3 Cara Membuat Donat yang Lezat nan Unik Beserta Penjelasannya

Cara Membuat Donat – Siapa yang tidak suka dengan donat? Cemilan manis yang satu ini pastinya menjadi pilihan banyak orang untuk disantap sebagai cemilan. Rasanya yang manis tentu akan membuat siapa saja tergoda untuk memakannya. Terlebih lagi donat juga menjadi kudapan yang pas saat musim hujan seperti ini sambil ditemani dengan secangkir teh atau kopi.

Tak hanya itu, bahkan beberapa toping donat pun banyak menarik perhatian karena selalu terlihat menarik dan menggiurkan. Banyak juga banyak dijadikan pilihan cemilan oleh sebagian besar orang karena sangat cocok untuk teman mengobrol.

Namun terkadang, Anda sering merasa malas untuk keluar rumah membeli donat. Sebenarnya ada cara membuat donat yang mudah dan praktis serta bisa langsung Anda praktekkan. Nah, beberapa resep yang ada di bawah ini dapat membantu Anda untuk bisa membuat donat dengan rasa yang lezat dan tidak bantet.

Ada apa saja resep donat yang bisa Anda contoh? Berikut penjelasannya untuk Anda.

Cara Membuat Donat Warna-Warni

Donat Warna-Warni
www.idntimes.com

Buat Anda yang ingin membuat hidangan enak nan sehat untuk anak-anak, berikut resep dan cara membuat donat warna-warni yang bisa Anda tiru:

Bahan yang harus disiapkan:

  • 500 gram tepung terigu dengan protein tinggi
  • 1 bungkus ragi instan
  • 100 gram gula pasir
  • ½ sendok teh garam
  • ½ sendok teh baking powder
  • 100 gram mentega
  • 250 ml susu cair
  • 2 butir telur ambil kuningnya.

Bahan untuk topping:

  • 2 sendok makan sirup aneka rasa
  • 200 gram gula salju
  • 1 sendok makan margarine
  • 800 gram mentega putih

Cara membuat:

  1. Campur beberapa bahan seperti tepung terigu, ragi instan, gula, garam dan baking powder. Aduk dengan menggunakan tangan hingga semua bahan tercampur rata.
  2. Jika sudah, tambahkan kuning telur dan uleni adonan sampai berbentuk butiran-butiran halus.
  3. Tambahkan susu cair sedikit demi sedikit, uleni sampai semua bahan tercampur rata. Pastikan tidak ada adonan yang menggumpal.
  4. Selanjutnya, masukkan mentega, uleni dengan menggunakan gerakan yang memutar, namun sesekali banting adonan. Uleni adonan kurang lebih 15 menit hingga adonan menjadi licin dan kalis.
  5. Apabila sudah selesai, maka masukkan adonan ke dalam baskom. Tutup dengan menggunakan kain bersih dan diamkan hingga 1 jam.
  6. Pukul-pukul adonan sampai udara keluar, setelah itu bagi adonan menjadi 30 bagian atau sesuai keinginan. Bentuk adonan yang sudah dibagi-bagi tersebut menjadi bola dan diamkan selama 10 menit.
  7. Kemudian, lubangi adonan dengan menggunakan tangan untuk bisa mendapatkan hasil yang terbaik.
  8. Panaskan minyak, goreng donat dengan menggunakan minyak panas tapi dengan api kecil ataupun sedang. Goreng salah satu bagian donat hingga menguning kemudian goreng semua sisi donat hingga berwarna kuning keemasan.
  9. Apabila sudah matang, maka segera angkat dan tiriskan. Tunggu hingga donat menjadi dingin.
  10. Nah, agar donat yang Anda buat terlihat lebih menarik dan cantik maka Anda bisa membuat topingnya dengan menggunakan mentega leleh. Jangan lupa untuk menambahkan sirup serta gula salju. Aduk hingga adonan toping tercampur rata.
  11. Tuangkan adonan toping tersebut ke dalam wadah yang besar, kemudian aduk lagi.
  12. Ambil donat, kemudian celupkan salah satu sisi donat ke adonan toping. Diamkan hingga toping mengeras.
  13. Donat warna-warni siap untuk dihidangkan!

Nah, sangat mudah bukan untuk membuat donat warna warni yang satu ini? Tentu saja, proses pembuatannya tidak ribet dan tidak membutuhkan banyak bahan. Selain itu, bahan-bahan yang digunakan pun sangat mudah untuk didapatkan. Donat warna-warni yang satu ini tentu sangat disukai oleh anak-anak karena warnanya yang menarik.

