Manfaat Kunyit untuk Kesehatan dan Kecantikan Tubuh

Manfaat kunyit – Kunyit atau kunir merupakan salah satu rempah yang sudah sangat familiar di telinga Anda bukan? Tak hanya berguna untuk melezatkan makanan, namun kunyit juga banyak digunakan dalam campuran jamu. Khasiat dari kunyit ini memang sudah tidak diragukan lagi.

Banyak sekali manfaat kunyit yang bisa Anda dapatkan baik untuk kesehatan ataupun kecantikan. Bahkan, kunyit sendiri merupakan resep kecantikan tradisional yang sudah digunakan sejak dulu. Tidak sedikit pula produk kecantikan yang menggunakan kunyit sebagai salah satu komposisinya.

Nah, bagi Anda yang masih belum tahu apa saja manfaat kunyit yang bisa didapatkan untuk kesehatan dan kecantikan, berikut pembahasannya.

Manfaat Kunyit untuk Kesehatan

manfaat kunyit untuk kesehatan
hellosehat.com

Mengendalikan Gula Darah

mengendalikan gula darah
www.alodokter.com

Diabetes merupakan penyakit yang tidak bisa disembuhkan namun bisa di kontrol. Untuk mengontrol gula darah, tentu tidak boleh dilakukan dengan sembarangan. Bagi penderita diabetes, mereka harus bisa mengontrol apa saja makanan yang harus dikonsumsi dan tidak boleh dikonsumsi.

Tak hanya itu, bahkan agar lonjakan gula darah tidak terlalu tinggi, maka ada batasan dalam mengkonsumsi berbagai macam makanan tersebut. Selain dengan menerapkan diet, untuk mengendalikan gula darah juga bisa menggunakan obat-obatan yang telah disarankan oleh dokter.

Akan tetapi, terus-terusan mengkonsumsi obat-obatan justru akan menganggu fungsi organ yang lainnya. Nah, bagi Anda yang ingin mengendalikan gula darah dengan aman, maka salah satu langkah yang bisa dilakukan ialah dengan menggunakan bahan-bahan alami. Salah satunya yaitu kunyit.

Kandungan curcumin yang ada di dalam tanaman herbal tersebut ternyata baik untuk menurunkan kadar glukosa dalam darah. Tak hanya itu, pada penelitian lain juga menunjukkan bahwa suplemen ekstrak kunyit dapat membantu untuk meningkatkan fungsi insulin dalam tubuh, menstabilkan gula darah serta membuat gejala diabetes yang muncul menjadi lebih mudah untuk ditangani.

Dengan manfaat kunyit tersebut, ternyata sangat baik untuk membantu menurunkan resiko komplikasi dari diabetes yang diakibatkan karena adanya peradangan.

Membantu Menurunkan Berat Badan

membantu menurunkan berat badan
hellosehat.com

Mungkin sebagian dari Anda baru mengetahui manfaat kunyit yang satu ini. Khasiat yang dimiliki oleh kunyit tersebut karena adanya kandungan kurkumin yang berguna untuk menekan respon peradangan pada sel-sel tubuh seperti sel pankreas, otot dan lemak.

Adanya reaksi tersebut berguna untuk mengurangi resistensi insulin, menurunkan kadar kolesterol, gula darah dan masalah metabolisme lainnya yang disebabkan karena kelebihan berat badan. Nah, jika Anda ingin mendapatkan manfaat kunyit yang lebih besar, maka Anda bisa mengkonsumsinya bersama dengan asam jawa.

Hal tersebut karena kunyit sangat lambat jika diserap ke dalam darah, namun akan lebih cepat dipecah oleh hati, sehingga membuat tubuh sulit untuk merasakan manfaatnya. Nah, jika Anda ingin mendapatkan berat badan yang ideal, mengkonsumsi jamu asam kunyit dalam jangka waktu yang panjang dan rutin ternyata  dapat memberikan hasil yang maksimal.

Mengatasi Nyeri Haid

mengatasi nyeri haid
www.halodoc.com

Salah satu masalah yang kerap dihadapi oleh kebanyakan wanita ialah rasa nyeri pada saat datang bulan. Namun, untuk mengatasi masalah tersebut, ada minuman tradisional warisan nenek moyang yang wajib untuk dikonsumsi. Minuman tersebut adalah jamu kunir asam.

Ternyata, kandungan kurkumin kunyit berguna sebagai pereda nyeri alami (analgesic) yang mana akan bereaksi untuk melemaskan kontraksi rahim penyebab kram perut. Tak hanya itu, kurkumin juga mengurangi aliran ion kalsium masuk ke dalam sel-sel epitel rahim serta mengurangi produksi prostaglandin.

