Manfaat Buah Naga Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

Manfaat Buah Naga – Buah naga adalah salah satu jenis buah yang sangat eksotis dan semakin hari semakin dikenal ditengah masyarakat. selain memiliki cita rasa yang unik, buah ini juga memiliki banyak sekali khasiat. buah ini diberi nama buah naga karena kulit bagian luarnya memiliki bentuk layaknya sisi yang mirip dengan gambaran sosok naga. buah ini termasuk kedalam jenis kaktus dari marga hylocereus dan juga selenicereus.

Ada dua jenis buah naga yang banyak dibudidayakan oleh masyarakat, yaitu buah naga dengan daging yang warnanya merah dan buah naga dengan daging yang warnanya putih. buah naga sendiri memiliki kandungan gizi yang sangat bervariasi sehingga manfaatnya pun juga bervariasi.

Buah ini juga mengandung nol jenis karbohidrat kompleks dan vitamin yang bisa membantu proses memcahkan makanan di dalam pencernaan. selain itu, di dalam buah naga ini terdapat kandungan captin fitokimia yang penting untuk kesehatan jantung manusia.

Banyak orang yang sangat penasaran dan bertanya-tanya mengenai apa saja manfaat dari buah naga ini. Manfaat buah naga ini memang sangat beragam, sebagaimana yang telah diulas di atas. manfaatnya bukan hanya untuk kesehatan tubuh, namun juga untuk kecantikan.

Manfaat Buah Naga

manfaat buah naga
Manfaat Buah Naga

Nah, berikut ini adalah beberapa manfaat buah naga yang bisa anda gunakan sebagai bahan alami yang nikmat dan menyehatkan.

Membantu Mencegah Penuaan Dini

membantu mencegah penuaan dini
www.tampilcantik.com

Manfaat buah naga yang pertama adalah untuk membantu mencegah penuaan dini. garis halus yang terdapat pada kulit khususnya bagian wajah, kemudian keriput dan kusam menjadi tanda tanda bahwa seseorang sedang mengalami penuaan dini. penyebab terjadinya penuaan dini adalah rusaknya sel kulit karena adanya serangan dari zat radikal bebas.

Meskipun semua orang akan menginjak usia tua, namun anda tentu tidak mau terlihat lebih tua dibandingkan dengan umur yang dimiliki. padahal sebenarnya belum terlalu tua. Nah, didalam buah naga juga ada kandungan antioksidan yang sangat baik untuk melawan serangan dari zat radikal bebas. sehingga dengan mengkonsumsi buah naga ini secara rutin, maka tubuh anda akan terlihat lebih muda, sehat dan halus.

Adapun cara untuk Aplikasinya adalah sebagai berikut :

  • Siapkan setengah buah naga yang masih segar.
  • Satu sendok makan yoghurt.
  • Hancurkan buah naga sehingga berbentuk seperti pasta yang halus. kemudian masukan yoghurt.
  • Apabila kedua bahan sudah tercampur, maka selanjutnya adalah oleskan pada wajah dan juga leher secara merata dan diamkan selama kurang lebih 20 menit.
  • Apabila sudah kering, maka bilas dengan memakai air bersih kemudian keringkan dengan handuk yang lembut dan bersih.
  • Ulangi cara tersebut setidaknya satu minggu satu kali selama dua bulan supaya tanda tanda penuaan pada wajah anda benar-benar bisa tersamarkan. dan usahakan untuk menggunakan cara ini secara rutin agar hasilnya menjadi lebih maksimal.

Membantu Mengobati Jerawat

membantu mengobati jerawat
Membantu Mengobati Jerawat

jerawat adalah salah satu masalah pada kulit yang kerap muncul apabila seseorang sedang berada pada masa pubertas. jerawat juga bisa menimbulkan suatu bekas yang menjadikan penanpilan menjadi kurang maksimal dan kurang percaya diri.

READ  10 Manfaat Buah Bit untuk Kesehatan dan Kecantikan

Nah, buah naga ini juga bisa dijadikan sebagai solusi alami untuk mengurangi tumbuhnya jerawat pada wajah anda. hal ini dikarenakan buah naga memiliki kandungan vitamin C yang sangat banyak sehingga efektif untuk mencegah munculnya jerawat.

