Makanan dan Olahraga Tepat Untuk Menjaga Kebugaran Jasmani

Makanan dan Olahraga Tepat Untuk Menjaga Kebugaran Jasmani

Memiliki tubuh yang sehat adalah dambaan dari semua orang. Dengan tubuh yang sehat dan bugar, tentu aktivitas sehari-hari akan bisa dilakukan dengan baik dan lancar sesuai dengan keinginan. Namun, sayangnya, tidak jarang seseorang mengalami masalah pada kebugaran jasmani mereka. Ya, tubuh yang tidak bugar membuat aktivitas menjadi lambat dan kesehatan akan menurun.

Oleh karena itu, menjaga kebugaran jasmani adalah salah satu hal yang sangat penting untuk dilakukan. Menjaga kesehatan tubuh tentu saja bukan perkara untuk melancarkan aktivitas semata, namun hal ini juga penting untuk mencegah tubuh terpapar masalah kesehatan seperti penyakit yang di masa yang akan datang bisa menjadi musuh yang sangat merepotkan.

Berbincang mengenai tips dan cara untuk menjaga kebugaran jasmani, tentu secara umum Anda pasti sudah mengetahui apa saja yang harus dilakukan. Nah, pada kesempatan ini, kita akan membahas bagaimana cara untuk mempertahankan kebugaran dari badan secara total melalui pola makan yang baik dan olahraga yang teratur.

Perlu dipahami bersama bahwa pola konsumsi memiliki peran yang sangat besar terkait kondisi tubuh. Mereka yang terjaga pola konsumsi dan juga jumlah gizi yang diterima akan cenderung memiliki tubuh yang lebih sehat. Pun demikian dengan mereka yang rajin berolahraga. Aktivitas olahraga tersebut akan membuat tubuh menjadi terasa lebih fresh dan ringan.

Lantas, bagaimana detail langkah untuk menjaga kebugaran jasmani melalui pola makan dan olahraga tersebut? Simak beberapa ulasannya di bawah ini!

Menjaga Kebugaran Tubuh dengan Konsumsi Makanan Tepat

konsumsi makanan tepat
Pexels.com

Sebagaimana disinggung di awal bahwa konsumsi makanan akan sangat berhubungan dengan kesehatan tubuh secara umum. Hal ini dikarenakan tubuh membutuhkan nutrisi dan nutrisi tersebut didapatkan dari makanan yang dikonsumsi setiap hari. Artinya, jika seseorang dalam keseharian mengkonsumsi makanan yang bergizi, maka ia akan sehat.

Sebaliknya, pola konsumsi yang salah dan jenis makanan yang less nutrition yang dikonsumsi akan membuat tubuh tidak terpenuhi kebutuhan nutrisi-nya sehingga kesehatan akan menurun. Oleh karena itu, pemilihan jenis bahan makanan yang baik dan bergizi menjadi hal yang harus diperhatikan dengan baik.

Dalam hal ini, saat hendak berbelanja, maka hal yang paling penting diperhatikan adalah bagaimana nutrisi dari makanan tersebut bukan dari harga dari sebuah makanan. Nah, dalam hal ini, ada beberapa jenis makanan yang sebaiknya Anda konsumsi untuk menjaga kebugaran jasmani Anda.

Adapun beberapa jenis makanan yang disarankan untuk dikonsumsi tersebut adalah sebagai berikut:

Kacang Almond

kacang almond
hellosehat.com

Salah satu makanan yang sangat baik untuk menjaga kebugaran jasmani adalah kacang almond. Jenis kacang ini merupakan makanan yang bisa diandalkan untuk meningkatkan energi dan juga menjaga tubuh untuk tetap bertenaga meskipun dalam waktu yang relatif lama dalam beraktivitas setiap hari.

Dalam hal ini, kacang almond memiliki kombinasi yang sangat pas antara protein nabati dan lemak sehat. Kedua jenis nutrisi ini akan bahu membahu untuk memenuhi kebutuhan nutrisi harian tubuh. Selain itu, kacang almond juga termasuk salah satu makanan yang bisa diandalkan untuk menstabilkan gula darah di dalam tubuh.

