20 Manfaat Kulit Manggis Untuk Kesehatan dan Kecantikan Kulit

Manfaat kulit manggis – Siapa sih yang tak tahu buah lokal satu ini? rasanya yang manis dan dagingnya yang lembut menjadikan manggis disukai oleh semua kalangan, baik anak-anak maupun orang tua. Kandungan gizi pada buah ini pun begitu tinggi, sehingga tak heran jika manggis kaya akan manfaat bagi kesehatan.

Namun yang paling menarik, manfaat yang begitu beragam bukan hanya bisa Anda dapatkan dari daging buahnya saja, namun juga dari kulit manggis. Kulit buah manggis yang berwarna ungu kehitaman ini memiliki kandungan zat yang begitu beragam dan dipercaya dapat mengobati berbagai macam penyakit berbahaya.

Benar sekali, selain banyak digunakan untuk pewarna alami, manfaat kulit manggis juga sangat beragam untuk kesehatan dan obat.

Rahasia Manfaat Kulit Manggis

rahasia manfaat kulit manggis
Rahasia manfaat kulit manggis

Jika biasanya setelah mengupas manggis dan mengambil daging yang menyelimuti biji manggis Anda langsung membuang kulit, kali ini cobalah untuk mengumpulkannya. Anda bisa mengolah kulit manggis menjadi ramuan herbal yang kaya akan manfaat.

Penasaran apa saja manfaat kulit manggis untuk tubuh? Berikut ini ulasan lengkapnya khusus untuk Anda.

Menjaga Sistem Imun Tubuh

menjaga sistem imun tubuh
Menjaga sistem imun tubuh

Salah satu manfaat utama dari kulit manggis bagi tubuh adalah untuk menjaga sistem kekebalan  tubuh. Bahan alami ini akan membantu sistem imun tubuh menjadi lebih kuat, sehingga tubuh tak akan mudah terserang virus penyakit. Tubuh juga akan menjadi lebih bugar dan bisa beraktifitas dengan baik.

Menurunkan Kadar Gula Darah

menurunkan kadar gula darah
http://thuonggiaonline.vn

Kulit manggis sudah sejak lama dimanfaatkan sebagai obat bagi penderita diabetes. Hal ini karena kulit manggis mampu menurunkan kadar gula darah dalam jumlah yang signifikan. Penurunan kadar gula darah pun bisa dirasakan penderita diabetes dalam kurun waktu yang cukup cepat.

Mencegah Resistensi

mencegah resistensi
hellosehat.com

Selain penurunan kadar gula darah, kulit manggis juga sangat baik untuk penderita diabetes karena dapat mencegah terjadinya resistensi pada insulin. Seperti yang Anda ketahui, jika penderita diabetes dalam mengalami kondisi yang begitu down ketika resistensi insulin terjadi, sehingga hal ini harus dicegah sedini mungkin.

Mencegah Peradangan

mencegah peradangan
ecestaticos.com

Manfaat kulit manggis selanjutnya adalah sebagai obat atau herbal pencegah peradangan. Dalam hal ini peradangan atau inflamasi yang dapat dicegah dengan mengonsumsi kulit buah manggis adalah peradangan luar dan peradangan dalam. Selain sebagai pencegah, kulit buah manggis juga dapat membantu mengatasi peradangan dengan cepat.

READ  Manfaat Buah Naga Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

Mencegah Kerusakan DNA

mencegah kerusakan dna
singularityhub.com

Tahukan Anda jika kerusakan DNA tubuh cukup rentan terjadi? Hal ini bisa saja terjadi lantaran banyak faktor. Untuk mencegahnya, Anda bisa memanfaatkan olahan kulit buah manggis.

Benar sekali, herbal olahan ini mampu mencegah kerusakan DNA dan juga kerusakan sel-sel pada jaringan tubuh. Dengan begitu resiko penyakit atau kelainan akibat rusaknya DNA tubuh bisa terhindar.

Meringankan Gejala Asma

meringankan gejala asma
shutterstock

Memiliki penyakit yang bisa kumat sewaktu-waktu seperti asma memang sangat menyiksa. Anda harus pandai memilih lokasi untuk menghabiskan banyak waktu, mengingat asma bisa kambuh ketika udara lingkungan tidak bersih.

Gejala yang muncul dari penyakit ini pun sudah sangat menyiksa, seperti kesulitan bernafas, sesak nafas dan lain sebagainya. Dengan rutin mengonsumsi herbal kulit manggis, Anda dapat mencegah sekaligus meringankan gejala asma tersebut.

Menurunkan Kolesterol Jahat

menurunkan kolesterol jahat
magazine.job-like.com

Selain baik bagi penderita diabetes, kulit manggis juga sangat disarankan bagi penderita penyakit kolesterol. Penyebabkan tak lain dan tak bukan yakni karena kandungan dalam kulit manggis mampu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh atau LDL yang memicu penyakit kolesterol.

