Belum Tahu Cara Cepat Hamil Pasca Menikah ? Lakukan Cara Berikut ini

Cara Cepat Hamil – Anda sudah menikah namun tak kunjung hamil? Jika Anda termasuk salah satu orang yang sedang berjuang melawan masalah ketidaksuburan atau ingin memulai program agar bisa hamil, langkah awal yang perlu Anda lakukan adalah melakukan pemeriksaan ke dokter terlebih dahulu.

Hal ini bertujuan untuk mengetahui kondisi kesehatan serta memastikan tingkat kesuburan Anda dengan pasangan sebelum akhirnya merencanakan sebuah kehamilan. Jika sudah mengetahui apa yang menjadi kendala dalam segi medis, tentu akan lebih mudah untuk proses penanganannya.

Cara cepat hamil agaknya memang sedikit membutuhkan usaha, bukan hanya untuk Anda yang menikah di usia 30 an saja. Terkadang para pasangan muda juga tidak semuanya bisa langsung hamil pasca menikah.

Untuk bisa hamil dalam waktu cepat, tentu Anda harus mengetahui waktu yang tepat untuk melakukan hubungan suami istri. Dimana terdapat sel telur yang sudah siap untuk dibuahi oleh sel sperma sehingga proses pembuahan dapat berlangsung secara maksimal. Untuk itu, berikut cara agar cepat hamil yang bisa Anda lakukan.

Tips Agar Cepat Hamil

Lepas Alat Kontrasepsi

lepas alat kontrasepsiJika Anda sebelumnya telah menggunakan alat kontrasepsi, sebaiknya segera melepasnya jika ingin mendapatkan momongan. Setelah alat kontrasepsi terlepas, kemungkinan hamil akan jauh lebih besar jika Anda melakukan hubungan seksual diwaktu yang tepat.

Jika Anda terbiasa menggunakan alat kontrasepsi yang dapat mengendalikan hormon tubuh, mungkin akan membutuhkan sedikit waktu untuk mengembalikan kesuburan Anda. Mengingat terdapat efek jangka panjang dari alat kontrasepsi tersebut

Periksa ke Dokter

periksa ke dokterUntuk merencanakan sebuah kehamilan, Anda bisa mendatangi dokter spesialis kandungan terdekat dan terpercaya bersama pasangan Anda. Dokter akan memeriksa kondisi tubuh Anda dan pasangan, sehingga mudah untuk berkonsultasi cara cepat hamil seperti apa yang harus dilakukan.

Biasanya dokter juga akan memberi arahan tentang makanan apa saja yang harus dikonsumsi untuk meningkatkan kesuburan. Bisa juga diberikan suplemen atau vitamin tertentu seperti asam folat.

Mengetahui Masa Subur

mengetahui masa suburMengetahui masa subur tidak kalah penting ketika Anda ingin merencanakan sebuah kehamilan. Jika Anda tidak mengetahui masa subur, maka proses pembuahan akan lebih sulit terjadi meskipun sudah sering melakukan hubungan intim.

Normalnya, pelepasan sel telur di Rahim terjadi satu kali dalam sebulan, sedangkan masa subur Anda hanya terjadi selama beberapa hari saja. Jadi ketika Anda mengetahui masa subur, Anda jangan sampai melewatkan kesempatan ini.

Biasanya tubuh Anda akan memberikan tanda-tanda ketika sel telur dilepaskan. Masa subur bisa Anda ketahui apabila Anda rajin mencatat tanggal ketika menstruasi setiap bulan.

Berhubungan Intim di Waktu yang Tepat

berhubungan intim di waktu yang tepatKetika sudah mengetahui masa subur, maka Anda juga akan paham kapan waktu yang tepat untuk melakukan hubungan suami istri. Hal ini akan memperbesar peluang agar Anda bisa segera hamil.

Namun jangan terlalu sering juga dalam berhubungan intim. Karena, sel sperma yang dikeluarkan setiap hari atau bahkan sehari sampai berapa kali kualitasnya akan menurun. Lakukan hubungan seksual 2 hari sekali saat masa subur Anda. Sel sperma bisa bertahan 3-6 hari, sedangkan sel telur hanya bertahan hidup sehari saja.

READ  19 Cara Memutihkan Gigi Secara Alami Dijamin Hasilnya Cepat!

Perhatikan Beberapa Hal Sebelum Berhubungan Intim

Jika memperhatikan beberapa hal sebelum melakukan hubungan seksual mungkin akan membantu meningkatkan keberhasilan cara cepat hamil. Hal yang perlu diperhatikan contohnya sebagai berikut.