Oatmeal

oatmeal
Oatmeal

Jenis makanan lain yang cocok untuk menjaga kebugaran tubuh adalah oatmeal. Cukup banyak orang yang mulai familiar dan mengkonsumsi oatmeal dalam pola konsumsi harian mereka. Hal ini dikarenakan adanya manfaat besar yang tersimpan dalam oatmeal yang bisa diandalkan untuk menjaga kesehatan tubuh secara umum.

READ  Lari Estafet : Pengertian, Sejarah, Teknik dan Peraturannya

Dalam secangkir oatmeal, Anda akan mendapatkan banyak manfaat setara dengan susu. Manfaat ini akan meningkatkan energi di dalam tubuh. Selain itu, oatmeal juga memiliki kombinasi karbohidrat dan serat dalam jumlah yang cukup banyak, sehingga akan membuat Anda merasa lebih kenyang dalam waktu yang lebih lama.

Yoghurt

yoghurt
aduna.com

Siapa yang tidak kenal yoghurt? Yoghurt adalah salah satu sumber dari energi yang sangat baik untuk tubuh. Hal ini dikarenakan dalam yoghurt terdapat kandungan gula alami. Kandungan gula alami inilah yang akan memberikan tenaga serta energi di dalam tubuh. Dengan kandungan ini, maka tubuh akan cenderung lebih segar setiap hari.

Selain itu, yoghurt juga mengandung protein. Kandungan protein dalam yoghurt ini dapat menunjang kebugaran jasmani karena akan melepaskan energi. Kondisi ini akan membuat Anda menjadi lebih sehat, kuat, fit dan kembali ber energi. Dalam hal ini, yoghurt akan lebih nikmat jika disantap saat kondisi dingin.

Ikan Salmon

Ikan Salmon
Ikan Salmon

Salmon adalah salah satu jenis ikan terbaik yang sudah sangat terkenal memiliki banyak gizi. Nah, ikan satu ini juga masuk dalam salah satu jenis makanan yang bisa diandalkan untuk menjaga kebugaran jasmani setiap hari, terutama untuk Anda yang membutuhkan tenaga ekstra untuk bekerja atau beraktivitas secara berat.

Dalam ikan salmon terdapat kandungan asam lemak omega-3 yang sangat tinggi. Kandungan inilah yang akan menjaga kesehatan sel-sel otak serta saraf, membantu meningkatkan konsentrasi atau beragam masalah kognitif lainnya yang disebabkan oleh kelelahan. Namun, perlu diketahui bahwa harga dari ikan salmon cenderung lebih mahal.

Buah Berries

buah berries
famele.kompas.com

Apakah Anda suka mengkonsumsi buah-buahan? Secara umum, buah-buahan memang memiliki manfaat yang sangat baik untuk kesehatan tubuh. Nutrisi yang terkandung di dalam buah-buahan akan secara pasif menjaga kebugaran jasmani setiap hari. Selain itu, buah-buahan juga memiliki kandungan vitamin yang akan membebaskan Anda dari penyakit.

Nah, salah satu buah terbaik untuk dikonsumsi guna menjaga kondisi tubuh adalah berries. Keluarga buah berries, seperti blueberry, strawberry, raspberry dan lainnya sangat baik untuk dikonsumsi guna meningkatkan tenaga dan energi dalam tubuh.

Buah-buahan tersebut memiliki sedikit kandungan gula. Namun, meskipun kandungan gula buah ini sedikit, sudah cukup efektif untuk mengganti energi yang terkuras. Selain itu, jenis buah ini memiliki kandungan serat yang cukup tinggi. Kandungan serat tersebut akan mencegah tubuh kehilangan banyak tenaga sehingga kondisinya tetap stabil.

