Cara Menanam Anggrek: Jenis-Jenis, Gambar dan Penjelasannya

Cara menanam anggrek – Indonesia merupakan negeri yang sangat kaya, bukan hanya kaya akan tambang emas, pulau dan rempah saja. Negeri ini juga memiliki beragam flora yang sangat indah dan menarik. Ya, salah satunya adalah tanaman anggrek.

Warnanya yang indah dengan bentuk yang unik mampu membuat banyak orang menyukainya. Selain memiliki bentuk dan warna yang menarik, cara menanam anggrek juga sangat mudah lho. Jadi, Anda bisa menanamnya di mana saja dan kapan saja.

Dengan menanam tanaman hias yang satu ini, rumah Anda akan terasa lebih hidup. Bukan hanya itu saja, ternyata tanaman hias yang satu ini bisa digunakan sebagai media bisnis. Ya, hal ini sangat mungkin dilakukan karena tanaman ini memiliki harga yang cukup mahal.

Jadi, Anda bisa membudidayakannya untuk dijual belikan di pasaran. Sangat menguntungkan bukan, menanam tanaman yang satu ini? Nah, bagi Anda yang belum memiliki pekerjaan dan bingung akan memulai bisnis apa,
cobalah untuk merintis bisnis tanaman anggrek.

Dengan berbisnis seperti ini pasti akan banyak keuntungan yang didapat. Jika tingkat penjualan terus menarik, usaha Anda bisa menjadi lebih maju dan bisa merekrut karyawan. Bukan hanya sekedar hobi saja namun hobi yang dijadikan sebagai bisnis seperti ini juga bisa membantu mengurangi tingkat pengangguran di Indonesia.

Nah, untuk Anda yang penasaran dengan tanaman hias yang satu ini, yuk simak penjelasan selengkapnya di bawah ini.

Jenis-Jenis Tanaman Anggrek

jenis jenis tanaman anggrek
www.tokopedia.com

Sebelum masuk ke tahap cara menanam anggrek yang baik dan benar pertama-tama Anda harus mengetahui tentang jenis anggrek. Terdapat 26 ribu jenis anggrek di dunia dan 5000 diantaranya bisa tumbuh dengan baik di Indonesia. Nah, berikut beberapa jenis anggrek yang bisa Anda tanam di rumah.

  • Anggrek Vanda

anggrek vanda
www.tokopedia.com

Nah, salah satu jenis anggrek yang bisa tumbuh subur di Indonesia adalah anggrek Vanda. Oleh karena bentuknya yang cantik dan warnanya yang menarik, banyak sekali orang yang menyukainya. Tanaman jenis ini bagus untuk di budidayakan. Namun tidak semua anggrek vanda bisa tumbuh dengan baik.

Terdapat beberapa tanaman ini yang penyakitan dan kemudian mati. Bagi Anda yang memiliki anggrek jenis ini, pastikan bahwa tanaman tersebut selalu sehat. Banyak faktor yang mempengaruhi tumbuh kembangnya. Mulai dari cara perawatannya, memilih jenis bibit pada awal pembelian dan lain-lain.

Nah, ciri-ciri anggrek vanda yang sehat adalah memiliki ujung batang yang menjulang ke atas. Kemudian mempunyai daun berwarna hijau muda atau hijau tua yang mengkilap. Selain itu, ciri-ciri yang jelas terlihat adalah tidak terserang hama atau penyakit di sekitar tanaman.

  • Anggrek Cattleya

anggrek cattleya
www.youtube.com

Jenis anggrek yang satu ini sangat pantas dijuluki sebagai ratu bunga. Hal ini disebabkan tanaman ini memiliki bentuk serta warna yang lebih cantik daripada jenis anggrek yang lain.

Selain itu, jenis anggrek ini juga mempunyai masa berbunga yang jauh lebih banyak. Tak heran jika banyak sekali petani tanaman bunga yang suka membudidayakan tanaman jenis ini. Bukan hanya memiliki bentuk yang indah saja, ternyata jenis tanaman yang satu ini juga memiliki keunikan tersendiri lho.

Tanaman ini sangat mudah di budidayakan, bagi Anda yang ingin menanamnya, perhatikan beberapa ciri anggrek cattleya yang sering berbunga dan juga tidak. Nah, untuk tanaman yang sering berbunga pasti memiliki daun yang relatif pendek dan lebar.