Seks Sebelum Tidur

seks sebelum tidurMeskipun terdapat teori yang mengatakan bahwa produksi sperma paling tinggi adalah pagi hari, namun terdapat saran untuk melakukan hubungan suami istri justru sesaat sebelum tidur. Hal ini karena selepas berhubungan, Anda bisa berbaring agar tidak banyak sel sperma yang keluar kembali.

Temukan Posisi

temukan posisiMungkin Anda pernah mendengar tips agar cepat hamil adalah berhubungan seks dengan posisi tertentu. Meskipun sebenarnya, tidak ada posisi apa yang benar-benar pasti yang bisa dijadikan sebagai cara agar cepat hamil.

Yang terpenting adalah, saat berhubungan, sebisa mungkin Anda berada pada suatu posisi dimana Anda bisa merasakan nyaman. Ketika perasaan nyaman sudah didapatkan maka kegiatan suami istri tersebut bisa lebih maksimal.

Perhatikan Kualitas dan Kuantitas Sperma

perhatikan kualitas dan kuantitas spermaKualitas sperma pada saat proses pembuahan memiliki peran yang cukup penting. Keadaan sperma harus berada dalam kualitas yang sehat, kuat serta dalam jumlah banyak. Adapun cara meningkatkan kualitas dan kuantitas sperma seperti berikut ini.

  • Batasi konsumsi alkohol. Beberapa penelitian menerangkan jika terlalu banyak mengkonsumsi alkohol, mampu menurunkan kadar testosterone dan bisa berakibat meningkatkan jumlah sperma yang abnormal.
  • Stop merokok, karena ternyata merokok bisa menurunkan kinerja sperma.
  • Perhatikan berat badan, usahakan berat badan tetap dalam angka normal. Karena obesitas bisa memperlambat gerak sperma dan mampu mengurangi jumlah produksi sperma.
  • Makan makanan yang mengandung cukup nutrisi, hal ini bertujuan untuk membentuk sperma yang sehat.
  • Jangan berendam di air panas karena suhu panas bisa membunuh sperma.

Hindari Stres

hindari stressKetika Anda ingin mendapatkan momongan, sebaiknya jangan terlalu stress memikirkan hal ini. Jalani hubungan seks dengan santai tanpa memikirkan apakah akan berhasil hamil atau tidak, karena stress akan mengganggu ovulasi sehingga stress yang berlebihan justru akan semakin menyulitkan cara cepat hamil.

Pola Hidup Sehat

pola hidup sehatKetika Anda dan pasangan sudah mantap untuk merencanakan sebuah kehamilan, tentu Anda juga  harus sudah siap mengubah pola hidup kearah yang lebih sehat makan makanan sehat, serta berolahraga akan membantu Anda cepat memperoleh kehamilan yang sehat pula.

Posisi Seks Sebagai Faktor Penyebab Cepat Hamil

posisi seks sebagai faktor penyebab cepat hamilSetelah beberapa tips di atas sudah dilakukan, mungkin Anda akan berpikir tentang posisi dalam berhubungan seks. Apakah benar sebuah posisi akan berpengaruh terhadap berhasil tidaknya sebuah pembuahan?

Percaya atau tidak, nyatanya terdapat posisi seks yang diduga melawan gravitasi, sehingga akan menghambat proses berenangnya sperma menuju rahim untuk bertemu dengan sel telur. Jadi, posisi seks seperti apa yang dipercaya manjur untuk hamil lebih cepat? Simak di bawah ini.

Misionaris

Posisi ini memang dianggap sebagai posisi yang sangat klasik, yakni dengan posisi sang pria berada di atas dan wanitanya di bawah. Namun, siapa sangka posisi ini banyak dipercaya sebagai salah satu cara cepat hamil terbaik yang bisa Anda lakukan setelah haid.

Ketika menengok teorinya, dengan gaya ini Anda bisa melakukan penetrasi lebih dalam, sehingga jumlah sperma yang dilepaskan akan lebih banyak masuk kedalam rahim. Bahkan ada beberapa orang yang menyarankan agar menempatkan bantal di bawah pinggul, sehingga membantu kemampuan sperma untuk mencapai sel telur.

Doggy Style

Masih sama dengan posisi misionaris yakni mengutamakan teori penetrasi dalam, posisi doggy style juga dapat membantu pria untuk menempatkan spermanya tepat di sebelah leher rahim yang merupakan gerbang menuju rahim.

READ  Cara Merawat Rambut Sesuai Jenisnya

Jika Anda belum mengetahui posisi seperti apa doggy style ini, anda bisa mempraktekkannya dengan posisi berlutut dan ditopang kedua tangan. Untuk selanjutnya sang suami memasukan dari belakang.