Brokoli

brokoli
hellosehat.com

Makanan lain yang cocok untuk menjaga kesehatan tubuh secara umum dan membuat tubuh senantiasa ber energi adalah brokoli. Sayuran yang satu ini akan mampu mempertahankan tingkat energi bahkan hingga sepanjang hari. Hal ini dikarenakan brokoli memiliki kandungan kromium dalam jumlah yang sangat banyak.

Perlu diketahui bahwa kandungan kromium adalah mineral yang paling penting. Mineral ini akan membantu tubuh mempertahankan kadar gula agar tetap stabil. Dengan demikian, maka tubuh akan cenderung lebih stabil dan gula darah tetap pada posisi konstan sehingga secara umum seseorang akan terhindar dari kelelahan yang menyiksa.

Kurma

kurma
Kurma

Kurma juga masuk dalam salah satu makanan yang sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh secara umum. Dalam hal ini, kurma masuk dalam salah satu jenis makanan yang mengandung gula sehat yang cukup banyak. Kandungan gula inilah yang akan membuat kurma menjaga kondisi tubuh dan membuat energi tubuh tetap stabil.

Selain itu, apa yang menarik dari kurma adalah buah ini memiliki kandungan serat yang cukup tinggi. Serat memang salah satu nutrisi yang dibutuhkan guna menjaga kebugaran jasmani. Nah, dengan adanya serat dalam kurma, maka kondisi tubuh secara umum akan lebih terjaga dengan konsumsi kurma yang teratur.

Pisang

Pisang
Pisang

Pisang adalah salah satu buah yang sangat baik dan digemari. Selain rasanya yang nikmat, buah satu ini memiliki beragam jenis nutrisi terbaik yang akan membantu Anda untuk menjaga kesehatan tubuh. Perlu diketahui bahwa buah yang berwarna kuning ini memiliki kandungan asam folat yang sangat tinggi.

READ  LENGKAP Permainan Bola Voli - Teknik, Peraturan, Waktu, Sejarah, Pencipta, dll

Asam folat yang terdapat dalam pisang tersebut dianggap sebagai vitamin prenatal. Perlu diketahui, vitamin prenatal tersebut memiliki peran yang sangat penting dalam tubuh. Hal ini dikarenakan dalam jumlah tertentu, maka asam folat bisa berguna untuk meningkatkan hemoglobin, mengurangi nyeri tubuh dan tentu saja membuat tubuh tetap bugar seharian.

Jus

jus
Jus

Dehidrasi adalah salah satu masalah yang sangat menyiksa terkait usaha untuk menjaga kebugaran jasmani. Jika seseorang mengalami dehidrasi, tentu saja ia akan kehilangan banyak tenaga, susah konsentrasi dan berujung pada aktivitas yang tidak bisa berjalan sebagaimana mestinya. Oleh karena itu, jus menjadi salah satu solusi tepat untuk diambil.

Mengkonsumsi jus adalah salah satu cara terbaik untuk mengembalikan kesegaran tubuh. Dalam hal ini, Anda bisa mencoba membuat aneka jenis jus yang cocok untuk dikonsumsi setiap hari. Misalnya, Anda bisa mencampur air dingin dengan lemon, gula dan sedikit garam. Campuran ini dapat diandalkan untuk menjaga kesegaran tubuh harian.

Perlu diketahui, lemon adalah salah satu buah terbaik dengan kandungan vitamin dan nutrisi yang lengkap. Dalam lemon terdapat kandungan vitamin C, vitamin A, vitamin B1, antioksidan dan lainnya. Dengan kandungan tersebut, salah satu ide jus ini bisa menjadi pilihan tepat untuk menjaga kondisi Anda.

Nah, dari beberapa poin di atas bisa dilihat bahwa ada beberapa jenis makanan dan minuman yang bisa diandalkan untuk menjaga kebugaran jasmani secara umum. Tentu saja masih ada banyak jenis makanan dan minuman yang bisa diandalkan untuk hal yang sama. Akan tetapi, beberapa contoh di atas adalah rekomendasi yang tentu bisa Anda jadikan prioritas.