READ  Cara Menanam Anggur yang Baik dan benar beserta Manfaatnya

Sebaliknya, tanaman yang memiliki daun yang panjang dan kecil maka, tanaman anggrek ini jarang berbunga. Jadi, pilihlah anggrek dengan ciri-ciri yang mudah berbunga, agar Anda bisa lebih mudah dalam membudidayakannya.

  • Anggrek Tebu

anggrek tebu
www.bukalapak.com

Bagi Anda para pecinta bunga dan ingin menanam bunga yang sangat besar maka anggrek tebu ini sangat direkomendasikan. Hal ini disebabkan anggrek jenis ini bisa tumbuh dan beratnya bisa mencapai 1 ton. Selain itu, panjangnya bisa mencapai 3 meter lho. Sangat menakjubkan bukan tanaman yang satu ini?

Tak heran jika tanaman yang satu ini kerap dijuluki sebagai bunga anggrek raksasa atau bunga anggrek terbesar. Cara menanam anggrek yang satu ini memang butuh kesabaran yang ekstra. Sebab, Anda harus merawatnya dengan cara yang benar.

Jika terdapat suatu kesalahan yang membuat anggrek penyakitan, maka tanaman tersebut akan mudah layu dan mati. Untuk merawatnya tentu saja harus dengan menggunakan cara yang benar sesuai dengan anjuran dari petani tanaman.

  • Anggrek Bulan

anggrek bulan
www.floradanfauna.com

Jenis anggrek yang satu ini merupakan salah satu jenis anggrek yang bisa tumbuh subur di Indonesia. Bahkan tanaman jenis ini telah menjadi salah satu bunga nasional di Indonesia. Hal ini disebabkan oleh bentuk dan warnanya yang khas.

Ciri khas dari tanaman bunga yang satu ini adalah mempunyai bentuk daun yang panjang berwarna hijau. Sedangkan akarnya berwarna putih dengan bentuk bulat panjang. Selain itu, akar yang dimiliki anggrek yang satu ini memiliki daging dengan bunga yang bisa tumbuh dan diameternya bisa mencapai 10 meter.

Bukan hanya itu saja, jenis bunga yang satu ini juga memiliki aroma yang khas. Tak heran jika bunga yang satu ini menjadi bunga nasional Indonesia. Namun demikian, anggrek jenis ini sangat mudah di budidayakan dan mudah dirawat. Jadi, Anda bisa menanamnya dimana saja dan kapan saja.

  • Anggrek Dendrobium

anggrek dendrobium
majulah-desaku.blogspot.com

Untuk jenis anggrek selanjutnya yang bisa tumbuh subur di Indonesia adalah anggrek dendrobium. Ya, jenis anggrek yang satu ini memiliki bentuk bunga yang unik dan juga memiliki warna yang menarik. Tak heran jika banyak sekali orang yang menanamnya di area rumah atau taman.

Tanaman yang satu ini sangat mudah dipelihara dan juga bunganya mudah tumbuh. Siklus kehidupan tanaman jenis ini yaitu menempel dengan tanaman lain. Meski demikian, bunga anggrek ini bukan hama atau benalu. Tanaman yang ditumpanginya tidak akan mati atau terserang penyakit.

Jadi, Anda tidak perlu khawatir saat menanam anggrek ini di dekat tanaman yang lain. Anggrek ini bisa tumbuh dengan baik dan membuat tanaman yang ditumpanginya menjadi lebih mudah. Bagi Anda yang belum memiliki koleksi bunga yang satu ini, buruan tanam sekarang juga.

  • Anggrek Oncidium

anggrek oncidium
www.tokopedia.com

Nah, tanaman yang satu ini memiliki keunikan sendiri lho. Ya, keunikan tersebut berupa alat penyimpan air yang terdapat di batangnya yang lunak. Kemampuan seperti kaktus yang bisa menyimpan cadangan air ini sangat bermanfaat bagi anggrek oncidium.

Nah, pada saat cuaca sedang gersang atau musim kemarau anggrek jenis ini akan mampu bertahan hidup. Selain itu, anggrek ini juga bisa beranak dengan mudah dan juga bisa berkembang biak dengan sangat cepat dibanding anggrek jenis lain.

Metode penanaman untuk tanaman yang satu ini bisa dilakukan dengan cara hibrida, sehingga tanaman ini bisa tumbuh dengan baik. Tanaman ini juga sangat cocok diletakkan di sekitar rumah.

