Kucing Anggora : Sejarah, Ciri, Sifat, Penampilan dan Cara Merawatnya

Kucing anggora- Bagi pecinta kucing, Anggora adalah salah satu jenis kucing yang cukup digemari. Ya, tidak dimungkiri memang bahwa kucing Anggora menjadi primadona untuk dipelihara selain kucing persia. Nah, kucing ini memang menjadi salah satu yang cukup ideal untuk dipelihara.

Selain fisiknya yang lucu dan menggemaskan, kesehatan Anggora juga cenderung stabil dengan gaya hidup yang cukup fleksibel. Nah, pada kesempatan ini akan dibahas tentang hal-hal yang berkaitan dengan kucing Anggora. Beberapa hal tersebut tentu saja penting untuk menambah wawasan terkait seluk-beluk Anggora serta mengetahui bagaimana cara yang tepat untuk mengenali dan merawatnya.

Penasaran? Simak ulasan di bawah ini.

Sejarah Kucing Anggora

sejarah kucing anggora

Sebenarnya, nama asli dari kucing Anggora adalah Turkish Anggora. Dari namanya saja bisa diketahui jika asal kucing ini adalah dari Turki. Konon, menurut beberapa sumber, kucing ini kemungkinan merupakan perkawinan silang alami dari kucing liar yang berasal dari Afrika dan kucing domestik yang berada di Timur Tengah.

Nah, di Turki sendiri, beberapa sumber mengatakan kucing ini berasal dari Turki bagian tengah, tepatnya Ankara yang merupakan ibukota Turki. Jenis kucing ini sudah ada sejak abad ke-17 yang lalu dan penduduk setempat menemukan jenis awal kucing ini memiliki warna bulu putih dengan bulu yang cenderung panjang sebelum bermutasi. 

Pada abad ke-20, pemerintah Turki melakukan pemberdayaan terkait kucing Anggora untuk menambah populasi yang cenderung berkurang karena impor di tahun-tahun sebelumnya. Hingga saat ini, Anggora menjadi kucing yang cukup terkenal dan banyak ditemukan di berbagai negara yang berbeda, termasuk Indonesia.

Penampilan Umum Kucing Anggora

penampilan umum kucing anggora
www.cermati.com

Tampilan kucing memang menjadi salah satu alasan kenapa seseorang memilih kucing Anggora sebagai hewan peliharaan.

Ya, Anggora memang memiliki penampilan yang cukup elegan yang membuatnya disukai banyak orang. Secara umum, penampilan kucing ini cukup seimbang. Ia memiliki bulu yang cukup panjang, ukuran tubuh yang lebih panjang dari ras lain, serta ekor dan kaki yang panjang pula.

Nah, ciri khas dari Anggora adalah kombinasi bulu serta warnanya. Memang, kucing ini tidak memiliki bulu yang terlalu lebat, namun helai bulunya cenderung lebih panjang sehingga memberikan keseimbangan ketebalan. Selain itu, kucing Anggora juga memiliki kepala yang cenderung moncong ke depan namun tidak terlalu lancip.

Juga, bentuk telinganya cukup lancip di atas. Hal menarik lainnya dari penampilan kucing ini ada di bagian mata. Anggora memiliki bentuk mata yang sangat menarik dengan warna yang berbeda-beda. Beberapa warna yang bisa ditemukan dalam mata kucing ini adalah biru, amber, hijau atau kombinasi. Warna mata ini tentu saja membuat penampilan kucing ini menjadi lebih menarik dan menyenangkan.

Variasi Warna Kucing Anggora

variasi warna kucing anggora
www.hipwee.com

Sebagaimana disinggung di awal bahwa salah satu hal yang menarik dari kucing Anggora adalah warna yang melekat pada bulunya. Warna ini tentu saja akan membuat kucing ini terlihat lebih menggemaskan untuk dipelihara.

Nah, menurut Cat Fancier Organization, ada beberapa warna bulu kucing Anggora yang bisa ditemukan. Beberapa warna tersebut adalah sebagai berikut:

  • Putih

Salah satu warna yang ada pada Anggora adalah putih. Sebenarnya, warna ini bisa masuk dalam klasifikasi warna solid. Namun, perlu diketahui, pada awalnya, sebelum bermutasi, warna alami bulu kucing Anggora adalah putih. Oleh karena itu, warna putih pada kucing ini seringkali dianggap sebagai warna paling murni dari Anggora. 

