Cara Menanam Anggur yang Baik dan benar beserta Manfaatnya

Cara menanam anggur – Anggur merupakan salah satu buah yang populer di Indonesia. Rasanya yang manis dan memiliki banyak kandungan gizi membuat sebagian besar orang menyukainya. Selain itu, anggur juga mempunyai berbagai manfaat untuk kesehatan tubuh lho, sebut saja untuk melancarkan peredaran darah dan lain-lain. 

Nah, bagi Anda yang menyukai buah ini dan ingin menanamnya sendiri, lakukanlah cara menanam anggur yang tepat. Dengan menggunakan cara yang benar, maka hasil panen yang akan didapat pasti bisa maksimal. Selain itu, apabila hasil panennya sangat banyak Anda bisa menjualnya. 

Memang mempunyai pohon anggur sendiri sangatlah menguntungkan. Bukan hanya bisa dimakan sendiri saja, tapi Anda juga bisa menjualnya saat panen. Setelah mempunyai modal yang cukup untuk membudidayakan anggur, Anda pun bisa mencoba untuk menjadi petani anggur. 

Dengan demikian, Anda bisa mempunyai pekerjaan sampingan yang mudah dilakukan. Tentu saja dengan menanam buah ini keuntungan yang didapat sangatlah besar. Sebab, harga setiap kilo dari buah ini terbilang cukup mahal di beberapa daerah. Untuk penjelasan selengkapnya mengenai buah yang satu ini yuk, simak ulasan di bawah ini.

Kandungan Gizi Anggur

kandungan gizi anggur
doktersehat.com

Selain memiliki rasa yang manis dan lezat, tentu saja buah anggur ini juga mempunyai banyak kandungan gizi di dalamnya. Bagi Anda yang ingin tahu apa saja kandungan gizi yang terdapat dalam buah anggur, yuk simak di bawah ini:

  • Kalori : 69 kcal 
  • Air : 80,54 g
  • Protein : 0,72 g
  • Gula : 15,48 g
  • Karbohidrat : 18,1 g
  • Serat : 0,9 g
  • Lemak : 0,16 g 
  • Pottasium (Kalium) : 191 mg, 4% AKG
  • Sodium : 2mg
  • Seng (Zinc) : 0,07 mg, 1% AKG
  • Vitamin A : 66 IU, 3% AKG
  • Vitamin K : 14,6 mg, 14% AKG
  • Vitamin B5 (Panthotenic acid) : 0,05 mg, 1% AKG
  • Vitamin B9 (folat) : 2 mg, 1% AKG
  • Vitamin B 1 (thiamine) : 0,069 mg, 6% AKG
  • Vitamin B2 (ribovlafin) : 0,07 mg, 6% AKG
  • Vitamin C : 3,2 mg, 4% AKG
  • Vitamin E : 0,19 mg, 1% AKG
  • Vitamin B3 (niachin) : 0,188 mg, 1% AKG
  • Kalsium : 10 mg, 1% AKG
  • Zat besi : 0,36 mg. 3% AKG
  • Magnesium : 7 mg, 2% AKG
  • Fosfor : 20 mg, 3% AKG.

Manfaat Anggur Bagi Kesehatan Tubuh

manfaat anggur bagi kesehatan tubuh
www.bola.com

Anggur bukan hanya memiliki banyak vitamin dan gizi yang baik saja. Dengan mengkonsumsi anggur setiap hari, Anda bisa lebih sehat dan lebih bertenaga. Manfaat yang bisa didapatkan jika memakan buah ini setiap hari adalah sebagai berikut;

  • Mencegah dan Menurunkan Risiko Penyakit Kanker

Penyakit kanker merupakan salah satu penyakit mematikan. Sehingga, banyak sekali orang yang takut terserang penyakit yang satu ini. Nah, bagi Anda yang ingin mencegah agar tidak terserang kanker, makanlah buah anggur secara rutin. 

Hal ini disebabkan karena buah anggur memiliki banyak kandungan gizi dan vitamin yang mampu membunuh sel kanker. Anda bisa tetap sehat jika memakan buah yang satu ini setiap hari.

  • Mengendalikan Gula Darah dan Diabetes

Gula darah memang bukan penyakit yang bisa mematikan secara langsung. Namun, jika dibiarkan secara terus menerus maka akan menjadi suatu penyakit yang berbahaya. Bagi Anda yang ingin selalu sehat dan terhindar dari diabetes, konsumsilah anggur setiap hari. 

