19 Jenis Ikan Koi Termahal dan Populer beserta Tips Memilihnya

Ikan koi – Pencinta ikan tentunya sudah tidak asing lagi dengan jenis ikan yang satu ini. Ya, nama ikan ini adalah ikan koi. Ini adalah salah satu jenis ikan yang paling banyak dicintai oleh para kolektor. Ikan air tawar ini memiliki bentuk fisik yang cantik dan sempurna, tidak heran jika dibandingkan dengan ikan lainnya harganya cukup fantastis. 

Ikan koi sendiri merupakan salah satu jenis ikan yang berasal dari Jepang. Pada awalnya, ini adalah salah satu jenis ikan yang dikonsumsi oleh masyarakat jepang. Namun, karena bentuk fisiknya yang indah dan corak yang ada di badannya indah.

Maka ikan ini dijadikan sebagai salah satu binatang peliharaan untuk menambah nilai estetika pada sebuah rumah. Ikan ini juga memiliki corak yang berbeda-beda pada badannya. Nah, banyaknya corak ini juga yang membuat jenis ikan koi menjadi lebih banyak. Bahkan, jika bukan ahlinya akan sulit untuk membedakan ikan ini. 

Oleh sebab itu, di bawah ini akan dibahas beberapa jenis ikan koi yang harus Anda tahu. Tujuannya adalah agar Anda bisa membedakannya terutama jika Anda ingin memelihara ikan ini di rumah. Mau tahu seperti apa jenis ikan koi ini, yuk langsung saja simak penjelasan selengkapnya di bawah ini;

Ogon 

ogon 

Jenis pertama dari ikan ini yang harus Anda tahu adalah ogon. Ikan yang satu ini memiliki warna kuning keemasan. Adapun ia sendiri dihasilkan dari persilangan antara koi Shiro-Fuji dengan koi punggung kuning. 

Pada saat melakukan awal percobaan persilangan, warna emas yang ada pada ikan ini belum merata di seluruh tubuhnya. Namun, setelah enam generasi keturunan koi ini disilangkan, jadilah ikan Ogon dengan warna emas yang eksotik.

Nah, untuk Anda yang tertarik dengan ikan ini, harga ikan ini cukup mahal. Untuk memilikinya, Anda perlu menyiapkan budget sekitar Rp. 1,5 jutaan rupiah. Bagaimana? Apakah tertarik untuk memelihara koi ini di rumah? 

Goromo

goromo
www.tokopedia.com

Goromo merupakan salah satu ikan koi yang banyak dicari kolektor. Ikan ini sendiri memiliki corak kohaku dengan warna di bagian tepi biru atau hitam. Kemudian terdapat warna merah di sana.

Hingga saat ini, ada tiga jenis ikan groom yang ada dan diketahui. Diantara goromo ini adalah ai goromo, budo goromo, dan sumi goromo. Untuk budo goromo sendiri memiliki ciri khas dimana ia memiliki tepi biru di skala luarnya. Hal inilah yang membuat ia memiliki efek cluster seperti buah anggur. 

Ai groom sendiri memiliki tepian biru dan di bagian sisiknya berwarna merah. Sedangkan untuk sumi goromo memiliki tepi yang berwarna hitam pada sisiknya. Hal inilah yang membuat pola warna dalam tubuhnya hampir sepenuhnya berwarna hitam. 

Untuk Anda yang ingin memiliki ikan ini, Anda hanya perlu menyiapkan budget sekitar Rp. 1,8 jutaan saja. Harga yang fantastis ini tentunya akan sepadan dengan corak yang ditawarkan oleh kan ini. 

Goshiki 

goshiki 
medium.com

Jenis ikan yang satu ini mirip dengan koi sanke yang memiliki topi merah di bagian atas dan memiliki warna dasar abu-abu. Hal yang membuat ikan ini berbeda dengan sanke adalah ikan ini berwarna putih. 

Bagian siripnya berwarna putih sedangkan di bagian punggungnya juga terdapat garis pendek dengan warna putih susu. Ikan ini terlihat sangat indah dan elegan. Adapun harganya adalah Rp. 700.000 an saja. 

