15 Manfaat Daun Afrika untuk Kesehatan dan Kecantikan Kulit

Manfaat Daun Afrika – Banyak orang yang lebih memilih tanaman herbal untuk mencegah maupun mengobati banyak penyakit. Hal ini dikarenakan tanaman herbal cenderung lebih aman untuk dikonsumsi ketimbang obat-obatan kimia.

Meskipun pada dasarnya, masih banyak jenis tanaman herbal yang belum teruji secara klinis dapat mengobati atau mencegah suatu penyakit akan. Tetapi, banyak orang yang percaya bahwa tanaman herbal lebih ampuh mengatasinya.

Nah, salah satu tanaman herbal yang memiliki banyak khasiat dan dipercaya oleh masyarakat untuk mengatasi berbagai penyakit adalah daun Afrika. Mungkin, Anda masih merasa asing dengan jenis tanaman herbal ini. Padahal, manfaatnya sangat banyak untuk kesehatan.

Penasaran dengan daun Afrika? Mari membahas lebih jauh tentang daun Afrika dan manfaatnya!

Apa itu Daun Afrika?

Apa itu Daun Afrika?
faktualnews.co

Sesuai dengan namanya, daun Afrika ini merupakan tanaman herbal yang banyak tumbuh di kawasan benua Afrika, terutama pada Afrika Barat atau tepatnya di Nigeria.

Daun ini sudah turun-temurun berfungsi sebagai obat tradisional bagi masyarakat. Tanaman yang memiliki nama latin Vernonia Amygdalina ini mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan.

Tentu saja, hal ini tak terlepas dari kandungan nutrisi yang ada di dalam daun Afrika seperti vitamin A, vitamin B kompleks, vitamin C, dan juga berbagai mineral seperti magnesium, kalium, natrium, kalsium, zinc, dan zat besi. Di dalam tanaman ini juga terkandung serat lemak dan protein yang melengkapi kandungan gizinya.

Manfaat Daun Afrika Bagi Kesehatan

manfaat daun afrika bagi kesehatan
www.honestdocst.id

Dikarenakan kandungan gizi yang ada di dalam daun Afrika, tentunya membuat tanaman ini sangat baik untuk kesehatan. Lantas apa saja manfaatnya? Mari ulas lebih detail di bawah ini.

Daun Afrika Dapat Melancarkan Pencernaan

daun afrika dapat melancarkan pencernaan
Melancarkan Pencernaan

Bagi Anda yang kerap kali mengalami susah buang air besar, maka daun Afrika bisa menjadi solusi alternatifnya. Sebab, manfaat daun Afrika adalah untuk melancarkan pencernaan apabila dikonsumsi secara rutin. Selain itu, daun Afrika juga dapat mencegah dan mengatasi gangguan pencernaan seperti sembelit dan diare.

READ  Manfaat Beras Merah Untuk Kesehatan Dan Program Diet

Meskipun masyarakat sudah sering menggunakan daun Afrika untuk mengatasi gangguan pencernaan, akan tetapi bukti medis yang mendukung klaim ini belum cukup kuat.

Mengatasi Malaria

Mengatasi Malaria
Mengatasi Malaria

Masyarakat di benua hitam kerap kali memanfaatkan daun Afrika sebagai obat malaria. Seperti yang Anda tahu, daerah Afrika merupakan endemis malaria. Sehingga, obat-obatan tradisional seperti ini sangat dibutuhkan di daerah tersebut.

Nah, manfaat daun Afrika untuk mengatasi malaria ini disebut-sebut karena kandungan senyawa plasmodik di dalamnya.

Menyembuhkan Flu

menyembuhkan flu
www.honestdocs.id

Meskipun flu bukan penyakit yang cukup berbahaya. Namun, tubuh yang terkena flu tentu saja dapat menghambat diri dalam melaksanakan berbagai aktivitas. Salah satu solusi untuk menyembuhkan penyakit flu adalah dengan mengkonsumsi daun Afrika.

Di dalam daun Afrika ini terdapat kandungan senyawa flavonoid yang disinyalir sangat ampuh untuk membasmi virus yang menyebabkan flu.