Hal ini dikarenakan buah anggur mengandung sedikit gula dan memiliki beberapa vitamin yang bisa mengontrol kadar gula darah, sehingga kondisi kesehatan Anda pun bisa terjaga dengan baik.

  • Mencegah Degenerasi Makula dan Menjaga Kesehatan Mata

Masalah kesehatan mata merupakan hal yang umum diderita kebanyakan orang. Untuk mencegah penyakit mata, Anda harus banyak mengkonsumsi buah dan sayur. Tentu saja buah yang dikonsumsi harus banyak mengandung vitamin A seperti anggur. 

Dengan mengkonsumsi buah yang satu ini mata Anda pun bisa terjaga kesehatannya. Selain memiliki rasa yang lezat, buah yang satu ini juga mengandung beberapa vitamin yang sangat bagus untuk tubuh terutama mata. Jadi, untuk Anda yang ingin memiliki  mata sehat buruan beli dan konsumsilah buah anggur.

  • Mengurangi Risiko Sembelit dan Melancarkan Sistem Pencernaan

Sistem pencernaan manusia merupakan hal yang paling penting dalam kehidupan. Apabila sistem pencernaan terhambat maka akan menyebabkan sakit perut atau sembelit. Nah, cara mengatasi agar sistem pencernaan selalu lancar yaitu dengan mengkonsumsi buah anggur. 

Selain memiliki rasa yang lezat dan manis, buah ini juga dipercaya bisa melancarkan sistem pencernaan. Dengan mengkonsumsi buah yang satu ini secara rutin, masalah pencernaan, sembelit dan lain-lain pasti akan menjauh.

  • Menjaga Kesehatan Jantung 

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa Quercetin dan Resveratrol yang terkandung dalam anggur dapat mengurangi risiko pembentukan plak di dinding arteri. Selain itu, mengkonsumsi anggur juga dapat melindungi kerusakan jantung yang disebabkan oleh LDL atau lemak jahat. 

Bukan hanya itu saja, kandungan Resveratrol dalam anggur berfungsi sebagai antioksidan yang bisa mengurangi penyakit radiovaskular. Buah yang satu ini juga mengandung kalium dan serat yang mampu menjaga kesehatan jantung.

  • Menjaga Kesehatan Tulang 

Buah yang satu ini mengandung besi, tembaga dan juga mangan yang sangat berguna bagi tubuh. Ya, terutama tulang, kandungan tersebut memiliki fungsi sebagai bahan untuk membantu pembentukan tulang. Mengkonsumsi buah ini secara rutin juga bisa membantu mencegah osteoporosis lho.

  • Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Banyaknya kandungan vitamin yang terdapat dalam buah yang satu ini membuat sistem kekebalan tubuh Anda menjadi lebih kuat. Vitamin yang berperan dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh diantaranya yaitu Vitamin A, C dan K serta mineral dan flavonoid. 

Buah yang satu ini juga ternyata bisa mencegah penyakit umum seperti pilek, demam dan lain-lain. Jadi, untuk Anda yang ingin selalu sehat buruan konsumsilah buah anggur secara rutin.

  • Menurunkan Risiko Penyakit Ginjal 

Mengkonsumsi buah setiap hari terutama anggur dapat mengurangi risiko terkena asam urat, sehingga tubuh pun bisa selalu sehat dan dapat beraktivitas dengan lancar. Selain itu, kandungan yang terdapat dalam buah ini juga bisa menjaga ginjal Anda tetap sehat.

  • Mencegah Penuaan Dini

Penuaan merupakan proses alami yang pasti terjadi pada setiap orang. Namun, adanya polusi yang berlebihan, stres dan beberapa faktor lain bisa membuat Anda menjadi lebih tua sebelum waktunya. Hal ini biasa disebut dengan penuaan dini. Nah, untuk mencegahnya Anda bisa mengkonsumsi buah yang satu ini. 

Cara Menanam Anggur yang Benar 

cara menanam anggur yang benar 
penjagarumah.com

Setelah melihat banyaknya vitamin, gizi dan juga manfaat anggur bagi tubuh, tentu saja hal tersebut membuat Anda ingin menanamnya sendiri. Sebagian orang yang menanam anggur dengan cara yang salah membuat pohon tersebut tidak hidup baik. Hasil panennya pun sedikit dan pohon akan mudah terserang penyakit.

