33 Makanan Khas Jawa Timur yang Enak, Unik dan Populer

Makanan Khas Jawa Timur – Indonesia menjadi salah satu destinasi wisata dunia yang sangat menarik. Keindahan dan keberagaman Indonesia mampu mengundang para wisatawan di seluruh dunia datang dan menikmati waktu mereka merasakan kehangatan masyarakat Indonesia.

Ada banyak hal yang menarik dari Indonesia. Memang, Indonesia terkenal karena keragaman suku dengan tradisi yang berbeda-beda pula.

Namun, di samping itu, salah satu hal lain yang menarik wisatawan dunia hadir ke Bumi Nusantara adalah makanan khas yang ada di Indonesia. Ya, Indonesia adalah negeri sejuta makanan.

Berbagai daerah di Indonesia memiliki makanan khas mereka masing-masing dan ragamnya pun sangat banyak. Adanya banyak ragam makanan ini tentu membuat ide wisata di Indonesia tidak hanya wisata sejarah dan wisata alam saja, tetapi wisata kuliner. Tidak diragukan lagi memang bahwa makanan khas Indonesia memiliki cita rasa yang sangat kaya.

Nah, salah satu daerah yang memiliki cukup banyak makanan khas adalah Jawa Timur. Provinsi yang masuk di deretan padat Pulau Jawa ini menawarkan aneka makanan khas nan unik yang tidak hanya menjadi primadona wisatawan luar negeri, namun juga dalam negeri.

Oleh karena itu, tidak ada salahnya jika Anda sedang berada di daerah Jawa Timur, Anda mencoba mencicipi makanan khas Jawa Timur yang beraneka ragam tersebut. Lantas, apa saja makanan khas dari Jawa Timur yang wajib menjadi pilihan untuk dicicipi?

Pada kesempatan ini kita akan membahas ragam makanan khas Jawa Timur yang enak dan paling populer di mana cocok untuk memanjakan para pecinta kuliner nusantara. Penasaran? Simak beberapa ulasan di bawah ini.

Ragam Makanan Khas Jawa Timur

makanan khas jawa timur

Sebagaimana disinggung di awal bahwa ada cukup banyak makanan khas Jawa Timur yang bisa menjadi pilihan untuk memanjakan lidah Anda. Adapun beberapa makanan khas yang nikmat di Jawa Timur adalah sebagai berikut:

Bakso Malang

bakso malang
tripdomestik.com

Salah satu makanan khas Jawa Timur yang sangat terkenal dan juga digemari oleh masyarakat secara luas adalah bakso Malang. Ya, ini adalah salah satu olahan bakso yang begitu menjadi legenda di kawasan Jawa Timur. Seperti namanya, bakso ini pada awalnya berasal dari daerah Malang, Jawa Timur.

Namun, dalam perkembangannya, bakso ini mulai tersebar dan tersedia di berbagai kota di Indonesia yang tentu akan memudahkan Anda untuk mendapatkan panganan ini meskipun tidak berada di Jawa Timur. Nah, apa yang menarik dari jenis bakso ini adalah campuran yang digunakan dalam menu tersebut.

Salah satu yang paling mencolok adalah kuah yang cukup bening dan berbeda dari kuah bakso pada umumnya. Selain itu, ada pangsit yang renyah di mana akan menambah cita rasa dari bakso tersebut.

Gado-Gado

gado gado
travelblog.ticktab.com

Siapa yang tidak kenal dengan makanan yang satu ini? Ya, gado-gado adalah salah satu makanan khas Jawa Timur yang cukup terkenal. Makanan ini berisi beberapa jenis sayuran, tempe, kentang, tahu dan ketupat. Setelah itu, semua bahan ditambahkan guyuran saus kacang yang sangat lezat.

Sebagaimana diketahui, saus kacang adalah salah satu saus khas Jawa Timur yang seringkali ditambahkan untuk makanan. Nah, dengan guyuran saus kacang ini, cita rasa makanan khas Jawa Timur akan sangat terasa. Bumbu yang sangat terasa membuat masyarakat umum –bahkan asing, menyukai menu tradisional saat ini.

Menu ini cenderung cukup mudah ditemukan di beberapa titik di Jawa Timur. Jika dilihat dari apa saja yang ada di dalam menu ini, gado-gado sangat cocok sebagai menu makan siang spesial Anda.

Nasi Tumpang

nasi tumpang
wisatajawatimur.net

Pernahkah Anda mendengar menu makanan yang satu ini? Nah, nasi tumpang juga masuk dalam salah satu makanan khas Jawa Timur yang sangat terkenal dan sangat lezat. Di Jawa Timur, masyarakat sangat menyukai makanan khas ini dan sering menjadi panganan dalam jamuan adat.

