Ciri-Ciri, Jenis, dan Cara Merawat Anjing Mini Pom yang Benar

Anjing mini pom – Banyak orang yang senang memelihara binatang peliharaan di rumah. Jenis binatang peliharaan seperti kucing dan anjing menjadi yang paling banyak dipelihara. Bahkan memelihara binatang peliharaan di rumah bisa mengurangi tingkat stress dari pemiliknya. Salah satu jenis anjing yang banyak dipelihara adalah anjing mini pom. Nama lain anjing pom adalah anjing Pomeranian.

Anjing yang berukuran kecil ini masih satu jenis dengan ras anjing Spitz atau berbulu tebal dan panjang serta daun telinga yang kecil dan tegak. Anjing yang berasal dari Jerman ini merupakan jenis anjing yang pintar dan aktif bergerak. Nama Pomeranian sendiri diambil dari nama provinsi tua yang ada di Jerman, kemudian dikaitkan dengan nama anjing mini pom itu sendiri.

Berikut ini ulasan tentang anjing mini pom untuk anda yang senang memelihara hewan imut ini.

Ciri-Ciri Anjing Mini Pom

ciri ciri anjing mini pom
ciri – ciri anjing mini pom

Anjing Mini Pom memiliki cirri-ciri khusus, sehingga berbeda dengan anjing lainnya. Hal ini dapat dilihat dari bentuk dan warna bulunya. Gerak aktif dan lincah yang dimilikinya menjadikan anjing mini pom kuat. Berikut ciri-ciri anjing mini pom.

Ukuran Tubuh Anjing Mini Pom

Anjing Mini Pom merupakan jenis anjing yang berukuran kecil. Anjing ini idealnya memiliki berat antara 3 sampai 7 pon, atau sekitar 1,4 sampai 3,2 kg. Sedangkan Mini Pom yang biasanya tampil dalam acara pertunjukan memiliki berat ideal antara 1,8 sampai 2,7 Kg. Anjing ini memiliki ukuran tulang yang sedang dan panjang serta ukuran kaki yang proporsional.

Bentuk Kepala

Ukuran Kepala anjing mini pom seimbang dengan ukuran badannya, sehingga terlihat proporsional. Memiliki moncong yang pendek dan lurus serta bibir yang tidak terlalu tipis. Selain itu, tempramen yang dimiliki juga tidak terlalu agresif.

Ekspresi waspada yang dimiliki oleh mini pom menjadikannya terlihat seperti serigala berukuran kecil. Tengkoraknya tertutup bulu yang lebat dan pada bagian atasnya berbentuk sedikit bulat dan seperti kubah. Disertai pula dengan daun telinga yang kecil dan tegak.

Bentuk Mata

Anjing mini pom memiliki bola mata berwarna hitam, sehingga terlihat menggemaskan. Ukuran bola matanya sedang dan berbentuk seperti kacang almond. Bola mata ini terletak di dalam tengkorak. Untuk warna pigmen hidung dan matanya adalah hitam.

READ  15 Jenis Murai Batu, Medan, Jawa, Nias Disertai Gambar Dan Penjelasannya

Bentuk Gigi

Bentuk gigi anjing Pomeranian mirip seperti gigitan gunting yang tajam dan runcing. Terkadang ada pula gigi yang tidak rapi, sehingga keluar dari barisan gigi. Namun, anda bisa mengkonsultasikannya dengan dokter hewan agar giginya bisa lebih rapi.

Bentuk Leher

Bentuk leher anjing mini pom terlihat pendek dan terdapat di dalam bahu. Pada saat mendongak leher mini pom terlihat lebih panjang, sehingga menjadi  lebih tinggi. Leher bagian belakang lebih pendek dengan tulang belakang yang lurus.

Anjing ini memiliki tulang iga yang terletak dengan brisket dan menyentuh sikunya. Mini pom juga memiliki ekor yang indah dan terletak lurus di badannya yang berukuran kecil.