Menjaga Kebugaran Jasmani dengan Olahraga

menjaga kebugaran jasmani dengan olahraga
pixabay.com

Cara lain yang bisa diandalkan untuk menjaga tubuh secara umum adalah olahraga. Memang, tidak diragukan lagi bahwa aktivitas fisik satu ini akan memberikan efek yang sangat baik untuk kebugaran jasmani Anda. Dengan melakukan aktivitas olahraga, maka kondisi tubuh akan jauh lebih terjaga dan tentu saja Anda akan terlihat lebih bugar.

Nah, secara umum, ada cukup banyak jenis olahraga yang bisa dilakukan dengan tujuan untuk menjaga kesehatan tubuh secara umum. Namun, bagi Anda yang bingung tentang apa jenis olahraga untuk dilakukan dalam hal menjaga kesehatan tubuh, berikut ada beberapa rekomendasi yang bisa Anda lakukan.

Adapun beberapa jenis olahraga yang bisa dilakukan guna menjaga kebugaran jasmani adalah sebagai berikut:

Jogging

jogging
Jogging

Salah satu jenis olahraga yang paling mudah untuk dilakukan dan memberikan dampak yang cukup besar adalah jogging. Ya, jogging atau lari santai adalah jenis olahraga yang sangat familiar. Dalam hal ini, tentu setiap orang pasti pernah melakukannya.

Perlu diketahui bahwa jogging termasuk jenis olahraga yang bisa membuat tubuh terasa lebih ringan dan segar. Aktivitas yang dilakukan ini secara efektif akan melenturkan otot di kaki dan tubuh. Selain itu, jogging juga cukup efektif untuk membakar lemak yang berkumpul di dalam tubuh.

Dalam hal ini, untuk mendapatkan hasil maksimal dari jogging, maka Anda perlu melakukannya secara teratur. Tentu, Anda tidak perlu melakukan jogging dalam waktu yang lama. Melakukan jogging selama kurang lebih 20 menit setiap hari atau minimal tiga kali sehari sudah cukup untuk membantu Anda menjaga kebugaran jasmani.

Plank

plank
Plank

Plank adalah salah satu jenis olahraga yang cukup menarik untuk dicoba. Jenis olahraga ini tidak memerlukan perpindahan tubuh. Artinya, Anda bisa melakukan olahraga ini di mana saja bahkan di dalam kamar sekalipun!

Lantas, bagaimana cara untuk melakukan plank ini? Nah, dalam hal ini Anda hanya perlu menggunakan bagian kedua tangan hingga siku untuk menahan tubuh. Atur posisi tubuh sebagaimana Anda ingin push up. Namun, letakkan seluruh lengan tangan hingga siku sebagai penahan. Gerakkan tubuh ke atas dan ke bawah. Lakukan selama 10 menit saja.

READ  Macam Macam Gaya Renang dan Tekniknya | Gambar, Fungsi Penjelasan

Push Up

push up
Push Up

Siapa yang tidak kenal dengan jenis olahraga yang satu ini? Ya, push up termasuk salah satu jenis olahraga yang sangat familiar. Dalam hal ini, push up yang dilakukan secara teratur akan membantu Anda menjaga kebugaran jasmani secara umum.

Ya, gerakan push up secara efektif akan mengencangkan otot bahu, lengan, perut dan kaki. Selain itu, push up juga cukup efektif untuk membakar lemak di dalam tubuh. Dalam hal ini, perlu diperhatikan bahwa posisi tubuh harus lurus sehingga gerakan push up bisa dilakukan dengan benar.

Untuk melakukannya, atur tubuh dalam posisi tengkurap dengan kaki lurus ke belakang. Setelah itu, gunakan ujung kaki untuk menopang tubuh dan telapak tangan. Angkat tubuh dengan tetap mempertahankan posisi tubuh yang lurus. Kemudian, turunkan tubuh hingga hampir menyentuh lantai. Lakukan selama 10 menit saja.

Nah, ketiga jenis olahraga tersebut dapat dijadikan opsi untuk menjaga kebugaran jasmani secara umum. Tentu, masih banyak jenis olahraga yang bisa Anda lakukan. Namun, ketiga jenis olahraga tersebut secara umum lebih simple dan juga mudah untuk dilakukan.

