5 Resep Masakan Udang yang Bisa Kamu Jadikan Referensi

Resep udang – Dewasa ini, mencari resep masak tidak menjadi halangan bagi para ibu untuk mencoba masakan baru. Dengan berbekal ponsel pintar, data dan internet, Anda sudah bisa berselancar mencari resep apapun yang Anda inginkan.

Akhir-akhir ini juga terdapat banyak blog maupun aplikasi khusus yang mengumpulkan beragam resep dari makanan ringan, jajanan hingga makanan berat. Salah satu bahan makanan yang paling sering dicari adalah udang.

Siapa yang tidak suka dengan udang? Mungkin orang yang alergi makanan laut ya. Namun selain orang yang alergi, tidak ada yang bisa menahan kelezatan salah satu makanan dari air laut ini. Sebagai negara maritim, Indonesia juga memproduksi banyak produk laut segar, salah satunya adalah udang.

Daerah yang menjadi penghasil utama udang adalah Banyuwangi, Sampang, Situbondo, Surabaya dan Sidoarjo. Jadi, Anda tidak perlu susah mencari bahan satu ini! Bicara soal udang yang merupakan bahan makanan dari laut, sebenarnya susah-susah gampang untuk memasaknya.

Diperlukan ketelatenan dan kemahiran dalam meracik dan menangani udang, agar udang dapat dihidangkan dalam kondisi benar-benar bersih dan matang. Selain itu, juga diperlukan kreativitas dari si pemasak agar menunya tidak itu-itu saja.

Apabila Anda sedang ingin memasak masakan dengan berbahan dasar udang, namun bingung harus masak apa, maka ini adalah artikel yang tepat untuk Anda. Di sini, kami akan merekomendasikan Anda beragam resep masakan berbahan dasar udang untuk referensi.

Dijamin, masakan-masakan Anda akan lezat dan tidak lagi membosankan. Berikut adalah lima resep masakan udang yang paling direkomendasikan :

Beberapa Resep Masakan Udang Yang Kami Rekomendasikan Untuk Anda

beberapa resep masakan udang yang kami rekomendasikan untuk anda
www.idntimes.com

Resep Udang Asam Manis

1. resep udang asam manis
www.cicicookies.com

Walaupun tanpa diberi bumbu apapun, udang sebenarnya sudah sangat lezat. Udang memiliki cita rasa yang manis dan gurih, sehingga apabila Anda memasaknya hanya dengan menggoreng dan memberinya sedikit garam, itu sudah termasuk sangat enak.

Namun apabila Anda ingin menantang diri sendiri untuk mencoba kreativitas lain, maka resep udang asam manis ini cocok untuk Anda.

Bahan Udang Asam Manis :

Tidak perlu khawatir, Anda bisa mendapatkan daftar bahan di bawah ini di pasar terdekat. Adapun bahan-bahan yang harus Anda kumpulkan sebelum membuat Udang Asam Manis adalah sebagai berikut :

  • Udang 300 gram ukuran sedang, bersihkan bagian punggung dan belah
  • Jeruk nipis 1 buah, diperas airnya
  • Cabai besar 1 buah, diiris tipis
  • Bawang putih 2 siung, di cincang halus
  • Bahan saus: saus inggris (1/2 sdt), saus ikan (1 sdt), gula (1 sdt), saus tomat (3 sdm), garam secukupnya, merica secukupnya dan air.
READ  3 Resep Donat Kentang beserta Bahan dan Cara Membuatnya
Cara Membuat Udang Asam Manis :

Cara membuat udang asam manis tergolong cukup mudah dan simpel. Berikut ini adalah langkah-langkah cara memasak udang asam manis :