Kinginrin 

kinginrin 
medium.com

Jika dilihat secara sekilas, ikan yang satu ini memiliki bentuk tubuh yang mirip dengan ikan mas. Ya, warna kulit ikan ini berwarna kuning dan bahkan tidak terlihat jika ia seperti ikan koi. Ternyata, ini adalah salah satu jenis koi hasil persilangan. Nah, untuk ikan ini sendiri harganya cukup mahal lho sekitar Rp. 900.000 per ekornya. 

Hikarimono 

hikarimono 

Ikan koi yang satu ini memiliki warna dasar putih pucat dimana ia memiliki pola hitam blur yang berada di bagian punggungnya. Adapun pola ini berbentuk seperti sebuah tulang ikan yang tergambar jelas dalam tubuh ikan.

Koi yang satu ini termasuk salah satu jenis koi yang sulit ditemukan. Adapun harganya sendiri dijual Rp. 700 ribu untuk satu ekornya. Tertarik untuk mengoleksi koi yang satu ini? 

Hariwake 

hariwake 

Ini adalah salah satu jenis koi yang memiliki tampilan yang paling mewah diantara koi-koi lainnya. Ia disebut dengan nama Doitsu hariwake. Warna tubuh ikan ini adalah putih keperakan da terlihat seperti warna mutiara.

Selain itu, bagian tubuhnya juga terdapat corak yang berwarna kuning emas dan menyebar. Ikan ini juga memiliki sirip yang berwarna putih keperakan. Untuk bola matanya juga sisi satu berwarna putih sedangkan sisi lainnya berwarna kuning. 

Ikan ini juga terlihat begitu eksklusif, tidak heran jika penggemarnya cukup banyak. Adapun harga per ekor ikan ini dibanderol sekitar Rp. 700.000-an. 

Taisho Sanke 

taisho sanke 

Bisa dikatakan ini adalah jenis ikan koi tertua diantara koi lainnya. Hal inilah yang menjadikan ikan ini banyak diburu oleh para kolektor dan jenisnya menjadi yang paling mendunia. Adapun corak yang dimiliki oleh ikan ini berwarna putih solid sebagai warna dasarnya. Sedangkan coraknya sendiri membentuk pola overlay merah. Ikan ini dijual dengan harga Rp. 500 ribuan saja. 

Matsuba 

matsuba 

Matsuba merupakan sebuah koi yang memadukan warna metalik solid dengan pola jaring warna hitam. Ikan yang satu ini memiliki warna dasar yang bervariasi. Untuk gin matsuba memiliki warna dasar putih, aka matsuba memiliki warna dasar merah sedangkan ki matsuba memiliki warna dasar kuning. 

Selain itu, ada juga satu-satunya variasi matsuba yang disebut dengan doitsu matsuba. Ikan jenis matsuba ini dijual di pasaran dengan harga kisaran Rp. 500 ribuan. Tertarik untuk memiliki ikan koi satu ini?

Showa Sansoku 

showa sansoku 
www.tokopedia.com

Ini adalah sebuah ikan yang memiliki tiga buah corak warna dalam satu tubuhnya. Hal inilah yang menjadikan koi ini sangat indah, apalagi jika berenang di kolam milik Anda. Pada umumnya corak yang ditawarkan pada ikan ini berwarna hitam, gelap dan putih. 

Karena ikan ini indah, harga ikan ini cukup mahal ya. Anda bisa menemukan ikan ini dengan harga antara Rp. 200.000 sampai Rp 1 jutaan tergantung dengan ukuran dan coraknya. 

Tancho 

tancho 
www.jualikankoi.co.id

Ikan koi berikutnya yang tak kalah menarik dengan koi lainnya adalah koi tancho. Ikan yang satu ini merupakan variasi dari kohaku yang paling populer. Ikan ini memiliki corak yang berwarna merah dan berada di bagian kepala saja. 

Ikan yang satu ini juga sangat dihormati di dunia koi Jepang lho. Hal ini karena ikan ini mirip dengan Grus japonensis atau Red Crowned Crane. Bisa dikatakan ikan ini memang cukup unik dan berbeda lho. Bahkan harganya sendiri kisaran antara Rp. 125 ribu hingga mencapai Rp. 550 ribuan. 