Asal makanan khas ini sebenarnya berasal dari Kediri namun kini sudah tersebar di daerah lain di kota-kota Jawa Timur. Anda bahkan juga mungkin menemukan menu nasi tumpang ini di luar Jawa Timur, sehingga Anda tidak perlu pergi jauh dari rumah Anda.

Apa yang menarik dari menu ini adalah sambal yang diberikan di atas nasi dengan cara ditumpang. Nah, sambal yang ditambahkan dibuat dari tempe busuk yang ditambah dengan suwir ayam dan cabai. Rasa sambal yang unik membuat masyarakat penasaran dan mencari panganan tradisional yang satu ini.

Soto Lamongan

soto lamongan
citarasaindonesia.co.id

Salah satu makanan khas Jawa Timur yang sangat terkenal selanjutnya adalah Soto Lamongan. Bagi Anda pecinta masakan soto, maka Soto Lamongan bisa menjadi salah satu menu soto yang masuk dalam favorite Anda.

Seperti namanya, makanan khas Jawa Timur berasal dari wilayah Lamongan. Hanya saja, kini soto yang satu ini sudah banyak terdapat di berbagai daerah, bahkan di luar Jawa Timur. Hanya saja, mungkin akan lebih afdal jika Anda berkunjung ke Jawa Timur untuk merasakan menu ini dari origin-nya.

Nah, apa yang menarik dari menu soto ini adalah rasanya yang khas. Soto dibuat dengan campuran koya yang dibuat dari bawang putih dan kerupuk udang. Selain itu, soto biasanya ditambahkan dengan daging sapi dan irisan telur yang membuatnya semakin lezat. Penasaran? Coba saja!

Rawon

rawon
infokuliner.com

Rawon juga masuk salah satu makanan khas Jawa Timur yang sangat populer karena kelezatannya. Bagi Anda pecinta masakan daging sapi, maka rawon merupakan menu yang sebaiknya Anda coba. Di Jawa Timur sendiri, rawon menjadi salah satu bagian adat untuk disajikan pada menu makanan acara pernikahan.

Namun secara umum, sudah cukup banyak tersedia warung-warung makanan yang menyajikan menu daging satu ini. Nah, sebagaimana dijelaskan di awal bahwa bahan utama makanan ini adalah daging. Daging sapi yang diiris kemudian ditambahkan dengan sayuran, taoge, bawang goreng dan kemudian ditambah guyuran kuah cokelat yang lezat.

Rasa kuah rawon berbeda dengan kuah gulai karena lebih hitam dengan bahan keluwek dan tidak terlalu kental. Dalam penyajiannya, rawon disajikan dengan nasi putih hangat, potongan telur ayam dan tambahan kerupuk. Salah satu makanan khas Jawa Timur ini sangat cocok untuk menu makan siang atau makan malam.

Lontong Balap

lontong balap
makanan khas jawa timur

Nama makanan khas Jawa Timur ini memang cukup unik. Ya, lontong balap adalah salah satu makanan tradisional yang sangat terkenal di Jawa Timur. Biasanya, makanan ini mudah ditemukan di alun-alun atau pusat keramaian lainnya.

Seperti namanya, bahan utama makanan khas ini adalah lontong. Nah, dalam penyajiannya, lontong dicampur dengan beberapa bahan lainnya, seperti taoge, lenthok, tahu goreng, bawang goreng dan kecap. Anda juga bisa menambah sambal untuk rasa pedas yang lebih mantap.

Salah satu hal yang perlu diingat, dulu penjual lontong sayur ini menjual dagangannya dengan cara dipikul dan dibawa keliling. Cara penjualan ini sangat tradisional dan legendaris. Meskipun kini sudah mulai jarang, namun di beberapa pelosok Jawa Timur masih ditemui penjual dengan cara tradisional ini yang membuat Anda teringat masa lalu.

Tahu Tek

tahu tek
id.tastemade.com

Makanan khas selanjutnya yang bisa ditemukan di Jawa Timur adalah tahu tek. Seperti namanya, bahan utama dalam makanan khas ini adalah tahu. Nah, uniknya tahu yang digunakan akan dimasak dengan cara digoreng setengah matang. Kemudian, tahu tersebut diiris dan dicampur bahan lain seperti mentimun, kentang goreng, lontong dan taoge.

Beberapa bahan penyusun makanan khas Jawa Timur ini kemudian ditambahkan dengan guyuran sambal petis yang kaya kecap dan juga tambahan kacang tanah yang sudah digoreng. Rasa manis bercampur pedas menjadi rasa utama yang akan didapatkan dalam menu ini.

