Pengertian Deskripsi : Ciri-Ciri, Jenis-Jenis, Struktur

Pengertian Deskripsi, Ciri-Ciri dan Jenis-Jenisnya

Apa sih pengertian deskripsi? Sebagian dari Anda mungkin sudah banyak yang paham tentang apa itu teks deskripsi, jenis-jenisnya dan apa saja struktur yang harus ada dalam sebuah deskripsi. Namun tidak sedikit juga yang belum memahami dengan baik dari pengertian deskripsi tersebut. Dalam bahasan kali ini akan dijabarkan tentang teks deskripsi, mulai dari pengertian deskripsi, ciri-ciri deskripsi, strukturnya dan juga macam-macamnya.

Pengertian Deskripsi

pengertian deskripsi
Pengertian Deskripsi

Teks deskripsi merupakan salah satu jenis paragraf yang umum dijumpai dalam sebuah bacaan. Pengertian deskripsi juga bisa diartikan sebagai bentuk sebuah karangan yang menjelaskan suatu objek pada pembaca.

Definisi teks deskripsi secara umum adalah teks paragraf yang menggambarkan suatu objek tertentu. Isi atau hal yang dijelaskan dalam sebuah teks deskripsi ini bisa berupa deskripsi tempat, orang, suasana, peristiwa, kejadian dan berbagai hal lainnya.

Pengertian lain menyebutkan bahwa pengertian deskripsi adalah suatu kaidah upaya pengolahan data menjadi sesuatu yang dapat diutarakan dan diungkapkan serta diekspresikan secara jelas dan tepat dengan tujuan agar lebih mudah dimengerti oleh orang yang tidak langsung mengalaminya dan hanya mengetahuinya lewat bacaan atau sumber informasi lainnya.

Arti deskripsi digunakan untuk menggambarkan objek tertentu baik berupa orang, tempat, kejadian, peristiwa dan berbagai objek lainnya dengan detail dan jelas. Penulisan teks deskripsi didasarkan pada hasil sebuah pengamatan terhadap suatu hal dan observasi sehingga isi dari sebuah teks deskripsi harus sesuai dengan data, fakta dan realita yang ada.

READ  9+ Pengertian Globalisasi Menurut Para Ahli / Umum Faktor Penyebab, Teori, Ciri, Dampak

Secara lebih mudahnya, pengertian deskripsi adalah suatu teks yang memaparkan atau menjabarkan sebuah objek tertentu melalui rangkaian kata yang dapat memberikan rangsangan terhadap panca indera sehingga pembaca seolah-olah merasakan atau menyaksikan secara langsung dari objek yang dideskripsikan oleh penulis.

Tujuan dari teks deskripsi ini adalah memberi gambaran dan penjelasan secara utuh dan menyeluruh kepada pembacanya supaya pembaca dapat memahami apa yang sedang dibicarakan atau yang sedang dideskripsikan tersebut. Baik itu dalam segi fisik, sikap, rasa, bentuk dan sebagainya.

Pengertian Deskripsi Menurut Para Ahli

pengertian deskripsi menurut para ahli
rocketmanajemen.com

Selain pengertian deskripsi secara umum di atas, para ahli juga memberikan pendapatnya tentang pengertian deskripsi tersebut. Adapun pendapat para ahli tentang pengertian deskripsi adalah sebagai berikut;

  • Tarigan

Pendapat yang pertama datang dari Tarigan yang menyebutkan bahwa, pengertian deskripsi adalah sebuah tulisan yang bisa melukiskan sebuah kisah tertentu yang bertujuan untuk mengajak pembaca agar bisa merasakan, memahami, dan menikmati objek yang sedang dibicarakan seperti perasaan seseorang, aktivitas, suasana hati dan sebagainya.

  • Keraf

Menurut Keraf, pengertian deskripsi adalah sebuah bentuk wacana yang berusaha menyajikan suatu hal atau objek pembicaraan yang membuat objek yang dibicarakan tersebut seakan-akan dilihat sendiri oleh para pembaca atau seolah-olah objek tersebut berada di depan mata yang membacanya.