Mengobati Luka

mengobati luka
cantik.tempo.co

Berdasar pada studi yang dipublikasikan oleh Advanced Pharmaceutical Bulletin Vol 4, tanaman ini diklaim bisa mempercepat proses pengeringan luka pada kulit.

Tak hanya itu, daun Afrika juga dipercaya bisa menimbulkan efek yang menyenangkan ketika Anda mengkonsumsinya.  Sehingga, tubuh pun menjadi lebih rileks saat sedang terluka.

Mengobati Tifus

mengobati tifus
hellosehat.com

Penyakit tifus disebabkan oleh bakteri patogen bernama Salmonella Thyposa. Gejala penyakit ini dapat dicegah serta dipercepat proses penyembuhannya dengan cara mengkonsumsi ekstrak daun Afrika. Penyebabnya tidak lain karena kandungan zat antibakteri dan antibiotik yang efektif melawan bakteri jahat.

Mengendalikan Kadar Gula Darah

mengendalikan kadar gula darah
hellosehat.com

Salah satu jenis penyakit yang sangat ditakuti oleh masyarakat Indonesia adalah diabetes. Penyakit ini disebabkan karena tingginya kadar gula darah didalam tubuh yang melebihi batas normal.

Selain dengan melakukan pengobatan medis, para pengidap diabetes juga dapat memanfaatkan daun Afrika untuk mengendalikan kadar gula darah. Bagaimana, ternyata praktis sekali, kan?

Mengobati Peradangan

mengobati peradangan
Mengobati Peradangan

Manfaat selanjutnya adalah mengobati peradangan. Ekstrak daun Afrika yang diperkaya dengan zat anti inflamasi dipercaya bisa mengatasi peradangan. Seperti yang Anda ketahui bahwa peradangan disebabkan oleh pertumbuhan senyawa pemicu radang bernama prostaglandin.

Namun, pada kasus peradangan sendi, penyebabnya dikarenakan kurangnya asupan mineral magnesium. Nah, Hal inilah yang menyebabkan daun Afrika bisa menjadi solusi jitu mengatasi peradangan karena kandungan utamanya adalah magnesium.

READ  12 Khasiat Dan Manfaat Tomat Untuk Kesehatan Secara Menyeluruh

Meminimalisir Risiko Penyakit Jantung

meminimalisir risiko penyakit jantung
hellosehat.com

Serangan jantung di picu oleh adanya penyempitan pembuluh darah pada arteri jantung. Sehingga imbasnya ada pada kurangnya suplai darah serta oksigen yang menuju ke jantung. Hal ini dapat diatasi dengan konsumsi daun Afrika secara rutin.

Manfaat ini tidak lain karena daun Afrika diperkaya dengan kandungan zat yang bersifat antiseptik dan antioksidan yaitu asam lemak omega 3 dan omega 6. Zat-zat tersebut sangat efektif untuk merawat fungsi pembuluh darah arteri menurut studi yang dipublikasikan oleh Journal Of Current Pharmaceutical Design.

Menurunkan Tekanan Darah

menurunkan tekanan darah
www.merdeka.com

Tekanan darah tinggi merupakan salah satu penyakit yang lumrah terjadi pada masyarakat Indonesia. Dengan mengkonsumsi daun Afrika, maka tekanan darah bisa lebih normal.

Hal ini dikarenakan adanya kandungan kalium di dalamnya. Pada beberapa penelitian menyebutkan bahwa manfaat daun Afrika untuk menurunkan tekanan darah diastolik serta sistolik masing-masing sebesar 2,5 mmhg dan 4,4 mmhg.

Untuk Menurunkan Kadar Kolesterol

menurunkan kadar kolesterol
Menurunkan Kadar Kolesterol

Salah satu momok menakutkan, penyebab berbagai macam penyakit serius adalah kolesterol tinggi. Namun, Anda tidak perlu ragu lagi untuk menggunakan daun Afrika dalam menurunkan kolesterol.

Dalam studi yang dirilis oleh Journal Of Vascular Health And Risk Management mengungkap bahwa daun Afrika telah terbukti secara klinis dapat menurunkan kadar lemak LDL atau kolesterol jahat hingga 50%.

Meski begitu, pada penelitian tersebut objek yang diteliti berupa hewan tikus, sehingga manfaat daun Afrika untuk kesehatan yang satu ini belum dapat dikatakan kuat sehingga masih perlu penelitian yang lebih lanjut dengan objek manusia.

