Cara Membuat Oralit Beserta Tips Jika Terkena Penyakit Diare

Cara Membuat Oralit – Diare merupakan salah satu penyakit yang hampir semua orang pernah merasakannya. Bahkan, mungkin diantara kita ada yang sering mengalami gejala diare. Gejala diare ini ditandai dengan encer nya tinja yang kita keluarkan ketika Buang air besar dan frekuensinya lebih sering jika dibandingkan dengan lainnya.

Biasanya penyakit diare ini terjadi karena beberapa hal. Mulai dari mengkonsumsi makanan atau minuman yang terkontaminasi dengan virus, bakteri dan juga parasit. Selain itu, penyakit diare ini juga bisa disebabkan karena terlalu banyak makan-makanan yang mengandung pedas, karena kebanyakan orang memang menyukai makanan-makanan yang pedas.

Namun, pada umumnya diare ini hanya terjadi sekitar beberapa hari saja. Dengan catatan, bisa mengatasinya dengan cara yang benar.Nah, salah satu cara untuk mengatasi diare yaitu dengan mengkonsumsi oralit. Oralit? Apa itu yang oralit? Nah, untuk penjelasan lengkapnya, mari simak penjelasan tentang oralit yang sebagai obat untuk penyakit diare pada ulasan di bawah ini.

Penyebab Diare

penyebab diare

Sesuatu tidak akan datang, jika tidak ada penyebabnya. Ya, seperti halnya penyakit diare. Diare mempunyai penyebab, diantaranya sebagai berikut:

  • Diare Osmotik

Diare osmotik merupakan sebuah diare yang disebabkan karena pada usus terlalu banyak mengandung air. Munculnya Diare ini, ditandai dengan lebih sering membuang air besar namun hanya berisi air. Ketika mengalami diare, penderita akan merasa tidak nyaman pada bagian perut. Bisa dibilang akan merasa kembung dan penuh.

  • Diare Sekretorik

Diare sekretorik merupakan diare yang disebabkan karena terdapat banyak air di dalam tubuh yang disalurkan ke dalam usus. Biasanya, diare ini disebabkan karena penggunaan perawatan dengan obat-obatan khusus dan infeksi pada tubuh.

  • Diare Eksudatif

Diare eksudatif merupakan diare yang pada biasanya ditandai dengan pendarahan pada tinja. Dalam kasus yang lebih parah lagi, biasanya diare ini disertai dengan nanah. Diare Eksudatif ini disebabkan karena adanya infeksi dalam organ pencernaan.

Apa Itu Oralit? Berikut Ulasannya!

apa itu oralit, berikut ulasannya
fahrenheit.co.id

Nah, untuk melanjutkan pertanyaan dari ulasan sebelumnya, apa itu oralit? oralit adalah sebuah larutan yang sangat dibutuhkan oleh penderita diare. Pada larutan oralit ini, terdapat berbagai zat yang sangat bermanfaat untuk penyembuhan penyakit diare. Seperti zat Natrium Klorida, Kalium Klorida, Glukosa Anhidrat dan Natrium Bikarbonat.

Biasanya, orang yang sudah lama menderita penyakit diare juga akan mengalami yang namanya dehidrasi. Dehidrasi pada penderita diare ini sangatlah berbahaya jika tidak segera diatasi. Bahkan, bisa memperparah kondisi tubuh dan bisa menyebabkan kematian.

Nah, untuk mencegah terjadinya hal tersebut, Anda bisa gunakan larutan oralit untuk mengatasinya lebih cepat. Lalu, muncul pertanyaan “Dimana Oralit ini bisa didapatkan?” Untuk mendapatkan larutan yang satu ini, Anda bisa mendapatkannya di puskesmas atau apotek terdekat yang sudah dalam bentuk kemasan.

Namun, jika Anda tidak ingin mengeluarkan terlalu banyak uang. Anda bisa membuat larutan oralit dengan bahan yang sederhana, bahkan dengan bahan yang sudah tersedia di rumah.

Namun, dalam pembuatan oralit sendiri ini, tidak boleh sembarangan. Nah, bagi Anda yang belum tahu bagaimana cara pembuatannya. Tenang saja, dibawah ini cara membuat oralit secara alami dengan bahan yang sederhana. Maka dari itu, simak artikel ini hingga selesai.