 

Adapun cara untuk menghilangkan jerawat dengan menggunakan buah naga adalah sebagai berikut :

  • Siapkan seperempat dari daging buah naga yang masih segar.
  • Siapkan 3 sampai 4 bola kapas.
  • Kemudian ambil daging buah naga tersebut dan aduklah menggunkan garpu sehingga menjadi halus layaknya pasta.
  • Oleskan pada wajah atau kulit yang ditumbuhi jerawat dengan memakai bola kapas. adanya kapas ini akan mencegah bakterinya menjalar kemana-mana.
  • Tunggu sampai 20 menit kemudian bilaslah dengan air yang hangat.
  • Ulangilah proses perawatan ini selama dua kali dalam satu minggu suipaya hasilnya lebih maksimal.

Membantu Menyehatkan Kulit

membantu menyehatkan kulit
Membantu Menyehatkan Kulit

Setiap orang, khususnya wanita pasti menginginkan kulit yang sehat dan juga bercahaya sepanjang hari. dalam hal ini, anda pun bisa mendapatkan kulit yang demikian dengan cara yang sangat mudah. yaitu dengan memperhatikan apa yang dikonsumsi dan pola hidup nyang sehat, misalnya dengan melakukan olah raga secara rutin dan juga teratur.

Selain itu, anda juga  bisa menambahkan buah naga dalam menu harian anda. ini dijamin bisa meningkatkan kesehatan kulit anda. bisa diawali dengan meminum segelas dari jus buah naga. khasiat atau kandungan yang terdapat dalam buah naga akan dapat membantu mengeluarkan racun yang ada didalam tubuh sehingga kulit akan terlihat semakin cerah.

Buah naga juga memiliki kandungan antioksidan yang sangat tinggi, sehingga bisa menangkal bahkan menghilangkan radikal bebas yang bisa membuat kulit anda kusam dan kendur. sementara kandungan vitamin C yang terdapat dalam buah nagalah yang ampuh untuk menjadikan kulit semakin lebih cerah.

Membantu Melembabkan Kulit

membantu melembabkan kulit
kumparan.com

Kandungan air yang terdapat dalam buah naga sangatlah tinggi. dengan tingginya kadar air tersebut sangat ampuh untuk memberikan hidrasi pada kulit. khususnya untuk anda yang mempunyai kulit kering. maka usahakan untuk menambahkan buah naga sebagai konsumsi harian anda supaya benar-benar bisa mendapatkan kulit yang lembab. Selain itu, kulit anda juga akan selalu terjaga kesehatannya dengan menggunakan buah naga ini.

Membantu Menyehatkan Rambut

membantu menyehatkan rambut
www.merdeka.com

Ternyata buah naga yang memepunyai daging berwarna merah memiliki kandungan antioksidan yang sangat tinggi. selain itu, juga mengandung enzim yang mampu membuat rambut menajdi lebih halus dan lebih sehat.

Apabila anda kebetulan mempunyai rambut yang kurang sehat, maka anda bisa menggunakan buah naga ini untuk memperbaikinya. caranya sangat mudah, yaitu dengan mengkonsumsi jus buah naga secara rutin dan teratur, kemudian lihat perubahan pada rambut anda selama beberapa minggu.

Jika anda tidak suka dengan rasa jus buah naga, maka anda juga bisa menggunakannya dengan cara mengoleskan ampas dari buah naga tersebut sebagaimana anda menggunakan masker rambut. sesudah itu, diamkan selama kurang lebih 20 menit.

Setelah itu, bilaslah rambut anda memakai air biasa. kemudian cuci rambut anda dengan memakai sampo dengan formulasi yang ringan. cara ini tidak harus anda gunakan secara rutin saat keramas, cukup aplikasikan selama 2 kali dalam satu minggu supaya hasilnya menjadi lebih maksimal.

Membantu Menurunkan Kolesterol

membantu menurunkan kolesterol
Membantu Menurunkan Kolesterol

Buah naga adalah salah satu jenis buah yang didalamnya terdapat kandungan lemak tak jenuh, emoga 2 dan asam lemak omega 6 yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah. selain itu, kandungan antioksidan yang terdapat di dalam buah naga sangatlah tinggi sehingga menjadikan buah naga ini sangat baik dan ampuh dalam melawan kolesterol tinggi.

READ  12 Khasiat Dan Manfaat Tomat Untuk Kesehatan Secara Menyeluruh

Apabila anda kebetulan mengidap kadar kolesterol tinggi sebaiknya anda mengkonsumsi buah naga ini secara rutin dan cobalah untuk menghindari berbagai makanan yang memicu naiknya kadar kolesterol anda. dengan  begitu, secara berangsur-angsur, kadar kolesterol tersebut akan menurun dan menjadi normal kembali.

