Ikan Paus : Jenis-Jenis, Gambar beserta Penjelasannya

Ikan paus – Siapa sih yang tidak kenal dengan ikan paus? Ikan yang terkenal dengan ukuran badannya yang jumbo dan dijuluki sebagai ikan terbesar di dunia. Ikan ini hidup di air laut lepas, mendengar namanya saja pasti Anda sudah bisa membayangkan bahwa ikan ini adalah ikan mengerikan yang akan memangsa apa saja yang ada di sekitarnya. 

Padahal, ikan ini justru tidak pernah memangsa ikan kecil-kecil lain yang ada di sekitarnya. Dia hanya memangsa krill, plankton dan juga makhluk kecil lainnya. Akan tetapi ada pula paus yang memang  mengerikan yang giginya bergerigi. Paus ini biasa disebut dengan paus pembunuh karena memang memangsa tidak hanya hewan kecil saja tetapi juga hewan-hewan besar lainnya. 

Yang lebih mengejutkan adalah adanya spesies yang juga memangsa sesama paus dan juga lumba-lumba. Paus pembunuh juga sering dikenal dengan sebutan Orca, sebab mereka sering bekerjasama dalam hal memburu hewan yang ukurannya lebih besar dari dirinya dan kemudian setelah tertangkap memangsanya. 

Ikan paus adalah ikan yang masuk dalam golongan mamalia karena memang merupakan binatang laut yang menyusui. Adapun ciri-ciri paus adalah seperti berikut ini:

  1. Bernafas menggunakan organ paru-paru seperti manusia 
  2. Memiliki rambut dalam jumlah sedikit, sedangkan untuk paus dewasa jumlah rambutnya sudah mulai banyak 
  3. Termasuk makhluk berdarah panas
  4. Memiliki kelenjar susu karena termasuk hewan yang menyusui
  5. Organ jantungnya terdiri dari empat ruang.

Paus sendiri memiliki ketahanan dalam menahan nafas yang kuat saat berada di dalam air. Bayangkan saja, dia bisa bertahan di air tanpa mengambil nafas dalam kurun waktu hingga lima belas menit. Saat sudah mencapai batas waktu tersebut maka kemudian paus akan muncul lagi ke permukaan guna mengambil nafas. 

Selain memiliki ketahanan menahan nafas yang luar biasa, paus juga terkenal memiliki suara yang keras dan lantang. Suaranya bisa terdengar hingga jarak ratusan kilometer di bawah permukaan air. Tidak hanya itu saja, paus juga memiliki kemampuan dalam berenang yang cukup hebat.

Contohnya saja adalah paus yang bersirip dan bisa berenang dengan kecepatan mencapai 30 kilometer setiap jamnya. Akan tetapi, ada kabar buruk bagi Anda yang sedang berada di tengah laut. Pasalnya indra penciuman yang dimiliki oleh ikan paus sangatlah tajam, apalagi terhadap darah.

Ikan juga memiliki sifat yang agresif dengan bau yang diciumnya, tanpa pikir panjang ikan akan langsung mencari dan menghampiri keberadaan bau tersebut. Paus juga termasuk sebagai hewan yang memiliki sifat rakus, mungkin hal ini sudah bisa Anda tebak dari bentuk badannya yang besar.

Dengan ukuran badan tersebut mengharuskan paus makan dengan jumlah lebih banyak dibanding dengan ikan yang memiliki ukuran badan lebih kecil. Untuk setiap harinya, paling tidak ada ratusan kilogram ikan yang berukuran kecil dihabiskan setiap harinya. Akan ada ribuan ikan kecil yang habis dilahap olehnya dalam waktu sekejap saja. 

Dalam tubuh paus juga terdapat cadangan makanan berbentuk lemak yang memiliki ketebalan kira-kira 30 cm. Paus yang masuk dalam golongan besar adalah paus biru, panjang paus ini hingga mencapai 30 meter dan memiliki berat 190 ton. Bahkan bayi dari paus biru saja panjangnya sudah mencapai angka 2 cm dan beratnya sudah mencapai 2 ton. Itu baru bayi loh ya!

Ikan paus terdiri dari beragam jenisnya, berikut ada 10 jenis yang perlu Anda ketahui, diantaranya adalah:

  1. Paus Bryde
  2. Paus Minke
  3. Paus Kelabu
  4. Paus Sei
  5. Paus Kepala Busur
  6. Paus Sirip
  7. Paus Bungkuk
  8. Paus Sikat 
  9. Paus Biru 
  10. Paus Sperma.

