yang masuk dalam tubuh. Bisa dikatakan organ ini memiliki peranan yang cukup sentral, karena tanpa dinetralkan racun yang menumpuk dalam tubuh akan memicu berbagai kerusakan pada organ lainnya. Nah, kemangi ternyata dapat membantu kinerja organ hati, sehingga organ ini tidak bekerja terlalu keras.

Manfaat Kemangi Untuk Kecantikan

manfaat kemangi untuk kecantikan
Pexels.com

Terlihat cantik merupakan dambaan setiap orang, terutama untuk kaum perempuan. Tetapi untuk terlihat cantik juga diperlukan usaha. Usaha yang sering dilakukan oleh kebanyakan orang yaitu melakukan perawat di salon atau dokter kecantikan.

Namun, pergi ke salon atau dokter kecantikan membutuhkan biaya yang tidak sedikit, untuk melakukan perawatan ini itu, Anda tentu harus merogoh kantong yang cukup dalam.

Bukan hanya itu saja, terkadang jika kulit Anda tidak cocok akan menyebabkan iritasi atau bahkan menyebabkan kerusakan yang parah. Nah, kalau begini, bukannya terlihat cantik malah akan merusak. Jadi mari kita cari alternatif lain agar bisa tetap terlihat cantik, tanpa mengeluarkan biaya yang besar, dan terhindar dari efek buruk produk kecantikan.

Nah, salah satunya dengan menggunakan daun kemangi. Anda mungkin tidak mengiranya, tetapi Anda tidak perlu heran, karena biasanya bahan-bahan alami memang memiliki banyak sekali manfaat. Daun kemangi merupakan bahan alami yang dapat Anda manfaatkan untuk membuat kulit Anda terlihat lebih cerah, lembut, dan mulus. Agar Anda lebih tahu, berikut akan kami tunjukkan beberapa manfaat daun kemangi untuk kecantikan yang perlu Anda ketahui.

Menghilangkan noda

Memiliki kulit mulus tanpa noda merupakan impian setiap orang. Tetapi kenyataan memang tak seindah impian. Tetapi Anda  bisa memanfaatkan daun kemangi untuk menghilangkan noda di wajah. Daun kemangi memiliki kandungan antioksidan yang dapat menyamarkan noda pada wajah.

Caranya cukup mudah, Anda hanya perlu menghaluskan daun kemangi, menambahkan dengan satu sendok bubuk cendana, aduk hingga keduanya tercampur, lalu oleskan secara merata pada wajah Anda. tunggu 10-15 menit lalu basuh dengan air bersih.

Mengatasi penuaan dini

Aktivitas sehari-hari yang melelahkan akan membuat wajah seseorang terlihat lebih kusam dan timbul kerutan atau bisa disebut penuaan dini. Untuk mengatasi hal ini Anda bisa memanfaatkan daun kemangi, karena daun kemangi memiliki kandungan penting yang dapat mengencangkan kulit. Cara pembuatannya cukup mudah, Anda hanya perlu menumbuk daun kemangi sampai halus, lalu menambahkannya dengan minyak kelapa.

Menghilakan bekas jerawat

Ketika masa puber banyak remaja yang wajahnya akan berjerawat, tetapi biasanya akan sembuh ketika sudah melewati masa puber. Yang sering terjadi jerawat ini akan menyebabkan bekas,  bahkan untuk jerawat yang agak parah akan membuat permukaan wajah tidak rata.

Nah, jika demikian Anda bisa menggunakan daun kemangi untuk mengatasinya, karena kemangi merupakan tumbuhan yang mengandung anti bakteri dan anti inflamasi. Untuk pemakaian nya sendiri, Anda hanya perlu menjadikannya masker wajah.

Menyamarkan bekas luka

Apabila Anda memiliki bekas luka, kemangi bisa Anda manfaatkan untuk menyamarkan bekas luka tersebut. Anda hanya perlu mengambil beberapa helai daun kemangi, menumbuknya sampai halus, menambahkan satu sendok air lemon dan madu, aduk sampai tercampur semua, lalu oleskan pada wajah Anda.

