Jenis-Jenis Tanaman Hias untuk Mempercantik Pekarangan

Jenis tanaman hias – Dibandingkan dengan beberapa tanaman lainnya, tanaman hias menjadi salah satu tanaman yang banyak dicari. Tentu saja berbeda dengan tanaman lainnya, tanaman hias ini juga bisa membuat sebuah bangunan, gedung, taman atau bahkan ruangan tampak lebih apik.

Tak hanya itu, tanaman tersebut juga memiliki harga yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan beberapa jenis tanaman lainnya. Tak heran jika banyak pihak yang mencoba peluang bisnis dengan menjual tanaman hias.

Ternyata, fungsi dari tanaman hias itu sendiri tidak hanya sebatas untuk memperindah suatu bangunan atau ruang saja. Akan tetapi, tanaman yang satu ini juga berguna sebagai terapi batin yang cukup ampuh untuk memperbaiki suasana hati.

Banyak sekali jenis dari tanaman hias yang bisa Anda temui. Mungkin, sebagian dari jenis tanaman hias tersebut sering Anda temukan di toko bunga. Nah, untuk mengetahui lebih dalam tentang berbagai macam jenis dari tanaman hias, berikut pembahasannya untuk Anda.

Jenis-Jenis Tanaman Hias

Tanaman Hias Kaktus

tanaman hias kaktus
www.dekoruma.com

Kaktus adalah salah satu jenis tanaman yang banyak diminati oleh para pecinta tanaman hias karena mudah dalam perawatannya. Apalagi mengingat jika tanaman tersebut merupakan tanaman gurun yang dapat hidup lebih lama meski tidak disiram dengan air setiap hari.

Tanaman kaktus yang satu ini juga terdiri dari berbagai macam jenis, seperti:

  • Parodia

Saat pertama kali melihat tanaman yang satu ini mungkin Anda akan langsung merasa jatuh cinta. Bagaimana tidak? Kaktus dengan jenis parodia memiliki bunga  yang berwarna cerah, mulai dari kuning, merah, hingga merah muda.

Bahkan, bentuk dari kaktus tersebut pun terbilang cukup unik. Bentuknya bulat seperti bulan yang berduri. Cara merawat tanaman yang satu ini juga cukup mudah. Hanya saja, parodia tidak baik jika terkena sinar matahari terlalu banyak.

  • Echinocactus Grusonii

Tanaman yang berasal dari Texas dan Meksiko tersebut memiliki bentuk yang sama dengan jenis kaktus sebelumnya. Dengan bentuknya yang seperti bola dan terlihat sangat unik membuat tanaman tersebut memiliki banyak sekali penggemar.

Bahkan, kaktus jenis yang satu ini cocok untuk diletakkan di luar ruangan ataupun di dalam ruangan.

  • Careus Tetragonus

Berikutnya ada jenis kaktus yang bernama Careus Tetragonus. Tumbuhan yang berasal dari Amerika tersebut dapat mencapai tinggi hingga dua meter. Nah, yang menarik dari tanaman hias satu ini adalah bentuknya yang menyerupai sebuah kastil.

  • Ariocarpus

Berbeda dengan beberapa jenis kaktus sebelumnya, ternyata untuk jenis kaktus yang satu ini tidak memiliki duri. Tentu, tanaman tersebut menjadi pilihan yang pas jika Anda takut dengan duri sehingga aman meski diletakkan di dalam ruangan dan tidak akan melukai anak-anak.

Selain itu, bentuk dari tanaman tersebut pun juga cukup unik. Ariocapu berbentuk prisma dengan bunga yang mekar di bagian atasnya.

Tanaman Hias Cemara

tanaman hias cemara
bibitonline.com

Cemara banyak dipilih untuk menghias bagian pekarangan rumah atau suatu bangunan. Ternyata, cemara tidak hanya bisa digunakan sebagai tanaman hias untuk pekarangan saja. Namun, tanaman yang satu ini juga bisa dibuat menjadi bonsai.

Berikut adalah beberapa jenis dari cemara yang bisa Anda pilih untuk menghias pekarangan rumah:

  • Cemara Inoki

Cemara Inoki merupakan salah satu jenis tanaman yang bisa dibuat menjadi bonsai. Biasanya, tanaman tersebut digunakan sebagai border tanaman. Tak hanya itu, daun dari Cemara Inoki mirip dengan Cemara Kipas.