Baiklah, mari bahas satu persatu jenis paus-paus tersebut agar Anda jadi lebih mengenal lagi terhadap hewan yang sudah mulai langka ini:

Paus Biru 

paus biru 
www.islampos.com

Paus ini konon memiliki ukuran badan yang lebih besar dibandingkan dengan dinosaurus jenis apapun. Paus biru menjadi hewan terbesar yang pernah ada dan ditemukan di dunia.

Paus biru yang sudah dewasa memiliki panjang badan mencapai 30 meter dengan berat hingga 180 ton. Ukuran tersebut setara dengan 40 ekor gajah atau sebanding dengan 30 ekor tyrannosaurus rex. Siapa yang akan mengira bahwa ikan raksasa ini pun dulunya berasal dari makhluk kecil yang 40 juta tahun silam pernah hidup di daratan.

Sebab ikan ini merupakan evolusi dari hewan mamalia yang berkaki empat. Layaknya ikan pada umumnya, ikan paus memangsa hewan-hewan kecil seperti Crustacesa dan sejenisnya. Adapun tempat hidup dari paus biru ini tersebar di berbagai wilayah, ada yang di samudra hindia, pasifik maupun atlantik. 

Paus Finback

paus finback
okdogi.com

Jenis paus yang kedua dan tidak kalah besar yakni paus Finback, paus ini panjangnya hingga 90 kaki dan berat mencapai 70 ton. Bahkan dengan ukuran tubuh yang sedemikian, Finback ini masuk dalam urutan kedua paus terbesar yang ada di dunia. 

Paus Finback juga sering dikenal dengan sebutan razorback, rorqual dan juga fin whale. Bentuk dari tubuhnya ramping dengan warna abu-abu. Keberadaan ikan jenis ini saat ini dalam ancaman kepunahan karena memang jumlahnya sudah sangat sedikit. 

Right Whale

right whale
jogja.tribunnews.com

Ikan paus ini adalah salah satu jenis ikan yang yang memiliki tubuh tipis. Meskipun begitu, pertumbuhan paus jenis ini mampu membuatnya menjadi salah satu paus terbesar di dunia. Panjang tubuhnya berkisar 60 kaki dengan berat badan mencapai 100 ton. 

Yang menjadi ciri khas dari paus jenis ini adalah ada di bagian kepalanya, sebab di kepala terdapat kapalan. Tidak hanya itu saja, paus jenis ini memiliki lubang nafas atau semburan yang bentuknya unik menyerupai huruf V. untuk warnanya sendiri ada yang berwarna abu-abu dan ada pula yang memiliki warna hitam. 

Karena badannya yang terbilang besar maka tidak heran jika paus ini memiliki kandungan lemak yang cukup tinggi. Selain itu, Right Whale juga kaya akan minyak ikan di dalam tubuhnya. 

Paus Bowhead 

paus bowhead 
rivanputra.wordpress.com

Jenis paus selanjutnya adalah paus Bowhead, paus ini juga sama seperti paus pada umumnya yang memiliki ukuran tubuh jumbo. Ikan ini memiliki panjang tubuh sekitar 66 kaki dan berat 74 ton. Paus ini memiliki kemampuan berenang yang lebih lambat dibanding dengan ikan-ikan raksasa lainnya. 

Ikan jenis ini kerap kali ditemukan di perairan Artik, maka tidak heran jika paus ini juga disebut dengan Arctic Whale atau ada pula yang menyebut dengan Greenland Right Whale. Dengan ukuran badannya yang besar, paus ini memiliki lemak dengan ketebalan kira-kira 45 cm guna menahan tubuhnya dari udara dingin. 

Sayangnya, jenis paus yang satu ini amatlah langka dan setiap tahunnya populasi juga semakin menurun. Semua ini tidak lepas dari akibat adanya eksploitasi laut yang liar dan berlebihan. 

Paus Sperma

paus sperma
tekno.tempo.co

Apabila sudah memasuki usia dewasa, jenis paus yang satu ini panjangnya hingga 67 kaki dan berat mencapai 56 ton. Tidak hanya itu, ukuran dari otaknya juga terbilang cukup besar bahkan sampai mendapat predikat otak hewan terbesar  yang ada di dunia. Bagaimana tidak, otaknya saja memiliki berat 9 kilogram. 

