11 Khasiat Daun Kelor Untuk Kesehatan dan Kecantikan Tubuh

Khasiat Daun Kelor – Selama ini mungkin daun kelor selalu dikaitkan dengan hal-hal mistis, seperti khasiat daun kelor yang bisa untuk mengobati santet, untuk mengusir mahluk halus dan lain sebagainya. Meskipun kepercayaan ini telah banyak terbukti dan masih dipraktekkan hingga sekarang, namun daun kelor juga memiliki manfaat yang begitu banyak untuk kesehatan tubuh.

Daun yang banyak diolah menjadi obat tradisional ini bisa menyembuhkan berbagai jenis penyakit akut. Menurut jurnal yang dikeluarkan WHO, daun kelor juga memiliki manfaat yang begitu beragam untuk menjaga kesehatan organ vital tubuh.

Tak cukup disini, daun kelor yang kaya akan asam amino esensial juga sangat baik untuk perkembangan bayi di dalam kandungan ibu. Oleh sebab itu, ibu hamil sangat disarankan untuk mengkonsumsi daun kelor untuk kesehatan janin dan perkembangannya.

Khasiat Daun Kelor bagi Kesehatan Tubuh

khasiat daun kelor bagi kesehatan tubuh
www.brilio.net

Dari berbagai sumber, telah dikumpulkan berbagai macam khasiat daun kelor seperti di bawah ini.

Mengobati Kanker

mengobati kanker
wacana.co.id

Salah satu penyakit paling ganas dan paling ditakuti oleh manusia adalah kanker. Menurut jurnal Oncology Letters, daun kelor dapat mengobati penyakit paling menakutkan ini dengan efektif dan cepat. Kandungan antioksidan, karotenoid, protein, potassium dan senyawa lain pada daun kelor akan membantu mengurangi perkembangan sel kanker serta memusnahkannya.

khasiat daun kelor untuk mengobati kanker bisa didapatkan dengan mengolah dan mengambil ekstraknya. Selanjutnya ekstrak daun kelor di seduh dengan air dan Anda bisa meminumnya 2 kali sehari. Adapun jenis kanker yang bisa diobati dengan daun kelor antara lain adalah kanker paru-paru, kanker payudara, kanker kulit dan lain sebagainya.

READ  7 Manfaat Cuka Apel dan Efek Sampingnya

Menurunkan Kadar Gula Darah

menurunkan kadar gula darah
www.sehatcenter.com

Selain kanker, diabetes juga merupakan penyakit mematikan yang begitu ditakuti manusia. Yang lebih mengkhawatirkan, diabetes merupakan penyakit yang dapat menurun dan kebanyakan disebabkan oleh gaya hidup yang kurang baik.

Dari sebuah penelitian yang dilakukan di Mumbai, India terbukti jika daun kelor bisa menurunkan kadar gula darah dalam jumlah yang cukup signifikan. khasiat daun kelor ini pun bisa didapatkan dari kelor olahan, baik berupa teh ataupun sayur siap santap.

Menjaga Kesehatan Mata

menjaga kesehatan mata
www.liputan6.com

Manfaat daun kelor satu ini mungkin terdengar cukup aneh, mengingat kesehatan mata bisa dijaga dengan banyak mengkonsumsi makanan dengan kandungan vitamin A, dan kebanyakan makanan tersebut berwarna orange/merah seperti wortel, tomat, pepaya dan lain sebagainya.

Namun tahukah Anda Jika sumber vitamin A tidak hanya didapatkan dari makanan dengan warna merah? Ya daun kelor dengan warna hijau pekat juga memiliki kandungan vitamin A yang cukup tinggi. Dalam 100 gram daun kelor terkandung 3390 SI vitamin A, dan jumlah ini menunjukkan angka yang lebih besar jika dibandingkan dengan kandungan vitamin A pada wortel.

Antioksidan

antioksidan
id.wikipedia.org

Antioksidan merupakan senyawa yang berfungsi untuk melawan radikal bebas pada tubuh. Tingginya angka radikal bebas bisa menyebabkan manusia menjadi stress serta mengalami berbagai penyakit kronis, seperti diabetes tipe 2, penyakit jantung dan lainnya.

Beberapa senyawa antioksidan yang terkandung pada daun kelor antara lain adalah:

  • Asam klorogenik, senyawa yang juga banyak ditemukan pada kopi ini memiliki manfaat untuk membantu tangka gula darah moderat sehabis makan.
  • Quercetin, yakni senyawa antioksidan yang bisa membantu menurunkan tekanan darah tinggi.

Pada sebuah penelitian terbukti jika seseorang mengkonsumsi 1,5 sendok teh bubuk daun kelor setiap harinya selama 3 bulan, maka kadar antioksidan darah akan meningkat drastis.