Cara Mendapatkan Oralit

Dewasa ini, banyak sekali kemudahan-kemudahan. Dengan kata lain, saat ini lebih banyak orang yang hidup lebih praktis. Seperti halnya ketika Anda atau keluarga yang mengalami diare dan tidak ingin repot membuat oralit sendiri. Terdapat beberapa tempat yang sudah menyediakan oralit. diantaranya seperti berikut ini:

  • Apotek
  • Posyandu.
  • Polindes
  • Puskesmas.
  • Toko obat
  • Rumah sakit
  • Tempat-tempat pelayanan kesehatan lainnya.

Cara Membuat Oralit Sendiri

cara membuat oralit sendiri
mommyasia.id

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, bahwa oralit bisa didapatkan di pelayanan-pelayanan kesehatan. Namun, yang menjadi permasalahan adalah “bagaimana jika mempunyai rumah yang jauh dengan pelayanan kesehatan?” nah, jika Anda tinggal di sebuah tempat yang jauh dari tempat pelayanan kesehatan.

Masih ada beberapa cara untuk mendapatkan obat oralit ini. Salah satu caranya yaitu dengan membuatnya sendiri. Bahan yang digunakan untuk pembuatannya juga sangat mudah untuk dicari seperti gula dan garam. Sebagaimana larutan gula dan garam ini mempunyai manfaat untuk mencegah dehidrasi pada orang yang menderita diare.

Nah, agar lebih jelas lagi mengenai cara membuat oralit dengan bahan yang sederhana dari larutan gula dan garam. Berikut cara pembuatannya:

Pertama, Anda harus mempersiapkan bahan-bahan yang dibutuhkan, seperti berikut ini:

  • Gelas
  • Air putih yang hangat dengan tujuan bisa memberikan rasa nyaman bagi penderita diare.
  • Gula pasir.
  • Garam. untuk jenis garam ini, disarankan yang bersih dan halus agar mudah larut dengan air.

Setelah semua bahan yang dibutuhkan sudah disiapkan. Berikut langkah-langkah cara pembuatan oralit dengan menggunakan gula dan garam:

  • Pertama, siapkan gelas dan tuangkan air putih secukupnya
  • Kemudian, masukan setengah sendok teh, gula dan juga garam.
  • Terakhir, aduklah secara perlahan sampai semuanya benar-benar rata atau larut dalam air tersebut.

Takaran dan Waktu Pemberian Oralit

Memberikan oralit tersebut sesuai dengan takaran dan aturan yang telah dianjurkan sangatlah dianjurkan. Dengan tujuan agar bisa mendapatkan hasil yang maksimal. Nah, untuk pemberian oralit yang pertama, dilakukan ketika diare muncul. Dengan takaran adalah sebagai berikut:

  • 300 ml dalam 1,5 gelas untuk usia yang masih dibawah 1 tahun:
  • 600 ml dalam 3 gelas untuk sia antara 1-4 tahun.
  • 1,2 liter dalam 6 gelas untuk usia diantara 5-12 tahun.
  • 2,4 liter dalam 12 gelas untuk usia diatas 12 tahun (dewasa).

Setelah pemberian cairan oralit pertama dilakukan. Untuk permberian oralit yang selanjutnya yaitu dilakukan ketika sudah selesai buang air. Dengan takarannya adalah sebagai berikut:

  • 100 ml dalam setengah gelas untuk usia dibawah 1 tahun.
  • 200 ml dalam 1 gelas untuk usia sekitar 1-4 tahun.
  • 300 ml dalam 1,5 gelas untuk usia diantara 5-12 tahun.
  • 400 ml dalam 5 gelas untuk usia diatas 12 tahun (dewasa).

Cara Pemberian Larutan Oralit

Terdapat beberapa cara yang harus diperhatikan dalam pemberian oralit. Nah, agar tidak salah memberikannya dan agar lebih jelas lagi, berikut ini cara pemberian larutan oralit pada anak-anak.

  1. Berikan larutan oralit yang sudah dibuat dengan menggunakan sendok. Selain itu, juga bisa langsung menggunakan gelas.
  2. Berikan sedikit demi sedikit cairan oralit tersebut hingga habis atau hingga anak tersebut tidak lagi merasa haus.
  3. Jika anak tersebut mengalami muntah-muntah ketika meminum oralit, segera hentikan pemberian oralit tersebut sekitar 10 menit.
  4. Meskipun diare sudah tidak terlalu dirasakan oleh anak, dianjurkan untuk terus meminum larutan oralit dengan rutin. Dengan tujuan agar cepat sembuh.
  5. Apabila larutan tersebut sudah habis, segera buat lagi seperti cara diatas hingga diare benar-benar sembuh.