Lantas, mengapa ikan paus ini diberi nama paus sperma? Pasti banyak orang yang penasaran dengan asal usul nama ini. sebenarnya nama ikan ini dikarenakan paus jenis yang satu ini bisa menghasilkan minyak spermaceti, yang mana minyak ini diperoleh dari bagian kepalanya. Untuk habitatnya sendiri bisa Anda temukan di hampir setiap lautan yang ada di dunia. 

Orca Whale 

orca whale 
travel.detik.com

Paus yang disebut dengan nama Orca ini merupakan salah satu jenis paus yang sudah banyak dikenal di dunia. Ikan ini banyak dikembangbiakkan di sejumlah negara untuk dijadikan sebagai hewan hias di akuarium besar. Ikan ini juga banyak dikenal dengan sebutan paus pembunuh. 

Jenis paus ini pun cukup mudah ditemukan di berbagai perairan yang ada di bumi. Rata-rata ketahanan hidupnya bisa mencapai 60 tahun. Ukuran tubuhnya pun lumayan panjang yakni mencapai 32 kaki, selain itu ikan ini juga terkenal memiliki kecerdasan diatas rata-rata. Hal ini disebabkan karena ukuran otaknya yang terbilang besar. 

Paus Orca memiliki kehidupan sosial yang sangat baik, pasalnya ikan ini hidup secara berkelompok. Adapun jumlah dalam setiap kelompoknya rata-rata terdiri dari 5 hingga 100 ekor paus. Dan kemudian yang menjadi pemimpin dalam setiap kelompoknya, biasanya adalah paus betina. 

Setelah mengetahui segala hal tentang paus, pasti Anda penasaran dan ingin melihatnya secara langsung kan? Bahkan mungkin jika berkesempatan melihatnya langsung, Anda ingin berfoto bersama. Akan tetapi amankah hal tersebut? Tenang, sebab saat ini sudah ada beberapa objek wisata yang menawarkan hal ini termasuk di Indonesia. 

Penasaran kan  dimana saja tempatnya? Yuk langsung disimak baik-baik informasi mengenai tempat wisata yang bisa berfoto dengan ikan paus berikut :

Tempat Wisata yang Terdapat Ikan paus

Teluk Cendrawasih 

teluk cendrawasih 
wartawisata.id

Obyek wisata pertama yang bisa Anda kunjungi ketika hendak melihat paus secara langsung adalah Teluk Cendrawasih. Di tempat ini, Anda bisa menyelam dan bersama-sama berenang dengan pasukan paus. Akan tetapi, tentu saja Anda harus tetap berhati-hati agar tidak terkena siripnya yang kuat. 

Selain bisa bertemu dengan paus, Anda juga akan melihat empat spesies penyu di tempat ini. yakni penyu ridley, penyu sisik, penyu belimbing dan juga penyu hijau umum. Jika Anda berminat berkunjung kesini, sebaiknya menunggu bulan Mei hingga Oktober. 

Perairan Lembata

perairan lembata
republika.co.id

Tempat kedua yang bisa mempertemukan Anda dengan paus adalah perairan Lembata di Flores. Wisata yang disebut dengan wisata nonton ikan paus ini baru saja dibuka oleh pemerintah bersama dengan Kementerian Pariwisata di tahun 2018 lalu. 

Tempat ini sangatlah langka dan patut dikunjungi, pasalnya ada 18 jenis paus yang sering melintasi perairan ini. nah, waktu terbaik untuk berkunjung kesini adalah bulan Mei. 

Laut Wakatobi 

laut wakatobi 
www.tribunnews.com

Taman Nasional wakatobi mungkin sudah tidak asing lagi bagi Anda para traveller, julukan dari tempat ini adalah surga bawah laut. Sebab di bawah laut Wakatobi ini mata Anda akan dimanjakan dengan karang serta biota laut dan juga dilengkapi dengan hewan raksasa paus Sperma. 

Pada umumnya, kawanan paus sperma akan menyambangi perairan ini di bulan November ketika belahan bumi sedang membeku. Sebab di perairan Wakatobi, waktu itu justru sedang hangat dan menyuguhkan pakan yang melimpah. 

Baca Juga Hewan Langka

See also  30 Jenis Lovebird Tercantik di Indonesia dan Dunia, Paling Bagus

Selain tiga objek wisata tersebut, masih banyak obyek wisata lain yang juga menghadirkan ikan paus didalamnya sebagai salah satu hiburan langka. Meskipun begitu, Anda tetap harus ikut serta dalam pemeliharaan ekosistem laut agar tidak rusak dan penghuninya juga tidak punah. 

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.