Jika hal tersebut terjadi secara terus menerus pohon anggur pun akan mudah layu dan mati. Nah, bagi Anda yang tertarik untuk menanam buah yang satu ini, lakukanlah cara menanam anggur dengan benar seperti di bawah ini;

  • Pilih Media Tanam dan Tempat Menanam yang Baik 

Nah, untuk Anda yang akan memulai untuk menanam anggur sebaiknya menggunakan pot terlebih dahulu. Pot yang baik digunakan untuk menanam anggur adalah pot berbahan dasar tanah. Hal ini bertujuan agar penyerapan air bisa sempurna. Selanjutnya, Anda bisa menyediakan pot dengan ukuran yang lebih besar.

Untuk media tanamnya, Anda bisa menyediakan pasir yang sudah dicampur dengan pupuk kandang. Sebelum pasir tersebut dimasukkan ke dalam pot, sebaiknya masukkan tanah gambut terlebih dahulu. Penggunaan tanah gambut ini bertujuan agar air bisa bertahan lama dan tidak langsung ke luar dari dalam pot.

Untuk hasil yang lebih baik lagi, gunakanlah media tanam yang sudah difermentasi. Hal ini bertujuan agar tanah bisa menyerap pupuk dengan baik, sehingga tanaman pun bisa cepat tumbuh dan berbuah.

  • Pemilihan Waktu

Meski hal yang satu ini terdengar sepele dan sering dilupakan oleh kebanyakan orang. Namun, ternyata pemilihan waktu yang tepat untuk menanam anggur sangat berpengaruh terhadap tumbuh kembangnya. Waktu yang baik untuk menanam tanaman yang satu ini adalah pada sore hari saat udara sedang sejuk. 

  • Pemilihan Dataran dan Suhu untuk Menanam 

Jika Anda akan menanam tanaman anggur langsung ke tanah, hal yang satu ini perlu diperhatikan. Ya, mengenai dataran dan juga suhu. Memang hal ini terdengar sepele dan banyak orang yang tidak menghiraukannya. 

Meski tanaman anggur bisa tumbuh dimana saja dan kapan saja, namun pemilihan dataran yang tepat bisa memicu pertumbuhannya. Agar tanaman ini bisa tumbuh dengan baik, tanamlah di dataran rendah. Hal dikarenakan dataran rendah mempunyai struktur tanah yang lebih kering daripada di dataran tinggi. 

Selain itu, Anda juga harus memperhatikan suhu saat akan memulai untuk menanam ini. Suhu cuaca yang tepat untuk menanam anggur adalah saat cuaca cerah, panas dan kering. Hal ini dilakukan agar tanaman awal bisa menyesuaikan daratan. Selain itu, pastikan bahwa tanaman ini selalu terkena sinar matahari minimal 6 jam per harinya.

  • Penanaman Bibit

Nah, jika tempat dan media untuk menanam anggur sudah disediakan, hal selanjutnya yang harus dilakukan adalah menanam bibit. Cara untuk menanam bibit anggur sangatlah mudah. Anda bisa melakukannya sesuai petunjuk di bawah ini:

  • Hal pertama yang harus disiapkan adalah bibit anggur dengan kualitas super. Sebisa mungkin, sediakan bibit unggul yang sudah siap untuk ditanam. Anda juga bisa memilih bibit yang sudah tertanam di polybag. 
  • Kemudian, siapkan media tanam yang sebelumnya sudah di racik. Cara yang benar dalam penanam bibit ini adalah dengan memasukkan pecahan genting atau batu bata ke dalam pot. Setelah itu, masukkan media pasir.
  • Selanjutnya, siapkan pot untuk menanam pohon anggur. Buatlah lubang yang lebih besar daripada ukuran polybag yang digunakan. Hal ini bertujuan agar proses pertumbuhan tanaman ini bisa bagus.
  • Langkah berikutnya adalah melepaskan plastik polybag yang sudah masuk ke dalam pot. Pelepasan plastik ini bertujuan agar aliran air tidak terhambat. 
  • Jika biasanya saat akan menanam tanaman apapun plastiknya harus dilepas terlebih dahulu. Namun, saat akan menanam tanaman anggur plastiknya tidak boleh dilepas. Hal tersebut bisa menyebabkan tanaman rusak.
  • Nah, jika plastik polybag sudah dikeluarkan dari dalam pot, langkah selanjutnya adalah menutup lubang media tanam hingga rapat. Kemudian, siramlah tanaman secukupnya dan letakkan di bawah sinar matahari. Agar, tanaman ini bisa tumbuh dengan sempurna. 
  • Sebelum menyiramnya, Ada bisa meninggikan tanah agar tanah yang turun tidak terlalu masuk ke dalam pot. Hal ini bertujuan agar tanaman tidak terendam saat turun hujan. 
  • Jangan lupa untuk memasang tiang sementara yang terbuat dari kayu atau bambu. Hal ini bertujuan agar pertumbuhan tanaman bisa tegak lurus. Bila perlu pasang juga pagar pelindung untuk menghindarkan tanaman dari gangguan hewan ternak atau semacamnya.

