Adab, Manfaat dan Doa Masuk Kamar Mandi Lengkap

Adab, Manfaat dan Doa Masuk Kamar Mandi Lengkap

Salah satu bagian dari rumah yang sangat penting adalah kamar mandi. Kamar mandi digunakan untuk melakukan berbagai aktivitas kita mulai dari mandi, buang air kecil, buang air besar, mencuci dan masih banyak lainnya.

Karena kamar mandi selalu digunakan, oleh sebab itu keberadaan kamar mandi harus ada dan harus selalu dalam kondisi yang bersih. Namun, tahukah Anda jika dalam islam saat akan memasuki kamar mandi harus membaca doa?

Ya, dalam islam diajarkan doa masuk kamar mandi dan keluar kamar mandi, doa ini tentunya memiliki tujuan dan manfaat di dalamnya. Nah, bagi Anda yang ingin tahu lebih dalam mengenai doa ini, yuk langsung saja simak informasi selengkapnya di bawah ini.

Doa Masuk Kamar Mandi Sesuai Sunah Rasul

doa masuk kamar mandi sesuai sunah rasul
www.merdeka.com

Perlu Anda tahu bahwa doa masuk kamar mandi sesuai dengan yang diajarkan oleh Rasulullah ini sangat singkat dan mudah untuk dihafalkan. Adapun doanya adalah sebagai berikut

“Alloohumma Inni A’udzubika Minal Khubutsi Wal Khobaaitsi”

Artinya: “ Ya Allah, sungguh aku berlindung dari segala kejahatan dan kotoran”

Doa ini harus Anda baca saat memasuki kamar mandi. Sangat mudah untuk dihafalkan. Tujuan dari membaca doa ini adalah agar Anda tidak diganggu oleh setan maupun jin kafir yang suka mengganggu manusia. Terlebih bahwa jin dan setan yang jahat suka berada di tempat yang kotor seperti kamar mandi.

Doa Keluar Kamar Mandi Sesuai Sunah Rasul

doa keluar kamar mandi sesuai sunah rasul
www.idntimes.com

Setelah memasuki kamar mandi dan membaca doa. Maka setelah Anda melakukan aktivitas kamar mandi, untuk keluar kamar mandi pun dilanjutkan dengan membaca doa keluar kamar mandi. Bagaimana bunyi doa keluar kamar mandi? Simak di bawah ini.

“Alhamdulillaahil-ladzzi Adz-haba ‘Annil-adzaa Wa’aafaanii”

Artinya:

Dengan mengharap ampunan mu, segala puji milik Allah yang telah menghilangkan kotoran dari badanku dan telah menyejahterakan”.

READ  8+ Doa Niat dan Tata Cara Mandi Wajib / Junub Yang Benar Sesuai Hadist

Dengan membaca doa ini dijadikan sebagai ucapan syukur bahwa Allah telah menghilangkan semua kotoran yang ada pada tubuh setelah keluar dari kamar mandi.

Adab Masuk dan Keluar Kamar Mandi

adab masuk dan keluar kamar mandi
aitarus.com

Sebagai seorang muslim, Anda juga perlu tahu bahwa memasuki dan keluar dari kamar mandi ini memiliki adab. Bagaimana adab yang baik masuk dan keluar kamar mandi? Untuk lebih jelasnya, langsung saja simak selengkapnya di bawah ini.

  • Tidak Membaca Basmallah

Perlu Anda tahu bahwa saat memasuki kamar mandi, maka seorang muslim dilarang untuk membaca masalah. Tujuannya adalah agar pada saat mandi terhindar dari gangguan setan maupun jin kafir yang jahat.

  • Membaca Doa Masuk Kamar Mandi

Jangan lupa untuk membaca doa masuk kamar mandi sesuai dengan doa yang sudah disebutkan di atas.

  • Mendahulukan Kaki Kiri

Adab memasuki kamar mandi yang selanjutnya adalah pastikan dahulukan kaki kiri terlebih dahulu dalam memasuki kamar mandi. Hal ini karena kamar mandi merupakan tempat yang mengandung najis dan kotoran, sehingga diutamakan untuk menggunakan kaki kiri terlebih dahulu.

  • Gunakan Alas Kaki

Setelah Anda berada di kamar mandi, pastikan bahwa saat menggunakan kamar mandi Anda menggunakan alas kaki. Alas kaki ini bisa berupa sandal jepit maupun sandal plastik. Tujuannya adalah agar pada saat tubuh dalam kondisi bersih tidak terkena najis yang ada di dalam kamar mandi.