Koi Slayer 

koi slayer 

Koi berikutnya adalah koi slayer. Ini adalah jenis koi yang memiliki sirip yang panjang dan terlihat begitu cantik. ikan ini sendiri ada banyak sekali jenisnya. Namun ada dua jenis koi slayer yang paling banyak dicari adalah koi slayer platinum dan koi slayer kumpay. 

Untuk koi platinum harganya juga jauh lebih mahal, hal ini karena ikan ini sangat jarang ditemukan. Untuk harga ikan slayer platinum ino dijual dengan harga Rp. 5.000.000 per ekornya. Namun, untuk koi slayer yang biasa dijual dengan harga Rp. 160.000 saja. Tertarik untuk memiliki koi ini? Bukankah harganya sangat fantastis?

Hi Utsuri 

hi utsuri 
www.bukalapak.com

Ikan koi yang satu ini memiliki corak warna yang berwarna gelap dengan warna hitam oranye dan merah tua. Untuk Anda yang suka dengan warna-warna yang kelam, tentunya Anda akan merasa jatuh cinta ketika melihat ikan koi yang satu ini. 

Adapun ikan ini juga hadir dengan dua variasi yakni gin ri utsuri dan doitsu utsuri. Dibandingkan dengan koi-koi lainnya, jenis ikan koi yang satu ini cukup murah. Anda bisa memiliki ikan ini dengan harga Rp. 125.000-Rp. 300.000an saja. 

Chagoi Sanaj

chagoi sanaj

Salah satu ciri khas yang dimiliki oleh koi ini adalah dimana ia hanya memiliki satu warna saja. Selain itu, meskipun ia hanya memiliki satu warna saja, namun untuk harganya cukup mahal lho. Koi ini dijual dengan harga per ekornya Rp. 300.000.

Ikan yang satu ini juga jarang ditemukan di pasaran karena peminatnya yang jarang. Hal ini karena coraknya hanya satu warna saja dan tampak seperti ikan biasa saja. Namun, para kolektor ikan tetap saja memburu ikan ini untuk dijadikan hiasan.

Ki Utsuri

ki utsuri

Ikan yang satu ini masih dalam satu keturunan dengan Hi Utsuri. Ikan yang satu ini bisa dikatakan cukup langka lho dan memiliki banyak penikmat.

Ikan ini juga memiliki pola dasar yang berwarna hitam dan warna kuning terang. Hal inilah yang membuat tampilannya terlihat begitu elegan. Ikan ini juga dihargai sama dengan saudaranya yakni sekitar Rp. 130an ribu. 

Ochiba Shigure

ask farms japanese koi
ASK Farms Japanese Koi

Ikan yang satu ini cukup unik. Mengapa? Sebab ia memiliki warna yang pucat yakni perpaduan antara warna putih susu dengan oranye. Warna ikan ini juga sangat simpel karena tidak terlalu terang. 

Untuk Anda yang suka ikan dengan warna yang tidak terang, maka ikan ini adalah pilihan yang paling tepat. Anda juga bisa dengan mudah menemukan ikan koi yang satu ini. Per ekornya, ikan in dijual dengan harga Rp. 200.000 saja. 

Soragoi

soragoi

Jika umumnya ikan koi memiliki warna yang cantik dengan corak yang beragam, maka beda dengan koi yang satu ini. Ikan yang satu ini jika dilihat dari warnanya cukup seram, warna ikan ini seperti transparan.

Bahkan, jika ia berada di pojokan kolam sering kali membuatnya tidak terlihat. Untuk Anda yang tertarik dan ingin memiliki jenis koi yang satu ini, harganya cukup mahal yakni sekitar Rp. 400.000 per ekornya. 

Kumonryu 

kumonryu 
www.bukalapak.com

Jika Anda bertanya apakah ada ikan koi yang memiliki corak yang berbeda-beda meskipun satu spesies? Jawabannya ada. Kumonryu ini menjadi salah satu contoh koi yang memiliki corak warna yang berbeda-beda. 

Bia dikatakan ini juga merupakan salah satu jenis koi yang paling menarik dibandingkan dengan koi lainnya. Dengan corak yang beragam dan berganti berkali-kali menjadikan ikan ini tidak membosankan. 

