1001 Manfaat Buah Tin Bagi Kesehatan yang Sangat Berkhasiat

Manfaat Buah Tin – Pernahkah Anda mendengar salah satu buah yang memiliki nama tin? Jenis buah ini mungkin jarang ditemukan di Indonesia namun sangat sering ditemukan di dalam Al-Qur’an. Jenis buah-buahan ini ternyata sudah ada dan dimanfaatkan sejak ratusan tahun yang lalu.

Konon katanya, jenis buah ini memiliki khasiat dan juga manfaat yang sangat luar biasa bagi kesehatan. Oleh sebab itu, sangat direkomendasikan untuk mengkonsumsi buah tin setiap hari secara teratur. Manfaat yang ditawarkan oleh buah ini sangat banyak dan tentunya sangat baik bagi kesehatan.

Karena hal inilah manfaat buah ini begitu populer di seluruh masyarakat dunia. Bahkan, sebuah hadits sahih yang diriwayatkan oleh Bukhari menyebutkan bahwa Rasulullah pernah bersabda dan menyebutkan bahwa buah tin bisa digunakan untuk menyembuhkan penyakit wasir dan gangguan asam urat.

Sayangnya, buah ini termasuk dalam golongan buah yang tidak bisa bertahan lama setelah dipetik. Oleh sebab itu, banyak masyarakat yang mengeringkan buah ini agar bisa dikonsumsi kapanpun. Bahkan, kini buah ini juga diolah menjadi beberapa jenis menu salah satunya adalah selai.

Dari Manakah Asal Buah Tin?

Untuk Anda yang belum tahu dari mana buah ini berasal, ternyata buah tin ini merupakan jenis buah-buahan yang berasal dari wilayah Timur Tengah.  Salah satu negara di wilayah Timur Tengah yang menjadi tempat persebaran buah tin adalah Afganistan hingga ke Portugal yang ada di benua Eropa.

Nah, kandungan yang ada dalam buah tin ini ternyata bisa mengeluarkan sebuah varian yang disebut dengan cairan lateks dari sisi batangnya. Bentuk cairan ini seperti susu dan jika terkena kulit bisa menyebabkan iritasi. Pohon tin sendiri dapat tumbuh hingga ketinggian 10 meter dengan daun yang sepintas seperti daun ubi dan daun pepaya.

Dalam kondisi mentah, buah ini memiliki warna yang hijau. Sedangkan dalam kondisi yang matang, warna buah akan berubah menjadi ungu. Saat buah ini digigit, maka akan keluar aroma yang harum semerbak layaknya buah jambu biji. Hal ini dikarenakan kandungan zat tannin yang ada dalam buah ini membuat buah ini bertekstur empuk saat digigit namun sedikit kesat.

Seorang guru besar dari Departemen Farmakognosi Fakultas Farmasi Universitas Airlangga bernama Profesor Dr. Magestuti Agil MS Apt menyebutkan bahwa pohon tin ini memiliki nama ilmiah Ficus Caruca yang berasal dari suku Moraceae.

READ  11 Khasiat Daun Kelor Untuk Kesehatan dan Kecantikan Tubuh

Selain itu, dalam 100 gram buah yang belum diolah, maka di dalamnya mengandung berbagai macam vitamin dan mineral yang sangat tinggi. karena hal inilah buah tin juga dipercaya sebagai antioksidan. Dalam kehidupan sehari-hari, buah tin biasanya dijadikan sebagai obat untuk mengatasi infeksi.

Kandungan letiks dalam buah ini dipercaya sebagai antibakteri. Agar lebih mantap, ada baiknya jika Anda menyimak nutrisi dalam buah tin agar lebih tahu informasi selengkapnya.

Nutrisi Dalam Buah tin

nutrisi dalam buah tin
www.honestdocs.id

Jika ditinjau dari kandungan nutrisi nya, buah tin termasuk kategori buah yang memiliki kandungan nutrisi yang cukup lengkap. Buah ini memiliki banyak kandungan Vitamin dan mineral di dalamnya. Oleh sebab itu, jenis buah ini disebut oleh para ahli sebagai buah super nutrition.

Dalam 100 gram buah tin terdapat 250 kcal 140 kj energi, 0,434 mg 9% Pnathotenic Acid, 47,92 g gula, 63,87 g karbohidrat, 0,93 lemak, dan masih banyak kandungan nutrisi lainnya. Sayangnya, kandungan nutrisi yang sangat tinggi dari buah ini belum bisa dimanfaatkan dengan tepat oleh masyarakat Indonesia.

