13 Manfaat Bawang Putih Untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat bawang putih – Bawang putih merupakan salah satu bumbu dapur yang kerap digunakan untuk menguatkan aroma masakan. Tak hanya itu, bawang putih juga digunakan untuk membuat cita rasa masakan menjadi lebih lezat. Penggunaan bumbu dapur yang satu ini memang tidak boleh dilewatkan jika Anda ingin membuat sebuah hidangan yang lezat.

Aroma bawang putih yang sangat khas memang bisa membuat cita rasa masakan menjadi lebih baik. Namun, apakah manfaat bawang putih hanya cukup sampai disitu saja? Tentu tidak. Bawang putih juga memiliki khasiat lain bagi tubuh yang wajib untuk Anda ketahui.

Bahkan, beragam khasiat yang dimilikinya tersebut membantu Anda untuk mengatasi berbagai macam masalah kesehatan. Nah, kiranya apa saja manfaat yang dimiliki oleh bawang putih yang satu ini? Penasaran dengan jawabannya? Yuk, simak penjelasannya di bawah ini:

Menurunkan Risiko Kanker Prostat

menurunkan risiko kanker prostat
hellosehat.com

Menurut World Health Organization (WHO) atau badan kesehatan dunia, kanker masuk ke dalam 20 jenis penyakit yang mematikan di dunia.

Tak heran, jika penyakit tersebut menjadi momok yang sangat menakutkan bagi masyarakat. Terlebih, gaya hidup tidak sehat membuat masyarakat saat ini lebih mudah untuk terserang kanker. Salah satu jenis kanker yang banyak diderita oleh masyarakat adalah kanker prostat.

Kanker yang hanya di idap oleh kaum adam ini tentu tidak boleh diremehkan begitu saja. Ternyata, agar bisa terhindar dari penyakit berbahaya tersebut, Anda bisa memanfaatkan bawang putih. Kandungan yang ada di dalam bawang putih baik untuk menurunkan resiko kanker prostat. 

Lalu, bagaimana cara mengkonsumsinya? Cara mengkonsumsinya pun sangat mudah, Anda bisa memakannya secara langsung atau mencampurkannya ke dalam masakan. Konsumsi bawang putih ini secara rutin agar tubuh terhindar dari kanker prostat yang berbahaya.

Menurunkan Risiko Terkena Osteoarthritis Pinggul

menurunkan risiko terkena osteoarthritis pinggul
hellosehat.com

Osteoarthritis pinggul merupakan salah satu jenis penyakit yang kerap menyerang sebagian besar wanita. Rasa sakit yang diakibatkan oleh penyakit tersebut tentu akan menghambat aktivitas Anda sehari-hari. Bahkan, semua wanita yang ada di dunia memiliki resiko untuk terkena penyakit osteoarthritis pinggul.

Akan tetapi, tidak jika mereka menerapkan pola hidup yang sehat dan makan-makanan yang bergizi. Sebuah riset menunjukkan bahwa wanita yang kerap mengkonsumsi sayuran jenis allium seperti bawang putih, dapat membantu menurunkan resiko osteoarthritis pinggul. Riset lebih lanjut juga masih dilakukan untuk menjadikan bumbu dapur yang satu ini sebagai obat alternatif dari osteoarthritis pinggul.

Mencegah Terjadinya Demensia dan Alzheimer

mencegah terjadinya demensia dan alzheimer
www.sehatq.com

Demensia dan Alzheimer merupakan salah satu penyakit yang dapat dengan mudah menyerang seseorang yang telah berusia senja. Namun, bukan berarti bahwa penyakit tersebut tidak bisa menyerang mereka yang masih mudah.

Beberapa waktu terakhir, kasus penyakit demensia dan Alzheimer yang menyerang orang dengan rentang usia masih muda marak terjadi. Meski penyakit yang satu ini awalnya di diagnosis hanya akan menyerang mereka dengan usia lanjut, namun perubahan pola hidup masyarakat yang tidak sehat membuat penyakit tersebut sangat mudah menyerang mereka yang masih muda.

Lalu, apakah ada cara untuk mengatasi masalah tersebut? Tentu saja ada. Selain harus mengganti pola hidup yang lebih sehat seperti berolahraga, hindari stress dan tidur yang cukup, Anda juga bisa mengkonsumsi berbagai macam makanan yang bisa menurunkan risiko demensia dan Alzheimer.

