7 Manfaat Cuka Apel dan Efek Sampingnya

Manfaat cuka apel – Cuka apel merupakan salah satu herba serba guna yang digadang-gadang mampu memberikan berbagai manfaat positif untuk kesehatan tubuh. Bahkan penggunaan cuka apel untuk kesehatan sendiri sudah dilakukan sejak zaman Yunani Kuno.

Pada masa itu cuka apel banyak digunakan oleh para ahli kesehatan untuk mengobati dan pencegahan terhadap beberapa penyakit. Ya manfaat cuka apel ini sangatlah beragam dan efektif, sehingga tak jarang dimanfaatkan untuk obat penyembuhan.

Mengenal Apa Itu Cuka Apel

mengenal cuka apel
mengenal cuka apel

Sebelum membahas lebih lanjut tentang manfaatnya, terlebih dahulu Anda harus tahu apa itu cuka apel. Cuka apel merupakan minuman yang terbuat dari buah apel. Proses pembuatannya ialah dengan melumatkan apel kemudian peras cairannya sehingga didapatkan sari terbaiknya.

Setelah sari apel didapatkan, kemudian cairan tersebut akan dicampur dengan bakteri dan ragi untuk memulai proses fermentasi alkohol. Selain ragi, cuka apel juga membutuhkan gula yang nantinya akan diubah menjadi alkohol.

Pada proses fermentasi kedua, alkohol yang dihasilkan akan diubah menjadi cuka oleh bakteri acetobacter atau pembentuk asam asetat. Dalam proses fermentasi yang cukup panjang ini juga dihasilkan komponen lain seperti asam gallic, asam asetat, katekin dan lain sebagainya.

Banyaknya komponen yang dihasilkan dari proses fermentasi tersebut menjadikan manfaat cuka apel semakin lengkap, salah satunya ialah sebagai sumber antioksidan dan antibakteri.

Saat ini, masyarakat luas sudah mulai memanfaatkan cuka apel sebagai minuman untuk dikonsumsi sehari-hari untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh.

Manfaat Cuka Apel Untuk Kesehatan

manfaat cuka apel untuk kesehatan
manfaat cuka apel untuk kesehatan

Sebenarnya, ada begitu banyak manfaat yang bisa Anda dapatkan dengan mengonsumsi atau menggunakan minuman fermentasi ini. namun secara umum ada beberapa manfaat utama yang paling diincar masyarakat. Berikut adalah beberapa diantaranya.

Mengatur Kadar Gula Darah

Bagi Anda yang mengalami masalah dengan kadar gula darah atau bahkan sudah positif diabetes, cuka apel bisa jadi salah satu herbal terbaik untuk menjaga kestabilan kadar gula dalam darah.

Sebuah penelitian yang diterbitkan pada Jurnal Diabetes Care menunjukkan jika cuka apel bisa meningkatkan insulin, terutama ketika Anda banyak mengonsumsi makanan dengan kadar karbohidrat tinggi.

Ketika Anda hendak makan, cobalah minum cuka apel. Maka minuman herbal ini akan bekerja memperlambat proses pelepasan gula dari sumber makanan yang Anda konsumsi ke dalam darah.

READ  1001 Manfaat Buah Tin Bagi Kesehatan yang Sangat Berkhasiat

Hal ini akan sangat ampuh mencegah sugar rush, atau kondisi dimana kadar gula dalam darah meningkat secara signifikan dalam waktu singkat setelah Anda mengonsumsi makanan tinggi karbohidrat.

Penelitian lain juga menunjukkan jika orang yang mengonsumsi cuka apel bisa mengalami peningkatan insulin. Peningkatan ini terjadi pada 19% penderita diabetes melitus tipe 2 dan 34% untuk orang prediabetes.

Anda dapat mengonsumsi 2 sendok makan cuka apel setiap hendak tidur untuk menurunkan kadar gula darah hingga 6% saat pagi hariya.

Seorang professor dari Arizona State University, Carol Jonston, Ph.D telah melakukan penelitian selama kurang lebih 10 tahun. Dari penelitian tersebut Caron menyimpulkan jika cuka apel mempunyai efek antiglikemik, yakni fungsi penyerapan karbohidrat dari makanan sehingga tak berpotensi meningkatkan kadar gula darah setelah makan.

Meski demikian, namun menjaga pola makan dan pola hidup harus terus dilakukan. Para dokter juga sangat menganjurkan para penderita diabetes untuk berhenti mengonsumsi obat diabetes dan menggantinya dengan minum cuka apel setiap hari.