Nah, tahu tek biasanya di jajakan di warung-warung tepi jalan dan dianggap sebagai makanan rakyat di Jawa Timur. Harga makanan khas Jawa Timur ini cukup terjangkau sehingga aman untuk kantong Anda yang mungkin sedang tipis.

Pecel

pecel
www.ngopibareng.id

Siapa yang tidak kenal dengan makanan ini? Ya, pecel adalah salah satu makanan khas Jawa Timur yang sudah menjadi legenda. Meskipun pecel sudah banyak tersebar di berbagai daerah dan bisa ditemui di luar daerah Jawa Timur, namun pecel khas Jawa Timur tetap mendapatkan tempat di hati para pecinta makanan tradisional yang pedas ini,

Di Jawa Timur sendiri, sebenarnya ada cukup banyak variasi pecel sesuai dengan daerahnya. Namun, salah satu pecel yang terkenal sebagai makanan khas Jawa Timur berasal dari Blitar, Jawa Timur. Pecel dari Blitar dibuat dengan sayuran yang cukup sederhana dan ditambahkan dengan saus kacang yang begitu kental dan pedas.

Nah, apa yang menarik dari pecel dari Blitar ini adalah tambahan rempeyek di atasnya. Tambahan ini akan membuat pecel menjadi lebih lezat untuk disantap bersama nasi putih hangat untuk pilihan menu makan siang.

Rujak Cingur

rujak cingur
makanan khas jawa timur

Rujak cingur juga masuk dalam pilihan makanan khas Jawa Timur yang tidak bisa dilewatkan. Jika Anda suka dengan menu rujak, maka menu ini harus Anda coba terutama saat berkunjung ke daerah di Jawa Timur.

Seperti namanya, bahan utama dalam menu ini adalah cingur yang merupakan bagian dari mulut sapi. Meskipun secara umum terlihat aneh dan tidak biasa, namun saat merasakannya Anda pasti akan ketagihan. Hal ini dikarenakan cingur yang awalnya cukup kenyal diolah sedemikian rupa sehingga menjadi lebih lunak.

Nah, bahan cingur tersebut ditambahkan dengan beberapa sayuran, tahu dan tempe. Setelah itu, bahan-bahan ditambahkan dengan bumbu yang dibuat dari gula merah, petis, kacang tabah dan cabai. Rasa menu makanan khas Jawa Timur ini cenderung pedas dan menyegarkan. Ditambah dengan kerupuk udang, menyantap rujak cingur tentu lebih lezat.

Pecel Lele

Pecel Lele
makanan khas jawa timur

Lamongan menjadi daerah yang sangat terkenal dengan makanan yang satu ini. Meskipun menu makanan khas Jawa Timur ini ditemukan di daerah lainnya dengan beragam inovasi yang berbeda, namun pecel lele khas Lamongan, Jawa Timur memiliki ciri khas yang membuatnya tidak tergantikan.

Pecel lele dibuat dengan bahan baku ikan lele yang sudah dibersihkan dan digoreng. Nah, uniknya pecel lele dari Lamongan ini digoreng dengan cukup kering sehingga daging lele akan lebih renyah dari sebelumnya. Selain itu, pecel lele disajikan dengan sambal matang atau pun mentah dan ditambah beberapa lalapan seperti mentimun dan kemangi.

Nah, makanan khas Jawa Timur ini biasanya lebih banyak ditemukan di malam hari sebagai salah satu menu makan malam istimewa, khas dan terjangkau. Hanya, di beberapa tempat, terutama pusat keramaian, menu ini juga cukup banyak disajikan di siang hari.

Sambal Wader

sambal wader
makanan khas jawa timur

Saat Anda berkunjung ke Jawa Timur, lebih tepatnya ke daerah Mojokerto, maka jangan lupa untuk meluangkan waktu menyantap makanan ini. Ya, sambal wader adalah salah satu makanan khas Jawa Timur yang begitu nikmat dan populer. Anda yang menyukai sajian ikan tawar dan makanan pedas tentu akan sangat menyukai makanan ini.

Nah, bahan utama dari makanan khas Jawa Timur ini adalah ikan wader. Wader merupakan ikan air tawar berukuran kecil yang sangat mudah dijumpai di sungai-sungai yang mengalir. Ikan ini memang sengaja diambil saat ukuran tubuhnya masih beberapa sentimeter saja.

Kemudian, ikan digoreng kering dan disajikan dengan sambal pedas khas Jawa Timur yang mantap. Paduan rasa gurih dan pedas lumer di lidah yang membuat Anda pasti akan ketagihan. Menu makanan khas ini sangat cocok untuk disantap saat makan siang bersama dengan keluarga Anda.