Membantu Mengobati Sembelit

membantu mengobati sembelit
Membantu Mengobati Sembelit

Pastinya anda pernah mengalami yang namanya sembelit. dan itu sangat menganggu aktifitas sehari-hari. Nah, masalah sembelit ini bisa diatasi dengan banyak cara. anda bisa menggunakan cara yang alami dengan mengkonsumsi buah naga secara rutin.

Buah naga sendiri memiliki kandungan serat yang sangat tinggi dan memiliki kadar air yang tinggi. buah satu ini sangat cocok dikonsumsi untuk para penderita sembelit.

Membantu Menurunkan Gula Darah

membantu menurunkan gula darah
Membantu Menurunkan Gula Darah

Buah naga ternyata bukan hanya dikonsumsi seseorang dengan kolesterol tinggi, namun juga sangat baik untuk penderita diabetes. dianata faktor yang memicu penyakit berbahaya satu ini adalah karena kadar gula yang sangat tinggi di dalam tubuh.

Salah satu solusi yang aman dan mudah adalah dengan menggunakan buah naga. buah naga ini mampu menurunkan kadar gula darah yang tinggi karena di dalamnya ada kandungan triol, polifenol, dan juga glukosinolat.

Disamping itu, buah naga juga memiliki kandungan serat yang sangat tinggi sehingga mampu menghambat terjadinya lonjakan gula darah di dalam tubuh sesudah mengkonsumsi jenis makanan yang memiliki indeks glikemik tinggi.

Membantu Meningkatkan Kesehatan Jantung

membantu meningkatkan kesehatan jantung
Membantu Meningkatkan Kesehatan Jantung

Buah naga juga ampuh untuk membantu meningkatkan kesehatan jantung seseorang. hal tersebut lantaran di dalam buah naga mampu membantu menurunkan kadar kolesterol yang tinggi di dalam pembuluh darah yang dapat mengakibatkan seseorang mengalami serangan jantung.

Selain itu, buah naga juga memiliki kandungan melak monounsaturated yang sangat penting untuk membantu meningkatkan kesehatan jantung seseorang.

Mencegah Penyakit Anemia

mencegah penyakit anemia
Mencegah Penyakit Anemia

Anemia adalah salah satu jenis penyakit yang sering terjadi pada saat tubuh seseorang kekurangan asupan zat besi. Ada beberapa gejala yang muncul ketika seseorang tengah terserang anemia. Misalnya insomnia, sulit konsentrasi, nyeri pada dada, jantung yang berdebar dan detak jantung yang tidak beraturan. untuk mengatasi anemia ini, anda bisa menggunakan buah naga.

Buah naga adalah jenis buah yang didalamnya sangat kaya akan kandungan zat besi. zat besi tersebut mampu memenuhi sekitar 8 % dari krbutuhan zat besi harian anda. di samping itu, buah naga juga mempunyai banyak kandungan vitamin C yang bisa membantu meningkatkan penyerapan zat besi yang lebih maksiml pada tubuh.

Membantu Menjaga Barat Badan

membantu menjaga barat badan
Membantu Menjaga Barat Badan

Anda yang mengalami kenaikan pada berat badan lantaran asupan makanan yang tidak teratur atau sembarangan, maka sebaiknya anda mulai mengkonsumsi buah naga. selain memiliki rasa yang nikmat,buah naga juga memiliki kandungan kalori yang relatif rendah, yakni ada 60 kalori pada setiap gramnya.

Bukan hanya itu, buah naga ini juga mempunyai kandungan air sekitar 90 % sehingga ia memiliki kandungan serat yang sangat banyak dan itu bisa menjadikan orang yang mengkonsumsinya menjadi kenyang lebih lama.

Mencegah Penyakit Kanker

mencegah penyakit kanker
Mencegah Penyakit Kanker

Apabila dipandang secara sekilas, ini tentu menjadi hal yang terdengar tidak mungkin bahwa buah naga ternyata bisa mencegah penyakit kanker. namun, ini sudah terbukti berdasarkan sebuah penilaian

 

 

 

Jika dipandang secara sekilas, ini tentu menjadi hal yang terdengar tidak mungkin bahwa buah naga ternyata bisa mencegah penyakit kanker. Namun, ini sudah terbukti berdasarkan sebuah penelitian bahwa buah naga memiliki kemampuan untuk mencegah perkembangan dari sel kanker itu sendiri. Di dalam buah naga, terdapat kandungan enzim yang cukup kaya dan bernama Lycopene, vitamin C dan juga karoten yang sifat nya adalah anti kansinogenik.