Biasanya masyarakat Indonesia yang membeli buah ini adalah para jamaah haji yang membeli produk oleh-oleh. Selain itu, harganya yang cukup mahal membuat banyak orang berpikir panjang untuk membeli buah ini di dalam negeri. Namun, harganya yang mahal tentunya akan sebanding dengan manfaat yang diberikan.

Manfaat Buah Tin

manfaat buah tin
hellosehat.com

Apa sih sebenarnya manfaat dari buah tin itu? Bicara soal khasiat dari buah ini, ternyata manfaat buah ini sudah sangat terkenal di kalangan masyarakat. Bahkan, di dalam Al-Qur’an juga disebutkan manfaat yang dimiliki oleh buah ini.

Hal ini bertera dalam QS. At-Tin ayat 1-2.

Artinya: Demi buah tin dan buah zaitun, demi gunung thursina (at-Tin 1-2)

Tidak hanya pada Al-Qur’an saja. namun buah ini juga disebutkan dalam hadits yang diriwayatkan oleh Abu Darda RA yang menyebutkan bahwasanya Nabi bersabda, “sekiranya kukatakan ada buah-buahan yang turun dari surga maka itulah buah tin. Makanlah ia, karena ia dapat menghentikan wasir dan bermanfaat menyembuhkan encok” (HR. Ibnu Qayyim dalam Zaadul Ma’aad).

Dari ayat Al-Qur’an dan juga hadits yang sudah disebutkan di atas menunjukkan bahwa buah ini sangatlah bermanfaat. Untuk Anda yang belum tahu manfaat dari buah ini, yuk langsung saja simak informasi selengkapnya di bawah ini.

Mengobati Hipertensi dan Jantung Koroner

mengobati hipertensi dan jantung koroner
hellosehat.com

Manfaat buah tin yang pertama adalah bisa digunakan untuk menyembuhkan hipertensi dan penyakit jantung koroner. Kedua jenis penyakit ini muncul karena terjadinya penyempitan pembuluh darah.

READ  7 Manfaat Pare yang Luar Biasa Bagi Kesehatan Tubuh

Jika hal ini terlalu lama didiamkan maka akan memicu munculnya gejala penyakit jantung koroner yang sangat berbahaya. Dalam buah ini ternyata terdapat kandungan fosfor, omega 6, omega 3, dan juga fenol.

Nah, kandungan mineral alami yang ada pada buah inilah yang berfungsi untuk mencegah munculnya penyakit jantung koroner.

Menurunkan Kolesterol Tubuh

menurunkan kolesterol tubuh
hellosehat.com

Jenis buah ini juga memiliki kandungan serat larut yang sangat baik. Serat larut ini disebut dengan nama pektin. Nah, kandungan pektin inilah yang bermanfaat untuk meminimalisir kadar kolesterol yang ada dalam tubuh.

Kandungan zat pektin ini saat masuk ke dalam tubuh akan membersihkan semua kolesterol jahat dan membersihkannya dengan cara membuangnya melalui sistem ekskresi. Adapun sistem ekskresi ini meliputi keringat, air seni maupun pada saat buang air besar.

Mencegah Munculnya Serangan Jantung

mencegah munculnya serangan jantung
hellosehat.com

Serangan jantung saat ini menjadi salah satu jenis penyakit yang menjadi momok bagi manusia. Bagaimana tidak, jenis penyakit ini adalah penyakit mematikan nomor satu yang ada di dunia. Bahkan, kurang dari 1 menit saja terdapat satu orang di dunia ini yang meninggal akibat serangan jantung.

Karena hal inilah menjaga kesehatan jantung dari serangan jantung sangat diperlukan. Salah satu cara yang bisa digunakan adalah dengan banyak mengkonsumsi buah tin mulai dari sekarang. Berdasarkan sebuah penelitian, buah tin ini mengandung kalium yang tinggi dimana kalium ini berguna untuk menurunkan kadar natrium yang ada dalam tubuh.

Bahkan, para ahli juga sampai mengatakan bahwa mengkonsumsi buah tin sekali dalam sehari ternyata dapat menurunkan risiko terkena serangan jantung yang terjadi secara mendadak.

Sangat Baik Untuk Para Penderita Diabetes

sangat baik untuk para penderita diabetes
www.dream.co.id

Manfaat lain yang didapatkan dengan mengkonsumsi buah tin adalah dapat menurunkan kadar gula darah. Karena hal inilah buah ini sangat direkomendasikan untuk dikonsumsi oleh penderita diabetes. Hal ini tentunya bisa terjadi karena buah tin mengandung glukosa dan juga fruktosa.