Yakni hormone yang menyebabkan rasa sakit dan peradangan. Manfaat dari jamu kunir asam pun akan semakin baik dengan adanya phlobotamin, alkaloid, sesquiterpenes, saponin serta antioksidan tannin yang terdapat di asam Jawa untuk membantu menenangkan saat terjadinya kontraksi rahim.

Meski kunyit memiliki manfaat yang sangat baik untuk mengatasi nyeri haid, namun wanita yang mengalami pendarahan berat pada saat menstruasi tidak disarankan untuk mengkonsumsi kunyit.

Mengurangi Rasa Mual

mengurangi rasa mual
www.fimela.com

Apakah manfaat dari kunyit hanya sebatas itu saja? Tentu tidak, masih ada berbagai macam manfaat kunyit lainnya yang sayang untuk dilewatkan. Nah, manfaat tersebut ialah dapat mengurangi rasa mual. Agar ampun untuk mengurangi rasa mual, ternyata kunyit harus di racik terlebih dahulu bersama dengan lada hitam.

Sebuah studi yang dijelaskan dalam Jurnal Food tahun 2017 memberikan fakta bahwa dengan menambahkan lada hitam sangat membantu Anda untuk mendapatkan manfaat yang maksimal dari kunyit. Hal tersebut karena kandungan kurkumin akan lebih lambat untuk diserap ke dalam aliran darah sehingga bisa membuat Anda kehilangan manfaatnya.

Akan tetapi, kandungan piperin yang terkandung di dalam lada hitam dapat membantu penyerapan kurkumin hingga dua ribu persen lebih cepat. Tak hanya itu, kandungan piperin ini juga bermanfaat untuk memperlambat pemecahan kurkumin oleh hati agar dapat bertahan lebih lama.

Meredakan Gejala IBS (Irritable Bowel Syndrome)

meredakan gejala ibs (irritable bowel syndrome)
hellosehat.com

Apa itu Irritable Bowel Syndrome? Irritable Bowel Syndrome merupakan peradangan pada usus besar yang menyebabkan terjadinya masalah Buang Air Besar (BAB) dalam jangka waktu yang lebih panjang. Apabila peradangan tersebut membuat kontraksi menjadi lebih sering mengejang, maka bisa menyebabkan diare kronis.

Sebaliknya, apabila peradangan menjadikan otot usus jarang berkontraksi, hal tersebut bisa menyebabkan sembelit kronis. Dalam sebuah penelitian yang dimuat dalam Journal of Clinical Medicine tahun 2018 di Singapura menjelaskan bahwa kunyit mampu mengurangi intensitas sakit perut yang mana disebabkan oleh gejala IBS.

Manfaat yang satu ini bisa didapatkan karena adanya kandungan antioksidan serta antiradang kurkumin yang membantu untuk melancarkan kerja otot pencernaan. Bahkan, pada penelitian yang sama juga dibuktikan bahwa kunyit juga bermanfaat untuk menyeimbangkan jumlah bakteri baik di dalam usus.

Tak hanya baik untuk mengatasi diare karena IBS, namun kunyit juga ampuh untuk mengatasi masalah diare yang disebabkan karena keracunan makanan. Kandungan kalium dan magnesium yang ada di dalamnya ampuh untuk melawan dehidrasi serta menyeimbangkan cairan tubuh yang berkurang karena dehidrasi.

Mengatasi Masalah Perut Kembung

mengatasi masalah perut kembung
hellosehat.com

Perut yang terasa kembung memang membuat siapa saja merasa tidak nyaman. Salah satu cara untuk mengatasi masalah tersebut ialah dengan mengkonsumsi kunyit. Kunyit sangat ampuh untuk menghentikan produksi asam yang terlalu banyak dan menyebabkan perut menjadi kembung.

Selain itu, kandungan kurkumin yang ada di dalamnya juga baik untuk membantu otot organ pencernaan supaya tetap bisa bergerak dengan lancar yang mana baik untuk mengurangi tekanan gas yang ada di dalam perut.

Mengobati Sakit Maag

mengobati sakit maag
hellosehat.com

Sudah sejak lama kunyit digunakan sebagai obat alami untuk mengatasi masalah sistem pencernaan. Nah ketika gejala maag tiba-tiba kambuh, maka salah satu langkah yang tepat dan mudah untuk dilakukan ialah dengan menyeduh secangkir teh kunyit hangat.