Kandungan zat dalam kulit manggis ini akan mengontrol kadar kolesterol dalam tubuh dan mencegah penumpukan kolesterol.

Mencegah Hipertensi

mencegah hipertensi
mencegah hipertensi

Pada dasarnya penyakit hipertensi bisa muncul bukan karena kinerja jantung yang menurun atau tidak maksimal, yakni karena adanya penumpukan plak di pembuluh darah. Penumpukan plak yang sudah berlebih pun akan berpotensi menyebabkan pembuluh darah pecah sehingga seseorang mengalami stroke.

Oleh sebab itu, seseorang yang mengalami hipertensi atau tekanan darah tinggi harus ekstra menjaga kestabilan tekanan darah sehingga efek berupa penyakit lain yang lebih parah dapat terhindarkan.

Mencegah Serangan Jantung

mencegah serangan jantung
mencegah serangan jantung

Masih berhubungan dengan darah, manfaat kulit manggis lainnya juga berfungsi untuk mencegah serangan jantung. Dimana penyakit ini bisa muncul dan menyebabkan ketidakstabilan peredaran darah dalam tubuh.

Pencegahan penyakit ini harus dilakukan sedini mungkin, mengingat serangannya yang bisa muncul secara mendadak. Nah selain bermanfaat untuk mencegah serangan jantung, kulit buah manggis juga dapat berfungsi untuk mencegah jantung koroner.

Mencegah Terjadinya Gangguan Pencernaan

mencegah terjadinya gangguan pencernaan
pinterpandai.com

Beberapa diantara Anda mungkin kerap menyepelekan gangguan pada sistem pencernaan, karena menganggapnya sebagai penyakit yang tidak berbahaya. Tapi jika gangguan pencernaan ini dibiarkan begitu saja, bukan tidak mungkin penyakit mematikan akan menyerang mengingat sumber penyakit kebanyakan berasal dari sistem pencernaan.

Kulit manggis ini akan membantu mengatasi mencegah serta mengatasi gangguan pada sistem pencernaan. Ekstrak kulit manggis juga sangat efektif untuk memaksimalkan kinerja sistem pencernaan, sehingga tubuh mampu melakukan aktivitas sehari-hari dengan lancar.

READ  15 Rahasia Manfaat Sari Kurma Untuk Kesehatan Tubuh

Anti Kanker

anti kanker
thehindubusinessline.com

Kanker tampaknya masih menjadi momok yang sangat mengerikan hingga saat ini. Selain karena keganasannya, kanker juga termasuk penyakit yang cukup sukar disembuhkan. Terlebih lagi jika sudah memasuki stadium akhir.

Namun dengan mengonsumsi banyak makanan yang mengandung antioksidan tinggi, pertumbuhan sel kanker dalam tubuh dapat dihambat dan dicegah. Seperti antioksidan dalam kulit manggis yang efektif mencegah bahkan mematikan sel kanker.

Anti Bakteri

anti bakteri
european-coatings.com

Beberapa kandungan pada kulit manggis juga memiliki sifat anti bakteri, yang mana kandungan ini menjadikan kulit manggis bermanfaat untuk membunuh bakteri-bakteri jahat yang masuk ke dalam tubuh.

Sifat anti bakteri ini secara otomatis juga akan membuat sistem imun dalam tubuh dan tubuh menjadi tak mudah terserang penyakit.

Menyembuhkan Sariawan dan Gusi Berdarah

menyembuhkan sariawan dan gusi berdarah
nakita.grid.id

Sering sariawan dan mengalami gusi berdarah? Kulit manggis adalah solusinya. Dimana kedua masalah mulut ini bisa muncul karena adanya bakteri dalam mulut serta kurangnya asupan vitamin C yang Anda konsumsi.

Sifat anti bakteri dari kulit manggis lagi-lagi akan membantu Anda menangani masalah ini dengan cepat dan efektif.

Menghentikan Diare

mengentikan diare
mamikos.com

Walaupun terdengar sepele, namun diare harus cepat diatasi agar tubuh tak mengalami dehidrasi atau kekurangan cairan. Anda dapat mengatasi masalah pencernaan ini dengan mengonsumsi ekstrak kulit manggis.

Selain menghentikan diare, kulit manggis juga ampuh untuk membasmi bakteri jahat di usus yang mungkin menjadi penyebab diare.

Menurunkan Suhu Tubuh

menurunkan suhu tubuh
today.line.me

Selama ini mungkin Anda sering kebingungan mencari obat herbal penurun panas yang bisa digunakan untuk anak-anak. Kulit manggis bisa jadi solusinya. Dimana herbal ini ampuh menurunkan suhu tubuh anak maupun orang dewasa dengan cepat.

Untuk memaksimalkan hasilnya, Anda juga bisa membarengnia dengan kompres air hangat ataupun air es.