Nah, bagi Anda yang memiliki keahlian atau keterampilan dalam merawat tanaman Cemara Inoki menjadi bonsai, maka hal tersebut dapat membantu Anda untuk mendapatkan uang yang lebih banyak. 

  • Cemara Perak
READ  Cara Menanam Anggrek: Jenis-Jenis, Gambar dan Penjelasannya

Yang istimewa dari cemara ini adalah daunnya akan mengeluarkan warna perak jika terkena sinar matahari. Hal itulah yang menjadikan alasan mengapa jenis tanaman satu ini diberi nama Cemara Perak.

Keistimewaan dari tanaman ini ternyata tak cukup sampai disitu saja. Cemara Perak hanya akan mencapai tinggi sekitar 1 meter. 

  • Cemara Angin

Jenis cemara berikutnya adalah Cemara Angin. Perbedaan yang sangat mencolok dari pohon cemara tersebut jika dibandingkan dengan pohon cemara lainnya adalah bentuk daunnya yang sama seperti daun pohon pinus.

Bahkan, daunnya pun lebih panjang. Akan tetapi, jika dilihat dari segi bentuk, pohon tersebut tidak meruncing seperti kebanyakan pohon cemara lainnya.

Tanaman Hias Palem

tanaman hias palem
www.tokopedia.com

Tak hanya kaktus dan cemara saja yang banyak digemari oleh kebanyakan orang. Akan tetapi, pohon palem juga menjadi salah satu jenis tanaman yang banyak dipilih. Karena ukurannya yang besar, sudah tentu jika tanaman yang satu ini hanya akan diletakkan di luar ruangan.

Terdapat beberapa jenis dari pohon palem yang bisa Anda jadikan sebagai tanaman hias seperti pada penjelasan berikut ini:

  • Palem Washington

Yang pertama ada Palem Washington atau orang lebih mengenalnya dengan nama Palem Uban. Bentuk daunnya mirip seperti kipas. Batang dari palem satu ini pun lebih besar serta tampak memiliki sisik. 

Biasanya, Palem Washington banyak ditemukan di beberapa hotel atau resort mewah yang ada di pinggir pantai. Namun, jika Anda ingin menjadikannya sebagai hiasan di taman rumah, Palem Washington menjadi pilihan yang tepat.

  • Palem Jenggot

Sama seperti namanya, palem yang satu ini juga unik. Dibandingkan dengan beberapa jenis palem pada umumnya, Palem Jenggot memiliki ukuran yang lebih kecil dan biasanya hanya diletakkan di dalam pot sebagai tanaman hias.

  • Palem Raja

Berikutnya adalah Palem Raja. Pohon palem yang satu ini banyak dipilih oleh sebagian orang karena bentuknya yang eksotik dan tinggi. Umumnya, jenis pohon palem tersebut akan diletakkan di taman rumah-rumah modern atau diletakkan di luar rumah diantara pintu gerbang.

Tanaman Hias Bunga

tanaman hias bunga
made-blog.com

Tanaman hias seperti bunga banyak dipilih karena keelokan yang dimilikinya. dengan berbagai macam warna dan aroma yang dimilikinya tentu dapat menciptakan suasana tersendiri.

Di bawah ini, ada berbagai macam jenis bunga yang bisa Anda jadikan sebagai tanaman hias. Apa sajakah itu? Berikut pembahasannya;

  • Amarilis

Yang menarik dari Amarilis adalah saat tanaman tersebut berbunga. Di saat bunganya mekar, maka warnanya yang jingga cerah akan hijaunya daun Amarilis yang panjang.

Tanaman tersebut bisa diletakkan di luar ruangan atau bahkan di dalam ruangan. Namun pastikan jika tanaman hias tersebut mendapatkan pencahayaan yang cukup.

  • Alamanda

Salah satu jenis bunga yang paling populer adalah Alamanda Cathartica. Bunganya yang kecil namun berwarna kuning cerah tersebut membuatnya terlihat begitu cantik dan juga elegan.

Meski jenis bunga yang satu ini berasal dari amerika, namun Alamanda dapat hidup dengan baik di Indonesia. Apakah Anda tertarik untuk memilikinya?

  • Bunga Sepatu

Bunga Sepatu memang sudah menjadi salah satu jenis bunga yang umum dan banyak dipilih oleh orang untuk dijadikan sebagai tanaman hias. Bentuk bunga yang terlihat sempurna dengan putik yang menjulur seakan menjadi daya tarik dari Bunga Sepatu.