Jika Anda ingin membuat menu donat lainnya, di bawah ini masih ada lagi menu donat yang tak kalah lezat. Akan tetapi, cukup berbeda dengan cara membuat donat warna-warni di atas, hal ini karena bahan utama yang akan digunakan ialah kentang.

Bagaimana cara membuat donat kentang? Berikut pembahasannya.

Cara Membuat Donat Kentang

Cara membuat Donat Kentang
Donat Kentang

Bahan-bahan yang dibutuhkan:

  • 3 buah kentang rebus kemudian ditumbuk sampai halus
  • ½ bungkus fermipan
  • 250 gram tepung terigu
  • 1 sendok makan mentega cair
  • 2 kuning telur
  • 1 sendok gula pasir
  • Susu bubuk secukupnya dan sesuai selera

Cara membuat donat kentang:

  1. Masukkan semua bahan ke dalam mangkuk kemudian uleni hingga adonan menjadi kalis (yakni tidak lengket ditangan) serta lebih elastis.
  2. Setelah itu, tutup adonan dengan menggunakan kain basah sampai mengembang (selama kurang lebih 30 menit hingga 1 jam)
  3. Bagi adonan tersebut menjadi beberapa adonan, bentuk menjadi donat dengan luang ditengahnya. Jika Anda ingin lebih praktis dan mudah dalam membentuk donat, Anda bisa menggunakan cetakan khusus untuk donat.
  4. Goreng donat yang sudah dibentuk dalam minyak yang panas, goreng sampai donat berwarna kuning keemasan.
  5. Setelah matang, angkat dan tiriskan. Hias dengan menggunakan toping keju, coklat ataupun sesuai selera.
  6. Donat kentang yang lezat siap untuk dihidangkan.

Buat Anda yang ingin membuat donat mini dan lucu, Anda bisa mencontoh resep yang akan diberikan di bawah ini.

Cara Membuat Donat Mini

donat mini
Donat Mini

Bahan-bahan yang dibutuhkan:

  • 250 gram tepung terigu cakra
  • 1 sendok teh fermipan
  • 4 sendok makan gula pasir
  • Susu cair secukupnya
  • 1 butir telur
  • 3 sendok makan mentega
  • Minyak secukupnya untuk menggoreng donat

Cara mudah untuk membuat donat mini:

  1. Campurkan beberapa bahan seperti tepung terigu, fermipan dan gula. Jangan lupa untuk masukkan satu butir telur kemudian aduk adonan hingga benar-benar rata.
  2. Langkah kedua, tambahkan susu cair sedikit demi sedikit untuk menghindari adonan yang menggumpal. Sambil menambahkan susu cair, uleni adonan hingga benar-benar kali. Apabila adonan sudah kalis maka jangan tambahkan susu cair lagi.
  3. Langkah ketiga, masukkan mentega. Uleni kembali adonan donat sampai menjadi kalis serta lebih elastis. Apabila sudah selesai dalam menguleni adonan, tutup adonan tersebut dengan menggunakan kain dan diamkan selama kurang lebih 45 menit.
  4. Kempiskan adonan dengan cara dipukul-pukul. Setelah itu, bagi Anda adonan menjadi beberapa bagian. Bentuk bagian-bagian adonan tersebut menjadi donat dengan ukuran yang kecil atau mini. Jika Anda masih kesulitan dalam membentuk adonan donat, maka Anda bisa menggunakan cetakan donat.
  5. Sebelum digoreng ke dalam minyak yang panas, diamkan adonan yang sudah dibentuk tersebut selama 15 menit.
  6. Goreng salah satu sisi donat hingga menguning. Balik donat dan goreng sisi yang lainnya hingga berwarna kuning. Apabila sudah berwarna kuning keemasan, Anda bisa langsung mengangkatnya dan tiriskan.
  7. Tambahkan toping sesuai dengan selera.

Bagaimana? Sangat mudah bukan untuk membuat donat yang unik nan lezat? Beberapa resep cara membuat donat di atas dapat langsung Anda tiru untuk menghidangkan camilan yang sehat bagi keluarga. Dengan membuat donat sendiri di rumah tentu saja ini jauh lebih higienis dan murah.

Ayo luangkan waktu di akhir pekan ini untuk membuat donat bersama dengan anak. Selain lebih sehat, juga akan terasa sangat menyenangkan lho.

READ  29 Makanan Khas Papua Dengan Cita Rasa Unik, Jangan Sampai Dilewatkan!

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.