Pengertian Geografi : Ruang Lingkup, Objek serta Cabangnya

Pengertian Geografi secara umum adalah bidang ilmu yang khusus mempelajari lokasi dan persamaan serta perbedaan keruangan atas fenomena fisik dan juga manusia  yang ada di atas permukaan bumi.

Ada juga pendapat yang mengatakan bahwa pengertian Geografi adalah studi mengenai ciri-ciri fisik bumi, atmosfernya, serta aktivitas manusia yang memengaruhi, dipengaruhi, dan termasuk juga mengenai distribusi populasi dan sumber daya, serta penggunaan lahan dan juga industri.

Membahas pengertian Geografi secara etimologis, Geografi berasal dari Bahasa Yunani “geo” yang berarti bumi serta “graphien” yang berarti pencitraan. Jadi, Geografi bisa didefinisikan sebagai ilmu yang menggambarkan segala sesuatu yang berada di atas permukaan bumi.

Jadi, Geografi bukan sekadar studi mengenai peta atau kartografi.

Pengertian Geografi Menurut Para Ahli

pengertian geografi menurut para ahli
pengertian geografi

Supaya Anda lebih mudah dalam memahami pengertian Geografi, berikut akan disertakan pendapat para ahli mengenai ilmu ini:

  • Preston E. James

Geografi adalah induk dari segala ilmu pengetahuan, hal ini karena bidang ilmu pengetahuan selalu dimulai dari keadaan muka bumi yang kemudian beralih pada studi ilmu pengetahuan masing-masing.

  • Claudius Ptolomaeus

Geografi merupakan suatu penyajian melalui peta dari sebagian dan seluruh permukaan bumi.

  • Mustofa Bisri

Geografi merupakan suatu ilmu yang menguraikan tentang permukaan bumi, iklim, penduduk, flora dan fauna, serta basil-basil yang terdapat di bumi.

  • Frank Debenham

Geografi merupakan ilmu yang bertugas untuk mengadakan penafsiran mengenai persebaran fakta, menemukan hubungan di antara kehidupan manusia dengan lingkungan fisik, serta menjelaskan kekuatan interaksi antara manusia dan alam.

  • Ikatan Geografi Indonesia atau IGI

Geografi merupakan ilmu yang mempelajari persamaan, dan perbedaan fenomena geosfer dengan sudut pandang kewilayahan, dan kelingkungan dalam konteks keruangan.

  • Herioso Setiyono

Geografi merupakan suatu ilmu yang mempelajari mengenai hubungan timbal balik antara manusia dengan lingkungannya serta merujuk terhadap pola persebaran horizontal di permukaan bumi.

  • Haris

Geografi merupakan suatu ilmu yang mengkaji tentang segala aspek-aspek yang ada di permukaan bumi menggunakan konsep spasial untuk pemanfaatan pembangunan yang ada pada permukaan bumi.

  • PStrabo

Geografi sangat erat dengan faktor lokasi, karakteristik tertentu serta hubungan antar wilayah secara keseluruhan. Pendapat mengenai hal ini disebut dengan Natural Attribute of Place.

  • PProf. Bintarto

Geografi mempelajari tentang hubungan kausal gejala-gejala pada permukaan bumi, baik yang bersifat fisik ataupun yang menyangkut kehidupan makhluk hidup serta permasalahannya melalui pendekatan keruangan, kelingkungan, serta regional untuk kepentingan program, proses, serta keberhasilan pembangunan.

READ  Proses Terjadinya Hujan Secara Singkat / Jenis, Bentuk, Pola Curah Hujan

Ruang Lingkup Kajian Geografi

ruang lingkup kajian geografi
www.helsinki.fi

Merujuk dari pengertian Geografi, ada tiga ruang lingkup kajian Geografi yang meliputi: fisik, sosial, dan regional. Nah, penjelasannya bisa Anda simak di bawah ini:

Geografi Fisik

Ruang lingkup Geografi yang pertama adalah Geografi fisik yang mana merupakan cabang Geografi yang mempelajari tentang kondisi fisik permukaan bumi. Termasuk diantaranya fenomena dan peristiwa yang pernah terjadi di bumi ini. Ada beberapa hal yang masuk dalam ruang lingkup kajian Geografi fisik, yakni:

  • Semua gejala yang terjadi pada lapisan udara (atmosfer), lapisan batuan (litosfer), lapisan tanah (pedosfer), lapisan air (hidrosfer), lapisan kehidupan (biosfer), dan lapisan ruang angkasa (antoposfer).

Geografi fisik menyangkut pula keadaan yang ada di lingkungan geosfer seperti relief, iklim, bentuk, serta semua sesuatu yang memengaruhi kehidupan baik yang ada di udara, daratan, dan juga air.