Woman On Top

Untuk teori dari woman on top, yang berada di atas justru wanitanya. Jika dilihat posisi ini justru melawan gravitasi. Hal ini dipercaya mampu memperlambat laju renang dari sperma. Namun kata para ahli, sperma adalah pelari paling super jadi hal ini tidak terlalu menjadi masalah.

Karena, pada posisi woman on top ini, menurut para wanita merupakan posisi paling menggairahkan. Sedangkan gairah justru bisa menjadi aspek seks paling penting dan sangat berpengaruh terhadap kesuksesan sebuah pembuahan.

Seperti kata beberapa dokter obgyn di luar negeri yang menyebut bahwa posisi terbaik untuk melakukan pembuahan adalah posisi yang paling nyaman serta menggairahkan untuk wanita. Dengan posisi ini, dipercaya wanita akan mendapat lebih banyak rangsangan yang baik untuk proses pembuahan.

Faktor Penunjang Lainnya Agar Cepat Hamil

faktor penunjang lainnya agar cepat hamilSebenarnya, posisi ketika melakukan hubungan seks bukanlah menjadi faktor penentu satu-satunya. Lagipula, mencoba agar bisa memperoleh sebuah kehamilan bukan melulu soal posisi seks semata.

Selain posisi seks, ada pula faktor lain yang menjadi pendukung atau pelengkap seperti kondisi kesehatan Anda dan pasangan. Bukan hanya itu saja, variasi dalam kehidupan seks dan menjadikan kegiatan seks sebagai aktivitas yang menyenangkan juga bisa diterapkan ketika Anda mencari cara cepat hamil.

Ada sebuah teori yang mengatakan bahwa semakin Anda menikmati seks maka semakin subur pula rahim Anda yang akan memungkinkan kesuksesan sebuah kehamilan. Jadi, kunci utama ketika bercinta yang harus Anda praktekkan jika ingin cepat hamil ialah bercintalah sebahagia mungkin.

Selain itu, ada satu lagi hal yang mungkin sering Anda remehkan selepas berhubungan seks ialah membersihkan vagina. Anda harus rajin membersihkan vagina setelah melakukan hubungan intim, namun jangan memakai sabun pembersih karena sedikit banyak juga akan berpengaruh terhadap keberhasilan sebuah kehamilan.

Sabun pembersih vagina akan mengubah pH alami pada vagina Anda. Padahal, sperma membutuhkan lingkungan di dalam vagina yang memiliki pH seimbang untuk bisa bertahan hidup lebih lama.

Peran Makanan untuk Keberhasilan Kehamilan

Selain beberapa tips dan trik cara cepat hamil diatas, yang tidak kalah penting adalah memperhatikan juga asupan makanan sehat yang Anda konsumsi. Makanan yang Anda konsumsi, bahkan bisa menentukan kondisi kehamilan Anda nantinya.

Untuk itu, mengubah pola makan dari makanan yang kurang baik menjadi makanan sehat, serta memilih makanan yang tepat juga wajib dilakukan. Berikut beberapa cara memilih makanan yang tepat agar cepat hamil.

Pilih Karbohidrat yang Tepat

pilih karbohidrat yang tepatSetelah Anda mengetahui jumlah kalori harian yang dibutuhkan tubuh, tugas Anda selanjutnya adalah memilih makanan yang tepat untuk memenuhi kebutuhan kalori tersebut. Memilih makanan yang tepat sebagai cara cepat hamil sebenarnya bukan perkara yang sulit.

Anda bisa memulai dengan memilih karbohidrat sebagai makanan utama. Ketika memilih karbohidrat, baiknya memilih karbohidrat yang memiliki indeks glikemik rendah namun berserat tinggi seperti contoh nasi merah, roti gandum dan lainnya.

Jenis karbohidrat yang rendah gula akan menstabilkan kadar insulin supaya tetap normal. Jika terus-terusan mengonsumsi karbohidrat dengan indeks glikemik tinggi akan menyebabkan gula darah Anda meningkat serta kadar insulin menjadi tidak normal.

Sedangkan kadar insulin memiliki pengaruh penting. Karena terlalu banyak kadar insulin dalam tubuh akan mengganggu proses kerja hormon, sehingga bisa mengganggu kesuburan dan menurunkan potensi sukses untuk hamil.

Perbanyak Protein Nabati

perbanyak protein nabatiProtein nabati dapat dengan mudah Anda temukan dalam kacang-kacangan serta biji-bijian. Ada penelitian yang mengatakan, jika mengganti konsumsi protein hewani menjadi protein nabati akan mengurangi resiko ketidaksuburan hingga mencapai 50%.