Rujak Soto

rujak soto
id.tastemade.com

Pernahkah Anda mendengar nama makanan khas yang satu ini? Nah, rujak soto adalah salah satu makanan khas Jawa Timur yang cukup populer. Beberapa awam merasa aneh dan bingung tentang makanan ini karena dua hal yang dicampur cenderung berlawanan, yakni rujak dan soto.

Namun, di kota Banyuwangi, panganan ini menjadi idola masyarakat setempat karena rasanya yang sangat nikmat. Paduan ini dibuat dengan mencampur rujak dengan soto kuning. Rasa segar dan kaya rempah akan sangat terasa saat Anda menyantap makanan ini.

Di Banyuwangi sendiri, cukup banyak warung makanan yang menjajakan makanan khas Jawa Timur. Tentu, Anda tidak perlu khawatir karena makanan khas nan lezat ini dijual dengan harga yang cukup terjangkau. Selain itu, rujak soto sangat pas untuk menu sarapan ataupun makan siang.

Bebek Sinjay

bebek sinjay
www.malang-guidance.com

Untuk Anda yang menyukai olahan bebek, salah satu makanan khas Jawa Timur ini wajib Anda coba. Bebek Sinjay adalah olahan bebek istimewa yang pasti akan membuat Anda mendapatkan kesan menyantap bebek yang berbeda dari biasanya.

Nah, asal makanan ini adalah daerah Sinjay, yang terletak di Bangkalan, Madura. Jika Anda sedang berkunjung ke daerah Bangkalan, maka mampirlah di warung yang menyediakan makanan ini. Hal ini cukup beralasan karena belum banyak daerah lain yang menyediakan menu olahan bebek istimewa ini.

Apa yang menarik dari kuliner khas Jawa Timur ini adalah paduan tepat antara daging bebek yang diolah secara khusus dan bumbu lengkap hingga empuk dengan sambal pencit yang dibuat dengan bahan mangga muda. Tidak ada bau amis yang tercium dari bebek dan tekstur daging sudah sangat lembut.

Disajikan dengan nasi hangat, ada kelezatan hakiki yang akan Anda rasakan dalam setiap kunyah makanan khas Jawa Timur ini. Menu bebek Sinjay sangat cocok untuk makan siang atau malam bersama keluarga.

Sate Madura

sate madura

Siapa yang tidak kenal dengan makanan khas Jawa Timur yang satu ini? Ya, sate Madura bisa dikatakan salah satu menu masakan sate yang sudah menjadi legenda. Seperti namanya, menu sate ini sebenarnya berasal dari Madura dan sangat populer di kawasan Jawa Timur.

Sate Madura dibuat dengan bahan dasar daging ayam atau daging kambing. Di Madura sendiri, keunikan sate ini adalah cara memasaknya dengan menggunakan arang batok kelapa yang mulai jarang ditemukan. Selain itu, guyuran sambal kacang kental yang khusus membuat makanan khas Jawa Timur ini terasa begitu nikmat.

Mungkin Anda akan menemukan banyak penjual sate ini di daerah lain bahkan di luar Jawa Timur. Namun, jika sempat, cobalah menu makanan khas Jawa Timur ini langsung ke Madura untuk mendapatkan sensasi yang berbeda.

Nasi Krawu

nasi krawu

Nasi Krawu masuk dalam salah satu makanan khas Jawa Timur yang wajib Anda cicipi dan nikmati. Makanan khas ini berasal dari daerah Gresik yang memang cukup terkenal dengan beberapa menu andalan mereka. Nasi ini bisa juga dikatakan sebagai salah satu makanan khas yang sudah menjadi legenda di Jawa Timur karena muncul berpuluh tahun sebelumnya.

Apa yang menarik dari kuliner khas Jawa Timur ini adalah namanya. Kenapa dinamakan sebagai nasi krawu? Krawu berarti dicampur dengan kasar. Nah, menu makanan ini memiliki cukup banyak bahan yang dicampur untuk dijadikan lauk yang lezat dan nikmat.

Beberapa bahan yang dicampur tersebut adalah jeroan sapi, serundeng, daging sapi, terasi dan lainnya. Bahan diolah sedemikian rupa hingga menjadi olahan yang istimewa. Lauk tersebut dihidangkan dengan nasi putih hangat dan ditambahkan sambal sebagai pelengkap. Biasanya, menu ini dihidangkan dengan daun pisang sebagai piring.

Ledre

ledre
mepnews.id

Ledre adalah makanan khas Jawa Timur yang berbentuk seperti kue semprong. Kue yang unik karena bentuknya ini berasal dari Kabupaten Bojonegoro dan menjadi salah satu panganan yang biasanya dijadikan oleh-oleh wisatawan yang berkunjung.

