Rekomendasi Resep Udang Asam Manis Enak dan Mudah Dibuat

Udang Asam Manis – Udang menjadi salah satu bahan makanan yang digemari oleh masyarakat di Indonesia. Salah satu seafood ini memang terkenal dengan rasanya yang nikmat dan bisa diolah menjadi beragam menu makanan yang menggugah selera. Ya, ada cukup banyak menu makanan udang yang biasa ditemukan, salah satunya adalah udang asam manis.

Apakah Anda pernah mencoba menu makanan satu ini sebelumnya?

Dengan bumbu asam manis, daging udang yang putih akan terasa nikmat dan lezat. Alih-alih membeli masakan ini di tempat makan yang mungkin mahal secara harga, Anda bisa membuat ide makanan ini sendiri di rumah dengan mudah.

Perlu diketahui, ada beberapa rekomendasi resep udang asam manis yang akan dibahas pada kesempatan kali ini. Penasaran dengan resep masakan berbahan dasar udang ini? Simak ulasan di bawah ini.

Ragam Manfaat Udang Untuk Kesehatan

manfaat udang untuk kesehatan
Pexels.com

Sebelum membahas tentang resep udang asam manis, ada beberapa hal yang harus Anda ketahui sebelumnya, terutama manfaat dari udang itu sendiri. Berbincang tentang manfaat udang, ini adalah poin penting yang harus diketahui dan menjadi alasan kenapa Anda memasak udang.

Beberapa manfaat dari udang yang bisa menjadi alasan kenapa bahan makanan ini menjadi favorite untuk dimasak adalah sebagai berikut.

1 Mencegah Kanker

Kanker adalah momok yang menakutkan bagi manusia. Penyakit yang konon belum ditemukan obatnya ini telah membunuh banyak kehidupan di dunia ini. Dalam suatu penelitian ditemukan bahwa udang termasuk salah satu bahan makanan yang bisa diandalkan untuk mencegah kanker.

Perlu diketahui bahwa dalam setiap 85 gram daging udang, terkandung sekitar 48 persen selenium yang menjadi kebutuhan harian manusia. Jumlah ini cukup tinggi dan menjadikan udang sebagai solusi tepat untuk pencegahan kanker.

2 Menjaga Kesehatan Rambut, Kulit dan Kuku

Manfaat lain dari udang adalah bahan makanan ini bisa diandalkan untuk menjaga kesehatan kulit, kuku dan rambut. Hal ini bisa didapatkan dari kandungan protein yang sangat tinggi di dalam udang. Dengan protein tersebut, udang bisa menutrisi rambut, kuku dan kulit dengan baik sehingga ketiganya akan cenderung lebih terjaga.

3 Mencegah Anemia

Anemia atau kekurangan darah merah adalah salah satu gangguan kesehatan yang cukup sering terjadi. Mereka yang menderita anemia akan kehilangan tenaga dan tentu akan merasa lemas untuk beraktivitas.

READ  3 Resep Ayam Panggang yang Bisa Anda Coba Di Rumah

Nah, dalam hal ini, udang menjadi solusi yang tepat sebagai upaya pencegahan pada anemia. Di dalam udang terdapat kandungan vitamin B12 sebanyak 21 persen. Dengan kandungan ini, produksi sel darah merah akan bisa ditingkatkan dengan baik sehingga anemia bisa dicegah dengan baik pula.

4 Meningkatkan Energi

Manfaat lain dari udang adalah meningkatkan energi. Udang memiliki kandungan zat besi yang bisa dikatakan cukup tinggi. Konsumsi udang, termasuk dalam bentuk udang asam manis, bisa dijadikan cara untuk meningkatkan energi Anda. Zat besi yang ada pada udang akan dibakar dan menghasilkan energi untuk menunjang aktivitas harian Anda.

5 Menguatkan Tulang

Konsumsi udang dalam jumlah tertentu secara teratur bisa menguatkan tulang. Ini adalah salah satu manfaat yang sangat baik dari udang yang menjadi alasan kenapa bahan makanan ini cocok untuk dikonsumsi. Nah, dalam udang terdapat kandungan kalsium dan fosfor dalam jumlah yang cukup tinggi yang cocok untuk menguatkan tulang.

6 Menurunkan Lemak

Apakah Anda memiliki masalah pada lemak yang mengganggu? Nah, lemak adalah salah satu masalah tubuh yang sering merepotkan, terutama wanita yang sering tidak percaya diri karenanya.

