14 Jenis Ikan Guppy dan Cara Memilih yang Terbaik Bagi Pemula

Jenis ikan guppy – Bagi Anda yang suka dengan ikan, mungkin sudah tidak asing lagi dengan salah satu ikan lokal khas Indonesia yang memiliki tubuh cantik yakni ikan guppy. Guppy sendiri sering dipelihara sebagai ikan hias yang terjangkau dan bentuk tubuh indahnya.

Meskipun memiliki bentuk tubuh yang cenderung kecil, namun dengan siripnya yang warna-warni menjadikannya sebagai primadona banyak orang, Spesies ikan hias untuk air tawa ini masih satu anggota dengan Poecilidae yakni ikan berukuran tubuh kecil dan cukup populer.

Salah satu alasan mengapa banyak orang yang suka dengan ikan ini adalah karena memiliki warna cantik. Bahkan para kolektor guppy juga banyak yang saling berlomba berburu guppy dengan warna corak cantik. jika Anda tertarik di bawah ini ada beberapa jenis dari ikan tersebut!

Guppy Metalik

guppy metalik
semuaikan.com

Sesuai dengan namanya yakni Ikan guppy metalik, maka ikan ini identik dengan beberapa jenis warna yang lebih cenderung ke arah warna biru atau abu-abu gelap seperti metalik. Warna-warna tersebut biasanya dimiliki oleh guppy tubuh jantan. 

Jika Anda sering melihat guppy dengan warna metalik namun memiliki corak seperti kobra maka  warna tersebut merupakan kombinasi diantara gen dari guppy metalik dengan gen guppy cobra yang kemudian dikawinkan. Namun jika Anda ingin yang biasa saja maka bisa memilih guppy metalik. 

Guppy Cobra

guppy cobra
www.merdeka.com

Bukan hanya ular saja ya yang ada jenis Cobranya, ikan jenis guppy juga punya. Salah satu ciri yang khas dari jenis satu ini ada memiliki corak kulit yang sangat mirip dengan ular dan didominasi warna merah pada bagian ekor maupun sirinya. 

Sedangkan pada bagian semua tubuh guppy untuk jantan biasanya akan ditunjukan dengan kombinasi beberapa warna seperti hitam, kuning serta putih. Ada cukup banyak ikan guppy dengan corak tubuh mirip seperti ular. Dari corak yang satu inilah kebanyakan orang bisa mengidentifikasinya.

Guppy Pink White

guppy pink white
diapteron.co.uk

Guppy jenis pink white yang satu ini bahkan belum teridentifikasi dari mana sumber asalnya. Sesuai dengan namanya maka ikan ini ditunjukkan dengan karakteristik ada warna putih pink di bagian pangkal ekornya. Namun siapa sangka pada awal masa kemunculannya, guppy jenis satu ini memiliki ekor dengan warna semburat merah. Bagaimana cukup menarik bukan?

Guppy Tuxedo

guppy tuxedo
www.tropco.co.uk

Ikan Guppy dengan Gen tuxedo bukan hanya akan memberikan pengaruh pada bagian warnanya  saja. Bahkan hal lainnya bisa dilihat di ukuran sirip yang mana terlihat tidak sama dengan guppy umumnya.

Guppy jenis tuxedo mempunyai warna gelap yang ada di bagian tubuh bagian belakang misalnya saja warna biru tua serta hitam. Hanya saja untuk tingkat coverage pada setiap guppy biasanya berbeda-beda satu dengan lainnya. Namun pada umumnya akan menutupi separuh dari bagian tubuh belakang.

Guppy Japan Blue 

guppy japan blue 
www.pinterest.com

Jenis guppy  Japan Blue ditandai dengan dominasi warna seperti biru langit dan hal ini akan sangat terlihat di bagian ekor dan siripnya. Jenis Japan blue bahkan juga diperkirakan dari guppy liar yang mana hidup dan ada di Jepang. 

Namun seiring dengan adanya pengaruh yang berasal dari  gen  lain, maka warna yang dimiliki menjadi saat ini jadi sangat bervariasi  seperti halnya dengan dari  ungu  lebih ke warna turquoise. Untuk perkembangan  terbaru  yang di bagian kepala serta pangkal ekor. Bagaimana cukup menarik bukan?

