Tips Memasak Ikan Goreng dan Bumbu Ikan Goreng yang Harus Disiapkan Untuk Hasil Maksimal

Bumbu Ikan Goreng – Ikan goreng menjadi salah satu makanan yang sangat enak dan banyak digemari oleh banyak orang. Ya, makanan yang satu ini juga menjadi salah satu menu rumahan yang biasa dimasak oleh ibu di rumah.

Untuk membuat ikan goreng yang enak, maka Anda membutuhkan bumbu ikan goreng yang pas. Sebab, rasa dari suatu masakan sangat ditentukan oleh bumbunya. Ketika Anda menggunakan bumbu yang tepat, maka ikan goreng akan semakin enak.

Lain halnya jika Anda menggunakan bumbu yang salah, maka hal tersebut juga akan mempengaruhi cita rasa dari ikan tersebut. Selain dari rasanya yang dihasilkan oleh bumbu, kelezatan ikan goreng juga dipengaruhi oleh tingkat kekrispian dari ikan goreng tersebut.

Selain itu, ada satu keuntungan ketika anda menggoreng ikan krispi dimana Anda tidak perlu khawatir saat memakan bagian durinya. Sebab, ikan yang durinya kecil biasanya bisa dimakan dan tidak perlu dipisahkan lagi.

Tips Membuat Ikan Goreng Krispi

ikan goreng krispi
Ikan goreng krispi (dream.co.id)

Nah, untuk menghasilkan ikan goreng yang enak dan krispi, ada nih beberapa tips yang harus Anda tahu, salah satunya dari bumbu ikan gorengnya. Mau tahu bagaimana tips membuat ikan goreng yang enak dan krispi? Yuk langsung saja simak ulasan selengkapnya di bawah ini :

Pastikan Benar Dalam Memilih Ikan

benar dalam memilih ikan
Benar dalam memilih ikan

Jika Anda menginginkan ikan goreng dengan tekstur yang benar-benar garing, maka di sini Anda harus memilih ikan yang benar. Seperti apa ikan yang benar itu? Ikan yang benar atau yang baik adalah ikan yang dalam keadaan masih segar.

Sebab, ikan yang sudah tidak segar atau kurang segar akan jauh lebih mudah hancur dan dagingnya mudah untuk terurai ketika digoreng. Tidak hanya ikan yang segar saja, namun Anda juga harus memperhatikan bentuk ikan.

Pilihlah ikan yang memiliki bentuk yang pipih sehingga tingkat krispinya lebih tinggi. beberapa jenis ikan yang bisa Anda pilih adalah ikan kakap, ikan nila, ikan mas, dan juga ikan bawal hitam. Jenis ikan ini lebih mudah digoreng karena dagingnya tidak terlalu tebal seperti ikan tongkol.

Rendamlah Ikan dengan Bumbu Ikan Goreng yang Pas

merendam ikan dengan bumbu yang pas
Merendam ikan dengan bumbu yang pas

Selain dengan memilih ikan yang segar, dalam proses pengolahan ikan Anda harus memasaknya dengan menggunakan bumbu ikan goreng yang tepat. Karena ikan ini akan digoreng, maka prosesnya bukan direbus melainkan direndam saja.

READ  Resep Nasi Goreng yang Bisa Anda Coba Dirumah

Tujuan dari melakukan perendaman ikan pada bumbu adalah agar bumbu ikan ini meresap sampai ke bagian daging ikan. Namun, tidak hanya itu saja, ternyata tujuan dari merendam kan pada bumbu yang bisa mengurangi kandungan air yang ada di dalam tubuh ikan lho.

Hal inilah mengapa saat Anda melakukan marinasi pada ikan, maka bumbu ikan goreng ini akan menjadi lebih encer. Pada saat seperti ini, maka matinya ikan akan lebih cepat kering saat digoreng.

Nah, untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal dan rasa ikan yang enak, maka Anda bisa merendam ikan dalam waktu yang cukup lama. Jika perlu, Anda bisa memasukkan ikan ke dalam kulkas selama beberapa jam.

Meniriskan Bumbu Ikan

meniriskan bumbu ikan
Meniriskan bumbu ikan

Ketika Anda Menggoreng ikan, pastikan Anda sudah meniriskan ikan dari bumbunya terlebih dahulu sebelum digoreng. Jangan langsung goreng ikan yang baru diambil dari kulkas, namun diamkan ikan terlebih dahulu hingga suhunya benar-benar stabil

Melakukan penirisan bumbu juga akan mempengaruhi tekstur ikan. Mengapa? Ikan yang terlalu banyak bumbu cenderung lebih susah kering dibandingkan dengan ikan yang banyak bumbu.

Nah, jika di sini Anda Takut rasa ikan hambar, maka Anda tidak perlu khawatir. Sebab bumbu ikan goreng ini sudah meresap hingga ke bagian dalam karena proses perendaman yang dilakukan lama. Dengan begitu, ikan siap untuk digoreng hingga kering.