  • Anggrek Tanah

anggrek tanah
botaniku.com

Bagi Anda yang sedang mencari tanaman herbal dengan bentuk dan warna yang menarik maka jawabannya adalah anggrek tanah. Selain memiliki bentuk yang indah, tanaman yang satu ini juga ternyata mempunyai banyak khasiat bagi tubuh.

READ  Cara Membuat Tanaman Hidroponik Dengan Mudah

Sebagian besar orang cina sangat percaya bahwa tanaman yang satu ini bisa menyembuhkan berbagai macam penyakit. Seperti batuk, penyakit kulit, melancarkan peredaran darah dan lain-lain. Bukan hanya itu saja, tanaman jenis ini juga mempunyai kemampuan berkembang biak dengan baik lho.

Jadi, tanaman ini juga bisa ditanam dimana saja termasuk di halaman rumah. Memang anggrek jenis ini sangat menarik dan juga berkhasiat. Tak heran jika tanaman ini banyak diburu dan di budidayakan. Anggrek yang satu ini termasuk ke dalam anggrek jenis terestris yaitu tanaman yang hidupnya diatas tanah.

Cara Menanam Anggrek

cara menanam anggrek
gdmorganic.com

Setelah mengetahui berbagai jenis tanaman anggrek, kini saatnya Anda mempelajari tentang cara menanam anggrek yang baik dan benar. Dengan mengikuti panduan di bawah ini, anggrek yang Anda tanam pasti bisa tumbuh dengan baik. Nah, berikut beberapa langkah yang harus Anda lakukan saat akan menanamnya.

  • Menyiapkan Bibit

Hal pertama yang harus dilakukan sebelum menanam tanaman adalah menyiapkan bibit. Anda bisa memilih jenis bibit anggrek yang sesuai dengan selera. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, terdapat banyak sekali jenis anggrek yang bisa tumbuh dengan baik di Indonesia.

Namun, dari sekian banyak jenis anggrek yang ada, terdapat beberapa rekomendasi anggrek yang bagus untuk ditanam. Ya, jenis anggrek dendromium atau anggrek bulan. Selain mudah di budidayakan, ke dua jenis tanaman tersebut juga memiliki nilai jual yang tinggi.

Bentuknya juga sangat menarik dan banyak yang menyukainya. Tak heran jika banyak orang yang rela membeli bunga ini dengan harga tinggi, karena bentuk dan warnanya yang sangat indah. Nah, agar tanaman ini bisa tumbuh subur di pekarangan, sebelum menanamnya Anda harus menyiapkan bibit kompot.

Terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan saat sedang memilih bibit kompot. Salah satunya adalah mengetahui dengan jelas asal usul bibit tersebut. Dengan mengetahui hal tersebut, maka para pecinta tumbuhan bisa mengetahui kualitas dari bibit yang akan digunakan.

Pastikan bahwa bibit yang Anda pilih memiliki kualitas yang baik dan tidak cacat. Bibit tersebut bisa Anda dapatkan di beberapa tempat terpercaya. Seperti toko bunga langganan atau semacamnya. Hal ini ditujukan agar saat menanam tumbuhan tersebut, Anda tidak merasa gagal.

Saat memilih bit Anda harus melihat daun dengan sangat teliti. Pilihlah bibit yang memiliki daun lebar dan panjang. Selain itu, Anda juga harus memperhatikan akar dari bibit tersebut. Pilihlah akar yang tidak keluar dari pot. Hal ini ditujukan untuk menghindari kebusukan tanaman saat ditanam.

  • Menyiapkan Bahan

Apabila bibit kompot sudah siap, langkah selanjutnya dari cara menanam anggrek yang benar adalah menyiapkan alat dan bahan untuk menanamnya. Selain itu, Anda juga harus memilih tempat yang cocok untuk menanam anggrek. Seperti misalnya di taman belakang rumah atau area pekarangan rumah.

Untuk beberapa alat dan bahan yang harus dipersiapkan diantaranya yaitu rumah jaring, pecahan batu bata, pot genting dan handsprayer. Bukan hanya itu saja, Anda juga harus menyediakan growmore yang memiliki kandungan nitrogen tinggi. Hal tersebut bisa memacu tumbuh kembangnya tanaman ini.

Selain itu, Anda juga bisa menyiapkan fungisida dan insektisida untuk bibit yang sudah disiapkan. Hal ini bertujuan agar bibit tersebut tidak rentan terkena penyakit dan bisa tumbuh dengan baik.