Geografi Sosial

Cabang Geografi sosial mempelajari mengenai segala kegiatan manusia yang ada di bumi dan juga berkaitan erat dengan lingkungan hidup manusia. Yang termasuk dalam ruang lingkup kajian Geografi sosial adalah ekonomi, budaya, teknologi, serta kehidupan sosial manusia.

Geografi Regional

Cabang ilmu Geografi yang satu ini mempelajari mengenai hal yang khusus terjadi pada suatu daerah yang meliputi kota, desa, negara, dan provinsi. Selain itu, Geografi regional mempelajari hal khusus di suatu wilayah yang meliputi aspek fisik dan aspek sosial.

Objek Studi Geografi

objek studi geografi
Objek Studi Geografi

Di dalam ilmu Geografi, ada dua objek studi yang dipelajari yakni objek formal dan material. Adapun penjelasan mengenai objek studi Geografi bisa Anda simak pada ulasan berikut:

  • Objek Formal

Objek formal merupakan objek studi dalam ilmu Geografi fan berhubungan dengan fenomena keruangan. Dalam hal ini, studi yang dilakukan untuk mencari tahu perihal objek fenomena keruangan adalah analisis lokasi dan persebaran di dalam bumi. Sehingga akan ditemukan pula ragam fenomena lain yang saling terkait satu sama lain.

  • Objek Material

Objek material merupakan objek dalam ilmu Geografi yang memiliki bentuk seperti fenomena di atas permukaan bumi yakni atmosfer, litosfer, biosfer, pedosfer, antoposfer, dan hidrosfer.

READ  Proses Terjadinya Hujan Secara Singkat / Jenis, Bentuk, Pola Curah Hujan

Cabang dalam Ilmu Geografi

cabang dalam ilmu geografi
Cabang dalam Ilmu Geografi

Ilmu Geografi terbagi menjadi beberapa cabang keilmuan. Nah, jika melihat pengertian Geografi pada poin sebelumnya, cabang Geografi terdiri atas:

  1. Bio Geografi: ilmu yang mempelajari mengenai distribusi organisme pada permukaan bumi
  2. Paleontologi: ilmu yang mempelajari sejarah kehidupan di bumi. Baik kehidupan hewan, serta tumbuhan prasejarah yang sudah menjadi fosil.
  3. Hidrologi: Ilmu yang mempelajari mengenai distribusi, sumber daya, pergerakan, siklus, dan kualitas air di seluruh bumi.
  4. Petrologi: cabang ilmu geologi yang memfokuskan diri pada kajian tentang batuan serta kondisi pembentukannya.
  5. Vulkanologi: Ilmu tentang gunung berapi, lava, magma, serta fenomena geologi yang berhubungan dengannya
  6. Hidrogeologi: Cabang ilmu hidrologi yang memfokuskan kajiannya pada pergerakan air dalam tanah serta batuan yang ada di dalam kerak bumi
  7. Oseanografi: Ilmu yang mempelajari segala sesuatu yang ada dalam laut serta yang berhubungan dengannya
  8. Geologi: Ilmu yang mempelajari bumi secara khusus yakni pada sisi struktur bumi, komposisi, sifat fisik, serta proses pembentukannya
  9. Geografi Politik: Cabang ilmu Geografi yang melakukan pengkajian secara khusus tentang kondisi politik dalam konteks kepentingan negara secara Geografi
  10. Demografi: Ilmu yang mempelajari penduduk, baik dari komposisi penduduk sampai jumlah penduduk pada suatu wilayah
  11. Geomorfologi: Ilmu yang mempelajari mengenai proses yang mengakibatkan terbentuknya lahan dan bentuk lahan itu sendiri
  12. Geofisika: Ilmu yang mempelajari mengenai bumi dalam kaitan prinsip fisika
  13. Mineralogi: Ilmu yang mempelajari mengenai mineral, baik dari sisi sifat kimia, serta struktur fisika dan kristal dari mineral tersebut.
  14. Geografi Matematik: Cabang dari ilmu Geografi yang berhubungan dengan bentuk, perkiraan ukuran, dan juga gerakan bumi.
  15. Geografi Historik: Cabang ilmu Geografi yang mempelajari tentang kawasan atau wilayah tertentu yang ada di bumi
  16. Antropologi: Ilmu mengenai manusia baik pada warna kulit, ciri-ciri, bentuk fisik, kebudayaan, dan masyarakatnya
  17. Astronomi: Ilmu yang mempelajari mengenai benda langit yang ada di luar atmosfer. Seperti bulan, bintang, ruang angkasa, dan matahari
READ  Efek Rumah Kaca | Pengertian, Penyebab, Akibat, Cara Mengatasi, dll

Nah, setelah menyimak tentang pengertian Geografi, tentunya Anda lebih paham mengenai ilmu ini. Anda juga lebih tahu tentang ruang lingkup, objek, serta cabang dalam ilmu Geografi. Semoga ulasan ini bermanfaat.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.