Tak hanya itu, bahkan bunga tersebut juga memiliki berbagai macam warna, mulai dari merah, merah muda, putih, kuning dan bahkan ungu. Cara perawatannya yang sangat mudah pun menjadi pilihan banyak orang untuk memelihara tanaman hias yang satu ini.

  • Bunga Anggrek
READ  Cara Menanam Anggur yang Baik dan benar beserta Manfaatnya

Siapa yang tak terpesona dengan keindahan yang dimiliki oleh bunga anggrek? Bunga yang juga dikenal dengan nama puspa pesona tersebut memang sangat terkenal di Indonesia.

Kurang lebih ada 6000 jenis anggrek ada saat ini. Berbagai macam jenis anggrek pun bisa Anda pilih sebagai tanaman hias untuk mempercantik taman atau ruangan. Beberapa jenis dari bunga anggrek ini ialah anggrek kalajengking, anggrek koribas, anggrek hitam, anggrek bulan dan masih banyak lagi.

  • Bunga Lisianthus

tanaman hias lainnya yang bisa Anda jadikan pilihan adalah Bunga Lisianthus. Bunga yang satu ini akan tampak sangat cantik saat bermekaran. Terlebih lagi, bunga tersebut sangat halus dan memiliki warna putih bersih yang dipadukan dengan warna ungu di bagian ujungnya.

Tanaman Hias Gantung

tanaman hias gantung
www.youtube.com

Bagi Anda yang tidak memiliki halaman rumah atau memiliki ukuran rumah yang terlalu kecil, jangan khawatir dulu. Karena ada tanaman hias gantung yang bisa Anda jadikan sebagai alternatif. 

Berbeda dengan beberapa tanaman hias pada umumnya, tanaman yang satu ini bahkan tidak memakan banyak tempat sehingga tepat untuk digunakan pada ruangan yang terbatas. Ada beberapa jenis tanaman gantung yang bisa Anda pilih, seperti:

  • Bunga Petunia

Bagi Anda yang ingin mempercantik ruangan atau mempercantik bagian depan rumah, Bunga Petunia ini bisa dijadikan sebagai pilihan. Bunga tersebut berbentuk seperti hati dan berbentuk kecil. Saat mekar, bunga-bunganya terlihat sangat cantik.

Ada beberapa warna dari Bunga Petunia, mulai dari merah, kuning dan putih. Bahkan, ada pula yang terdiri dari berbagai macam warna meski berasal dari satu batang tanaman.

  • Bunga Begonia

Bunga Begonia adalah salah satu jenis bunga yang tumbuh subur di iklim tropis ataupun subtropics. Dengan iklim yang ada di Indonesia, menjadikannya bisa tumbuh dan mekar dengan baik.

Warna dari Bunga Begonia ini juga terlihat sangat memikat. Bagian daun dari bunga tersebut juga terlihat ornamental. Dengan keindahan yang dimilikinya tersebut tak heran jika banyak orang yang meletakkan bunga satu ini di depan rumah.

  • Bunga Geranium

Bunga yang berasal dari Afrika Selatan itu juga menjadi salah satu tanaman hias yang banyak digemari. Di Indonesia sendiri, jenis bunga yang satu ini dapat tumbuh dengan baik.

Terdapat berbagai macam warna dari bunga tersebut, mulai dari merah, putih, merah muda dan ungu. Meskipun tanaman tersebut digantung, namun tingginya dapat mencapai 1,2 meter.

Tanaman Hias Buah

tanaman hias buah
www.dekoruma.com

Tanaman hias buah bisa dijadikan pilihan bagi Anda yang tidak hanya ingin membuat pekarangan menjadi lebih indah, namun juga bisa mencicipi buahnya. Ada beberapa jenis tanaman hias buah yang bisa Anda tanam untuk mempercantik ruangan. 

Beberapa jenis dari tanaman hias buah tersebut diantaranya adalah:

  • Kacang Amazon

Kacang Amazon atau yang juga disebut dengan Kacang Mentega merupakan salah satu tanaman yang bisa Anda tanam di pekarangan rumah. Tinggi dari pohon tersebut bisa mencapai 5 meter.

Daun dari Kacang Amazon besar dan juga rimbun sehingga cocok untuk ditanam di pekarangan rumah dan membuat sehingga membuat rumah terlihat lebih sejuk.