Nah, kue ini dibuat dengan bahan utama tepung beras dan beberapa campuran, seperti santan, pisang raja, gula pasir, telur dan minyak kacang.

Beragam bahan tersebut membentuk kue yang khas dan nikmat. Kue sebagai salah satu kuliner khas Jawa Timur memiliki rasa gurih dan sangat renyah. Untuk menikmatinya, Anda bisa memadukan ledre dengan segelas teh sembari bersantai bersama keluarga atau menikmati hujan.

Brem

brem
en.wikipedia.org

Daftar kuliner khas Jawa Timur selanjutnya yang perlu Anda ketahui adalah brem. Pernahkah Anda mendengar nama makanan ini sebelumnya? Nah, brem termasuk panganan khas di Jawa Timur yang berasal dari Madiun. Biasanya, brem ini akan tersedia dengan cukup banyak di beberapa tempat wisata untuk oleh-oleh.

Berbeda dengan brem di Bali yang berbentuk minuman, brem di Madiun ini berbentuk padat seperti kue. Nah, dalam pembuatannya, makanan khas Jawa Timur ini menggunakan sari ketan yang sudah difermentasi selama satu malam. Sari ketan diolah sedemikian rupa sehingga menjadi kue brem yang unik.

Rasa brem ini cukup manis dan sedikit semriwing. Anda yang ingin menikmati waktu bersantai bisa mengambil brem untuk salah satu camilan yang nikmat.

Lodho Ayam

lodho ayam
www.panggulku.com

Apakah Anda suka dengan olahan ayam? Nah, jika Anda menyukainya, maka makanan khas Jawa Timur ini harus Anda coba. Ya, lodho ayam adalah salah satu olahan ayam terkenal dan sangat lezat yang berasal dari Jawa Timur, tepatnya di daerah Tulungagung.

Seperti namanya, makanan ini dibuat dengan bahan dasar ayam. Namun, kebanyakan ayam yang digunakan adalah ayam kampung di mana tekstur dagingnya lebih kuat sehingga rasanya juga lebih nikmat. Daging ayam tersebut dimasak dengan bumbu lodho yang sangat khas hingga merasuk ke dalam daging ayam dengan sempurna.

Dalam penyajiannya, menu kuliner khas Jawa Timur ini dibedakan menjadi dua, yakni lodho dengan kuah yang kental dan kuah yang encer. Nah, Anda bisa mencoba kedua variasi ini untuk mendapatkan rasa yang begitu nikmat. Selain itu, dalam penyajiannya, lodho bisa disantap dengan nasi putih hangat atau nasi tiwul.

Sego Tempong

sego tempong
palembang.tribunnews.com

Sego tempong adalah salah satu makanan khas Jawa yang bisa dikatakan sebagai pilihan makanan tradisional yang menarik. Makanan khas ini berasal dari Banyuwangi dan sangat populer di daerah asalnya. Hal ini dikarenakan sego tempong menawarkan lauk yang cukup lengkap, pas di lidah dan hemat di kantong.

Salah satu olahan nasi ini dilengkapi dengan paduan menu yang cukup lengkap mulai dari nasi, kemangi, kenikir, bayam, sambal dan sambal yang diberikan sebagai pelengkap. Sementara untuk pilihan lauk, ada cukup banyak jenis lauk yang bisa dipilih mulai dari bakwan jagung, tahu, tempe, telur, ikan dan lainnya.

Nah, makanan ini sekilas seperti menu yang tersedia di warung penyetan. Namun, tentu sego tempong memiliki ciri khas, terutama pada rasa sambal yang begitu pedas dan segar. Salah satu makanan khas Jawa Timur ini cukup banyak ditemukan di warung-warung tepi jalan yang ada di Banyuwangi dan daerah lain di Jawa Timur.

Lontong Kupang

lontong kupang
travelingyuk.com

Jika di daerah lain terdapat lontong kupang, nah di Jawa Timur, Anda akan menemukan variasi lainnya, yakni lontong kupang. Ya, lontong kupang masuk dalam pilihan makanan khas Jawa Timur yang cukup populer dan banyak digemari oleh masyarakat sekitar.

Seperti namanya, menu ini menggunakan bahan utama kupang putih. Kupang sendiri merupakan hewan laut yang memiliki ukuran sangat kecil seperti bulir beras. Karena bahannya inilah lontong kupang hanya bisa ditemukan di beberapa daerah tertentu saja.

Di Jawa Timur, Anda bisa menemukan kuliner khas Jawa Timur ini di beberapa daerah, seperti Pasuruan, Sidoarjo, dan Surabaya. Kupang yang dicampur dengan lontong tersebut lalu disiram dengan kuah petis yang pedas dan lezat. Untuk menambah kenikmatan makanan ini, Anda bisa menambahkan sedikit perasa jeruk nipis.