  1. Bersihkan udang hingga benar-benar bersih, kemudian belah pada bagian punggungnya.
  2. Kemudian panaskan minyak goreng. Jika sudah panas, masukkan udang ke dalamnya namun sebentar saja hingga berubah warna.
  3. Tumis bawang putih yang sudah dicincang halus ke dalam wajan berisi sedikit minyak. Tumis hingga aromanya harum, lalu masukan cabai merah. Tumis terus hingga cabai tampak layu.
  4. Tambahkan bahan-bahan sausnya yang sudah Anda takar terlebih dahulu. Lalu aduk terus hingga bumbunya tercampur rata.
  5. Masukkan udang yang sudah di goreng dahulu tadi, aduk rata dalam api wajan kecil hingga udangnya matang sempurna.
  6. Apabila sudah matang, tinggal angkat dan sajikan.

Resep Udang Tepung Renyah

2. resep udang tepung renyah
www.fimela.com

Karena udang memiliki rasa dasar gurih dan manis, banyak sekali kreasi yang bisa Anda lakukan terhadap udang. Apabila Anda bosan dengan udang berbumbu manis, maka Anda bisa mencoba ke jalur gurih, yaitu udang tepung renyah. Sajian udang tepung renyah ini sangat cocok khususnya bagi anak-anak yang suka makanan gurih.

Bahan Udang Tepung Renyah :

Bahan-bahan dari udang tepung tergolong mudah ditemui di supermarket maupun pasar manapun, sehingga Anda tidak perlu repot-repot mencarinya. Secara lengkapnya, ini adalah daftar bahan yang harus Anda kumpulkan terlebih dahulu sebelum memasak udang tepung renyah :

  • Udang segar 300 gram di kupas kulitnya
  • Terigu 50 gram
  • Air untuk adonan
  • Tepung bumbu siap saji 75 gram
  • Ketumbar bubuk
  • Jeruk nipis 1 buah diambil airnya
  • Tepung beras 25 gram
  • Garam sesuai selera
  • Minyak goreng
  • Bawang putih 3 siung di haluskan
Cara Membuat Udang Tepung Renyah :

Bagi Anda yang pemula dalam hal masak memasak, resep udang tepung renyah ini tergolong mudah bahkan bagi Anda. Mungkin Anda juga bisa mengajak anak Anda untuk ikut berpartisipasi dalam pembuatan makanan ini. Berikut adalah langkah-langkah memasak udang tepung renyah :

  1. Bersihkan udang hingga bersih tanpa kotoran yang menempel, kemudian letakkan udang ke dalam wadah cekung. Lumuri dengan air jeruk nipis dan diamkan selama 30 menit. Hal ini bertujuan untuk menghilangkan aroma amis yang ada pada udang.
  2. Setelah 30 menit berlalu, campurkan udang dengan bawang putih, ketumbar.
  3. Ambil wadah baru yang berbeda untuk mencampurkan tepung bumbu, terigu dan tepung beras. Tidak lupa dengan sesekali menambahkan air sampai membentuk tekstur adonan yang sesuai dengan preferensi Anda, mau tepung yang kental atau tipis.
  4. Setelah itu, masukkan udang ke dalam adonan tepung tersebut secara merata.
  5. Kemudian goreng udang ke dalam minyak panas selama beberapa menit hingga kecokelatan.
  6. Apabila sudah terlihat keemasan, angkat dan jadilah udang tepung renyah bikinan Anda.

Udang Tepung Renyah biasanya disajikan dengan saus tomat dan sambal sebagai penambah rasa. Makanan ini cocok digabungkan dengan nasi yang masih hangat. Karena rasanya yang gurih dan lezat, anak-anak Anda akan menyukai makanan satu ini.

READ  4 Resep Pisang Goreng yang Bisa Anda Buat Sendiri Di Rumah

Resep Nugget Udang

3. resep nugget udang
www.fimela.com

Apabila selama ini Anda hanya mendengar nugget itu terbuat dari ayam, maka tidak sepenuhnya benar. Sudah banyak sekali kreasi-kreasi nugget di luar sana yang menggantikan ayam sebagai bahan utama makanan nugget, seperti tempe dan daging. Kreasi nugget lainnya yang tidak kalah terkenal adalah nugget udang.