Salah satu makanan yang bisa membantu menurunkan resiko penyakit tersebut adalah bawang putih. Manfaat bawang putih ini baik untuk menangkal radikal bebas karena kandungan antioksidannya yang sangat baik. Kandungan tersebut tentu bisa menurunkan resiko untuk terkena demensia dan Alzheimer, baik bagi mereka yang sudah berusia lanjut ataupun masih muda.

Bawang putih akan melindungi sel saraf untuk mencegah terjadinya penurunan kognitif. Akan tetapi, manfaat dari bawang putih untuk mengurangi risiko demensia dan Alzheimer ini masih membutuhkan studi yang lebih lanjut.

Meningkatkan Kesehatan Tulang Pada Wanita

meningkatkan kesehatan tulang pada wanita
doktersehat.com

Wanita memiliki risiko terkena osteoporosis lebih tinggi jika dibandingkan dengan pria. Nah, penyakit yang satu ini biasanya menyerang para wanita dewasa.

Kebutuhan kalsium dan vitamin D yang kurang membuat wanita lebih mudah untuk terserang penyakit tersebut. Oleh karena itu, agar terhindar dari penyakit yang satu ini, maka penting bagi Anda untuk meningkatkan kesehatan tulang. Tak hanya harus rutin mengkonsumsi makanan yang kaya akan kalsium seperti susu dan lainnya.

Namun, rupanya bawang putih juga menjadi salah satu makanan yang wajib untuk dikonsumsi agar bisa meningkatkan kesehatan tulang. Kandungan gizi yang ada di dalam bawang putih baik untuk meningkatkan kadar estrogen dalam tubuh. Hal tersebut dapat membantu untuk membuat tulang menjadi lebih kuat.

Hal ini juga yang akan mengurangi resiko wanita untuk terkena osteoporosis atau pengeroposan tulang. Namun, masih sama dengan manfaat bawang putih sebelumnya, manfaat dari bawang putih yang satu ini juga masih dibutuhkan riset yang lebih lanjut.

Melindungi Kesehatan Jantung

melindungi kesehatan jantung
www.liputan6.com

Menurut WHO, serangan jantung menjadi penyakit paling mematikan di dunia. Penyakit tersebut memang bisa menyerang siapa saja dan kapan saja. Bahkan, orang yang terlihat sehat dan tidak memiliki riwayat penyakit apapun bisa tiba-tiba terserang penyakit jantung. Tentu sangat menakutkan bukan?

Oleh karena itu, menjaga kesehatan tubuh dengan menjalankan pola hidup yang lebih sehat menjadi hal yang wajib untuk Anda lakukan. Tidak hanya harus rutin berolahraga, namun Anda juga harus mengkonsumsi berbagai jenis makanan yang baik untuk menjaga kesehatan jantung.

Salah satu makanan yang baik untuk meningkatkan kesehatan jantung ialah bawang putih. Kandungan diallyl trisulfide yang ada di dalam minyak bawang putih ternyata mampu membantu meningkatkan dan melindungi kesehatan jantung. Bahkan, kandungan yang dimilikinya ini juga baik untuk penanganan gagal jantung.

Bahkan, pada sebuah penelitian yang dilakukan pada tikus, menunjukkan jika terjadi penurunan kerusakan jantung sebesar 61% setelah zat diallyl trisulfide diberikan kepada tikus yang terkena penyakit jantung. Jadi, bagi Anda yang ingin memiliki jantung yang sehat dan kualitas hidup yang lebih baik, maka rutin mengkonsumsi bawang putih menjadi pilihan yang tepat bagi Anda.

Membantu Menurunkan Tekanan Darah

membantu menurunkan tekanan darah
jabar.tribunnews.com

Apakah manfaat bawang putih hanya sebatas itu saja? Tentu tidak, masih banyak manfaat lainnya yang harus Anda ketahui dari bumbu dapur dengan aroma yang sangat khas ini.

Selain beberapa manfaat yang telah disebutkan di atas, ternyata bawang putih juga baik untuk membantu menurunkan tekanan darah. Nah, bagi penderita hipertensi atau tekanan darah tinggi, ternyata khasiat bawang putih untuk menurunkan tekanan darah sudah umum diketahui.

Sebuah penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa memberikan 500 hingga 1500 miligram ekstrak bawang putih bagi penderita darah tinggi, ternyata memiliki efek yang sama seperti obat Atenolol. Bahkan, efek yang di dapatkannya tersebut selama jangka waktu 24 minggu.

Nah, agar tekanan darah bisa turun lebih cepat, maka Anda bisa mengkonsumsi empat siung bawang putih mentah setiap harinya.