Maag merupakan penyakit yang diakibatkan karena adanya luka di lambung yang diakibatkan oleh infeksi bakteri H.pylori, makan tertentu, racun rokok, alkohol, mengkonsumsi obat anti nyeri jangka panjang dan masih banyak lagi.

Penelitian yang dimuat dalam jurnal Pharmacognosy Reviews menjelaskan bahwa kandungan kurkumin baik untuk meningkatkan produksi lendir yang ada di dinding lambung sehingga dapat mengobati peradangan akibat luka serta melindungi perut dari iritan-iritan tersebut.

Sementara itu, sebuah artikel yang dimuat dalam Journal Systematic Reviews mengatakan bahwa kunyit dapat membantu untuk frekuensi kekambuhan gejala maag. Hal ini bisa saja terjadi karena kurkumin dapat bekerja untuk mengendalikan produksi asam lambung serta empedu yang berlebihan.

Meredakan Peradangan

meredakan peradangan
lifestyle.kompas.com

Manfaat kunyit berikutnya ialah untuk meredakan peradangan. Antioksidan yang ada di dalam kunyit merupakan zat aktif kurkumin yang dapat bertindak sebagai antiradang poten.

Kandungan kurkumin diyakini mampu mencegah kerja dari sitokin serta enzim penyebab inflamasi yang ada di dalam tubuh. Tak hanya itu, kurkumin juga baik untuk mengurangi peradangan serta mengurangi kadar histamine serta meningkatkan produksi kortison alami  yang terdapat di kelenjar adrenal. 

Dari manfaat yang dimiliki oleh kurkumin tersebutlah yang membuatnya memiliki khasiat yang baik untuk mengatasi berbagai macam penyakit seperti diabetes, aterosklerosis, radang sendi, sindrom koroner akut, penyakit kardiovaskular serta kanker.

Akan tetapi, hingga saat ini belum ada penelitian besar yang memverifikasi berbagai macam bukti tentang manfaat kunyit sebagai anti radang bagi manusia. Nah, itulah manfaat dari kunyit yang bisa Anda dapatkan untuk kesehatan.

Namun, tahukah Anda jika kunyit putih juga memiliki manfaat yang tak kalah baiknya dengan kunyit pada umumnya? Kira-kira, apa saja manfaat yang bisa Anda dapatkan dari kunyit putih yang satu ini? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, Anda bisa langsung melihat penjelasan di bawah ini.

Manfaat Kunyit Putih untuk Kesehatan

manfaat kunyit putih untuk kesehatan
hot.liputan6.com
  • Pereda Nyeri

Kunyit memiliki sifat analgesic yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan aspirin. Hal tersebut membuat kunyit dapat meredakan rasa nyeri yang diakibatkan oleh demam, sakit kepala, sakit gigi sampai nyeri sendi karena arthritis dan rematik. Manfaat yang bisa diambil tersebut ternyata terdapat pada kandungan diuretic yang dimilikinya.

  • Penawar Racun Gigitan Ular

Racun dari gigitan ular akan cepat menyebar. Sehingga, ketika seseorang terkena gigitan ular yang beracun maka harus langsung mendapatkan penanganan pertama. Kunir putih menjadi salah satu tanaman yang manjur untuk membuat kerja racun dalam darah menjadi terhambat.

  • Menjaga Kesehatan Pencernaan

Sama halnya seperti kunyit orange, kunyit putih juga baik untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan dengan baik. Nah, manfaat kunyit yang satu ini bisa Anda dapatkan dari minyak esensial dari kunyit putih yang bermanfaat untuk mengobati masalah perut kembung, cacingan, kolik, susah buang air besar, kram otot hingga nafsu makan menurun karena lidah terasa pahit.

  • Menghambat Metastasis Kanker

Pertumbuhan kanker yang ada di dalam tubuh memang terbilang cukup cepat. Seperti kanker payudara, kanker leher rahim dan kanker usus besar. Namun, kunyit putih menjadi obat tradisional yang sudah digunakan banyak orang untuk mengobati penyakit tersebut.

Sebuah studi yang dilakukan pada tahun 2014 ternyata membuktikan bahwa kandungan kurkumin yang ada di dalamnya ampuh untuk menghambat perkembangbiakan sel tumor ganas penyebab kanker payudara. Akan tetapi, hingga saat ini masih dilakukan penelitian yang lebih lanjut supaya masyarakat tidak sembarangan dalam mengkonsumsi kunyit putih.

  • Obat Alergi Alami

Manfaat lainnya yang bisa Anda dapatkan dari kunyit putih ini ialah sebagai obat alergi alami. Kandungan senyawa seperti curcominoids berkhasiat sebagai anti alergi dan dapat mengatasi gejala akibat alergi kulit.

