Pengertian serta Tujuan Dari Manajemen Sumber Daya Manusia

Manajemen Sumber Daya Manusia – Pastinya Anda sering mendengar Sumber Daya Manusia atau yang biasa disingkat menjadi SDM. Sumber Daya Manusia biasanya digunakan dalam suatu perusahaan atau instansi lainnya untuk bisa menjalankan suatu pekerjaan.

Adanya Sumber Daya Manusia ini sangatlah penting agar suatu pekerjaan dapat terselesaikan dengan baik.

Sumber Daya Manusia juga harus dilakukan manajemen atau yang disebut dengan manajemen Sumber Daya Manusia.

Pengertian dari manajemen ini sendiri adalah suatu proses serta upaya untuk merekrut, mengembangkan, memotivasi dan melakukan beberapa evaluasi secara keseluruhan terhadap Sumber Daya Manusia (SDM) yang dibutuhkan oleh suatu perusahaan untuk mencapai tujuan.

Pengertian Manajemen Sumber Daya Manusia

pengertian manajemen sumber daya manusia
maxmanroe.com

Pengertian dari manajemen SDM ada berbagai macam hal. Hal tersebut berdasarkan pengertian dari beberapa ahli. Berikut ada beberapa pengertian dari manajemen Sumber Daya Manusia dari beberapa ahli. 

  • Hadari Nawawi

Beliau menjelaskan bahwa pengertian dari manajemen SDM ialah sebuah proses untuk pendayagunaan manusia sebagai tenaga kerja manusiawi supaya potensi fisik serta psikis yang dipunyai dapat berfungsi secara maksimal bagi tercapainya suatu tujuan perusahaan.

  • Melayu SP Hasibuan

Melayu SP Hasibuan menjelaskan bahwa pengertian dari manajemen SDM adalah ilmu serta seni yang mengatur peran hubungan kerja agar bisa secara efektif serta efisien. Hal tersebut bertujuan untuk dapat mencapai tujuan dari perusahaan, pekerja serta masyarakat.

  • Henry Simamora

Menurut beliau, manajemen SDM merupakan pendayagunaan, pengembangan, penilaian, pemberian remunerasi dan pengelolaan individu anggota kelompok pekerja.

  • Handoko

Handoko menjelaskan bahwa pengertian dari manajemen SDM yakni suatu kegiatan seleksi, perekrutan, pengembangan, pemeliharaan, serta penggunaan sumber daya manusia dalam rangka untuk bisa mencapai suatu tujuan individu ataupun organisasi.

  • Anwar Prabu Mangkunegara

Beliau menuturkan bahwa manajemen SDM merupakan suatu perencanaan pengorganisasian, pelaksanaan serta pengawasan terhadap pengadaan, pengembangan, pemberian remunerasi, pengintegrasian, pemeliharaan serta pemisahan tenaga kerja dalam rangka untuk mencapai suatu tujuan organisasi.

  • Achmad S. Ruky

manajemen SDM menurut penjelasan dari Achmad S. Ruky adalah sebuah aplikasi yang lebih tepat pada sistem efisiensi yang sama dalam hal pemanfaatan, akuisisi, pengembangan serta pemeliharaan sumber daya manusia. Yang mana hal ini dimiliki oleh organisasi secara efektif untuk dapat mencapai tingkat optimal dari adanya pemanfaatan sumber daya manusia oleh sebuah organisasi untuk mencapai tujuannya.

  • Mary Parker Follett

Beliau menuturkan bahwa manajemen Sumber Daya Manusia adalah sebuah seni yang mana bertujuan untuk mencapai berbagai macam tujuan dari sebuah organisasi  dengan cara melakukan pengaturan terhadap orang-orang lain untuk bisa melaksanakan berbagai macam tugas yang diperlukan.

  • Mutiara S. Panggabean

Mutiara S. Panggabean memberikan pengertian dari manajemen SDM dengan cukup jelas. Beliau menuturkan bahwa manajemen Sumber Daya Manusia ialah suatu proses manajemen yang terdiri dari beberapa hal seperti pengorganisasian, perencanaan, kepemimpinan serta pengendalian kegiatan yang berhubungan dengan adanya analisis pekerjaan, pengadaan, evaluasi pekerjaan, pengembangan, promosi, kompensasi, serta pemutusan hubungan kerja dalam rangka untuk mencapai suatu tujuan perusahaan yang telah ditetapkan sebelumnya.

  • Gary Dessler

Beberapa ahli telah menuturkan pengertian dari manajemen SDM. Selain beberapa pengertian diatas, Gary Dessler juga menjelaskan bahwa manajemen Sumber Daya Manusia suatu kebijakan serta latihan untuk dapat memenuhi kebutuhan pekerjaan ataupun berbagai macam aspek yang ada dalam Sumber Daya Manusia.