Mempercepat Penyembuhan Luka

mempercepat penyembuhan luka
jambi.tribunnews.com

Dalam kulit manggis terdapat kandungan zat anti bakteri dan juga anti inflamasi, yang mana kedua kandungan tersebut dapat mencegah terjadinya infeksi serta mempercepat penyembuhan luka luar.

Ekstrak kulit manggis akan ampuh mengembalikan tekstur kulit luar yang terbuka/luka, sehingga penyembuhannya pun akan lebih cepat.

Meredakan Stress

meredakan stress
ayeey.com

Sering stress atau depresi dengan pekerjaan maupun masalah hidup yang sedang Anda alami? Tentunya ini harus segera ditangani sehingga tak menyebabkan efek buruk lain, mengingat stress juga sering menjadi faktor penyebab berbagai penyakit fisik.

Selain dengan konsultasi ke ahlinya, Anda juga bisa meredakan stress dengan mengonsumsi ekstrak kulit manggis. Kandungan zat pada kulit manggis dipercaya mampu membuat otak lebih rileks dan tenang, sehingga Anda pun akan terhindar dari stress.

Mencegah Penuan Dini

mencegah penuaan dini
elvante.id

Siapa sih yang tak kesal jika kulit tampak kusam dan wajah tampak lebih tua dari umur sebenarnya? Setiap orang tentunya tak mau mengalami mimpi buruk ini.

READ  9 Manfaat Jahe untuk Kesehatan Tubuh dan Efek Sampingnya

Sebenarnya untuk mencegah penuaan dini yang ditandai dengan munculnya kerutan, muncul flek hitam dan wajah tampak kusam bisa dilakukan dengan mudah, yakni menggunakan kulit manggis.

Kandungan antioksidan pada ekstrak kulit manggis dapat berfungsi menangkal radikal bebas yang menjadi biang proses penuaan dini.

Menghilangkan Jerawat

menghilangkan jerawat
gileludro.com

Masalah kulit lain yang kerap menyerang wajah adalah jerawat. Dimana jerawat bisa muncul karena banyak faktor, mulai dari hormon, bakteri, hingga pola hidup. Namun salah satu yang paling sering yakni karena bakteri penyebab jerawat.

Anda bisa membasmi bakteri penyebab jerawat ini dengan zat anti bacterial dalam kulit manggis. Menariknya, ekstrak kulit manggis juga ampuh mencegah munculnya kembali jerawat di wajah.

Sebagai Pewarna Alami

sebagai pewarna alami
Sebagai pewarna alami

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, warna kulit manggis yang begitu pekat bisa dimanfaatkan sebagai pewarna alami. Biasanya warna yang dihasilkan bisa ungu, merah, maupun biru. Anda bisa menggunakan pewarna alami ini baik pada makanan maupun produk non konsumsi.

Ternyata dari bagian yang sering Anda buang bisa didapatkan manfaat begitu banyaknya. Kalau tahu begitu rasanya menyesal bukan sudah sering membuang kulit manggis begitu saja?

Proses Pengolahan Kulit Manggis

proses pengolahan kulit manggis
Proses pengolahan kulit manggis

Namun untuk mendapatkan manfaat kulit manggis seperti di atas, Anda harus mengolahnya terlebih dahulu dan mengambil ekstraknya. Nah berikut adalah cara dan proses pengolahan kulit manggis.

  1. Ambil kulit manggis bagian dalam kemudian keringkan. Pastikan semua bagian kering maksimal dan terasa lebih keras.
  2. Selanjutnya haluskan sampai menjadi bubuk.
  3. Masukkan ekstrak kulit manggis tersebut ke dalam kapsul yang terbuat dari bahan alami, seperti rumput laut misalnya.
  4. Ekstrak kulit manggis siap Anda konsumsi setiap hari.

Bagi Anda yang sering kesulitan mengonsumsi kapsul karena ukurannya yang terlalu besar, Anda juga bisa menggunakan bubuk kulit manggis tersebut sebagai teh. Cukup seduh dengan api panas lalu campur dengan madu sebagai pemanis buatannya.

Selain itu Anda juga bisa mencampurkan bubuk kulit manggis ini pada susu atau jus buah. Untuk anak-anak, Anda pun dapat menaburkan ekstrak kulit manggis pada makanan yang mereka suka.

Baca Juga : 1001 Manfaat Buah Tin Bagi Kesehatan yang Sangat Berkhasiat

Jikapun Anda tak memiliki cukup waktu untuk mengolah sendiri kulit manggis, Anda bisa membeli ekstrak kulit manggis siap minum yang sekarang ini banyak dijual di apotek atau swalayan. Namun ingat, pastikan produk yang Anda beli tidak mengandung bahan kimia tambahan yang justru dapat merusak manfaat kulit manggis itu sendiri.

Semoga ulasan di atas bermanfaat.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.