Anggora dengan warna putih terlihat sangat elegan dan juga bersih. Uniknya, meskipun bulunya berwarna putih, kucing ini bisa memiliki warna mata yang berbeda-beda. 

  • Solid

Warna solid merupakan warna lain dari kucing Anggora yang cukup banyak ditemukan. Warna ini artinya Anggora hanya memiliki satu warna di seluruh bagian tubuhnya. Tidak ada gradasi yang berbeda ataupun corak khusus yang melekat pada bagian bulu.

Nah, dalam hal ini, selain putih, ada beberapa warna solid lain yang muncul, yaitu hitam, cream, orange dan juga kebiruan. Beberapa orang sering memilih untuk memelihara kucing Anggora dengan warna yang satu ini. Selain terlihat cukup simple dari segi detail warna, ada kesan lebih elegan yang muncul dari Anggora dengan warna yang solid.

  • Tabby

Warna lain dari bulu Anggora adalah Tabby. Ini adalah warna unik seperti loreng yang terdapat pada cheetah ataupun harimau. Umumnya, Anggora dengan warna ini memiliki kombinasi hitam dan juga abu-abu. Namun, ada juga kombinasi warna lain meskipun cenderung lebih jarang, seperti perak, cameo, dan lainnya.

  • Multi-Color

Multi-color artinya kucing Anggora memiliki corak warna yang begitu beragam di bagian tubuhnya dan tersebar secara merata. Ini adalah warna yang paling ramai dari berbagai variasi warna bulu Anggora yang ada. 

Selain itu, pola warna bermacam-macam dan tersebar secara merata ini adalah hasil alami yang muncul secara acak. Oleh karenanya, Anggora dengan variasi warna ini memiliki kesan unik tersendiri dibandingkan dengan beberapa varian lain yang ada.

  • Bi-Color

Variasi warna bulu Anggora terakhir yang ada adalah bi-color. Ini adalah warna bulu campuran dari Anggora dengan pola yang cenderung lebih rapi di beberapa bagian tubuh Anggora. Umumnya, warna yang masuk dalam variasi ini adalah putih solid sebagai dasar yang kemudian terdapat campuran hitam dan juga orange. 

Beberapa variasi warna di atas adalah warna-warna yang muncul dari ras kucing Anggora. Tentu saja, aneka warna tadi juga bisa menjadi pertimbangan ketika Anda ingin memelihara Anggora sebagai peliharaan kesayangan.

Sifat Kucing Anggora

sifat kucing anggora

Hal lain yang menarik untuk diketahui perihal kucing Anggora adalah sifat dari kucing tersebut. Tentu saja ini merupakan hal yang cukup penting karena nantinya berkaitan dengan perawatan yang akan dilakukan.

Tentu, dengan mengetahui sifat Anggora secara menyeluruh, maka Anda bisa melakukan perawatan dengan lebih baik dan maksimal. Nah, salah satu sifat alami dari kucing ini adalah penyesuaian yang baik. Artinya, Anggora cenderung lebih bisa beradaptasi dengan lingkungan yang baru secara lebih cepat dan lebih baik. 

Selain itu, mereka juga termasuk golongan kucing yang cenderung cerdas dan juga aktif. Ketika masih kecil, Anggora cenderung sangat lincah dan aktif, terutama untuk melompat dan juga bermain. Terlebih, didukung dengan postur tubuh yang serba panjang dan juga lebih lentik.

Uniknya, kucing Anggora akan terus aktif hingga mereka dewasa. Hal inilah yang membuatnya cukup berbeda terutama dengan kucing Persia yang cenderung aktif ketika masih kecil saja. Sebagaimana disinggung di awal, Anggora memang merupakan kucing yang cenderung cerdas dibandingkan dengan kucing ras lainnya.

Mereka memiliki rasa ingin tahu yang cukup besar sehingga tidak jarang Anggora akan berkeliling-keliling untuk mencari tahu ada apa di setiap sudut rumah. Selain itu, kecerdasan Anggora juga tergambar dari pola interaksi dengan pemilik.