  • Menanam Anggrek

Langkah pertama yang bisa dilakukan saat akan menanam anggrek adalah menyiapkan pecahan batu bata sebagai media tanam. Tentu saja tidak langsung dibuat sebagai media tanam. Anda harus merebusnya terlebih dahulu atau
membersihkannya.

READ  Cara Menanam Anggur yang Baik dan benar beserta Manfaatnya

Kemudian masukan media tanam tersebut ke dalam pot dengan ukuran sepertiga dari bagian pot. Agar lebih steril lagi masukan arang kayu yang sudah direbus ke dalam pot yang berisi media tanam. Ukuran dari arang yang dimasukkan ke dalam pot adalah dua pertiga dari ukuran genteng yang sudah masuk.

Langkah selanjutnya yaitu keluarkan bibit anggrek secara perlahan dari kompot agar akarnya tidak rusak. Rendam bibit ke dalam fungisida selama 20 menit. Setelah itu, keringkan bibit tersebut dan masukkan ke dalam pot. Sebaiknya, tanamlah bibit ini pada sore hari agar fase hidup tanaman ini menjadi lebih besar.

Saat proses memasukkan bibit usahakan bibit dimasukkan dalam posisi tegak lurus dan pastikan akarnya benar-benar masuk ke media tanam. Langkah terakhir menanam tanaman ini yaitu masukkan ke rumah jaring dan jangan disiram hingga jangka waktu 3-5 hari. Setelah masuk hari ke 6, tanaman ini boleh disiram secara rutin.

Trik dan Tips Agar Anggrek Cepat Tumbuh

trik dan tips agar anggrek cepat tumbuh
www.kepogaul.com

Nah, agar anggrek bisa cepat tumbuh lakukan perawatan dengan benar. Siramlah tanaman yang satu ini secara rutin. Selain itu, Anda juga bisa melakukan beberapa tips agar anggrek bisa cepat tumbuh besar seperti di bawah ini.

  • Media Tanam yang Cocok Untuk Anggrek

Pada hakikatnya, tanaman yang satu ini akan mudah sekali tumbuh. Hal ini disebabkan tanaman ini bisa hidup dengan cara menumpang di tumbuhan yang lain. Namun, anggrek bisa tumbuh lebih baik jika ditempatkan di media tanam tersendiri seperti pot. Hasilnya pun bisa lebih memuaskan.

Bagi Anda yang masih awam dan baru pertama kali menanam tanaman ini, tips yang satu ini perlu dilakukan. Hal ini bertujuan agar tumbuh kembang anggrek bisa maksimal dan bisa menghasilkan bunga yang banyak.

  • Tempat yang Bagus untuk Anggrek

Selain memperhatikan media tanam yang baik, Anda juga harus menempatkan tanaman ini di tempat yang bisa terkena sinar matahari langsung. Hal ini sangat berpengaruh terhadap tumbuh kembang tanaman yang satu ini.

Saat meletakkannya di area yang memiliki intensitas cahaya yang tinggi maka pertumbuhannya pun bisa lebih maksimal. Nah, berdasarkan tingkat kebutuhannya tanaman ini dibagi menjadi tiga jenis. Jenis pertama adalah tanaman yang harus terpapar sinar matahari langsung.

Jenis yang kedua adalah tanaman tidak boleh terkena sinar matahari. Jenis tanaman seperti ini harus dibuatkan tempat khusus agar tidak terkena sinar matahari. Sedangkan jenis yang ketiga adalah tanaman yang tidak boleh terkena sinar matahari langsung. Untuk jenis yang ketiga ini, Anda harus menempatkan tanaman tersebut di tempat yang teduh.

Anggrek merupakan salah satu flora yang bisa tumbuh baik di negara Indonesia. Memiliki berbagai warna dengan bentuk yang unik membuat banyak orang menyukainya. Tak heran jika tanaman ini banyak ditemukan di depan halaman rumah atau taman.

Selain memiliki warna yang beragam, bunga ini juga sangat mudah di kembang biak kan. Nah, dengan melakukan prosedur cara menanam anggrek yang tepat seperti di atas maka, anggrek pun bisa tumbuh dengan baik. Bahkan, Anda bisa menanam beragam jenis bunga ini di halaman rumah agar suasana rumah menjadi lebih hidup.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.