Gunakan Minyak yang Banyak untuk Menggoreng Ikan

menggunakan minyak yang banyak
Menggunakan minyak yang banyak

Dalam memasak ikan goreng dengan tekstur yang krispi dan ras ayang enak, maka di sini Anda harus menggorengnya dengan menggunakan minyak yang banyak. Selain menggunakan minyak yang banyak, Anda juga harus menggunakan minyak yang benar-benar panas.

Di sini Anda bisa menggunakan teknik menggoreng ikan dengan menggunakan teknik deep-frying, atau menggoreng suatu makanan hingga makanan tersebut terendam sepenuhnya pada minyak goreng yang panas.

Jika minyak sudah dalam keadaan yang benar-benar panas, maka di sini Anda bisa langsung memasukkan ikan ke dalam minyak. Pastikan Anda menggorengnya hingga benar-benar matang dan teksturnya benar-benar krispi.

Selain itu, dalam menggoreng ikan, Anda juga harus menggunakan wajan yang besar. dengan menggunakan wajan yang besar, maka seluruh bagian ikan bisa terendam seluruhnya. Selain itu, Anda juga bisa menggoreng ikan dalam jumlah yang banyak sekaligus.

Jangan Menggoreng Ikan Dalam Jumlah yang Terlalu Banyak

menggoreng dalam jumlah sedikit
Menggoreng dalam jumlah sedikit

Ini adalah poin yang paling penting ketika Anda ingin membuat ikan goreng. Pastikan pada saat anda menggoreng tidak menggoreng ikan dalam jumlah yang banyak sekaligus. Hal ini berlaku meskipun minyak yang Anda gunakan itu banyak.

Jadi, di sini Anda menggoreng ikan dalam jumlah yang sedikit seperti maksimal tiga dan minimal satu saja. saat Anda Menggoreng ikan dalam jumlah yang banyak sekaligus maka ikan tidak cepat kering. Tidak hanya itu saja, namun kemungkinan ikan akan hancur juga lebih tinggi.

READ  7 Resep Seblak yang Lezat beserta Bahan dan Cara Membuatnya

Tidak hanya itu saja, saat ikan digoreng dalam jumlah yang banyak, maka tingkat kematangan dari ikan juga tidak akan merata. Alhasil, ikan hanya akan garing di beberapa bagian saja.

Jangan Lupa Meniriskan Minyak

meniriskan minyak
Meniriskan minyak

Jika ikan sudah selesai digoreng dan sudah benar-benar mayang, pastikan Anda segera angkat dan menisikannya. Saat meniriskan ikan, pastikan bahwa minyak yang ada pada daging ikan sudah benar-benar turun sebelum ikan disajikan.

Dengan begitu, ikan goreng ini tidak akan mengandung banyak minyak dan basah. Alhasil tingkat kekrispian dari ikan akan semakin tinggi dan rasa ikan juga akan semakin enak.

Nah, untuk membantu meniriskan minyak lebih cepat, di sini Anda bisa menggunakan bantuan tisu. Mengapa menggunakan tisu? Karena pisau memiliki kekuatan untuk menyerap minyak yang tinggi. sehingga nantinya ia akan lebih mudah membantu proses penyerapan minyak.

Bumbu Ikan Goreng

bumbu ikan goreng
Bumbu ikan goreng

Setelah Anda mengetahui tips menggoreng ikan yang enak, kini Anda juga perlu tahu bagaimana membuat bumbu ikan goreng yang enak agar cita rasa ikan tersebut juga semakin enak. Dalam membuat ikan goreng, ada beberapa bumbu yang bisa Anda gunakan.

Nah, bumbu-bumbu ini juga mudah untuk ditemukan di rumah dan menjadi bumbu yang biasa digunakan untuk memasak. Selain itu, untuk membuat bumbu ikan goreng juga sangat mudah dan tidak membutuhkan waktu yang lama.

Mau tahu apa saja bumbu yang dibutuhkan untuk membuat bumbu ini? dari pada anda penasaran, yuk langsung saja simak penjelasan selengkapnya di bawah ini :

Jeruk Nipis

jeruk nipis
Jeruk nipis

Jeruk nipis menjadi salah satu bahan bumbu ikan goreng yang digunakan untuk menghilangkan bau amis pada ikan dan dipercaya dapat membantu mengimbangi kadar kolesterol di dalam tubuh. Jeruk nipis biasanya digunakan untuk marinasi dalam proses pembuatan bumbu ikan.

Garam

garam
Garam

Garam menjadi bumbu yang salah satu bumbu yang sangat penting. Garam memiliki rasa yang asin dan secara otomatis akan memberikan rasa asin pada daging ikan. Sehingga membuat rasanya tidak hambar. Fungsi lain dari garam antara lain adalah untuk mengawetkan makanan jika makanan tersebut khususnya ikan yang sudah dibersihkan ingin ditaruh di dalam lemari es terlebih dahulu.