Menariknya lagi, koi ini bisa berubah dari warna putih solid menjadi hitam pekat atau bahkan menjadi ikan berkombinasi. Karena keunikan yang dimiliki oleh ikan ini, harga satu ekor ikan dijual dengan harga Rp. 600.000 an. 

Kikokuryu 

kikokuryu 
www.tokopedia.com

Ini adalah salah satu jenis koi tanpa kepala atau disebut dengan doitsu. Ia memiliki warna dasar putih yang kemudian dipadukan dengan warna hitam di barisan sisik, belakang dan sekitar kepala, mata dan hidung ikan. 

Ikan yang satu ini juga sering dianggap sebagai versi logam dari Kumonryu. Ikan ini juga sulit untuk ditemukan. Oleh sebab itu, harga ikan ini cukup mahal yakni sekitar Rp. 150.000 sampai dengan Rp. 800.000. 

Shuisui 

shuisui 
www.tokopedia.com

Jika dilihat secara sekilas, ikan yang satu ini mirip sekali dengan Hika Rimoyomono. Yang membuatnya berbeda adalah dimana porsi warna merahnya jauh lebih banyak.

Salah satu ciri khas yang dimiliki oleh ikan ini adalah dimana coraknya mirip dengan tulang rusuk yang berwarna kelabu di bagian pinggul. Karena keunikan dari ikan ini, per ekornya dijual dengan harga Rp. 400.000an. 

Tips Memilih Ikan Koi untuk Hiasan di Rumah

tips memilih ikan koi untuk hiasan di rumah

Dari jenis-jenis ikan koi di atas, bukankah Anda bingung mau memilih yang mana. Nah, di bawah ini akan diberikan tips memilih koi yang berkualitas. Mau tahu apa saja tipsnya, langsung saja simak di bawah ini;

  • Pilih yang Berpostur Simetris

Mengapa harus memilih yang memiliki postur simetris? Hal ini karena ikan ini akan sangat cantik ketika berenang, Anda harus mengamatinya dengan benar. Adapun ciri-cirinya adalah ketika ia berenang punggungnya lurus dan hanya sedikit melengkung saja.

Pilih juga ikan yang tidak cacat mulai dari sirip yang sempurna. Dengan demikian, Anda bisa menemukan ikan yang berkualitas dan prima. 

  • Pilih yang Warnanya Tegas dan Jelas 

Jika Anda memilih ikan koi dengan warna kombinasi, maka pilihlah yang warnanya jelas dan tegas, warna ini akan menjadi ikon. Pilih juga yang warnanya tidak terlalu menyambung dengan warna lainnya. Ikan ini juga tidak banyak bercampur terlalu banyak dengan warna putih. 

  • Bercorak Unik 

Ikan koi yang berkualitas biasanya memiliki corak yang unik. Ikan ini juga biasanya banyak dicari dan memiliki harga yang cukup mahal. Nah, di sini Anda juga tidak boleh tertipu. Anda harus jeli dan memastikan bahwa corak unik yang dimiliki koi itu alami dan bukan buatan.

Anda juga bisa menjual kembali ikan ini dengan harga yang mahal. Sebab, menjual ikan ini dengan corak yang unik memang lebih menguntungkan. 

Baca Juga Hewan Langka

READ  31 Jenis Ikan Hias Air Tawar Paling Digemari dan Cara Perawatannya

Bagaimana? Tertarik untuk memelihara ikan koi? Ini adalah salah satu ikan yang banyak diburu oleh kolektor karena coraknya yang cantik dan berbeda dengan ikan lainnya. Ikan ini juga mudah untuk dipelihara. Dengan menerapkan tips di atas maka Anda bisa menemukan koi yang berkualitas dan sesuai.

Apalagi dengan jenis-jenis ikan koi yang banyak dicari orang di atas membuat Anda lebih paham dalam memilih ikan koi sesuai dengan jenisnya. Dengan demikian Anda tidak akan mudah tertipu dengan harganya yang mahal karena belum tahu. So, semoga adanya informasi ini bisa bermanfaat. Selamat mencoba. 

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.