Getuk Pisang

getuk pisang
vivahotelkediri.com

Getuk memang menjadi salah satu makanan khas di Indonesia yang bisa ditemukan di cukup banyak daerah yang berbeda. Namun, getuk juga menjadi salah satu makanan khas Jawa Timur yang cukup menggoda untuk dinikmati. Bedanya, getuk khas Jawa Timur dibuat dengan bahan dasar pisang. Sangat unik, bukan?

Nah, getuk pisang ini sangat populer di Jawa Timur dan sering dijadikan menu oleh-oleh bagi wisatawan yang berkunjung. Dalam pembuatannya, menu ini dibuat dengan bahan utama pisang raja nangka. Pisang diolah sedemikian rupa dengan beberapa bahan tambahan sehingga menjadi getuk yang lezat dan lembut.

Dalam penyajiannya, kuliner khas Jawa Timur ini dibungkus dengan daun pisang sehingga terlihat sangat tradisional. Nah, camilan yang berasal dari Kediri ini cocok untuk menemani segelas teh atau kopi yang Anda sajikan.

Tahu Campur Lamongan

tahu campur lamongan
Tahu Campur Lamongan

Lamongan tidak hanya terkenal dengan sajian pecel lele-nya yang nikmat. Salah satu kuliner khas Jawa Timur yang juga berasal dari Lamongan adalah tahu campur Lamongan. Seperti namanya, makanan ini menggunakan bahan utama tahu yang merupakan salah satu sumber protein terbaik untuk tubuh.

Nah, dalam penyajiannya, menu makanan khas Jawa Timur ini akan dicampur dengan beragam bahan yang berbeda-beda. Adapun campuran dalam menu ini adalah daging sapi, perkedel singkong, mi kuning, tahu goreng, kerupuk dan lainnya. Seluruh bahan tersebut dicampur kemudian disiram dengan kuah petis yang nikmat.

Campuran bahan dan guyuran kuah petis yang khas membuat tahu campur ini terasa sangat nikmat. Nah, jika Anda berkunjung ke Jawa Timur, tepatnya di Lamongan, jangan lupa untuk menjajal makanan yang istimewa ini!

Nasi Becek

nasi becek

Menu olahan nasi lain yang menjadi salah satu makanan khas yang begitu nikmat adalah nasi becek. Makanan khas ini awalnya berasal dari daerah Nganjuk. Namun, saat ini, nasi becek cenderung cukup banyak tersedia di beberapa sudut kota yang ada di Jawa Timur.

Dari namanya saja Anda sudah bisa menilai bahwa nasi ini memiliki kuah yang membuatnya becek. Jika dilihat sekilas, kuah yang digunakan mirip dengan kuah gulai namun cenderung lebih encer dan bening. Selain itu, cara memasaknya pun juga cukup beda.

Dalam menu kuliner khas Jawa Timur, Anda akan mendapatkan olahan nasi yang sudah ditambahkan sate, beberapa sayuran dan juga babat. Nah, bagi Anda yang menyukai babat, maka menu ini wajib Anda coba saat berkunjung ke Jawa Timur.

Suwar-Suwir

suwar suwir
www.indonesiakaya.com

Jika Anda awalnya mengira bahwa makanan  ini adalah daging yang disajikan dengan cara di suwir, maka Anda salah besar. Suwar-suwir adalah nama untuk makanan ringan yang awalnya berasal dari Jember. Biasanya, makanan ini dijual sebagai oleh-oleh khas yang sangat menarik.

Nah, perlu diketahui bahwa makanan ringan ini dibuat dengan bahan dasar tape singkong yang cukup lembut. Jika dilihat sekilas, makanan ini terlihat mirip dengan getuk namun memiliki tekstur lebih lembut dan rasa yang lebih manis.

Selain itu, apa yang perlu Anda ketahui dari salah satu kuliner khas Jawa Timur ini adalah pilihan rasanya. Nah, kini suwar-suwir sudah hadir dengan aneka macam rasa. Selain rasa original tape singkong tersebut, rasa cokelat dan beragam aroma buah sudah tersedia saat ini.

Pecel Semanggi

pecel semanggi

Sebagaimana sudah disinggung di awal bahwa di Jawa Timur ada cukup banyak variasi pecel sebagai sajian khas yang nikmat. Nah, salah satu jenis pecel yang juga masuk dalam daftar makanan khas Jawa Timur adalah pecel Semanggi. Secara umum, pecel ini sama dengan pecel lain yang dibuat dengan bahan sayuran dan tambahan sambal kacang.

Hanya saja, apa yang membuat kuliner khas Jawa Timur ini berbeda dari pecel lainnya adalah adanya tumbuhan semanggi yang digunakan. Tumbuhan ini sangat mudah ditemukan di tepian sawah.