Mengurangi Kadar Kolesterol

mengurangi kadar kolesterol
nyubie.web.id

Kadar kolesterol yang terlalu tinggi di dalam tubuh juga memiliki efek yang berbahaya. Tingginya kadar kolesterol tersebut dapat mengundang beragam penyakit serius mulai dari stroke, hipertensi hingga serangan jantung.

Oleh karena itu, bagi mereka yang memiliki kadar kolesterol tinggi, menghindari atau bahkan tidak mengkonsumsi makanan dengan kandungan kolesterol yang terlalu tinggi merupakan pilihan terbaik. Namun, hal tersebut rasanya belum cukup untuk menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh Anda.

Selain harus juga menerapkan gaya hidup yang lebih sehat dengan rutin berolahraga, Anda juga harus mengkonsumsi beberapa jenis makanan yang baik untuk menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Salah satu makanan yang baik untuk menurunkan kadar kolesterol ialah bawang putih.

Nah, pemberian suplemen bawang putih ternyata mampu menurunkan kadar kolesterol jahat atau LDL sebanyak 10 hingga 15 persen. Tak hanya bisa mengkonsumsi suplemennya aja, namun jika Anda ingin mendapatkan manfaat yang lebih baik, Anda bisa mengkonsumsi bawang putih secara langsung.

Meringankan Keracunan Timah

meringankan keracunan timah
www.cnnindonesia.com

Kasus keracunan logam berat seperti timah memang bisa terjadi kepada siapa saja. Untuk meringankan keracunan akibat logam berat tersebut, maka Anda bisa memanfaatkan bawang putih.

Dengan adanya kandungan sulfur di dalam bawang putih, membuat organ tubuh bisa terlindungi dari kerusakan. Bahkan, bawang putih juga bisa mengurangi kadar timah yang ada di dalam darah sebanyak 19% pada karyawan yang bekerja di pabrik dengan memproduksi baterai mobil.

Nah, bagi Anda yang bekerja pada sektor industri tersebut dan sering terpapar bahaya logam berat, maka dengan mengkonsumsi bawang putih merupakan hal yang wajib untuk dilakukan. Tak hanya bisa mengurangi kadar timah dalam darah, namun bawang putih juga meringankan beberapa gejala keracunan seperti sakit kepala dan sebagainya.

Bahkan, yang lebih mencengangkan, pemberian bawang putih sebanyak tiga kali sehari jauh lebih baik meringankan gejala keracunan yang dialami oleh pasien ketimbang mengkonsumsi obat D-penicillamine.

Mengurangi Risiko Terkena Kanker Paru-Paru

mengurangi risiko terkena kanker paru paru
doktersehat.com

Tak hanya baik untuk mengurangi resiko kanker prostat. Namun, bawang putih juga bisa mengurangi resiko terkena kanker paru-paru.

Seperti yang sudah diketahui, kanker paru-paru bisa menyerang siapa saja yang tidak menerapkan gaya hidup yang lebih sehat. Bahkan, bagi mereka para perokok aktif maupun perokok pasif, memiliki resiko yang lebih tinggi untuk terkena penyakit yang mematikan ini.

Lalu, apa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengurangi resiko terkena kanker tersebut?. Salah satu cara yang bisa Anda lakukan ialah dengan mengkonsumsi makanan yang bisa mengurangi resiko penyakit kanker paru-paru. Bawang putih merupakan makanan yang tepat untuk Anda konsumsi.

Setidaknya, mengkonsumsi bawang putih mentah dua kali seminggu dapat menurunkan resiko kanker paru-paru sebanyak 44%. Meski begitu, namun masih dibutuhkan penelitian yang lebih lanjut tentang manfaat bawang putih yang mampu menurunkan resiko kanker paru-paru.

Antibiotik Alami

antibiotik alami
www.deherba.com

Ternyata, selain berbagai macam manfaat yang telah disebutkan di atas, masih ada lagi manfaat lainnya dari bawang putih yang sayang untuk dilewatkan.

Siapa sangka jika bumbu dapur yang kerap digunakan sehari-hari ini bisa berguna sebagai antibiotik alami. Bagaimana bawang putih bisa menjadikan dirinya sebagai antibiotik alami? Hal tersebut karena adanya kandungan diallyl trisulfide di dalamnya.

Kandungan tersebut bahkan bisa melawan bakteri Campylobacter dimana bakteri tersebut merupakan penyebab dari gangguan yang terjadi pada sistem pencernaan. Tak cukup sampai disitu saja, zat tersebut juga 100 kali lebih baik dan lebih efektif jika dibandingkan dengan antibiotik yang sering digunakan pada umumnya.