Wah, bagaimana merubah udang menjadi nugget yang lezat? Apa cara membuatnya tidak sulit? Tenang saja, nugget udang ini terlihat sulit, namun apabila Anda sudah mempraktekkannya sebenarnya biasa saja dan bahkan cukup mudah.

Bahan Nugget Udang :

Bahan membuat nugget pada umumnya termasuk mudah dan dapat dicari di pusat perbelanjaan sekitar Anda. Berikut ini adalah bahan-bahan yang harus Anda kumpulkan terlebih dahulu untuk membuat nugget udang:

  • Udang kupas bersih 250 gram
  • Daun bawang 1 batang dicincang
  • Tepung sagu 3 sdm
  • Terigu 3 sdm
  • Tepung roti, telur ayam (untuk celupan)
  • Telur ayam 1 butir
  • Minyak goreng seperlunya
  • Roti tawar 2 lembar dihancurkan
  • Bumbu-bumbu tambahan (garam, lada, bubuk gula, penyedap rasa, bawang 3 siung di haluskan)
Cara Membuat Nugget Udang :

Setelah Anda berhasil mengumpulkan semua bahan di atas, maka Anda telah siap untuk membuat nugget udang. Bagaimana caranya? Simak langkah-langkah berikut ini dengan seksama :

  1. Campurkan udang yang sudah dicuci bersih, terigu, tepung sagu, telor dan daun bawang dalam sebuah wadah, kemudian aduk hingga rata.
  2. Tambahkan bumbu halus yaitu garam, lada, bubuk gula, penyedap rasa dan bawang ke dalam adonan, dan aduk rata kembali.
  3. Masukkan adonan yang merata tadi ke dalam loyang tahan panas, kemudian kukus selama 30 menit.
  4. Setelah matang sempurna, angkat adonan tersebut masukkan ke dalam kulkas sampai teksturnya padat dan keras.
  5. Anda dapat menyimpannya untuk beberapa waktu dan apabila Anda ingin menggorengnya sekarang, potong-potong adonan nugget, kemudian celupkan ke dalam telur. Gulingkan nugget ke dalam tepung roti dan goreng ke dalam minyak yang sudah dipanaskan terlebih dahulu sebelumnya.
  6. Goreng selama beberapa saat, dan apabila sudah terlihat keemasan, angkat nugget tersebut dan nugget udang sudah bisa disantap dengan keluarga.

Resep Udang Saus Padang

4. resep udang saus padang
cookpad.com

Apabila tadi sudah ada kreasi udang dengan saus asam manis, maka kali ini kreasi terbaru adalah udang saus padang.

Rasa gurih yang sejak awal sudah dimiliki udang menjadi semakin keluar dan dengan saus padang yang lezat, menambah cita rasa khas makanan ini. Cocok sekali untuk menjadi salah satu hidangan utama di meja makan Anda.

Bahan Udang Saus Padang :

Tidak dipungkiri, memang bahan dari masakan udang saus padang ini termasuk lebih banyak jika dibandingkan dengan resep masakan udang lainnya. Terutama untuk bumbu saus padang yang beragam.

Namun meskipun banyak, Anda masih bisa mendapatkan bahan-bahan tersebut secara mudah di pasar maupun supermarket kesayangan Anda. Inilah daftar bahan tersebut :

  • Udang 200 gram
  • Jahe 1 cm
  • Cabe merah 1 buah iris tipis
  • Cabe keriting 3 buah
  • Bawang putih 3 siung
  • Minyak sayur 50 ml
  • Bawang merah 2 siung
  • Garam, gula, merica, air secukupnya
  • Daun bawang 1 batang diiris
  • Saus tomat 3 sdm
  • Saus sambal 2 sdm
  • Cabe rawit sesuai selera
  • Saus tiram 1 sdm
READ  4 Resep Kue Bolu beserta Bahan dan Langkah-Langkah Membuatnya
Cara Membuat Udang Saus Padang :