Tips Jika  Terkena Penyakit Diare

Sebenarnya, larutan oralit tidak berfungsi untuk menyembuhkan diare. Namun, hanya berguna untuk mencegah terjadinya dehidrasi pada tubuh ketika menderita diare. Nah, agar bisa sembuh dari penyakit diare ini. Ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan, antara lain:

  • Minumlah air putih secara rutin

    minumlah air putih secara

Selain berguna menjaga sehat, mengkonsumsi air putih juga sangat penting untuk penderita diare. Memperbanyak minum air putih ini, dengan tujuan untuk meminimalisir terjadinya dehidrasi. Sehingga, tubuh penderita diare kita tidak akan terasa lemas dan lesu lagi.

  • Hindari minuman berakohol dan kafein.hindari minuman beralkohol dan kafein.

Bagi Anda yang menderita diare, sangat disarankan untuk tidak mengkonsumsi minuman yang mengandung kafein dan alkohol atau bahkan soda. Minuman-minuman yang mengandung kafein, alcohol dan soda ini, seperti: kopi, bir, wine dan lain sebagainya.

Mengapa minuman-minuman ini dilarang? karena jika kita mengkonsumsi minuman yang berjenis seperti ini, bisa meningkatkan pembuangan cairan dari tubuh. Sehingga bisa mengakibatkan terjadinya dehidrasi yang berlebihan.

  • Hindari makanan yang berserat tinggi

    fruits and vegetables

Di saat kita sedang mengalami diare. Kita sangat dianjurkan untuk menghindari makanan dengan serat yang tinggi. Mengapa harus demikian? Karena dengan mengkonsumsi makanan-makanan tersebut bisa memperpanjang terjadinya diare yang dialami.

Dengan demikian, bagi penderita diare sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan yang rendah akan serat dan mempunyai tekstur yang halus. Seperti halnya bubur, roti, telur, kentang, pisang atau semacamnya.

  • Istirahatlah yang cukupistirahatlah yang cukup

Ternyata, dengan beristirahat yang cukup bisa membantu kita untuk mempercepat proses penyembuhan diare pada tubuh kita. Selain itu, untuk mengurangi penyakit diare, kurangi aktivitas yang berat dan sangat melelahkan bagi tubuh Anda.

  • Hindari susu atau produk sejenisnyahindari susu atau produk sejenisnya

Ternyata yang membuat fase sulit untuk menjadi padat kembali yaitu karena mengkonsumsi susu dan produk sejenisnya. Namun, masih ada produk dari susu yang dianjurkan untuk dikonsumsi, yaitu Yoghurt.

  • Konsumsilah Yoghurtkonsumsilah yoghurt

Seperti yang telah dibahas sebelumnya, bahwa yoghurt merupakan satu-satunya produk olahan susu yang masih boleh untuk dikonsumsi oleh penderita diare. Pastinya Anda sudah tidak asing dengan yang namanya yoghurt. Yoghurt merupakan salah satu produk olahan susu yang difermentasi dan minuman ini mengandung bakteri yang baik pada tubuh kita. bakteri yang ada pada yoghurt ini, bisa membantu melawan bakteri yang menyebabkan terjadinya penyakit diare.

  • Hindari makanan yang berlemak dan pedashindari makanan yang berlemak dan pedas.

Bagi Anda yang menderita penyakit diare, sangat disarankan untuk tidak mengkonsumsi makanan pedas atau berlemak. Hal ini bertujuan agar proses penyembuhan penyakit diare lebih cepat. Karena makanan yang berlemak dan pedas menjadi salah satu penyebab terjadinya penyakit diare.

Selain itu, ketika Anda mengkonsumsi makanan yang pedas, bisa membuat fase yang dihasilkan menjadi lebih encer dan terjadilah diare yang berkepanjangan. Sedangkan, disarankan untuk menghindari makanan yang berlemak dengan bertujuan untuk mempercepat proses penyembuhan.

  • Periksa ke Dokterperiksa ke dokter

Nah, apabila Anda sudah melakukan beberapa cara diatas dengan baik. namun, penyakit diare yang Anda derita tak kunjung sembuh. Maka, segera periksakan ke dokter. Karena, dengan memeriksakan diri ke dokter, Anda akan mendapatkan resep dan obat dari dokter untuk dikonsumsi dengan aman.

Nah, itulah ulasan tentang cara membuat oralit beserta beberapa tips yang perlu dilakukan ketika mengalami diare. Semoga artikel ini bisa menambah pengetahuan kita dan tentunya bermanfaat. Selamat mencoba.

READ  15 Cara Menghilangkan Jerawat Di wajah Secara Cepat Dan Alami

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.