Nah, dengan manfaat bawang putih yang dimilikinya tersebut, hal ini bisa dijadikan sebagai obat alternatif untuk mengatasi berbagai macam masalah kesehatan. Dengan manfaat yang dimilikinya tersebut, apakah Anda masih ragu untuk mengkonsumsi bawang putih secara langsung?

Meningkatkan Performa Saat Olahraga

meningkatkan performa saat olahraga
www.idntimes.com

Ternyata, kandungan yang ada di dalam bawang putih sangat baik untuk meningkatkan performa olahraga. Meski demikian, masih dibutuhkan penelitian yang lebih lanjut tentang manfaat yang dimilikinya ini.

Sebuah studi menunjukkan bahwa seseorang yang menderita penyakit jantung dan diberi minyak bawang putih sebanyak dua kali sehari selama enam minggu akan mengalami peningkatan performa olahraga yang lebih baik.

Akan tetapi, penelitian-penelitian tentang bawang putih yang bisa meningkatkan performa tubuh saat berolahraga masih mengalami kontradiksi dan masih dibutuhkan penelitian yang lebih lanjut.

Menangkal Pilek

menangkal pilek
www.dbs.com

Meski pilek bukan termasuk yang berbahaya, namun pilek bisa membuat kesehatan tubuh Anda menjadi menurun dan membuat aktivitas sehari-hari menjadi terhambat. Apalagi jika hidung tersumbat gara-gara pilek, sakit kepala yang terasa sangat sakit dan badan yang panas dingin.

Sebelum Anda mengatasi pilek dengan menggunakan obat-obatan, ternyata ada obat alami yang sangat ampuh untuk mengatasi masalah tersebut. Obat alami tersebut adalah bawang putih. Bawang putih berguna untuk membantu meningkatkan sistem imun tubuh dengan sangat baik.

Tak hanya itu, kandungan allicin allicin  yang ada di dalam bawang putih ternyata sangat baik untuk menangkal tubuh dari gejala pilek. Seperti yang telah diketahui, bahwa pilek dapat dengan mudah menyerang siapa saja bahkan lewat udara. Oleh karena itu, untuk menangkal penyakit yang satu ini, Anda bisa mengkonsumsi bawang putih secara rutin.

Menjaga Kesehatan Otak

menjaga kesehatan otak
hellosehat.com

Selain baik untuk menjaga kesehatan jantung, ternyata manfaat bawang putih lainnya yang bisa Anda dapatkan ialah untuk menjaga kesehatan otak.

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Universitas Missouri memberikan penjelasan bahwa turunan karbohidrat yang ada di dalam bawang putih yang dikenal dengan nama FruArg dapat melindungi sel-sel otak. Kandungan tersebut akan melindungi sel-sel otak terhadap efek penuaan dan penyakit yang bisa saja terjadi.

Bahkan, FruArg juga dilaporkan dapat mengurangi kadar oksida nitrat yang dihasilkan oleh sel microglia di dalam otak selama melawan stress oksidatif dan juga peradangan. Namun, di sisi lainnya peran dari sel microglia tersebut baik untuk menjaga kesehatan sistem saraf.

Akan tetapi, jika jumlahnya terlalu banyak maka hal tersebut akan melawan peradangan serta menghasilkan lebih banyak oksida nitrat. Nah, kadar oksida nitrat yang terlalu banyak ini sudah lama dikaitkan sebagai penyebab terjadinya kerusakan sel otak. Kabar baiknya, kandungan FruArg yang ada di dalam bawang putih bisa memperbanyak microglia tanpa harus ikut meningkatkan kadar oksidasi nitrat.

Baca Juga Jenis Makanan Sehat

READ  11 Khasiat Daun Kelor Untuk Kesehatan dan Kecantikan Tubuh

Dengan beragam manfaat bawang putih tersebut apakah Anda masih ragu untuk mengkonsumsinya secara langsung? Meski mengkonsumsi bawang putih yang digunakan dalam bumbu masakan tetap masih bisa memberikan manfaat bagi tubuh Anda, namun jika Anda mengkonsumsinya secara langsung hal tersebut tentu akan membuat tubuh Anda mendapatkan lebih banyak manfaat.

Jadi tunggu apalagi? Agar Anda bisa mendapatkan manfaat bawang putih ini, jangan lupa untuk mengkonsumsinya secara rutin. Semoga bermanfaat.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.