READ  12 Cara Memutihkan Ketiak Secara Alami Tanpa Efek Samping

Jadi, jangan terlalu sering mengkonsumsi protein hewani saja. namun pastikan setiap hari ketersediaan protein nabati selalu ada dalam porsi makan Anda.

Pilih Lemak Sehat

pilih lemak sehatTidak ada yang melarang Anda untuk tidak makan makanan yang berlemak. Makan berlemak tidak apa, asal yang dimakan adalah lemak yang sehat. Banyak mereka yang menghindari makanan berlemak ketika melakukan program hamil. Padahal sebenarnya lemak juga mendukung untuk peningkatan kesuburan.

Karena lemak berperan penting untuk pembentukan hormon-hormon yang ada di dalam tubuh. Jika jumlah lemak dalam tubuh terlalu sedikit, maka sudah bisa dipastikan kondisi hormone dalam tubuh Anda juga akan terganggu.

Meskipun begitu, anda juga harus tetap memperhatikan dalam pemilihan makanan berlemak yang tepat. Pilihlah makanan yang mengandung lemak tak jenuh serta omega 3. Biasanya terdapat dalam alpukat dan berbagai jenis ikan.

Jangan Terpaku Pada Susu Skim

jangan terpaku pada susu skimBanyak sebagian dari wanita yang mempercayai jika susu skim akan lebih sehat karena hampir tidak ada kandungan lemak di dalamnya. Namun ada baiknya jika Anda sedikit menghindari susu skim dan beralihlah ke susu murni untuk dijadikan sebagai cara cepat hamil.

Hal ini karena terdapat sebuah penelitian yang mengemukakan bahwa perempuan yang meminum susu murni satu gelas saja setiap hari, berkemungkinan lebih mudah hamil dibandingkan dengan mereka yang tidak minum susu murni.

Di dalam susu murni terdapat hormon yang larut dalam lemak yang berperan untuk kesuburan. Pada susu skim, hormon ini akan hilang dalam proses skimming, sehingga sudah tidak bisa lagi digunakan sebagai alat untuk menambah kesuburan.

Konsumsi Vitamin

konsumsi vitaminTerkadang jika kebutuhan vitamin dan mineral harian Anda belum terpenuhi hanya dengan mengkonsumsi makanan, ada baiknya Anda meminum suplemen vitamin juga. Salah satu suplemen yang baik untuk dikonsumsi ketika ingin cepat hamil adalah asam folat dan zat besi.

Asam folat akan sangat berperan untuk mencegah cacat lahir pada otak serta sumsum tulang belakang. Selain itu, mengkonsumsi vitamin bisa meningkatkan kesuburan pada wanita dan meningkatkan jumlah sperma pada pria.

Namun, agar tepat dalam memilih suplemen yang akan dikonsumsi, ada baiknya Anda mengkonsultasikan dulu dengan dokter kandungan Anda.

Hindari Makanan yang Mengandung Listeria

hindari makanan yang mengandung listeriaJika Anda belum mengerti apa itu listeria, listeria adalah bakteri berbahaya yang ada didalam daging siap santap, keju lunak serta produk susu yang tidak melewati proses pasteurisasi.

Jika dibandingkan dengan orang dewasa yang sehat, ternyata ibu hamil memiliki risiko 20 kali lebih besar untuk jatuh sakit apabila mengkonsumsi makanan yang mengandung listeria.

Sayur Buah Tiap Hari

sayur buah tiap hariSayuran dan buah-buahan merupakan sumber vitamin dan mineral yang terbaik. Bukan hanya kaya vitamin, sayur dan buah juga kaya dengan mikronutrien sebagai zat pembasmi radikal bebas seperti fitokimia dan juga antioksidan.

Radikal bebas adalah sebuah molekul berbahaya yang secara diam-diam masuk kedalam tubuh. Proses masuknya radikal bebas bisa melalui segala sesuatu, sinar matahari, bahkan knalpot kendaraan. Buruknya, radikal bebas ini akan merusak ovum, sel sperma serta organ reproduksi.

Baca Juga : 19 Cara Memutihkan Gigi Secara Alami Dijamin Hasilnya Cepat!

Nah itulah tadi pembahasan tentang cara cepat hamil yang bisa Anda lakukan. Mulai dari tips untuk agar bisa cepat hamil, faktor pendukung hingga makanan apa yang dianjurkan untuk dikonsumsi.

Dengan bantuan tips-tips di atas diharapkan bisa membantu Anda yang sedang melakukan program hamil. Sehingga peluang untuk berhasil bisa lebih besar. Selamat mencoba ya.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.