Cara Merawat Tanaman Anggur 

cara merawat tanaman anggur 
samudrabibit.com

Nah, setelah proses penanaman sesuai prosedur cara menanam anggur di atas, hal selanjutnya yang perlu dilakukan adalah merawat tanaman tersebut. Lakukanlah perawatan dengan benar agar tanaman bisa tumbuh dengan baik dan bisa cepat berbuah. Untuk merawatnya, Anda bisa mengikuti langkah-langkah di bawah ini:

  • Perairan 

Tanaman anggur sudah biasa tumbuh di daerah beriklim tropis. Oleh karena itu, kadar yang dibutuhkan tanaman ini tidak terlalu banyak. Namun, Anda harus selalu memperhatikan tekstur tanah setiap harinya. Jika tekstur tanah masih terlalu lembab, sebaiknya jangan disiram dahulu.

Sebaliknya, apabila tekstur tanah sudah terlalu kering maka siramlah tanaman dengan kadar air yang cukup. Jadi, tanaman ini tidak perlu disiram dua kali sehari. Tapi, Anda bisa menyiramnya 3-5 hari sekali atau saat tekstur tanah sudah mengering. Agar tanaman tetap terawat, berikan intensitas air yang cukup. 

  • Pemupukan 

Meski pada saat pertama kali ditanam proses pemupukan sudah dilakukan. Namun, agar tanaman ini bisa cepat tumbuh dan berbuah pada saat bulan ke 4 proses pemupukan bisa dilakukan kembali. Proses ini bisa juga dilakukan ketika musim semi.

Pemupukan pada saat awal penanaman dan pemupukan pada saat bulan ke 4 tentu saja berbeda. Jika, pada awal penanaman proses ini bertujuan agar menutrisi tanaman selama beberapa bulan. Sedangkan pada saat bulan ke 4 pemupukan bertujuan untuk memaksimalkan pertumbuhan agar tanaman cepat berbuah.

  • Pemangkasan 

Proses yang satu ini harus dilakukan secara hati-hati. Apabila proses pemangkasan dilakukan dalam waktu yang cepat, dikhawatirkan akan merusak tanaman dan mengganggu proses pertumbuhan. Sedangkan jika proses ini dilakukan dalam waktu yang terlalu lama atau lebih dari dua tahun, dikhawatirkan batang kayu akan mati. 

Nah, jika batang tersebut mati dan tidak ditindak lanjuti dapat menjadi hama bagi tunas yang baru. Proses pemangkasan lebih baik dilakukan pada saat musim penghujan. Selain itu, Anda juga bisa melakukan proses ini pada musim kemarau. Namun, saat daun berguguran dan memangkas secara ringan saja. 

  • Penyerbukan 

Meski cara menanam anggur ini dilakukan dalam pot. Namun, tetap saja Anda harus selalu memeriksa varietas kesuburan tanaman agar bisa menghasilkan buah dengan baik. Nah, untuk itu Anda bisa melakukan pencangkokan batang saat tumbuhan sedang berbunga. Dengan demikian, hasil panen pun akan lebih sempurna. 

Anggur merupakan buah yang kaya akan kandungan gizi dan sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh. Tak heran banyak sekali orang yang menyukai buah yang satu ini.  Bukan hanya orang dewasa saja, bahkan remaja dan anak-anak pun sangat menyukainya. 

Baca Juga Manfaat Daun Kemangi

READ  Cara Membuat Tanaman Hidroponik Dengan Mudah

Nah, bagi Anda yang ingin mencoba untuk menanam anggur, lakukanlah cara menanam anggur seperti yang sudah dijelaskan di atas. Dengan melakukannya secara tepat dan benar maka hasil yang akan diperoleh bisa lebih baik. Cara menanamnya memang sangat mudah. Namun, proses perawatan tanaman dapat menyita banyak waktu. 

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.