Untuk Mengobati Asam Urat

mengobati asam urat
hot.liputan6.com

Penyakit asam urat cukup mengganggu aktivitas sehari-hari. Dikarenakan rasa nyeri yang ditimbulkan oleh penyakit ini menyebabkan anggota badan menjadi sulit untuk digerakkan. Salah satu solusi herbal untuk menangani masalah ini adalah daun Afrika. Hal ini dikarenakan daun Afrika bisa merangsang pembuangan asam urat berlebih melalui urine.

Mencegah Kanker

untuk mencegah kanker
lifestyle.kompas.com

Salah satu manfaat daun Afrika yang tidak disangka-sangka adalah dapat mencegah tumbuh dan berkembangnya sel kanker. Hal ini dikarenakan kandungan zat anti kanker pada daun Afrika. Sehingga, daun ini bisa dikonsumsi bagi Anda yang ingin terhindar dari risiko penyakit kanker di kemudian hari.

READ  10 Manfaat Buah Bit untuk Kesehatan dan Kecantikan

Manfaat daun Afrika ini diungkap oleh sebuah Journal Experimental Biology And Medicine. Jurnal ini menyebutkan bahwa daun Afrika efektif untuk mencegah kanker payudara karena peran zat antioksidan di dalamnya. Zat ini dapat menangkal kerusakan sel DNA akibat aktivitas oksidasi yang di picu oleh adanya radikal bebas.

Mencegah Penyakit Ginjal

mencegah penyakit ginjal
Mencegah Penyakit Ginjal

Ginjal merupakan salah satu organ terpenting didalam tubuh yang harus selalu dijaga kesehatannya agar berfungsi dengan baik. Jika Anda memiliki masalah dengan ginjal, maka daun Afrika bisa menjadi solusi yang jitu. Manfaat ini dihasilkan oleh daun Afrika karena kandungan asam lemak, zat vitamin, serta asam fenolat yang berfungsi sebagai antioksidan.

Meningkatkan Kesuburan

untuk meningkatkan kesuburan
hellosehat.com

Meskipun belum memiliki dukungan bukti medis yang kuat, namun, manfaat daun Afrika untuk meningkatkan kesuburan telah terpercaya sejak bertahun-tahun yang lalu. Jika dikonsumsi oleh wanita, daun Afrika bisa mencegah timbulnya kista dan tumor rahim. Sedangkan jika dikonsumsi oleh laki-laki, maka kualitas sperma dapat diperbaiki.

Manfaat Daun Afrika Untuk Merawat Kesehatan Dan Kecantikan Kulit

merawat kesehatan dan kecantikan kulit
www.halodoc.com

Ternyata, daun Afrika tidak hanya bermanfaat untuk merawat kesehatan tubuh dan organ dalam saja. Tetapi daun Afrika juga bisa merawat kesehatan dan kecantikan kulit. Jika sudah begitu, maka barisan terdepan yang ingin mendapatkan daun Afrika pastinya dari kalangan kaum hawa.

Ketimbang melakukan berbagai treatment yang mahal, Anda bisa memanfaatkan daun Afrika untuk menghaluskan kulit. Hal ini dikarenakan adanya kandungan Andro foli dan Ando grafien yang mana kedua senyawa ini efektif mencegah terjadi penuaan dini serta infeksi yang bisa memicu rusaknya jaringan kulit. Nah, peran daun Afrika di sini adalah bisa mengatasi berbagai masalah kulit seperti komedo, jerawat, kurap, dan juga kudis.

Nah, itu dia ulasan mengenai manfaat daun Afrika si pahit yang memiliki segudang manfaat. Meski memiliki rasa yang pahit, nyatanya, daun ini sangat besar manfaatnya.

Meskipun belum terbukti secara medis mengenai manfaat daun Afrika untuk kesehatan, akan tetapi tanaman herbal ini bisa anda konsumsi dalam bentuk minuman tradisional ataupun krim kulit dan wajah.

baca juga khasiat daun kelor

Hal ini dikarenakan daun Afrika tidak memiliki efek negatif yang signifikan untuk tubuh. Bagaimana, tertarik untuk mengkonsumsinya?

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.