Setelah semua bahan terkumpul di meja dapur Anda, siap-siaplah untuk memasak. Inilah langkah-langkah yang harus Anda ikuti untuk membuat udang saus padang yang gurih dan lezat :

  1. Bersihkan udang hingga bersih dari kotoran dan kulit, kemudian goreng dalam minyak panas.
  2. Haluskan bumbu-bumbu yang sudah Anda beli tadi yaitu cabe keriting, bawang putih dan bawang merah, jahe dan minyak sayur. Kemudian tumis bumbu tersebut hingga halus sampai aromanya harum, sambil sesekali menambahkan saus-saus sesuai selera.
  3. Apabila Anda masih merasa rasanya kurang saat mencicipinya, Anda bisa memberi perasa gula, garam, merica dan air. Setelah rasanya pas, barulah masukkan udang dan daun bawang, dan masak hingga saus mendidih.
  4. Udang saus padang siap untuk disajikan dengan nasi putih hangat.

Resep Tumis Udang Sayuran

5. resep tumis udang sayuran
www.youtube.com

Anda ingin memasak masakan berbahan dasar udang, namun Anda tidak punya waktu yang cukup untuk memasak? Tenang saja, ada resep udang yang cukup mudah dan cepat untuk Anda masak.

Hanya memakan waktu sekitar 35 menit saja, Anda sudah bisa membuat sebuah masakan udang yang dinamakan tumis udang sayuran.

Bahan Tumis Udang Sayuran :

Tidak hanya mudah dan cepat, namun bahan dari resep tumis udang sayuran ini sangat mudah didapat dan dapat diganti sesuai preferensi Anda masing-masing. Berikut ini adalah daftar bahan yang perlu Anda persiapkan sebelum memasak tumis udang sayuran:

  • Udang segar 100 gram
  • Bawang merah 3 siung diiris tipis
  • Wortel 200 gram, potong sesuai selera
  • Air
  • Cabe sesuai selera
  • Bawang putih 2 siung diiris tipis
  • Jagung 1 buah di pipil
  • Merica sesuai selera
  • Garam sesuai selera
  • Minyak goreng untuk menumis secukupnya
Cara Membuat Tumis Udang Sayuran :

Setelah berhasil mendapatkan semua bahan di atas, maka saatnya Anda memasak tumis udang sayuran. Caranya cukup mudah dan cepat, yaitu sebagai berikut :

  1. Cuci sampai benar-benar bersih udang segar yang Anda beli tadi. Singkirkan kepala dan kulitnya yang tidak untuk dikonsumsi.
  2. Panaskan sedikit minyak dalam wajan hingga panas kemudian tumis bumbu-bumbu yang telah Anda persiapkan, seperti bawang putih, bawang merah dan cabai. Tumis bumbu tersebut hingga tercium aroma harum.
  3. Masukkan udang ke dalam tumisan tersebut, kemudian disusul dengan sayuran. Aduk rata sambil sesekali menambahkan bumbu seperti gula, merica dan garam.
  4. Keempat, tambahkan air sedikit saja, masak hingga matang.
  5. Setelah udang dan sayuran terlihat matang dan tercampur, angkat dan sajikan di meja makan Anda. Tumis udang sayuran telah selesai dibuat.

Baca Juga Makanan Khas Jawa Timur

Demikianlah tadi resep-resep udang yang dapat kami rekomendasikan kepada Anda. Ada yang berkuah maupun kering, ada yang terasa manis, pedas ataupun gurih. Semuanya didasarkan pada preferensi Anda dalam memasak.

Dengan adanya artikel ini kami harap Anda bisa mengeksplor kreasi masakan Anda dalam bahan dasar udang sehingga keluarga Anda tidak gampang bosan.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.