  • Utorodewo

Pengertian deskripsi menurut Utorodewo adalah sebuah bentuk sebuah paragraf yang memiliki tujuan untuk menggambarkan bentuk objek sebuah pengamatan, rasanya, sifatnya, serta coraknya dengan mengandalkan panca indera dalam proses penguraiannya.

Ciri-Ciri Teks Deskripsi

ciri ciri teks deskripsi
ngopimasi.com

Teks deskripsi memiliki unsur-unsur yang khas yang meliputi karakteristik dan ciri-ciri teks deskripsi, seperti gaya bahasa yang digunakan dan isi dari teks deskripsi tersebut. Berikut unsur dan ciri-ciri teks deskripsi secara umum yang harus Anda tahu:

  1. Menggambarkan suatu objek seperti, tempat, benda dan suasana tertentu.
  2. Mengungkapkan ciri-ciri fisik dan sifat dari objek yang dideskripsikan seperti, bentuk, ukuran, warna dan sifat objek.
  3. Melibatkan panca indera atau merangsang panca indera pembaca seperti indera penglihatan, penciuman, pendengaran, pengecapan dan juga indera perabaan.
  4. Menggunakan kata-kata atau frasa yang bermakna kata sifat atau kejadian suatu hal tertentu.
  5. Menjelaskan objek secara jelas, detail dan terperinci.
READ  Analisis Data : Pengertian, Tujuan, Jenis dan Prosedur

Jenis-Jenis Teks Deskripsi

Jenis-Jenis Teks Deskripsi
srivijaya.id

Setelah memahami tentang pengertian deskripsi baik pengertian deskripsi secara umum dan pengertian deskripsi menurut beberapa ahli yang disusul dengan penjabaran dari unsur dan ciri-ciri teks deskripsi, dilanjutkan dengan penjelasan tentang jenis-jenis teks deskripsi ini.

Terdapat beberapa macam teks deskripsi berdasarkan isi teksnya. Berikut adalah jenis-jenis teks deskripsi dan penjelasannya secara lengkap.

  • Deskripsi Subjektif

Teks deskripsi subjektif adalah sebuah teks deskripsi yang dalam menggambarkan objek yang dideskripsikan berdasarkan atas kesan yang didapatkan dari penulis dari pengamatan dan observasi terhadap suatu objek.

  • Deskripsi Spatial

Teks deskripsi spatial merupakan sebuah teks deskripsi dimana objek yang dideskripsikan hanya berupa benda, ruang, tempat, dan sebagainya.

  • Deskripsi Objektif

Yaitu suatu teks deskripsi dimana penjelasan mengenai objek yang dideskripsikan menjelaskan berdasarkan keadaan objek yang sebenarnya tanpa adanya penjelasan opini atau pendapat dari penulis teks.

Struktur Teks Deskripsi

struktur teks deskripsi
Struktur Teks Deskripsi

Secara umum sebuah teks deskripsi memiliki beberapa struktur yang terdiri dari tiga bagian yaitu identifikasi, klarifikasi dan bagian deskripsi.

  • Identifikasi

Identifikasi merupakan bagian yang berisikan penentuan dari sebuah identitas seseorang, benda dan objek lainnya yang dideskripsikan.

  • Klarifikasi

Yaitu unsur penyusunan yang bersistem dalam suatu kelompok menurut kaidah atau standar yang sebelumnya sudah ditetapkan.

  • Bagian Deskripsi

Yaitu bagian yang berisikan tentang gambaran atau pemaparan dari suatu objek atau sebuah topik pembahasan dari sebuah teks deskripsi.

Sudah tahu akan apa yang dimaksud dengan teks deskripsi? Baik apa pengertian deskripsi sendiri, ciri-cirinya, jenis-jenisnya hingga struktur dari sebuah teks deskripsi. Setelah membaca informasi di atas sekarang tentunya Anda sudah bisa membedakan apakah teks yang anda baca sebuah teks deskripsi atau bukan merupakan deskripsi.

READ  Pengertian Moral : Tujuan, Fungsi dan Macam-Macamnya

Baca Juga : 13+ Pengertian Komunikasi secara Umum dan Menurut Para Ahli, lengkap

Sekarang Anda juga sudah bisa belajar membuat sebuah karangan teks deskripsi berdasarkan penjelasan tentang teks deskripsi yang disajikan secara lengkap dan detail di atas.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.