Dalam hal ini, kucing Anggora seolah memiliki pengetahuan yang mendalam tentang pemiliknya hingga nantinya asyik diajak bicara dan bercanda. Oleh karena itu, Anggora sering dianggap menjadi kucing yang ideal untuk keluarga. Oleh karena itu, tak salah rasanya jika Anda memelihara kucing ras yang satu ini.

Cara Merawat Kucing Anggora

cara merawat kucing anggora
www.popmama.com

Kombinasi bulu yang indah dan kecerdasan yang lebih baik dibandingkan dengan kucing ras lain membuat kucing Anggora menjadi primadona untuk dipelihara. Namun, tentu saja, untuk memelihara kucing ini dengan tepat, maka ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan terkait cara perawatannya.

Nah, adapun beberapa cara perawatan yang perlu Anda ketahui dengan baik dan lakukan di rumah adalah sebagai berikut:

  • Menyediakan Kandang yang Nyaman

Salah satu kebutuhan yang paling wajib untuk memelihara kucing Anggora tentu saja adalah kandang. Oleh karena itu, saat ingin memelihara kucing ini, maka Anda harus menyiapkan kandang yang nyaman terlebih dahulu.

Perlu diketahui bahwa kandang yang nyaman juga akan berpengaruh pada bagaimana pertumbuhan dan psikologis dari kucing yang Anda pelihara tersebut. Nah, sebagaimana disinggung di awal, Anggora termasuk kucing yang aktif bermain dan melompat.

Hal ini harus menjadi dasar dan pertimbangan Anda ketika hendak membuat kandang untuknya. Kandang yang ideal adalah kandang yang cukup luas baik dari segi panjang ataupun tinggi. Keduanya tentu akan memudahkan Anggora untuk bisa bergerak kesana dan kemari.

Tidak hanya itu, kebersihan kandang juga menjadi hal yang penting untuk diperhatikan. Dalam hal ini, Anda sebaiknya membersihkan kandang setiap hari terutama untuk membuang kotoran. Hal ini penting agar kucing Anda senantiasa bersih dan terhindar dari berbagai ancaman penyakit karena kandang yang kurang higienis. 

  • Memandikan Kucing Secara Teratur

Hal lain yang terkait dengan kebersihan dan sangat penting untuk perawatan kucing Anggora adalah memandikan kucing secara teratur. Ini menjadi hal yang begitu krusial untuk Anda pertimbangkan. Tentu, memandikan Anggora adalah salah satu cara yang bisa dilakukan agar kebersihan kucing ini cenderung terjaga dari waktu ke waktu.

Nah, dalam hal ini, Anda sebaiknya memandikan Anggora secara teratur setiap satu minggu sekali. Dengan pola mandi semacam ini, maka kucing Anda akan senantiasa terlihat bersih dan tentu saja bebas dari masalah yang mengganggu seperti kutu dan lainnya.

Namun, Anda tentu perlu mempelajari bagaimana cara memandikan kucing yang baik dan benar. Dengan pengetahuan yang tepat, maka hasil Anda memandikan kucing tersebut akan cenderung lebih maksimal dan kucing Anda pun akan senantiasa bersih, wangi dan sehat.

  • Menyisir Bulu Secara Rutin

Salah satu keindahan dari kucing Anggora adalah bulunya yang panjang, lembut dan berwarna. Oleh karena itu, untuk merawat Anggora, maka Anda harus merawat bulu kucing tersebut dengan baik dan benar. Nah, salah satu hal yang penting untuk dilakukan adalah menyisir bulu secara rutin.

Cara perawatan ini memang cukup sepele namun akan memberikan dampak yang cukup luar biasa. Dengan menyisir bulu secara rutin, maka Anggora akan memiliki bulu yang cenderung lebih halus dan lembut. Tidak hanya itu, mereka juga akan bebas dari kutu yang sering menyelinap diantara bulu tersebut.

  • Memilih Makanan yang Baik

Untuk merawat kucing Anggora, maka Anda juga perlu memilih makanan yang tepat. Poin ini memang sangat penting karena berhubungan langsung dengan bagaimana kucing tersebut akan tumbuh. Oleh karena itu, Anda perlu selektif dalam memilih mana makanan yang cocok untuk dijadikan bekal pertumbuhannya.