Selain itu, kandungan serat laut dan karbohidrat yang tinggi dapat menghambat penyerapan zat gula dalam tubuh. Dengan demikian, maka gula darah akan tetap terkontrol dan diabetes bisa diobati secara rutin. Karena hal inilah buah tin ini sangat direkomendasikan.

Mengobati Wasir

mengobati wasir
hellosehat.com

Seperti yang sudah disebutkan di atas bahwa banyak mengkonsumsi buah ini dapat mengobati penyakit wasir. Apa itu penyakit wasir? Penyakit wasir adalah munculnya benjolan karena ambeien yang sudah parah.

Jenis penyakit ini sangat mengganggu penderitanya. Sebab, jika duduk terlalu lama akan terasa sakit dan saat berdiri lama juga terasa sakit. Biasanya salah satu strategi pengobatan dari penyakit ini adalah dengan jalan operasi. Namun, dengan menggunakan buah tin operasi tidak perlu untuk dilakukan.

READ  15 Manfaat Daun Afrika untuk Kesehatan dan Kecantikan Kulit

Meredakan Asam Urat

meredakan asam urat
www.honestdocs.id

Manfaat utama yang dimiliki oleh buah tin bisa digunakan untuk meredakan asam urat. Bahkan manfaat ini ada dalam hadits Rasulullah. Seperti yang diketahui bahwa asam urat adalah salah satu jenis gangguan tubuh yang disebabkan jumlah asam urat dalam tubuh terlalu banyak.

Oleh karena itu, asam urat ini akan membentuk butiran kristal yang tersimpan dalam sendi. Nah, butiran kristal inilah yang akan melukai sendi sehingga saat asam urat kambuh bagian sendi terutama kaki akan sulit digerakan dan sangat sakit untuk digerakkan. Efek lain yang sering terjadi adalah munculnya bengkak pada kaki.

Nah, untuk mengatasi hal ini, maka Anda bisa mengatasinya dengan banyak mengkonsumsi buah tin. Dengan banyak mengkonsumsi buah ini, maka asam urat tidak akan mudah kambuh. Jenis buah tin memang tidak tumbuh dan hidup di Indonesia. Namun, manfaat yang ditawarkan oleh buah ini bisa dirasakan di Indonesia. Sebenarnya, manfaat dari buah ini tidak hanya 6 saja melainkan ada banyak sekali.

Ada banyak sekali manfaat yang ditawarkan oleh buah tin bagi kesehatan. Manfaat tersebut mulai dari mencegah penyakit kanker, menggemukkan badan, menguatkan tulang dan mencegahnya agar tidak keropos, mengatasi anemia, mengatasi sembelit, mengatasi insomnia, sebagai tambahan atau sumber nutrisi yang baik, mencegah penyakit tumor, mengobati bisul, mengobati asma, mengobati sakit tenggorokan, cocok untuk diet, mempercepat proses penyembuhan luka, mengatasi jerawat, menjaga kecantikan kulit, meningkatkan vitalitas pria, meluruhkan batu ginjal pada penyakit ginjal, meningkatkan sistem imun sehingga tidak mudah sakit, mencegah timbulnya kanker prostat, memperlambat proses penuaan dini, dan masih banyak lainnya.

Tentunya manfaat ini tidak bisa Anda rasakan sekaligus hanya dengan mengkonsumsi satu kali buah tin saja. manfaat ini akan Anda rasakan ketika Anda rutin mengkonsumsi buah ini secara teratur. Kurang apalagi coba, buah ini memiliki rasa yang manis dan enak serta memiliki banyak manfaat.

Manfaat ini bisa Anda rasakan setelah mengkonsumsi dalam jangka waktu tertentu. Tentunya dengan adanya pembahasan mengenai buah tin ini dapat memberikan manfaat dan informasi bahwa ada sebuah buah yang bernama buah tin. Buah ini juga memiliki kandungan nutrisi yang berlimpah dan sangat baik bagi kesehatan.

Karena manfaat yang dimiliki inilah, buah tin juga dianggap sebagai buah surga. Bahkan hal ini juga sesuai dengan hadits Rasulullah. So, setelah Anda membaca dan mengetahui buah tin, bisa mencobanya dan merasakan sendiri khasiatnya. Semoga adanya informasi ini bisa bermanfaat dan memberikan sedikit wawasan untuk kita semua.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.