  • Tidak Bernyanyi Maupun Berbicara Keras

Kebanyakan orang saat berada di dalam kamar mandi bernyanyi. Sebab, banyak yang mengira bahwa suara di kamar mandi jauh lebih bagus untuk di dengar. Padahal di dalam islam dilarang untuk bernyanyi atau berbicara keras saat berada di dalam kamar mandi. Sebab, jin dan setan menyukai orang yang bernyanyi di dalam kamar mandi.

  • Tidak Membawa Ayat Al-Qur’an Maupun Membacanya

Saat memasuki kamar mandi, pastikan bahwa Anda tidak membawa ayat al-Qur’an dalam bentuk apapun. Membawa saja tidak boleh apalagi membacanya. Sebab, Al-Qur’an adalah kalam Allah yang suci yang tidak pantas di baca di dalam kamar mandi.

  • Jangan Menghadap atau Membelakangi Kiblat Saat Buang Air

Saat Anda melakukan buang air besar maupun buang air kecil, pastikan untuk tidak menghadap ke arah kiblat maupun membelakangi kiblat. Usahakan bahwa aktivitas tersebut dilakukan dengan menyamping.

Sebab, Rasulullah pernah bersabda, “Jika ada yang mau kalian bawa hajat, maka janganlah menghadap kiblat atau membelakanginya. Akan tetapi melanjutkannya menyamping dari arah kiblat.” (HR. Al-Bukhari). Namun, apabila tidak bisa dengan menyamping, intinya usahakan untuk tidak menghadap ke arah kiblat.

  • Tidak Boleh Menjawab Salam atau Meminta Salam dari Kamar Mandi

Adam masuk kamar mandi yang selanjutnya adalah untuk tidak mengucapkan salam maupun meminta salam saat berada di kamar mandi. Sebab, kamar mandi adalah tempat yang kotor yang mana tidak diperbolehkan untuk membaca ayat Al-Qur’an di dalamnya.

  • Menutup Pintu Kamar Mandi

Saat berada di kamar mandi, pastikan bahwa pintu benar-benar tertutup rapat. Selain itu, pada saat membuka aurat, pastikan bahwa tidak ada orang lain yang bisa melihat aurat dari luar kamar mandi.

  • Jangan Lupa Disiram

Jika Anda sudah selesai melakukan aktivitas kamar mandi baik itu buang air besar, buang air kecil maupun aktivitas lainnya. Jangan lupa untuk menyiramnya dengan menggunakan air hingga benar-benar bersih. Jangan sampai najis yang sudah dikeluarkan bisa menimpa orang lain yang akan menggunakan kamar mandi selanjutnya.

  • Keluar Kamar Mandi Menggunakan Kaki Kanan

Jika sudah selesai menggunakan kamar mandi, maka ada baiknya saat keluar dari kamar mandi untuk mendahulukan kaki kanan terlebih dahulu. Pada saat melangkah jangan lupa untuk membaca ‘ufronnaka yang memiliki arti “Aku minta ampun untuk-Mu”.

READ  21+ Tanda tanda Kiamat Kecil & Besar Menurut Islam Gambar Lengkap

Itulah beberapa adab masuk dan keluar kamar mandi yang harus diikuti oleh setiap umat muslim. Adab ini sangat penting untuk dilakukan agar pada saat berada di kamar mandi kita benar-benar terlindungi oleh Allah dari godaan setan yang terkutuk.

Manfaat dari Membaca Doa Masuk Kamar Mandi dan Keluar Kamar Mandi

manfaat dari membaca doa

Tahukah Anda jika membaca doa masuk dan keluar kamar mandi ini memiliki manfaat yang sangat luar biasa. Manfaat membaca doa ini sangat luar biasa bagi umat muslim.

Sebab, pada saat seseorang berada di kamar mandi, ada banyak aktivitas yang dilakukan mulai dengan mandi hingga membuang hajat. Dalam hal ini maka Anda berusaha untuk membuang hajat atau kotoran yang ada di dalam tubuh.

Dengan membaca doa, maka hati akan menjadi lebih mantap. Mau tahu apa saja manfaat membaca doa masuk dan keluar kamar mandi? Berikut adalah manfaatnya.