Berbincang tentang makanan, Anda akan menemukan cukup banyak variasi makanan yang tersedia di pasaran. Nah, dalam hal ini, usahakan jika Anda memilih makanan untuk kucing dengan kandungan protein sekitar 40%.

Ini adalah salah satu ukuran dan standar yang bisa dijadikan patokan untuk memastikan makanan tersebut bisa membuat Anggora tumbuh dengan lebih sehat. Selain itu, pastikan jika makanan kucing yang Anda pilih tidak mengandung banyak garam.

Hal ini sangat penting karena garam dalam makanan yang dimakan akan membuat bulu kucing cenderung lebih mudah rontok. Jika diperlukan, Anda bisa berkonsultasi dengan dokter hewan untuk memilih mana makanan yang cocok untuk kucing yang Anda pelihara. 

  • Hindari Memberikan Minuman Air Mentah

Selain makanan, faktor minuman juga memiliki peran yang cukup besar dalam perawatan kucing Anggora. Memang, air putih bisa menjadi pilihan yang tepat untuk diberikan. Namun, dalam hal ini, hindari adalah memberikan minuman air mentah pada Anggora. Ini adalah hal yang cukup krusial dan penting untuk dihindari.

Beberapa orang mungkin berpikir biasa saja mengenai hal ini. Padahal, perlu diketahui, air yang mentah masih mengandung bakteri yang belum mati kecuali direbus. Bakteri inilah yang bisa saja menjadi biang masalah dan mengganggu kesehatan Anggora yang Anda pelihara.

Air yang baik untuk memberi minum kucing Anggora adalah air yang sudah direbus terlebih dahulu hingga mendidih. Meskipun Anda menggunakan air mineral jenis apapun, lebih baik air tersebut tetap direbus terlebih dahulu.

  • Membersihkan Telinga

Hal lain yang perlu diperhatikan terkait cara merawat Anggora adalah membersihkan telinga. Ini adalah salah satu hal yang cukup penting namun sering dilupakan. Telinga adalah bagian yang cukup sensitif yang akan berpengaruh pada kenyamanan Anggora yang Anda pelihara.

Nah, dalam hal ini, Anda sebaiknya membersihkan telinga kucing tersebut setiap 2 minggu sekali. Memang, Anggora bisa membersihkannya sendiri. Namun, terkadang mereka tetap memerlukan bantuan manusia agar telinga yang kotor bisa bersih dengan maksimal.

Tidak hanya itu, untuk membersihkan telinga Anggora, Anda harus berhati-hati. Anda bisa menggunakan kapas atau kain basah yang digunakan untuk mengusap dengan lembut. Hal ini sangat penting agar tidak ada bagian dari telinga Anggora yang terluka.

  • Memotong Kuku

Selain telinga, kuku juga menjadi bagian dari kucing Anggora yang harus dirawat dengan baik. Ya, layaknya manusia yang harus memotong kuku secara rutin, kucing pun juga demikian. Dalam hal ini, Anda harus memotong kuku Anggora secara teratur untuk membuatnya cenderung lebih bersih.

Tidak hanya itu, kuku yang dipotong secara teratur juga akan menghindarkan mereka tersakiti sendiri karena kuku yang terlalu tajam. Nah, potong kuku kucing yang Anda pelihara secara rutin maksimal sebulan sekali agar tidak membahayakan.

  • Berikan Vaksin

Vaksin bisa dikatakan menjadi hal yang tidak boleh dilupakan saat memelihara kucing. Ya, pemberian vaksin akan membuat kucing memiliki daya tahan yang cenderung lebih baik sehingga akan lebih sehat dan bebas dari virus yang menyerang. Terkait vaksin, Anda bisa berkonsultasi dengan dokter hewan untuk mendapatkan informasi yang lebih valid dan jelas.

Baca Juga Hewan Peliharaan

See also  Panduan Budidaya Ikan Mas dari Pembenihan Hingga Panen

Nah, beberapa uraian di atas adalah seluk beluk tentang kucing Anggora serta bagaimana cara merawat yang baik dan benar. Pelajari segala hal tentang kucing yang menawan satu ini demi perawatan dan pemeliharaan yang lebih baik dan tentu saja lebih menyenangkan. 

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.