Di samping itu, buah naga juga memiliki kandungan yang sangat kaya akan polifenol dan ini bisa melindungi Anda untuk mengidap jenis penyakit kanker tertentu. Maka dari itu, buah naga sangat disarankan untuk dijadikan konsumsi harian supaya bisa menjadikan badan lebih sehat lagi.

Mencegah Glaukoma Kongenital

mencegah glaukoma kongenital
yovebi.com

Glaucoma kongenital merupakan salah satu keadaan dimana ada tekanan di bola mata yang naik dan itu dapat menyebabkan mata menjadi rusak. Ada sebuah penelitian yang menyatakan bahwa buah naga ternyata dapat mencegah munculnya kelainan tersebut. Sehingga ia bisa menjadi alternatif supaya mata Anda menjadi mata yang sehat serta terhindar dari gangguan.

Membantu Meningkatkan Sistem Imun

READ  Manfaat Daun Kemangi Untuk Kesehatan, Kecantikan, dan Kesuburan
membantu meningkatkan sistem imun
www.prensalibre.com

Manfaat selanjutnya dari buah naga ialah ia bisa membantu meningkatkan sistem imun atau kekebalan tubuh seseorang. Hal itu lantaran buah naga sendiri memiliki kandungan vitamin C amat tinggi, bahkan kandungan tersebut lebih tinggi dibandingkan yang ada pada wortel.

Selain itu, buah naga juga memiliki kandungan antioksidan yang dapat membantu mengusir radikal bebas yang mengendap di dalam tubuh manusia. Di samping itu, buah naga juga memiliki kandungan nutrisi dan vitamin seperti vitamin B1, B2, B3 dan juga Fosfor, Protein, Zat Besi dan masih banyak lagi yang lainnya dan kesemuanya saling bekerja sama untuk menjaga kekebalan tubuh manusia sehingga ia tetap dalam keadaan sehat dan fit sepanjang hari.

Sangat Baik untuk Ibu Hamil

sangat baik untuk ibu hamil
madukandungan.com

Biasanya para ibu hamil akan rentan terserang anemia jika ia tidak mengkonsumsi suplemen yang dapat menambahkan zat besi. Nah, tahukah Anda bahwa buah naga memiliki kandungan zat besi yang bisa menghindarkan ibu hamil dari penyakit tersebut. Kandungan zat besi tersebut akan membantu menaikkan kadar hemoglobin di dalam darah seseorang.  

Buah naga ternyata tidak hanya baik untuk sang ibu, namun juga sangat baik untuk janin Anda karena di dalam buah tersebut bisa memberikan asupan nutrisi serta oksigen yang cukup untuk sang bayi. Nah, Anda yang sedang hamil sebaiknya biasakan mengkonsumsi buah satu ini, namun jangan sampai berlebihan.

Membantu Menguatkan Tulang dan Gigi

membantu menguatkan tulang dan gigi
doktermayasa.blogspot.com

Manfaat buah naga selanjutnya adalah untuk membantu menguatkan tulang dan juga gigi. Buah naga sendiri memang sangat kaya akan kalsium dan juga fosfor. Itu menjadi nutrisi yang sangat penting untuk tubuh, khususnya tulang dan gigi.

Kedua nutrisi tersebut saling bergantung antara satu dengan yang lain. Sehingga Anda perlu mengkonsumsi jenis makanan yang mengandung dua kandungan tersebut supaya benar-benar mampu mengatasi berbagai tulang dan gigi Anda.

Itulah alasan mengapa buah naga sangat penting dalam mengatasi masalah tulang dan gigi.

Membantu Menjaga Sistem Pencernaan

menjaga sistem pencernaan
www.vebma.com

Sebagaimana telah lazim diketahui bersama bahwa serat amat baik untuk kesehatan sistem pencernaan manusia. Dan Anda bisa mendapatkan serat tersebut hanya dengan mangonsumsi buah dan sayuran. Nah, buah naga sendiri memiliki kandungan serat yang cukup tinggi sehingga proses pencernaan dan buang air besar Anda semakin lancar.

Demikianlah ulasan tentang manfaat buah naga yang bisa dijadikan sebagai pengetahuan dan pilihan menu buah sehat untuk dikonsumsi sehari-hari. Ternyata buah naga memiliki kandungan yang sangat kaya dan cocok untuk kesehatan tubuh Anda.

 

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.