Guppy Mozaic

guppy mozaic
semuaikan.com

Jenis guppy Mozaic mempunyai ciri khas yang mana bisa dilihat dengan bentuk semacam pola serta corak bergelombang yang ada di bagian sirip dan ekornya. Pola yang ada selalu mempunyai bentuk susunan yang bisa dikatakan rapi dan beraturan yakni di antara warna biru dengan kuning atau warna merah dengan warna biru itu.

Anda pun bisa menyesuaikannya dengan keinginan. Jika Anda memiliki untuk memperoleh ikan guppy dengan gen mozaic yang mana bisa terbilang cukup langka. Maka Anda bisa menyilangkannya dengan gen jenis lainnya supaya bisa  menghasilkan gen mozaic yang memiliki warna serta corak cantik.

Guppy Grass

guppy grass
semuaikan.com

Guppy jenis Grass adalah satu satu jenis ikan dari perkembangan guppy mozaic. Guppy grass sendiri mempunyai corak di bagian sirip ekor  serta sirip  punggungnya. Bentuk noktah grass sebenarnya dapat memberikan perbedaan dari warna nyata, grass  bercorak  pisau  halus biasanya akan muncul di jenis red grass sedangkan corak  noktah  titik  di jenis guppy blue grass.

Cukup disayangkan karena untuk saat ini baik itu ikan guppy jenis blue grass maupun red grass lebih memiliki corak noktah titik halus. Di bagian awal  kemunculan dari  guppy grass  ditunjukkan dengan warna  sirip  punggungnya transparant  jadi ini adalah alasan mengapa ikan ini disebut sebagai grass.

Guppy Leopard

guppy leopard
www.tokopedia.com

Guppy Leopard tentunya mempunyai ciri-ciri yang bisa ditunjukkan dengan noktah tebal serta tersebar acak di bagian sirip berwarna gelap. Jenis guppy yang satu ini dapat dijumpai jika mengawinkan silang dari ikan guppy  jenis cobra dengan ikan jenis guppy polos. Beberapa kemungkinan menunjukkan jika gen varietas ini merupakan perkembangan dari guppy mozaic.

Guppy Green Red Dragon

guppy green red dragon
today.line.me

Jenis ikan guppy Green Red Dragon hampir sangat diminati para kolektor dari ikan hias di kawasan Indonesia.  Pasalnya guppy red dragon didukung dengan bentuk sirip melebar ke arah samping serta dikenal memiliki ekor delta. Corak yang dimiliki juga sangat unik didukung dengan perpaduan warna beragam.

Tak heran jika jenis ikan guppy ini dibanderol dengan harga yang mahal. Tiga ekor ikan guppy jenis red dragon ini bisa terjual dengan harga satu jutaan rupiah.

Guppy German Platinum Crowntail

guppy german platinum crowntail
www.merdeka.com

Guppy German Platinum Crowntail merupakan salah satu jenis guppy yang dibanderol dengan harga jual termahal. Waw cukup keren bukan? Jadi tidak heran lagi jika ikan ini  tampak memiliki sirip dengan bentuk yang sangat cantik. Ekornya dari ikan ini bahkan juga terlihat seolah membentuk seperti mahkota, jadi banyak yang menamakannya dengan  crowntail.

Guppy crowntail merupakan ikan guppy berasal dari kawasan Moscow Australia. Warna dasar dari bagian tubuhnya adalah berwarna pink serta sedikit keunguan. Ekor dari ikan ini sangat panjang dan terlihat sangat elegan pada saat berenang di bawah air.

Black Moscow

black moscow

Jenis guppy Black Moscow mempunyai memiliki ciri khas yakni warna hitam pekat serta ada di seluruh bagian tubuhnya. Sesuai dengan namanya guppy bertubuh warna hitam ini tidak memang berasal dari kawasan Moscow. Namun selain dari sana ada pula yang berasal dari thailand. Keduanya ikan tersebut sejatinya memang sama walaupun berbeda asalnya. 

Young Pair Champion Purple

young pair champion purple

Siapa sangak jenis guppy Young Pair Champion Purple  bisa dikatakan sebagai salah satu jenis dengan harga yang sangat mahal. Diketahui, jika harga satu ekor guppy jenis bisa dibanderol dengan kisaran harga $80 setara dengan sekitar Rp. 1.000.000. 