Membantu Menurunkan Berat Badan

Memiliki tubuh yang langsing dan ideal tentu menjadi impian setiap orang, tak peduli pria maupun wanita. Sayangnya dewasa ini masalah obesitas semakin meningkat saja yang membuktikan banyak orang gagal melakukan diet.

Padahal ada satu program diet yang bisa dilakukan tanpa menyiksa dan memberikan hasil cukup maksimal, yakni dengan mengonsumsi cuka apel setiap hari. Hal ini sudah dibuktikan oleh seorang ahli gizi bernama Debbie Davis.

Davis menyatakan jika seseorang yang rajin mengonsumsi 2 sendok cuka apel sebelum makan bisa menurunkan berat badan secara bertahap. Cara ini harus Anda lakukan rutin minimal 4 minggu, sehingga hasil yang didapatkan pun terlihat nyata yakni mencapai 1-2 kg.

Tentunya proses ini akan berhasil dan memberikan progress yang lebih baik jika Anda mengimbanginya dengan pola makan sehat dan memperbanyak olahraga.

Mengatasi Gangguan Pencernaan, Sembelit, Asam Lambung dan Maag

Dalam penelitiannya Carol Johnston juga mengatakan jika manfaat cuka apel sangat baik untuk sistem pencernaan tubuh. Sifatnya yang mampu menyerap karbohidrat menjadikan sebagian pati dan karbo dalam sistem pencernaan tak dicerna dengan baik. Alhasil ini akan menjadi sumber makanan bagi bakteri baik di sistem pencernaan.

Untuk mendapatkan manfaat ini sebaiknya Anda mengonsumsi cuka apel yang belum melalui proses filter, yakni cuka apel yang masih berwarna kuning kecoklatan dan cukup keruh. Ketika didiamkan pun akan muncul endapan yang merupakan pati dari sari apel.

Endapan yang disebut “the mother” ini kaya akan probiotik serta bakteri baik lain yang bertugas menjaga kesehatan sistem pencernaan tubuh. Bakteri-bakteri tersebut juga akan membantu sistem kerja imun serta mengatasi masalah sembelit akut.

READ  10 Manfaat Infused Water Lemon Untuk Kesehatan dan Kecantikan Kulit serta Resep Infused Water

Tak hanya itu, endapan pati dari cuka apel juga sangat efektif mengatasi masalah asam lambung dan maag. Dimana cuka apel akan bekerja menurunkan asam lambung dengan cepat.

Mengobati Diare

Meskipun cuka apel dapat mengatasi masalah sembelit, namun cuka apel sama sekali tak bersifat sebagai obat pencahar. Justru cuka apel pun dapat berfungsi sebagai obat diare akut.

Ketika bakteri baik dalam usus bekerja dengan baik, maka sistem pencernaan akan bekerja dengan baik dan dapat mencegah peradangan pada organ cerna. Dalam hal ini antibiotic alami yang terkandung dalam cuka apel bisa menghancurkan bakteri e-coli yang diketahui merupakan penyebab diare.

Dari penelitian lain juga dibuktikan jika cuka apel bisa berpotensi memperlambat proses pencernaan makanan, sehingga akan memberi waktu pada sisa makanan atau feses mengeras sebelum dikeluarkan.

Manfaat ini bisa Anda peroleh secara maksimal jika rutin mengonsumsi cuka apel tanpa filter saat sedang diare dan beberapa hari setelahnya.

Sebagai Obat Prosiasi

Jika biasanya cuka apel dikonsumsi untuk mendapatkan manfaatnya, namun seiring perkembangan zaman cuka apel pun banyak diproduksi dalam bentuk obat atau campuran obat. Ya, cuka apel pun bisa dijadikan sebagai obat, terutama untuk obat prosiasi di kulit kepala.

Manfaat cuka apel satu ini didapatkan karena sifat antiseptic pada cuka apel yang akan membantu mengurangi rasa gatal dan iritasi akibat prosiasi. Beberapa orang pun sudah merasakan sendiri efektivitas cuka apel dalam penurunan gejala prosiasi.

Hanya dalam hitungan beberapa minggu, gejala prosiasi di kulit kepala berkurang bahkan hilang setelah menggunakan cuka apel secara rutin.

Menjaga Kesehatan Jantung

Menjaga kesehatan organ vital tubuh ini memang gampang-gampang susah. Selain dengan menjaga pola makan serta gaya hidup, Anda juga bisa banyak mengonsumsi cuka apel untuk menjaga kesehatan jantung.

Mengonsumsi cuka apel secara teratur terbukti efektif menurunkan kadar darah (lipid), dimana hal ini akan membantu mencegah gangguan jantung yang merupakan salah satu faktor penyebab disfungsi ereksi pada pria.