Membuat kulit sehat

Daun kemangi memiliki kandungan yang sangat penting untuk kesehatan kulit. Kandungan zatnya dapat menangkal radikal sinar UV, sehingga akan membuat kulit tetap sehat. Ambil beberapa daun kemangi saja, tumbuh hingga halus, tambahkan satu sendok minyak gliserin, lalu oleskan dan berikan sedikit pijatan pada wajah Anda. Agar hailnya lebih maksimal Anda bisa melakukannya sehari 2 kali.

Mengobati luka infeksi

Apabila Anda mengalami infeksi bakteri pada kulit, jamur atau infeksi lainnya, Anda bisa mengatasinya dengan daun kemangi. Daun kemangi ini memiliki kandungan zat anti bakteri, sehingga akan membantu mengobati berbagai penyakit kulit yang disebabkan oleh bakteri.

Kemangi banyak digunakan untuk mengobati penyakit eksem. Caranya cukup gampang, Anda hanya perlu mengambil beberapa lembar daun kemangi, menumbuknya hingga halus, jangan lupa tambahkan dengan sedikit yogurt, aduk hingga merata, lalu oleskan pada wajah Anda. setelah kering Anda bisa membilasnya.

Manfaat Kemangi Untuk Kesuburan

manfaat kemangi untuk kesuburan
pixabay.com

Masalah kesuburan menjadi hal penting, baik untuk laki-laki maupun untuk perempuan terutama yang sudah menikah. Kesuburan sangat berpengaruh pada kemampuan mendapatkan keturunan, apabila organ reproduksi antara pasangan laki-laki dan perempuan subur, mereka akan mudah mendapatkan keturunan.

Nah, jika Anda memiliki masalah dengan kesuburan, Anda bisa memanfaatkan daun kemangi untuk mengatasinya. Berikut beberapa manfaat daun kemangi untuk membantu mengatasi masalah kesuburan.

Merangsang pematangan sel telur

Pada perempuan, kemangi dapat membantu merangsang pematangan sel telur. Pematangan sel telur ini akan merangsang pelepasan sel telur (ovulasi) semakin cepat, sehingga sel telur akan lepas dan siap untuk dibuahi.

Menjaga kesehatan organ reproduksi

Kesehatan reproduksi juga sangat mempengaruhi seseorang akan cepat hamil atau tidak. Jika organ reproduksinya sehat, maka orang tersebut bisa cepat hamil. Untuk membantu Anda menjaga kesehatan organ reproduksi, Anda bisa menggunakan daun kemangi. Daun kemangi memiliki senyawa euglenol yang dapat membantu menjaga kesehatan organ reproduksi Anda.

Mengatasi ejakulasi dini

Daun kemangi memiliki kandungan senyawa penting yang disebut dengan sineol. Senyawa inilah berperan penting dalam meningkatkan kualitas sperma agar dapat membuahi sel telur dengan baik. Yang tidak kalah penting juga, sineol juga akan membantu mengatasi permasalahan ejakulasi dini pada pria.

Mencegah kemandulan

Ini merupakan hal sangat ditakutkan oleh pria maupun wanita. Pasalnya jika di diagnosis mandul maka ia tidak akan pernah bisa memiliki keturunan. Jadi cegah kemandulan dengan rutin mengonsumsi ramuan kemangi. Anda hanya perlu merebus kemangi dengan air bersih secukupnya, lalu minum air hasil rebusan itu.

Baca Juga : Manfaat Buah Sirsak Bagi Kesehatan, Kandungan Nutrisi Dan Gizinya

READ  10 Manfaat Buah Bit untuk Kesehatan dan Kecantikan

Demikian beberapa pembahasan terkait manfaat daun kemangi yang bisa kami berikan kepada Anda. Kami sudah membahasnya dengan rinci, tetapi jika Anda masih menginginkan informasi lebih lanjut, Anda bisa mencarinya sendiri. Sekian semoga artikel kami ini dapat bermanfaat untuk Anda.[]

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.