Cukup mahal bukan? Ikan guppy jenis Young Pair Champion Purple tergolong dengan gen yang terbilang cukup langka bahkan untuk corak cantik polos. Jadi tidak heran lagi jika harganya juga menjadi mahal dan fantastis. 

Ikan Guppy Platinum Half Moon

ikan guppy platinum half moon
hewanairinfo.blogspot.com

Guppy Platinum Half Moon termasuk pada jenis guppy yang paling mahal di antara lainnya. Corak warna tubuh dari Guppy Platinum Half Moon memiliki gradasi sehingga mampu menjadikan bentuk pada tubuhnya tampak sangat cantik.

Sama seperti namanya, ikan guppy jenis ini pada semua bagian tubuh memiliki warna silver platinum. Sedangkan pada bagian tengah memiliki warna hitam ke-silveran.

Ikan Guppy Blue Grass

ikan guppy blue grass
shopee.co.id

Ciri khas dari guppy satu ini ditunjukkan pada bagian ekor yang sangat lebar serta terlihat cantik. Bagian kepala sampai ekor memiliki kuning sedangkan pada bagian sirip dan ekornya biasanya berwarna biru lengkap beserta bintik totol hitam. Ikan guppy satu Blue Grass juga dibanderol pada harga cukup mahal.

Di atas adalah beberapa jenis ikan guppy yang mungkin bisa Anda jadikan sebagai salah satu peliharaan ikan hias di rumah. Anda pun bisa menyesuaikan sesuai selera dan kebutuhan. Nah jika Anda adalah pemula maka sebaiknya perhatikan beberapa tips memilih guppy yang ada di bawah ini!

Tips Memilih Ikan Guppy untuk Pemula

tips memilih ikan guppy untuk pemula
www.aquaama.my.id

Perhatikan Usia ikan

Usia dari ikan menjadi salah satu faktor yang sangat penting untuk diperhatikan sebab jika umur ikan belum matang maka warna ikan bisa saja sewaktu-waktu berubah.

Oleh sebab itu, Anda sebaiknya memilih guppy dengan usia kisaran 4 hingga 5 bulan. Usia tersebut adalah usia yang matang bagi ikan guppy dan juga bisa dibedakan jenis jantan atau betina. 

Perhatikan Fisik Ikan

Fisik dari ikan juga akan berpengaruh ke kesehatan ikan pilihlah. Oleh sebab itu, pilih guppy dengan bentuk fisik yang sempurna mulai dengan bagian kepala hingga ujung ekor. Guppy sehat pada umumnya di bagian ekor dan sirip tidak ada yang rusak atau sobek terkecuali untuk jenis ikan guppy crowntail. 

Selain itu, perhatikan juga dan pastikan jika pada bagian badan ikan tidak terdapat bercak berwarna putih serta luka. Pada bagian mata ikan perhatikan apakah bulat sempurna atau tidak. Masalah warna ikan bisa Anda sesuaikan dengan selera dan kebutuhan.

Perilaku Ikan

Mungkin Anda akan sedikit bingung mengenai perilaku ikan? yang dimaksud disini adalah cara berenang ikan. sebaiknya Anda mencari ikan yang berenang dengan gembira atau berenang dengan bebas serta lincah dan tidak berdiam diri pada bagian atas atau pun dasar aquarium.

Baca Juga Ikan Koi

See also  Cara Budidaya Ikan Gurame yang Baik dan Benar Bagi Pemula

Nah itu tadi beberapa informasi mengenai cara yang bisa Anda perhatikan saat memilih ikan guppy terutama jika pemula. Sedangkan untuk cara perawatannya ada di penjelasan di bawah ini:

  • Selalu perhatikan kondisi dari akuarium dalam keadaan yang bersih serta pH air seimbang
  • Atur suasana dari  akuarium seperti halnya dengan habitat aslinya tinggal di tempat berarus
  • Siapkan dan beri ikan makanan bergizi misalnya saja kutu air, jentik nyamuk, serta cacing sutra. Atau Anda juga bisa memberikan ikan guppy makanan lain berupa pelet sebagai salah satu pengganti
  • Jangan pernah campurkan ikan guppy bersama ikan lain yang agresif. Sebab guppy adalah jenis ikan tidak agresif nantinya akan kalah dengan ikan agresif jika Anda sengaja mencampurkan ke dalam akuarium sama. 

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.