Metode Penelitian Kualitatif | Pengertian, Tujuan, Jenis-Jenis, Karakteristik

Metode Penelitian Kualitatif  – Untuk Anda seorang mahasiswa nanti di tugas akhir Anda akan dihadapkan dengan skripsi. Nah, skripsi ini dalam proses mengerjakannya dengan metode penelitian, salah satunya adalah metode penelitian kualitatif.

Apa itu penelitian kualitatif? Penelitian kualitatif merupakan sebuah metode riset bersifat deskriptif dimana di dalamnya menggunakan analisis serta mengacu pada data dan memanfaatkan semua teori sebagai pendukung sehingga nantinya dapat menghasilkan teori yang baru.

Metode penelitian kualitatif ini bersifat subjektif jika dilihat dari sudut pandang partisipan secara deskriptif, sehingga nantinya hasil tidak bisa digeneralisasikan. Bisa dikatakan pula bahwa metode ini lebih memberikan gambaran dengan jelas pada suatu permasalahan yang ada di lapangan.

Dalam penelitian ini, terdapat lima tahapan yang harus dilakukan oleh peneliti. Kelima tahapan tersebut adalah mencari masalah, memunculkan pertanyaan rumusan masalah, mengumpulkan data yang relevan, melakukan analisis data dan yang terakhir menjawab pertanyaan rumusan masalah.

Pengertian Metode penelitian kualitatif Menurut Para Ahli

pengertian metode penelitian kualitatif menurut para ahli
alihamdan.id

Untuk memudahkan Anda dalam memahami apa itu penelitian kualitatif, yuk langsung saja simak pengertian metode kualitatif menurut para ahli di bawah ini.

  • Sugiyono

Menurut Sugiyono (2009:15), metode penelitian kualitatif adalah penelitian yang digunakan untuk menyelidiki, menemukan, menggambarkan, dan menjelaskan kualitas atau keistimewaan dari pengaruh sosial yang tidak dapat dijelaskan, diukur atau digambarkan melalui pendekatan kuantitatif.

  • Lexy J. Moleong

Menurut Lexy J. Moleong (2005:6), metode penelitian kualitatif adalah suatu riset yang bermaksud untuk memahami fenomena yang dialami oleh subjek penelitian. Misalnya perilaku, persepsi, motivasi, tindakan, dan lain-lain, secara holistic, dan dengan cara deskripsi dalam bentuk kata-kata dan bahasa, pada suatu konteks khusus yang alamiah dan dengan memanfaatkan berbagai metode alamiah.

  • Sugiyono

Menurut Sugiyono (2009:15), pengertian penelitian kualitatif adalah penelitian yang berlandaskan pada filsafat post positivisme, digunakan untuk meneliti pada kondisi obyek yang alamiah, (sebagai lawannya eksperimen) dimana peneliti adalah sebagai instrumen kunci, pengambilan sampel sumber data dilakukan secara purposive dan snowball, teknik pengumpulan dengan tri-anggulasi (gabungan), analisis data bersifat induktif atau kualitatif, dan hasil penelitian kualitatif lebih menekankan makna daripada generalisasi.

READ  Pengertian Ham, Ciri-Ciri, Macam-Macam, Undang-Undang, dan Contoh

Tujuan Penelitian Kualitatif

tujuan penelitian kualitatif
ibnudin.net

Merujuk pada pengertian penelitian kualitatif di atas, ternyata pengertian ini juga memiliki tujuan. Adapun menurut Kriyatno tujuan dari penelitian kualitatif adalah untuk menjelaskan fenomena yang terjadi di masyarakat secara mendalam dengan mengumpulkan data secara mendalam dan lengkap.

Hal ini menunjukkan bahwa dalam riset ini kelengkapan dan kedalaman data yang diteliti merupakan sesuatu yang sangat penting. Dia juga mengatakan bahwa semakin dalam objek dan data yang diteliti, maka akan semakin berkualitas pula hasil penelitian yang dilakukan.

Sehingga dalam hal ini, pelaksanaan dari jumlah objek penelitian akan lebih sedikit dan lebih berfokus pada kedalaman data bukan kuantitas datanya.

Karakteristik Penelitian Kualitatif

karakteristik penelitian kuantitatif
putrowayang.com

Pada proses pelaksanaannya, jenis penelitian ini memiliki karakteristik atau ciri-ciri khusus yang dapat membedakan metode penelitian kualitatif dengan metode penelitian lainnya, adapun ciri-ciri dari metode penelitian ini antara lain sebagai berikut:

  • Lingkungan Alam Dijadikan Sebagai Sumber Data

Pada penelitian kualitatif, sumber daya yang digunakan biasanya merupakan lingkungan alamiah yakni bisa berbagai peristiwa ataupun situasi sosial di lingkungan masyarakat. Nah, proses riset yang dilakukan adalah dengan cara berinteraksi secara langsung baik melalui pengamatan, menggali informasi yang lebih dalam, pencatatan dan masih banyak lainnya.