Merica Bubuk

merica
merica bubuk

Merica bubuk digunakan untuk memberikan aroma sekaligus rasa agar pedas pada ikan. Ini menjadi salah satu jenis rempah-rempah yang sangat membantu cita rasa ikan.

Bawang Merah

bawang merah
Bawang merah

Dalam proses pembuatan bumbu ikan juga menggunakan bumbu bawang merah. Seperti yang Anda ketahui bahwa bawang merah menjadi bumbu wajib dalam setiap masakan.

Nah, ketika Anda ingin membuat bumbu ikan goreng, pastikan bahwa jumlah bawang merah harus lebih banyak dibandingkan dengan bawang putih. Dengan bawang merah ini akan menciptakan aroma dan rasa ikan yang lebih enak.

Bawang Putih

bawang putih
Bawang putih

Memasak tanpa ada bawang putih rasanya kurang lengkap. Bawang putih menjadi bumbu yang wajib ada ketika Anda memasak apapun termasuk ikan goreng. Di sini bawang putih yang Anda gunakan jangan terlalu banyak karena akan membuat rasa bumbu terlalu strong dan hasilnya ikan goreng yang dimasak tidak begitu enak.

READ  5 Variasi Resep Ayam Kecap Sederhana Dengan Rasa Juara

Kunyit

kunyit
Kunyit (cairofood.id)

Dalam membuat ikan goreng, Anda juga memerlukan bumbu kunyit di dalam membuat bumbu. Adanya bumbu kunyit ini digunakan untuk memberikan aroma sekaligus warna pada ikan. Sehingga pada saat digoreng ikan tidak akan terlihat pucat.

Ketumbar

biji ketumbar
Biji ketumbar (republika.co.id)

Ketumbar adalah salah satu rempah-rempah yang berbentuk butiran kecil berwarna cokelat. Tumbar ini ketika dijadikan bumbu ia akan mengeluarkan aroma yang khas yang membuat ikan goreng semakin harum dan enak.

Dalam proses pembuatan bumbu, gunakan ketumbar yang disangrai. Mengapa? Sebab jenis ketumbar yang satu ini memiliki aroma yang strong sehingga membuat cita rasa ikan semakin sempurna.

Jahe

jahe
Jahe

Agar rasnaya semakin mantap, di sini Anda juga bisa menambahkan jahe pada saat membuat bumbu ikan goreng. Memberikan jahe akan membuat rasakan semakin enak. Di sini Anda bisa menggunakan jahe bakar atau jahe biasa. Aroma yang ditawarkan oleh jahe membuat bumbu ikan semakin sempurna.

Jahe juga dapat menurunkan kadar kolesterol yang baik untuk kesehatan. Selain itu sifat jahe ini sendiri memiliki rasa yang sedikit panas dan manis sehingga cocok sebagai pelengkap bumbu dalam setiap masakan yang sering kita jumpai.

Baca Juga : 5 Ide Menu Makan Siang Enak dan Praktis yang Bisa Anda Buat sendiri

Cara Membuat Bumbu Ikan Goreng

membuat bumbu ikan
Membuat bumbu ikan

Setelah mengetahui bumbu apa saja yang digunakan untuk membuat ikan goreng. Tentunya Anda juga harus tahu bagaimana cara membuat bumbu ini. untuk Anda yang penasaran bagaimana caranya, yuk langsung saja simak selengkapnya di sini :

  • Pastikan semua bumbu di atas dalam keadaan yang bersih.
  • Siapkan cobek untuk menghaluskan bumbu.
  • Masukkan semua bumbu ke dalam cobek, kemudian haluskan hingga benar-benar teksturnya halus.
  • Jika sudah, siapkan wadah untuk marinasi ikan.
  • Masukkan bumbu yang sudah dihaluskan tadi ke dalam wadah.
  • Beri air jeruk nipis
  • Setelah itu masukkan ikan dan lumuri ikan dengan menggunakan bumbu hingga seluruh bagian tubuhnya terkena bumbu. Setelah itu, diamkan ikan selama beberapa jam di dalam kulkas jika ingin bumbu ikan goreng meresap dengan sempurna.
  • Setelah ikan selesai di mariansi, silahkan Anda bisa menggoreng ikan hingga benar-benar kering. jangan lupa, pastikan Anda menyicipinya agar jumlah garam yang diperlukan untuk memarinasi bisa pas dan sesuai dengan selera.

Bagaimana? Apakah kini Anda tertarik untuk membuat ikan goreng yang enak di rumah? dengan menggunakan bumbu ikan goreng di atas, Anda bisa membuat ikan goreng yang enak dan krispi seperti yang biasa Anda beli di luar.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.