Salah satu cara yang bisa digunakan untuk mengatasi gangguan lemak ini adalah konsumsi udang. Ya, udang adalah bahan makanan yang bisa diandalkan untuk mengatasi lemak. Kandungan vitamin B3 dalam udang akan meningkatkan pemrosesan lemak yang mengganggu. Dengan kandungan ini, lemak di dalam tubuh bisa dikurangi.

7 Mengurangi Risiko Depresi

Depresi adalah sebuah mimpi buruk yang sangat mengganggu. Mereka yang depresi akan kehilangan kontrol pada dirinya dan hanya akan merasakan kesusahan dalam menjalani hidup.

Nah, udang bisa menjadi salah satu solusi untuk mengatasi depresi. Bahan makanan yang satu ini memiliki kandungan omega-3 yang begitu banyak yang bisa meningkatkan mood. Dengan konsumsi udang yang teratur, mood akan cenderung lebih baik dan tentu saja depresi akan bisa diatasi.

Beberapa poin di atas adalah manfaat yang ada dalam udang dan bisa Anda dapatkan dengan pola konsumsi yang baik. Tentu, sangat disarankan bagi Anda untuk melakukan konsumsi udang secara teratur agar manfaat udang bisa didapatkan secara maksimal.

Resep Rekomendasi Udang Asam Manis

resep rekomendasi udang asam manis
Resep Rekomendasi Udang Asam Manis

Jika Anda ingin mengolah udang, menu udang asam manis bisa menjadi ide masakan yang cocok untuk Anda coba. Seperti namanya, masakan ini menawarkan rasa asam dan manis udang yang lezat yang tentu saja akan menggugah selera.

Tentu, ada banyak variasi resep udang asam manis yang tersedia dan bisa Anda pilih sesuai keinginan.

READ  4 Resep Garang Asem Ayam yang Bisa Anda Coba Di Rumah

Udang Asam Manis Sederhana

Berbincang tentang udang dengan bumbu asam manis, ide resep ini bisa menjadi opsi pertama untuk Anda pilih. Seperti namanya, resep ini begitu sederhana dan hanya membutuhkan langkah mudah untuk membuatnya.

udang asam manis sederhana
udang asam manis sederhana

Nah, untuk membuat resep ini, ada beberapa bahan utama yang harus disediakan terlebih dahulu. Beberapa bahan utama tersebut adalah sebagai berikut :

  • 500 gram daging udang yang sudah dikupas dan dipotong kepalanya
  • Minyak goreng secukupnya
  • 5 sendok makan saus sambal
  • 5 sendok makan saus tomat
  • 1 buah tomat dipotong jadi empat
  • 1 bawang Bombay yang diiris tipis.

Selain beberapa bahan utama di atas, ada pula bahan bumbu halus yang diperlukan. Beberapa bahan untuk membuat bumbu halus tersebut adalah sebagai berikut :

  • Penyedap rasa secukupnya jika menghendaki
  • Gula secukupnya
  • Garam secukupnya
  • Lada bubuk secukupnya
  • 5 buah cabai rawit atau sesuai selera
  • 3 siung bawang putih
  • 5 siung bawang merah.

Jika semua bahan untuk membuat udang asam manis di atas sudah siap, maka selanjutnya beranjak ke cara pembuatannya. Untuk membuat menu ini, ada beberapa langkah yang harus Anda lakukan. Beberapa langkah pembuatan resep ini adalah:

  1. Pertama, ambil udang dan bersihkan hingga tidak ada lagi kotoran yang menempel. Setelah itu, cuci bersih dan biarkan kering
  2. Jika sudah, siapkan wajan dan panaskan minyak goreng. Goreng udang hingga matang dan kemudian tiris hingga sisa minyak mengering
  3. Kurangi jumlah minyak goreng lalu siapkan bumbu halus. Pertama, tumis terlebih dahulu bawang Bombay yang sudah diiris tipis tadi hingga harum. Jika sudah, masukkan bahan-bahan bumbu halus yang sudah dicampur sebelumnya
  4. Aduk hingga merata lalu tambahkan potongan tomat dan aneka saus yang sudah disiapkan tadi. Tambahkan sedikit air lalu aduk hingga merata
  5. Jika air sudah mendidih, maka masukkan udang yang sudah digoreng tadi ke dalam wajan
  6. Masak udang dengan api yang dikecilkan hingga bumbu merasuk ke dalam daging secara sempurna
  7. Angkat udang dan sajikan dengan piring saji. Menu udang asam manis ini bisa dinikmati dengan nasi putih hangat dan beberapa pelengkap lainnya
  8. Selesai.