Perlu diketahui bahwa semanggi adalah tumbuhan sejenis biore-mediasi yang akan memberikan banyak manfaat, terutama untuk membantu program diet yang sedang Anda lakukan. Nah, dengan ciri khasnya inilah menyantap pecel semanggi akan memberikan pengalaman yang berbeda saat Anda berkunjung ke Jawa Timur.

Sate Kerang

sate kerang
www.dapurkobe.co.id

Untuk Anda pecinta kuliner laut, Jawa Timur memiliki sate kerang khas yang wajib Anda coba. Salah satu makanan khas Jawa Timur ini mulai digemari masyarakat sekitar karena memiliki rasa yang nikmat dan bisa dijadikan pelengkap makanan ataupun sebagai alternatif lauk untuk konsumsi sehari-hari.

Nah, apa yang menarik dari kuliner khas Jawa Timur ini adalah cara masaknya. Kerang yang sudah dibersihkan akan direbus terlebih dahulu hingga matang. Setelah itu, kerang di tumis menggunakan beragam bumbu rempah yang khas. Cara masak inilah yang akan membuat bumbu merasuk ke dalam daging kerang dengan sempurna.

Setelahnya, kerang dipanggang layaknya sate pada umumnya hingga matang. Di Jawa Timur sendiri, cukup banyak penjual makanan khas Jawa Timur yang menjajakan dagangannya. Biasanya, sate kentang disajikan dengan menu lontong balap.

Pecel Rawon

pecel rawon
mediaindonesia.com

Jika sebelumnya Anda sudah menemukan makanan khas Jawa Timur berupa pecel dan rawon, maka kini Anda menemukan paduan keduanya. Ya, pecel dan rawon adalah makanan unik dari Jawa Timur yang memadukan dua unsur makanan yang berbeda.

Dalam piring saji, Anda akan menemukan pecel yang dicampur dengan rawon. Kombinasi ini unik karena memberikan rasa yang begitu kaya dan nikmat. Sayuran yang berasal dari pecel tersebut akan dicampur dengan daging yang dimasak khusus. Setelah itu, ditambahkan telur asin dan disiram dengan kuah rawon yang khas.

Rasa pedas bercampur gurih adalah rasa yang sangat dominan untuk menu ini. Nah, untuk Anda yang penasaran, ada cukup banyak warung yang menjajakan makanan khas Jawa Timur terutama di beberapa pusat keramaian di Jawa Timur.

Kare Ranjungan

kare ranjungan
www.adakuliner.com

Salah satu makanan khas Jawa Timur yang wajib untuk Anda coba adalah kare ranjungan. Menu makanan ini masuk dalam list makanan khas terbaik dengan rasa khas yang sangat lezat. Namun, apakah anda tahu apa itu rajungan?

Nah, rajungan adalah hewan laut yang masuk dalam keluarga kepiting. Untuk Anda penggemar seafood, tentu ranjungan akan menambah daftar menu seafood yang pernah Anda coba. Makanan ini dimasak dengan kuah santan yang begitu kental dan lezat layaknya kare. Disajikan dengan nasi putih hangat dan taburan bawang merah goreng, menikmati kare ranjungan sebagai menu makan siang atau makan malam tentu akan sangat menarik!

Namun, tentu, Anda harus berhati-hati saat menyantap makanan ini jika Anda memiliki alergi. Ya, ranjungan memiliki kandungan protein yang sangat tinggi sehingga terkadang bisa membuat alergi kumat.

Wingko Babat

Wingko Babat

Pilihan makanan khas Jawa Timur selanjutnya yang perlu dibahas adalah wingko babat. Makanan ini sudah cukup terkenal di Pulau Jawa dan tersedia di banyak tempat. Biasanya, wingko babat menjadi pilihan oleh-oleh bagi para wisatawan yang berlibur. Nah, mulanya, makanan ini berasal dari Madiun –lokasi yang sama dengan penghasil brem.

Panganan khas ini dibuat dengan paduan tepung beras ketan, kelapa muda dan gula. Bahan tersebut diolah sedemikian rupa dan dibentuk menjadi bundar. Rasa dari kuliner khas Jawa Timur ini cukup nikmat dan cenderung manis. Jika Anda termasuk seseorang yang suka menyukai camilan manis, maka wingko babat cocok untuk Anda santap.

Jika Anda sedang berkunjung ke Jawa Timur, Anda bisa mendapatkan aneka wingko babat dengan inovasi rasa yang berbeda-beda. Selain itu, harga dari makanan ini bisa dikatakan cukup terjangkau.