  • Melawan Infeksi

Terakhir yaitu dapat digunakan untuk melawan infeksi. Kunyit putih memiliki kemampuan untuk melawan penyakit yang diakibatkan oleh infeksi bakteri ataupun jamur. Seperti diare dan keracunan makanan karena adanya bakteri e.coli, infeksi jamur penyebab sariawan, infeksi jamur pada vagina, infeksi kulit seperti bisul dan masih banyak lagi yang lainnya.

Bahkan, manfaat kunyit yang satu ini juga baik untuk melawan bakteri pada bau mulut. Efek yang didapatkan juga setara dengan obat kumur yang ada di pasaran.

Manfaat Kunyit untuk Kecantikan

manfaat kunyit untuk kecantikan
bogor.tribunnews.com

Tak hanya baik untuk kesehatan tubuh Anda, ternyata kunyit juga bermanfaat untuk merawat kecantikan wajah. Mulai dari mengatasi masalah kulit kusam hingga membuat Anda tampak lawet muda. Untuk membuat berbagai macam masker kunyit ini sangatlah mudah.

Nah, bagi Anda yang ingin cantik dengan kunyit, Anda bisa meniru cara pembuatan masker kunyit di bawah ini:

Masker Kunyit Yoghurt

Wajah yang kusam memang membuat penampilan menjadi kurang menarik. Akan tetapi, masker kunyit dan yoghurt akan membantu wajah Anda tampak lebih cerah dan mengecilkan pori. Bagi Anda yang memiliki masalah jerawat dan bekas jerawat yang susah dihilangkan, maka masker ini merupakan pilihan yang tepat.

  • Siapkan 2 sendok bubuk kunyit, 4 sendok yoghurt plain dingin serta madu
  • Campur bubuk kunyit dan yoghurt plain dalam sebuah wadah hingga rata
  • Masukkan ke dalam kulkas dan diamkan selama 10 hingga 15 menit
  • Setelah itu, campurkan madu 
  • Oleskan pada wajah dan diamkan selama kurang lebih 30 menit
  • Bilas dengan air bersih dan gunakan secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Masker Kunyit Kasturi

Kunyit kasturi ternyata ampuh untuk mengatasi masalah komedo pada wajah. Untuk membuat masker dari kunyit kasturi ini pun sangat mudah.

  • Uleg atau blender beberapa ruas kunyit kasturi yang telah dibersihkan terlebih dahulu
  • Jika kunyit sudah halus, campurkan dengan minyak kelapa dan aduk hingga berbentuk pasta
  • Aplikasikan pada wajah yang mengalami masalah komedo dan diamkan selama 10 menit
  • Pijat lembut di area T-zone tersebut, yakni jidat, dagu serta hidung
  • Bersihkan dengan menggunakan air hangat, lakukan cara ini secara rutin untuk mencegah jerawat datang kembali.

Masker Kunyit dan Pepaya

Bagi Anda yang memiliki wajah sensitif, ternyata masker kunyit yang satu ini mampu mengatasi berbagai masalah pada wajah. Kandungan papain yang ada di dalam pepaya mentah baik untuk menekan pertumbuhan rambut halus. Tak hanya itu, hal tersebut juga membantu untuk mengangkat sel kulit mati dan meningkatkan elastisitas kulit.

  • Kupas pepaya dan potong menjadi bentuk dadu
  • Tumbuk papaya menjadi adonan kasar
  • Campur 2 sendok adonan papaya dengan ½ sendok teh kunyit bubuk, lalu aduk rata
  • Aplikasikan pada wajah atau bagian tubuh lainnya yang diinginkan
  • Diamkan selama 10 hingga 15 menit lalu pijat lembut
  • Bilas dengan air hingga bersih
  • Lakukan hal ini 2 hingga 3 kali seminggu untuk mendapatkan hasil terbaik.

Baca Juga Jenis Makanan Sehat

READ  13 Manfaat Bawang Putih Untuk Kesehatan Tubuh

Banyak bukan manfaat kunyit yang bisa Anda dapatkan? Mulai dari kesehatan hingga kecantikan. Nah, setelah Anda mengetahui berbagai macam manfaat dari kunyit tersebut apakah Anda masih ragu untuk menggunakannya sebagai obat tradisional?

Namun, dalam penggunaannya juga tidak boleh berlebihan. Ditakutkan, ada efek samping yang dapat membahayakan tubuh Anda. Sampai saat ini pun masih dilakukan penelitian yang lebih lanjut tentang manfaat kunyit ini agar bisa memberikan dampak yang positif bagi tubuh.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.