Salah satu menu udang asam manis ini bisa dijadikan rekomendasi pertama untuk memasak udang. Cara yang mudah membuat menu ini cocok untuk Anda yang sedang belajar memasak.

Udang Asam Manis Pedas Rumahan

Jika Anda merupakan penggemar masakan pedas dan ingin membuat sensasi udang yang cenderung lebih pedas, resep satu ini bisa menjadi pilihan untuk Anda. Ini adalah salah satu resep yang cukup mudah untuk dibuat di rumah dengan langkah yang sederhana.

udang asam manis pedas rumahan
udang asam manis pedas rumahan

Adapun bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat menu udang asam manis dengan rasa yang cukup pedas ini adalah sebagai berikut :

  • 250 gram daging udang
  • 3 siung bawang putih
  • ½ buah bawang Bombay
  • 2 buah cabai merah besar
  • 8 buah cabai rawit
  • Saus tomat
  • Saus tiram
  • Gula secukupnya
  • Garam secukupnya
  • Merica bubuk secukupnya
  • Penyedap rasa secukupnya.
READ  5 Resep Tempe Bacem yang Praktis dan Lezat beserta Cara Memasaknya

Bahan-bahan di atas harus disiapkan terlebih dahulu untuk membuat udang asam manis ini. Jika semua bahan sudah siap, maka selanjutnya membahas cara membuat menu ini. Untuk membuat menu istimewa ini, ada beberapa langkah yang harus Anda lakukan.

Beberapa langkah pembuatan menu ini adalah sebagai berikut :

  1. Pertama, bersihkan terlebih dahulu udang hingga bersih dan buang bagian kepalanya. Pastikan pula sudah tidak ada kotoran udang yang tertinggal
  2. Selanjutnya, cincang bawang putih dan potong cabai yang disiapkan. Dalam hal ini, Anda bebas menambah atau mengurangi jumlah cabai yang akan digunakan sesuai dengan sensasi pedas yang ingin Anda dapatkan
  3. Langkah selanjutnya, ambil wajan dan panaskan sedikit minyak. Akan lebih baik jika minyak goreng tersebut dicampur dengan margarine untuk rasa yang cenderung lebih gurih
  4. Selanjutnya, tumis bawang Bombay yang sudah diiris tadi hingga harum
  5. Jika sudah, masukkan bawang putih yang sudah dicincang serta semua cabai yang sebelumnya sudah dipotong sesuai selera tadi
  6. Nah, aduk tumisan tersebut hingga merata lalu masukkan sedikit air ke dalamnya. Aduk hingga merata
  7. Masukkan beberapa bahan seperti saus tomat, saus tiram, garam, gula, merica dan juga penyedap rasa jika Anda menginginkan
  8. Masukkan udang yang sudah dibersihkan tersebut ke dalam bumbu masakan
  9. Campurkan dengan bumbu masakan tersebut dengan cara diaduk hingga rata. Campur dan tunggu sekitar 5 menit hingga bumbu terasa dan merasuk ke dalam daging udang tersebut
  10. Kecilkan api dan tunggu air meresap dan cenderung mengental
  11. Matikan api dan sajikan menu udang asam manis yang pedas ini
  12. Menu makanan ini bisa disajikan bersama dengan nasi putih hangat dan beberapa tambahan yang cocok
  13. Selesai.

Menu udang asam manis pedas ini adalah salah satu ide membuat menu udang lezat yang bisa Anda coba. Menu ini tampak spesial dengan rasa masakan yang cenderung lebih lezat dan tentu saja nikmat. Namun, Anda harus berhati-hati dengan rasa pedas tersebut jangan sampai membuat Anda justru sakit perut.

Baca Juga : Makanan dan Olahraga Tepat Untuk Menjaga Kebugaran Jasmani

Demikian beberapa ulasan mengenai resep udang asam manis yang bisa Anda buat di rumah dengan sangat mudah. Dengan adanya resep tersebut, tentu saja Anda bisa memasak masakan enak dengan sangat mudah. Selamat mencoba!

1 thought on “Rekomendasi Resep Udang Asam Manis Enak dan Mudah Dibuat”

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.