Kebiasaan Baik Untuk Menjaga Kebugaran Jasmani

Sebagai tambahan, ada beberapa kebiasaan yang baik yang bisa dilakukan untuk menjaga kebugaran jasmani. Kebiasaan yang baik tersebut tentu secara periodik akan mampu membantu Anda mendapatkan kesehatan tubuh secara lebih maksimal sehingga seluruh aktivitas Anda bisa dilakukan dengan baik.

Adapun beberapa kebiasaan yang baik untuk dilakukan guna menjaga kebugaran jasmani adalah sebagai berikut:

Mandi Pagi Dengan Air Dingin

mandi pagi dengan air dingin
hellosehat.com

Mandi pagi dengan air dingin adalah salah satu cara tepat untuk menjaga kesehatan tubuh dan membuat tubuh secara fresh. Hal ini dikarenakan guyuran air tersebut akan terasa menyegarkan dan membuat kondisi tubuh lebih stabil.

Jangan Lewatkan Sarapan Pagi

Jangan Lewatkan Sarapan Pagi
lifestyle.okezone.com

Meskipun Anda sibuk, jangan pernah lewatkan sarapan pagi. Ini adalah salah satu kebiasaan penunjang kebugaran jasmani yang sangat penting. Hal ini beralasan karena sarapan pagi akan membantu Anda mendapatkan tenaga awal untuk beraktivitas.

Cukup Tidur

cukup tidur
lifestyle.kompas.com

Pola tidur yang benar juga sangat penting untuk menjaga kondisi tubuh. Salah satu masalah yang sering terjadi adalah seseorang terlambat tidur karena begadang. Efeknya, ia pasti akan banyak kehilangan tenaga di pagi hari. Oleh karena itu, perhatikan jam tidur dan usahakan untuk tidur sekitar 7 jam sehari untuk menjaga kesehatan tubuh secara umum.

Batasi Konsumsi Makanan Instan

batasi konsumsi makanan instan
Batasi Konsumsi Makanan Instan

Makanan instan acap kali menjadi pilihan bagi mereka yang tidak ingin ribet dalam pola konsumsi mereka. Meskipun hal tersebut bisa membantu, namun akan lebih baik jika Anda membatasi konsumsi makanan instan. Hal ini dikarenakan gizi makanan instan seringkali tidak mencukupi kebutuhan nutrisi dan adanya zat pengawet yang bisa mengganggu kesehatan.

Perbanyak Minum Air Putih

perbanyak minum air putih
Perbanyak Minum Air Putih

Air putih adalah salah satu solusi yang tepat untuk menjaga kesehatan tubuh secara umum. Meskipun terdengar sepele, namun konsumsi air putih dapat menjadi kunci untuk menjaga kebugaran jasmani secara umum. Hal ini dikarenakan air putih mampu meningkatkan metabolisme tubuh secara umum sehingga tubuh akan bebas dari dehidrasi yang mengancam.

Batasi Minum Kopi

batasi minum kopi
health.detik.com

Apakah Anda pecinta kopi? Kopi memang menjadi salah satu minuman favorit semua orang. Namun, untuk alasan kesehatan, Anda sebaiknya membatasi jumlah cangkir kopi yang diminum. Hal ini dikarenakan kopi memiliki unsur asam yang cukup tinggi. Jika tidak berhati-hati, maka Anda bisa terkena asam lambung.

Baca Juga : Kebugaran Jasmani | Pengertian, Unsur, Komponen, Manfaat, Tujuan

Demikian beberapa ulasan terkait cara untuk menjaga kebugaran jasmani secara umum. Dengan mengetahui bagaimana cara menjaga tubuh agar tetap fresh mulai dari unsur makanan, olahraga dan kebiasaan, maka Anda bisa membangun pola hidup sehat sejak dini di rumah.

Nah, lakukan beberapa hal di atas secara teratur dan dapatkan manfaatnya.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.