14 Manfaat Pada Buah Pisang untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat Buah Pisang – Siapa yang tidak kenal dengan buah pisang? Ya, pisang adalah salah satu buah yang sangat terkenal dan sangat sering dikonsumsi.

Bahkan, jika Anda cermat, maka pisang menjadi buah yang sering dikonsumsi oleh para atlet untuk memenuhi kebutuhan nutrisi mereka. Pisang menjadi penyelamat bagi mereka karena dapat mengembalikan energi puncak mereka.

Secara umum, untuk mengantarkan pembahasan pada manfaat buah pisang, ada cukup banyak kandungan nutrisi yang ada pada buah pisang. Adapun kandungan gizi yang bersemayam di balik buah pisang adalah sebagai berikut:

  • 99 gram kalori
  • 1,2-gram protein
  • 0,2 gram lemak
  • 25,8 mg karbohidrat
  • 0,7 gr serta
  • 8 mg kalsium
  • 28 mg fosfor
  • 0,5 mg besi
  • 44 RE vitamin A
  • 0,08 mg vitamin B
  • 3 mg vitamin C
  • 72 gr air.

Dilihat dari poin di atas bisa dilihat bahwa buah pisang memiliki banyak sekali kandungan nutrisi. Kandungan nutrisi inilah yang membuat pisang mampu memenuhi kebutuhan gizi harian seseorang.

Pilih Buah Pisang Berkualitas

pilih buah pisang berkualitas
www.pegipegi.com

Untuk mendapatkan manfaat buah pisang yang maksimal, tentu saja Anda harus mengkonsumsi buah pisang yang berkualitas. Nah, dalam hal ini, berusahalah untuk mencari buah pisang yang berkualitas.

Ada beberapa ciri yang mendasari bagaimana kualitas dari buah pisang yang baik. Dalam hal ini, pilihlah pisang yang sudah matang, memiliki kulit hijau kekuning-kuningan dengan bercak cokelat atau kuning dan tidak membusuk.

READ  15 Manfaat Daun Sirsak Untuk Obat Penyakit Dan Kesehatan

Ini adalah ciri buah pisang yang bagus. Pisang dengan beberapa ciri tersebut cenderung akan lebih mudah dicerna dan gula yang terdapat dalam pisang akan diubah menjadi glukosa alami yang secara cepat akan di sebar ke dalam peredaran darah dan tersebar ke seluruh tubuh sebagai sumber energi yang baru.

Ragam Manfaat Buah Pisang untuk Kesehatan

ragam manfaat buah pisang untuk kesehatan
lifestyle.sindonews.com

Dengan kandungan nutrisi yang dimiliki, pisang memberikan cukup banyak manfaat yang sangat bagus untuk kesehatan. Adapun beberapa manfaat buah pisang untuk kesehatan yang bisa menjadi alasan kenapa buah ini sangat bagus untuk dikonsumsi adalah sebagai berikut:

  • Sebagai Sumber Energi

sebagai sumber energi
Sebagai Sumber Energi

Pisang adalah salah satu buah yang bisa menjadi sumber energi yang baik. Buah satu ini sangat mudah dicerna dan gula yang terdapat di dalamnya akan diubah menjadi sumber tenaga dengan cepat pula. Oleh karena itu, buah pisang sangat bagus untuk pembentukan tubuh, meningkatkan kerja otot dan menghilangkan rasa lelah.

  • Baik untuk Ibu Hamil

baik untuk ibu hamil
Baik untuk Ibu Hamil

Cukup banyak dokter menyarankan ibu hamil untuk mengkonsumsi buah pisang. Hal ini dikarenakan pisang memiliki kandungan asam folat yang cukup tinggi di mana baik untuk pertumbuhan janin. Akan tetapi, jangan terlalu banyak mengkonsumsi buah pisang karena kandungan kalori yang terdapat di dalamnya juga cukup tinggi.

  • Mengatasi Anemia

mengatasi anemia
Mengatasi Anemia

Apakah Anda menderita anemia? Nah, pisang adalah salah satu buah yang sangat bagus untuk mengatasi gangguan kesehatan yang satu ini. Untuk Anda yang menderita anemia, mengkonsumsi dua buah pisang setiap hari adalah hal yang bagus. Kenapa? Pisang memiliki kandungan zat besi yang tinggi yang bisa menurunkan anemia dengan maksimal.

  • Mengatasi Masalah Perut dan Usus

mengatasi masalah perut dan usus
Mengatasi Masalah Perut dan Usus

Salah satu manfaat buah pisang yang paling penting adalah mengatasi masalah perut dan usus. Nah, pisang yang dicampur dengan susu cair atau dimasukkan dalam segelas susu cair dapat dihidangkan sebagai obat untuk gangguan usus. Selain itu, menu ini dapat direkomendasikan untuk pasien yang mengalami sakit perut dan asam lambung.