Menjes Malang

menjes malang

Pernahkah Anda mendengar nama makanan yang satu ini? Mungkin beberapa dari Anda baru pertama mendengar nama makanan ini. Ya, Menjes Malang memang merupakan salah satu kuliner khas Jawa Timur yang bisa dikatakan sangat tradisional sehingga cenderung ditemukan di pelosok.

Makanan ini sebenarnya masuk dalam keluarga gorengan. Bahan utama pembuatan menjes adalah tempe yang dibuat dari ampas tahu. Tempe tersebut kemudian dibalut dengan adonan tepung yang dicampur dengan aneka bumbu rempah.

Memang, secara umum, kuliner khas Jawa Timur ini sangat mirip dengan mendoan namun dibuat dengan bahan yang berbeda. Biasanya, menjes goreng ini dinikmati dengan tambahan sambal kecap atau cabai rawit hijau dan disajikan dengan teh hangat.

Krengsengan

makanan khas jawa timur - krengsengan
cookpad.com

Salah satu makanan khas Jawa Timur yang tidak boleh Anda lupakan adalah krengsengan. Ini adalah makanan khas dari Jawa Timur yang bisa dikatakan sudah cukup terkenal di lidah masyarakat Jawa Timur. Namun, sepertinya makanan ini cenderung tidak banyak ditemukan di luar daerah.

Nah, menu krengsengan ini dibuat dengan bahan dasar daging kambing. Daging yang sudah diiris tersebut diolah dengan campuran aneka bumbu, seperti bawang merah, bawang putih, ketumbar, merica, kecap manis dan lainnya. Sekilas, tampilan masakan ini mirip dengan gulai namun dengan kuah kental.

Di Jawa Timur, Anda bisa menemukan makanan khas ini dengan cukup mudah. Ya, biasanya, olahan kuliner khas Jawa Timur ini tersedia di warung-warung yang menjual gulai kambing.

Sop Kikil

makanan khas jawa timur - sop kikil
resepaneka99.blogspot.com

Jika Anda suka dengan olahan sop, maka variasi sop ini bisa menjadi menu makanan yang lezat untuk Anda coba. Ya, sop kikil masuk dalam daftar kuliner khas Jawa Timur yang cocok untuk Anda nikmati. Seperti namanya, sop ini menggunakan bahan utama berupa kikil sapi.

Kikil yang memiliki tekstur cenderung kenyal di masak sedemikian rupa sehingga lebih lembut. Selain itu, kuah yang digunakan untuk membuat sop khas ini berbeda dengan biasanya. Kuah makanan khas Jawa Timur ini dibuat dengan kaldu daging yang cukup kental sehingga rasa gurih begitu terasa.

Untuk penyajiannya, sop disajikan dengan nasi hangat, taburan bawang merah goreng, sambal dan perasan jeruk nipis sesuai selera. Menu makanan ini sangat cocok untuk menu sarapan atau makan siang Anda.

Opak Gambir

makanan khas jawa timur - Opak Gambir
www.tokopedia.com

Opak gambir termasuk kuliner khas Jawa Timur yang nikmat. Makanan ini sebenarnya merupakan kue camilan dan memiliki detail sama seperti kue semprong. Nah, tentu Anda sudah sangat familiar dengan kue semprong, bukan?

Pada mulanya, opak gambir berasal dari daerah Blitar, Jawa Timur dan menjadi salah satu hidangan wajib, terutama dalam momen perkumpulan keluarga. Seiring waktu berjalan, makanan khas Jawa Timur tersedia di berbagai pusat oleh-oleh, bahkan di daerah luar Jawa Timur.

Nah, dalam pembuatannya, opak gambir dibuat dengan campuran bahan, seperti tepung terigu, sari buah, gula dan telur. Kue ini dibuat sedemikian rupa dan dibentuk seperti corong. Memiliki rasa yang renyah dan gurih, opak gambir bisa menjadi menu camilan santai di sore hari. Sangat cocok dihidangkan dengan segelas teh hangat.

Demikian beberapa ulasan mengenai kuliner khas Jawa Timur. Dari beragam penjelasan di atas, bisa dilihat bahwa ada cukup banyak makanan khas yang berasal dan ada di Jawa Timur. Banyaknya makanan khas tersebut menunjukkan betapa kekayaan kuliner menjadi hal istimewa di Jawa Timur dan Indonesia.

Kabar baiknya lagi, makanan-makanan yang disebutkan tadi sebagian besar masih cukup mudah ditemukan, sehingga Anda tidak perlu melakukan terlalu banyak effort untuk mencicipinya. Jadi, berkunjung lah ke Jawa Timur dan coba menunya!

READ  4 Resep Ikan Bakar yang Lezat dan Menggugah Selera

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.