Walau begitu, cuka apel bukanlah obat utama untuk masalah impoten, karena ini hanya sebagian efek baik dari kerja jantung yang maksimal.

Menghilangkan Jerawat dan Bekasnya

Bukan hanya untuk kesehatan, namun cuka apel juga memiliki manfaat untuk kecantikan kulit. Bagi Anda yang memiliki masalah kulit berjerawat atau bekas jerawat yang tak kunjung hilang, Anda bisa menggunakan cuka apel ini sebagai toner/masker.

Kandungan antibakterialnya yang cukup tinggi efektif membunuh bakteri penyebab jerawat dan mencegahnya muncul lagi. Selain itu cuka apel yang digunakan rutin setiap hari juga dapat mengecilkan pori-pori dan membuat warna kulit tampak lebih cerah.

Cara penggunaan pun sangat mudah. Pertama campurkan cuka apel dengan air, perbandingannya sekitar 20% : 80% atau tergantung kebutuhan. Setelah tercampur rata, tuangkan pada kapas secukupnya dan tepuk-tepuk pada kulit wajah. diamkan semalaman tanpa perlu dibilas.

READ  Manfaat Buah Sirsak Bagi Kesehatan, Kandungan Nutrisi Dan Gizinya

Beberapa manfaat cuka apel bisa Anda dapatkan dengan rutin mengonsumsinya setiap hari. Tapi ingat, cuka apel tidak dianjurkan untuk Anda konsumsi dalam jumlah terlalu banyak karena memiliki efek samping bagi tubuh.

Awas, Jangan Terlalu Banyak Minum Cuka Apel!

efek samping cuka apel
efek samping cuka apel

Meskipun ingin mendapatkan manfaatnya secepat dan semaksimal mungkin, namun Anda tetap harus membatasi jumlah konsumsinya. Berikut ini adalah beberapa efek samping jika Anda mengonsumsi cuka apel terlalu banyak.

Memperlambat Pengosongan Perut

Cuka apel yang berfungsi menurunkan penyerapan karbohidrat dari sumber makanan juga berpotensi memperlambat pengosongan perut. Dalam beberapa kasus hal ini tidak disarankan, seperti pra operasi.

Gangguan Pencernaan

Ketika Anda mengonsumsi cuka apel terlalu banyak, keasaman pada minuman herbal ini justru berpotensi menyebabkan penyakit maag semakin parah. Sebab cuka apel dapat menyebabkan mual dan meningkatkan asam lambung.

Oleh sebab itu, jumlah konsumsi cuka apel bagi penderita asam lambung dan maag harus sangat diperhatikan sehingga dapat memberikan manfaat sebagai mana mestinya.

Kerongkongan Terasa Perih

Bukan hanya pada bagian lambung, kerongkongan juga bisa mengalami luka akibat tingkat keasaman yang terlalu tinggi pada cuka apel. Biasanya efek samping ini akan Anda rasakan jika mengonsumsi cuka apel dalam jumlah banyak dan dalam kurun waktu lama.

Masalah Gigi

Makanan dan minuman asam terbukti dapat merusak lapisan elemen gigi, sehingga membuatnya terkikis sedikit demi sedikit. Hal ini dapat menyebabkan gigi berlubang atau bahkan gigi keropos.

Menurunkan Kadar Gula Darah

Memang benar cuka apel efektif menurunkan kadar gula darah pada penderita diabetes, namun lain bagi orang normal yang tak memiliki masalah dengan gula darah. Penurunan gula darah berlebih justru dapat mengurangi stamina tubuh karena gula merupakan sumber energi dalam tubuh.

Dengan efek samping yang cukup berbahaya tersebut Anda harus lebih jeli memperhatikan takaran konsumsi yang tepat.

Baca Juga : Manfaat Buah Naga Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

Cara Mengonsumsi Cuka Apel Dengan Baik

mengkonsumsi cuka apel dengan baik
mengkonsumsi cuka apel dengan baik

Agar bisa mendapatkan manfaat cuka apel secara maksimal, setidaknya Anda harus tahu aturan minumnya dengan tepat. Disini cuka apel tidak disarankan untuk dikonsumsi langsung, melainkan harus dicampur dengan air terlebih dahulu.

Perbandingannya sebaiknya 1:10. Anda bisa mencampurkan 1 sendok makan cuka apel ke dalam 10 sendok air mineral dan mengonsumsinya secara rutin setiap hari.

Bagi Anda yang ingin mendapatkan manfaatnya lebih cepat sebenarnya bisa mengonsumsinya langsung, yakni 1 atau 2 sendok makan saja setiap harinya.

Yuk jadi konsumen yang cerdas dan dapatkan semua manfaat baiknya.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.