Beberapa aspek tersebut ialah posisi, rekrutmen, manajemen, pelatihan, seleksi, kompensasi serta penilaian prestasi kerja dari para karyawan.

Nah, itulah beberapa pengertian dari manajemen Sumber Daya Manusia menurut beberapa ahli. Seperti yang sudah Anda baca, manajemen dari sumber daya manusia ini memiliki pengertian yang sangat luas.

Selain menjelaskan tentang pengertian manajemen Sumber Daya Manusia akan dijelaskan pula tujuan dari adanya manajemen tersebut. Kiranya, apa sajakah tujuan dari manajemen yang satu ini? Untuk lebih jelasnya, berikut penjelasan mengenai tujuan dari sumber daya manusia.

Tujuan Manajemen Sumber Daya Manusia

tujuan manajemen sumber daya manusia
www.karyaone.co.id
  • Sebagai Media Komunikasi Terbaik

Tujuan dari adanya manajemen SDM ini ialah dapat digunakan sebagai media komunikasi yang mana digunakan untuk menjembatani hubungan antara manajer, perusahaan serta para pekerja.

Mungkin, seringkali ditemukan beberapa karyawan yang menghindar untuk berkomunikasi secara langsung dengan manajer ataupun staff lainnya.

Hal inilah yang membuat divisi dari manajemen SDM memiliki peranan yang sangat penting dalam menjembatani kedua pihak tersebut dalam hal berkomunikasi.

  • Bertujuan Untuk Menyelesaikan Suatu Masalah

Tujuan lainnya dari adanya manajemen ini ialah bermaksud untuk bisa menyelesaikan suatu masalah yang muncul.

Seringkali, suatu permasalahan yang muncul dapat membuat perusahaan mengalami krisis serta mendapatkan resiko yang negatif bagi banyak pihak termasuk yang ikut andil dalam menjalankan perusahaan tersebut.

Peran dari manajemen satu ini memang sangat penting agar bisa menyelesaikan masalah serta meminimalisir adanya resiko negatif yang akan berdampak buruk pada suatu perusahaan.

  • Bertujuan Untuk Bisa Memberikan Dukungan Bagi Perusahaan

Banyak hal yang harus dicapai oleh suatu manajemen SDM. Salah satunya yakni diharapkan bisa memberikan dukungan yang lebih bagi perusahaan.

Nah, bentuk nyata dari adanya dukungan dalam hal perekrutan sumber daya manusia yang lebih berkualitas serta dapat menciptakan suatu kondisi yang lebih kondusif dalam perusahaan.

  • Bertujuan Untuk Bisa Membantu Mencapai Tujuan Perusahaan

Ada banyak hal tujuan dari manajemen SDM yang perlu Anda ketahui. Selain beberapa tujuan yang sudah dijelaskan di atas, tujuan lainnya ialah diharapkan dapat membantu perusahaan dalam hal mencapai tujuan perusahaan.

Perusahaan biasanya akan menetapkan suatu prosedur kepada para pekerjanya, hal ini juga menjadi tanggung jawab dari manajemen SDM.

  • Membuat Sebuah Kebijakan serta Pertimbangan

Selain keempat tujuan yang sudah dijelaskan di atas, ternyata tujuan lainnya dari adanya manajemen ini adalah untuk membuat sebuah kebijakan serta pertimbangan bagi suatu perusahaan.

Yang mana para anggota manajemen memiliki tanggung jawab yang yang lebih dalam hal memotivasi para karyawan.

Tak hanya itu saja, bahkan divisi manajemen ini juga memiliki hak dalam hal membuat kebijakan untuk sumber daya manusianya sendiri.

Dengan adanya tujuan dari manajemen SDM hal tersebut dapat membantu untuk menjelaskan bahwa peran dari divisi manajemen tersebut sangatlah besar dan penting.

Oleh karena itu, tidak sedikit perusahaan yang bergantung pada manajemen SDM untuk bisa mengurus beberapa masalah yang kerap dihadapi dalam suatu perusahaan.

Dengan demikian, kehadiran dari divisi manajemen tersebut memang tidak bisa dipungkiri lagi, terlebih dengan berbagai macam kegunaan dari divisi tersebut.

Nah, setelah Anda membaca dan memahami pengertian beserta tujuan dari adanya manajemen SDM, kini Anda dapat menilai bahwa divisi manajemen tersebut memiliki peranan yang teramat sangat penting terutama di dalam suatu perusahaan.

Adanya manajemen SDM tentu tidak hanya terdapat dalam suatu perusahaan besar saja. Namun, perusahaan yang baru dirintis pun sangat memerlukan adanya divisi manajemen yang satu ini. Semoga bermanfaat dan membantu menambah pengetahuan anda.

READ  Pengertian Demokrasi, Macam Macam, Ciri Ciri, Prinsip Dan Contohnya

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.