READ  14 Manfaat Pada Buah Pisang untuk Kesehatan Tubuh

Pengawet Daging Alami

pengawet daging alami
Pengawet Daging Alami

Tahukah Anda jika kandungan antioksidan tinggi pada daun kelor juga dapat berfungsi sebagai pengawet makanan alami. Khasiat daun kelor ini didapatkan karena ekstrak daun kelor dapat mengurangi oksidasi. Dengan begitu umur penyimpanan daging menjadi lebih panjang.

Menurunkan Kolesterol

menurunkan kolesterol
www.merdeka.com

Memiliki masalah dengan kolesterol memang sangat membebani, dimana kadar kolesterol tinggi dapat beresiko memicu penyakit berbahaya lain seperti jantung. Kabar baiknya, banyak makanan nabati yang bisa menurunkan kolesterol dengan cepat, seperti oat, almond, dan biji rami.

Selain bahan-bahan tersebut, sebuah studi juga telah membuktikan jika daun kelor memiliki khasiat serupa, yakni dapat menurunkan kadar kolesterol dengan cepat dan efektif.

Sumber Gizi untuk Ibu Menyusui

sumber gizi untuk ibu menyusui
www.lemonilo.com

Selama masa menyusui, ibu membutuhkan gizi yang lebih banyak demi memenuhi kebutuhan nutrisi si kecil. Daun kelor yang notabennya memiliki kandungan gizi yang begitu tinggi, khususnya zat besi sangat dianjurkan untuk dikonsumsi ibu menyusui.

Kandungan zat besi pada daun kelor mampu memenuhi kebutuhan harian ibu menyusui. Selain itu, zat besi pada daun kelor juga bermanfaat untuk memulihkan gejala anemia.

Menjaga Kesehatan Sistem Pencernaan

menjaga kesehatan sistem pencernaan
doktersehat.com

Meskipun terdengar sepele, namun sistem pencernaan harus dijaga kesehatannya. Berbagai penyakit bisa muncul akibat kesehatan sistem pencernaan yang terganggu. Salah satunya adalah maag.

Penyakit yang disebabkan karena adanya luka pada tungkak lambung ini bisa diatasi dengan kerap mengkonsumsi ekstrak daun kelor. Dimana daun kelor memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat memperbaiki kondisi lambung serta mengobati penyakit maag.

Menjaga Fungsi Otak

menjaga fungsi otak
jogja.tribunnews.com

Siapa bilang jika mengembalikan mood hanya bisa dilakukan dengan mengkonsumsi coklat saja. Dengan mengkonsumsi daun kelor Anda pun bisa mengatasi masalah psikis seperti mudah depresi dan perubahan mood yang terlalu cepat/tidak stabil.

READ  10 Manfaat Buah Bit untuk Kesehatan dan Kecantikan

Daun kelor berfungsi sebagai neurotransmitter memiliki senyawa tiroid yang dapat menjaga kestabilan psikis Anda. Dengan kata lain, Anda bisa mengkonsumsi daun kelor untuk menurunkan potensi depresi dan masalah psikis lain pada seseorang.

Mengobati Cacingan

mengobati cacingan
www.alodokter.com

Cacingan adalah masalah kesehatan yang bukan hanya bisa dialami oleh anak-anak, namun juga orang dewasa. Masalah kesehatan ini tak bisa dianggap sepele, karena jika tidak mendapat penanganan yang tepat, maka bisa berpotensi menyebabkan seseorang kekurangan gizi.

Anda bisa mengkonsumsi daun kelor untuk mencegah serta mematikan cacing-cacing yang tumbuh di perut Anda. Cara pengolahan daun kelor untuk mematikan cacing-cacing ini adalah dengan merebus 3 lembar daun kelor bersama dengan daun cabai, meniran dan air secukupnya.

Tunggu sampai mendidih, saring ampasnya dan minum air rebusan tersebut setiap hari. Selain bisa membunuh cacing kremi, rebusan daun kelor ini juga bisa mengurangi infeksi cacing serta membunuh cacing pita.

Sebagai Anti-Aging

sebagai anti aging
www.bhccclinic.com

Selain bermanfaat untuk kesehatan, ternyata daun kelor juga bermanfaat untuk kecantikan kulit, terutama Anda yang sudah memasuki masa menopause. Kandungan vitamin A dan senyawa antioksidan pada daun kelor berkhasiat untuk mengurangi tanda-tanda penuaan seperti keriput, munculnya flek di wajah dan lain sebagainya.

Selain untuk menjaga keremajaan sel kulit, khasiat daun kelor lain ilah untuk menyeimbangkan hormon pada tubuh sehingga kebugaran tubuh pun akan selalu Anda rasakan. Cara penggunaan pun sangat simple, cukup ambil ekstrak daun kelor, campurkan dengan air secukupnya dan gunakan sebagai masker. Anda bisa menggunakan masker daun kelor 2 kali dalam seminggu.

baca juga manfaat daun salam

Menarik bukan? Dari daun yang sering terbengkalai dan tumbuh liar ini ternyata bisa didapatkan berbagai khasiat untuk kesehatan dan kecantikan tubuh Anda.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.