  • Bersifat Deskriptif Analitik

Dalam penelitian ini, proses pengumpulan data yang dilakukan dengan melalui beberapa cara yakni analisis, wawancara dokumentasi yang nantinya disusun di lokasi penelitian dalam bentuk yang tidak berupa angka. Maksudnya di sini adalah analisis dipaparkan dengan jelas menggunakan uraian narasi sesuai dengan situasi yang diteliti di dalam penelitian.

  • Berfokus Pada Proses

Pada penelitian ini juga lebih memfokuskan diri pada proses pencarian informasi yang dilakukan demi mengungkap setiap masalah yang ada, nah, pertanyaan ini dibuat untuk mengungkapkan gambaran baik berupa prosedur, kegiatan, alasan, tahapan dan juga interaksi yang terjadi pada saat proses berjalannya penelitian.

  • Bersifat Induktif

Riset yang dilakukan dengan menggunakan metode kualitatif adalah riset yang bersifat induktif. Dalam hal ini maksudnya adalah data yang digunakan adalah data yang terpisah namun data tersebut memiliki hubungan dengan data yang lainnya.

READ  Pengertian Wirausaha dan Wirausahawan dengan Ciri-Ciri dan Tujuan

Biasanya dalam penelitian ini akan diawali di lapangan yakni dengan mencari fakta empiris yang mana penelitian haus terjun dan meninjau langsung di lapangan. Selain itu, pada prosesnya, peneliti juga harus mempelajari proses penemuan dengan cara mencatat, melakukan analisis, membuat laporan dan bentuk deskriptif dan juga menyimpulkan kegiatan penelitian yang dilakukan.

Nah, hasil yang ditemukan di lapangan ini masih dalam bentuk teori, konsep dan juga prinsip yang nantinya akan dikembalikan lagi.

  • Mengutamakan Makna

Dalam penelitian ini, peneliti juga harus menyampaikan makna dari hubungan yang sesuai dengan persepsi orang pada saat kejadian tersebut diteliti. Sebagai contoh, penelitian dalam hal peran guru untuk menentukan keberhasilan siswa di sekolah.

Di sini, peneliti harus fokus pada pendapat guru mengenai keadaan siswa di sekolah. Ia juga harus mencari daya serta informasi dan juga pandangan guru mengenai tingkat keberhasilan dari anak didiknya di sekolah. Mencari tahu apa masalah yang sedang dihadapi dalam hal membina dan apa alasan mengapa siswa sering gagal saat dibina.

Tidak hanya itu, peneliti juga harus mencari informasi dari para siswa sebagai pembanding. Dengan demikian akan ada ketepatan dan juga informasi baik dari partisipan dan juga peneliti sehingga dalam hal ini dapat menginterpretasikan hasil penelitian dengan benar.

Baca Juga : 21 Jenis Penelitian yang Bisa Digunakan Untuk Mengerjakan Tugas Akhir

Jenis-Jenis Penelitian Kualitatif Deskriptif

jenis jenis penelitian kualitatif deskriptif
www.keepsoh.com

Dalam metode penelitian kualitatif, hal-hal yang disampaikan ini memiliki hubungan dengan persepsi orang lain dengan kejadian yang akan diteliti. Karena itu, menurut Richard Johnson (2005:8), penelitian dengan melakukan pendekatan kualitatif dapat dibagi menjadi lima jenis. Berikut ini adalah kelima jenis penelitian kualitatif sebagai berikut.

  • Fenomenologi

Fenomenologi merupakan salah satu jenis penelitian dimana peneliti berusaha memahami satu atau lebih dari individu dalam mengalami sebuah fenomena. Metode ini lebih fokus ada fenomena yang akan diteliti serta aspek yang menjadi subjek dari perilaku objek.

  • Etnografi

Etnografi merupakan jenis penelitian yang lebih memfokuskan diri pada penggambaran budaya sekelompok orang. Dalam riset ini dilakukan untuk menguji bentuk serta fungsi bahasa dan cara berkomunikasi dari setiap individu yang ada di tengah masyarakat.

  • Studi Kasus

Studi kasus merupakan penelitian yang lebih memfokuskan diri pada penyediaan akun secara terperinci melalui kasus. Tujuannya adalah untuk meneliti fenomena dalam masyarakat dengan terjun langsung untuk mengetahui latar belakang, interaksi yang terjadi hingga keadaannya.

  • Metode Teori Dasar

Jenis penelitian ini dilakukan untuk menganalisis serta mengembangkan daya dalam bentuk teri yang sudah dikumpulkan oleh peneliti. Nah, riset yang dilakukan digunakan untuk memperkuat teori.

  • Metode Historis

Metode historis merupakan metode penelitian yang meneliti tentang peristiwa di masa lalu.

READ  Pengertian serta Tujuan Dari Manajemen Sumber Daya Manusia

Memang penelitian ini cukup mudah untuk dilakukan, karena tidak menggunakan angka karena hasilnya lebih fokus ke jawaban dari partisipan. Semoga adanya informasi seputar metode penelitian kualitatif ini dapat bermanfaat.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.