  • Mengatasi Masalah Liver

mengatasi masalah liver
Mengatasi Masalah Liver

Pisang menjadi salah satu buah yang sangat penting untuk mengatasi masalah liver. Nutrisi yang terkandung dalam pisang secara periodik bisa mengatasi masalah liver yang sakit. Dalam hal ini, Anda bisa mengkonsumsi dua buah pisang dengan satu sendok madu untuk mengatasi masalah liver ini.

  • Menyembuhkan Luka Bakar

menyembuhkan luka bakar
Menyembuhkan Luka Bakar

Tidak hanya pada buahnya, daun pisang juga memiliki manfaat, salah satunya adalah mengatasi luka bakar. Nah, campuran abu daun pisang dengan tambahan minyak kelapa memiliki manfaat yang sangat bagus untuk mendinginkan kulit. Oleskan saja campuran abu daun pisang dan minyak kelapa tadi.

  • Mengatasi Masalah Diabetes

mengatasi masalah diabetes
Mengatasi Masalah Diabetes

Diabetes adalah salah satu masalah kesehatan yang sangat serius pada kesehatan tubuh. Nah, salah satu solusi untuk mengatasi masalah diabetes ini adalah dengan mengkonsumsi buah pisang secara teratur. Dalam buah pisang terdapat kandungan antioksidan yang cukup tinggi yang bisa membantu mengatasi masalah diabetes ini.

  • Mempercantik Kulit

mempercantik kulit
www.fimela.com

Apakah Anda mendambakan memiliki kulit yang halus dan bersih? Nah, pisang adalah salah satu buah yang bisa dimanfaatkan. Untuk melakukan perawatan kulit, Anda bisa membuat masker pisang dengan mencampur pisang yang sudah dihancurkan dan madu. Terapkan masker pisang ini selama berulang selama 15 hari dan lihat hasilnya.

  • Mengontrol Berat Badan

mengontrol berat badan
hellosehat.com

Salah satu manfaat buah pisang yang paling baik adalah mengontrol berat badan. Ya, Anda yang memiliki berat badan berlebih tentu akan merasa tidak nyaman dan seringkali tidak percaya diri. Selain melakukan diet, mengkonsumsi buah pisang adalah salah satu hal yang bisa Anda lakukan untuk mendapatkan berat badan yang ideal.

READ  Manfaat Buah Sirsak Bagi Kesehatan, Kandungan Nutrisi Dan Gizinya

Nutrisi yang terkandung dalam pisang secara perlahan akan mampu mengurangi lemak yang bertumbuh di dalam tubuh. Selain itu, pisang juga akan memberikan rasa kenyang sehingga nafsu makan cenderung akan lebih bisa di kontrol. Dalam hal ini, cobalah mengkonsumsi pisang setiap hari dan lihat perubahan yang terjadi pada tubuh Anda.

  • Mengatasi Depresi

mengatasi depresi
hellosehat.com

Pisang adalah salah satu buah yang bisa digunakan untuk mengatasi depresi. Dalam hal ini, nutrisi yang terkandung dalam pisang akan membantu meningkatkan produksi dopamine di dalam tubuh. Dengan produksi hormon ini, maka depresi akan cenderung lebih mudah untuk diatasi.

  • Mencegah Kram Otot

mencegah kram otot
Mencegah Kram Otot

Terkena kram otot adalah salah satu masalah yang tentu saja akan sangat menyiksa. Nah, dalam hal ini, pisang menjadi salah satu buah yang bisa diandalkan untuk mengatasi ini. Mengkonsumsi pisang bisa menjadi solusi karena adanya kandungan kalsium di dalamnya yang akan memperkuat otot.

  • Memperkuat Tulang

memperkuat tulang
Memperkuat Tulang

Kandungan kalsium yang terdapat dalam buah pisang selain bermanfaat pada otot juga sangat bermanfaat untuk tulang. Ya, salah satu manfaat buah pisang adalah memperkuat tulang. Karena kandungan kalsiumnya ini, mengkonsumsi pisang, terutama untuk anak-anak sangat disarankan.

  • Mengatasi Mood yang Buruk

mengatasi mood yang buruk
vebma.com

Jika Anda merasa mood harian Anda sedang buruk, maka cobalah mengkonsumsi pisang. Buah yang satu ini memiliki banyak sekali kandungan yang bisa mengontrol mood. Nah, pisang bisa menjadi solusi untuk mengembalikan keceriaan, terutama ketika stress, PMS dan lainnya.

  • Menurunkan Hipertensi

menurunkan hipertensi
Menurunkan Hipertensi

Kandungan kalium yang terdapat dalam pisang akan sangat bermanfaat untuk menurunkan hipertensi. Sebagaimana diketahui, hipertensi adalah masalah kesehatan tubuh yang cukup serius. Dengan pisang, dampak buruk dari hipertensi akan bisa dicegah.

Nah, beberapa poin di atas menjelaskan beragam manfaat yang terdapat dalam pisang. Dengan aneka manfaat tersebut, tentu mengkonsumsi pisang bisa menjadi opsi terbaik untuk menjaga kesehatan. Konsumsi buah ini dengan teratur dan dapatkan manfaatnya.

READ  10 Fungsi Karbohidrat Bagi Tubuh yang Harus Anda Tahu

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.