Buahnya bisa dimakan langsung, dibuat menjadi jus atau bahkan dibuat menjadi manisan yang lezat.

  • Buah Jeruk Nagami
READ  Jenis-Jenis Dan Cara Menanam Tanaman Hidroponik

Anda pecinta jeruk dan ingin menikmati lezatnya jeruk dari hasil pekarangan Anda? Nah, Pohon Buah Jeruk Nagami bisa dijadikan sebagai pilihan yang tepat untuk Anda.

Bentuk dari buahnya hampir sama dengan jeruk mandarin kecil, akan tetapi jeruk nagami lebih lonjong. Setiap tahunnya, pohon tersebut dapat berbuah. Sehingga, Anda bisa menikmati lezatnya jeruk nagami setiap tahun.

  • Buah Naga Mini

Jika dilihat secara fisik, pohon yang satu ini memiliki bentuk yang sama dengan pohon buah naga pada umumnya. Akan tetapi, ukurannya lebih kecil dan dapat dimasukkan ke dalam pot ukuran sedang.

Jadi, Anda bisa meletakkannya di pekarangan rumah dan menatanya dengan mudah. Buah dari pohon tersebut juga bisa dikonsumsi. Bahkan, kandungan gizi yang ada di dalamnya sama dengan buah naga yang berukuran besar.

Tanaman Hias Air

tanaman hias air
www.bukalapak.com

Selanjutnya ada tanaman hias air. Jenis tanaman yang satu ini sangat tepat jika Anda memiliki kolam ikan di pekarangan rumah. Bagi Anda yang memiliki kolam ikan, mulai sekarang Anda bisa menghiasnya dengan tanaman hias air.

Terdapat beberapa jenis dari tanaman hias air yang bisa Anda gunakan. Beberapa jenis diantaranya ialah sebagai berikut:

  • Lotus

Tidak sedikit orang yang menganggap bawah lotus adalah teratai. Padahal, kedua jenis dari tanaman tersebut memiliki spesies yang berbeda. Bunga lotus ini akan langsung mengapung di atas air. Jadi, tidak seperti teratai yang bunganya memiliki batang.

Bunga lotus juga terlihat sangat cantik apalagi saat mekar. Kecantikan dari bunga tersebut tentu akan membuat kolam ikan Anda terlihat lebih cantik.

  • Selada Air

Selanjutnya ada selada air yang bisa dijadikan sebagai salah satu tanaman hias air untuk mempercantik kolam. Yang unik dari tanaman satu ini ialah akarnya yang mengapung di air. Bahkan, semua bagian dari tanaman tersebut berada di atas air.

Sangat unik bukan? Warna daunnya yang hijau segar tentu akan membuat kolam Anda terlihat lebih indah. Namun, Anda juga harus rajin melakukan perawatan agar selada air tidak menutupi semua permukaan kolam dan membuat kolam minim cahaya matahari.

  • Teratai

Teratai merupakan tanaman yang sangat identik dengan agama Budha. Tanaman tersebut bahkan sangat populer. Tidak sedikit orang yang memilih bunga teratai untuk menghias kolam ikan.

Bunga teratai berwarna merah muda dan ada juga yang berwarna putih. Daunnya yang lebar dan mengapung di atas air membuatnya terlihat sangat unik. Selain lotus, tentu teratai juga menjadi salah satu pilihan bagi Anda yang ingin membuat tampilan kolam terlihat lebih cantik.

Baca Juga Manfaat Daun Kemangi

Itu dia berbagai macam tanaman hias yang bisa Anda pilih untuk mempercantik pekarangan rumah atau bahkan ruangan Anda. Anda bisa memilih tanaman kaktus yang mudah dalam perawatannya dan tidak membutuhkan banyak air atau Anda juga bisa memilih tanaman gantung yang menghemat tempat.

Bagi Anda yang memiliki kolam ikan di pekarangan, jangan lupa untuk menghiasnya dengan tanaman hias air yang menawan. Agar pekarangan rumah Anda terlihat lebih cantik, tentu Anda harus bisa merawat berbagai macam tanaman tersebut dengan baik dan benar.

Jadi, tidak hanya asal membelinya saja lalu menanam tanaman tersebut di halaman rumah. Dengan tetap melakukan perawatan yang tepat, maka tanaman hias juga akan tetap indah untuk dipandang.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.