  • Sebagai Ucapan Syukur Kepada Allah SWT

Dengan membaca doa masuk dan keluar kamar mandi, dianggap sebagai rasa syukur dan meminta perlindungan kepada Allah. Manusia bersyukur bahwa pada saat memasuki kamar mandi masih diberikan kesehatan dalam membuang hajat maupun membersihkan kotoran di dalam tubuh.

Sebab, banyak orang yang tidak bisa membuang hajat sendiri ke kamar mandi. Bahkan untuk membuang hajat harus meminta bantuan dari orang lain. banyak pula orang yang tidak bisa mandi sendiri di kamar mandi.

Dengan membaca doa kamar mandi, maka hal ini sebagai wujud rasa syukur bahwa Anda masih diberikan kesehatan masih bisa buang hajat dan mandi sendiri tanpa bantuan dari orang lain.

  • Menambah Pahala

Membaca doa masuk dan keluar kamar mandi juga menambah pahala kita. Doa ini adalah doa yang diajarkan oleh Rasulullah dan memasuki kamar mandi dengan membaca doa dianggap sebagai sunah.

Seperti yang diketahui bahwa sunah adalah suatu perbuatan yang apabila dikerjakan akan mendapatkan pahala dan jika tidak dikerjakan tidak mendapatkan dosa. Dengan membaca doa masuk dan keluar kamar mandi dijadikan sebagai langkah awal untuk berbuat kebaikan dan pahala kepada Allah.

  • Upaya untuk Meminta Perlindungan Kepada Allah

Kamar mandi adalah tempat berkumpulnya jin dan setan yang mengganggu. Sebab, tempat ini adalah tempat yang kotor dan tempat yang kotor adalah tempat yang disukai oleh setan dan jin kafir.

READ  + Bacaan Doa Qunut Shubuh, Witir, Nazilah Bahasa Arab, Latin, Arti Terjemahan

Dengan membaca doa masuk dan keluar kamar mandi dijadikan sebagai upaya untuk meminta perlindungan kepada Allah dari godaan jin dan setan yang terkutuk. Oleh karena itu, pada saat selesai menggunakan kamar mandi kembali dalam keadaan yang baik.

  • Setan yang Ada di Kamar Mandi Tidak Bisa Melihat Aurat Kita

Salah satu manfaat dari membaca doa masuk kamar mandi dan keluar kamar mandi adalah pada saat kita membuka aurat maka setan tidak bisa melihat aurat kita. Sebab, Allah akan melindungi aurat kita dari tatapan setan pada saat membaca doa masuk dan keluar kamar mandi.

Sama halnya dengan manusia, setan juga memiliki nafsu dan ketertarikan terhadap hal-hal yang tidak baik. Nah, untuk melindungi diri dari hal yang demikian, maka biasakan diri dengan membaca doa masuk kamar mandi dan keluar kamar mandi setiap saat.

  • Mati dalam Keadaan Khusnul Khotimah

Kematian bisa datang kapan saja, termasuk pada saat Anda berada di kamar mandi. Kamar mandi adalah tempat yang kotor dan penuh dengan najis. Namun, jika kita membaca doa masuk dan keluar kamar mandi dan kemudian Allah mencabut nyawa, maka kita meninggal dalam keadaan yang khusnul Khotimah.

Artinya adalah kita akan mati dalam keadaan yang sebagus-bagusnya jenazah. Mungkin banyak umat muslim yang masih menganggap bahwa membaca doa masuk kamar mandi dan keluar kamar mandi adalah hal yang sepele. Namun, sebenarnya doa ini sangat penting untuk selalu diucapkan.

Ada banyak sekali manfaat yang diberikan dari membaca doa masuk dan keluar kamar mandi. Selain itu, pastikan bahwa saat memasuki kamar mandi untuk selalu mengikuti adab masuk kamar mandi. Adab ini sangat penting untuk dilakukan mengingat kita semua adalah manusia yang beradab, kita juga harus tahu bahwa di kamar mandi bisa saja ada makhluk lain yang tak kasat mata dan membersamai kita.

Baca Juga : Doa Sebelum Tidur Dan Sesudah Tidur lengkap Arab, Latin dan Artinya

Untuk itu, mulailah dari saat ini biasakan untuk membaca doa masuk kamar mandi dan keluar kamar mandi setiap saat. Hal ini sangat bermanfaat dan tidak akan merugikan sedikitpun. Bahkan Anda akan mendapatkan perlindungan dari Allah SWT. Jadi, semoga dengan adanya informasi seputar doa ini bisa memberikan manfaat untuk kita semua.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.