Forequarters

Selanjutnya pada bagian sisi depan anjing mini pom, yakni dari bahu hingga kaki memiliki bahu layback yang bisa untuk mendongak. Bahu dan kaki dari anjing mini pom ini kuat, karena terbiasa bergerak aktif. Panjang tulang bahu dengan lengan atas sama. Kaki depan anjing mini pom lurus dan membentuk paralel satu dengan lainnya.

Sedangkan tinggi siku ke bagian withes sama dengan tinggi tanah ke siku. Kaki mini pom begitu kuat, kecil, padat, dan lurus.

Hindquarters

Selanjutnya untuk ciri-ciri bagian belakang anjing Pomeranian seimbang dengan ciri-ciri forequarters. Pantat anjing mini pom tersembunyi di balik bulu ekornya yang lebat. Memiliki paha berotot dengan lutut yang lentur. Pergelangan kaki mini pom lurus dengan tanah dan paralel antara kaki yang satu dengan lainnya. Bentuk kakinya lurus, padat, dan kecil.

Gerakan

Anjing ini merupakan tipe anjing yang memiliki gerakan aktif. Gerakannya mulus, bebas, penuh semangat, dan seimbang. Pada bagian depan tubuhnya, mini pom memiliki tingkat jangkauan yang baik.

Sedangkan gerakan yang kuat ada pada bagian belakang. Pada saat bergerak antara kaki bagian depan dan kaki bagian belakang segaris. Selain itu, tulang belakangnya juga menyeimbangkan gerakan dari anjing mini pom ini.

Bulu

Anjing yang menggemaskan ini memiliki bulu yang halus dan tebal, sehingga terlihat lebih gemuk dari ukuran tubuhnya. Untuk bulu bagian luar lebih panjang, lurus, dan teksturnya agak kasar.

Sedangkan bulu bagian dalam berguna untuk menahan agar bulu bagian luar tetap berdiri dan mengembang, sehingga terlihat indah. Untuk bulu bagian lehernya juga tumbuh dengan lebat. Bulu yang ada pada bagian bahu dan dada begitu panjang, sehingga membentuk jumbaian yang melewati dada dan bahu tersebut.

Untuk bagian kepala dan kaki, bulunya tersusun ketat dan ukurannya lebih pendek. Sedangkan di bagian paha, kaki, dan tubuh  bulu mini pom terlihat sangat indah dan halus. Bagian ekor bulunya sangat panjang dan kasar, serta menyebar dengan baik.

READ  31 Jenis Ikan Hias Air Tawar Paling Digemari dan Cara Perawatannya

Warna

Untuk warnanya, anjing mini pom memiliki warna yang beragam. Mulai dari merah, emas, orange, coklat, putih, coklat muda, dan lain sebagainya. Ada juga anjing mini pom yang memiliki warna campuran seperti garis-garis ataupun totol-totol yang menjadikannya kian menarik.

Variasi Jenis Anjing Mini Pom

variasi jenis anjing mini pom
tokopedia

Jenis anjing Pomeranian juga sangat beragam tergantung dari jenis pengelompokannya. Anjing mini pom dikelompokkan berdasarkan beberapa hal seperti, bentuk bulu, bentuk tubuh, warna bulu, dan sebagainya. Namun, pada dasarnya karakteristik yang dimiliki masih sama. Berikut variasi jenis anjing mini pom.

Berdasarkan Gendernya

Berdasarkan gendernya, anjing mini pom terdiri dari dua jenis, yakni anjing Pomeranian jantan dan anjing Pomeranian betina. Dengan adanya anjing jantan dan betina maka akan menghasilkan anak yang berguna untuk melanjutkan keturunannya agar tidak punah.

Berdasarkan Warna Bulu

Warna bulu anjing mini pom sangat beragam, sehingga anda bisa leluasa memilih anjing dengan bulu yang sesuai keinginan. Warna-warna yang dapat anda pilih seperti warna putih, warna coklat, warna emas, warna merah, warna orange, serta warna orange. Selain itu, terdapat pula anjing mini pom yang memiliki totol-totol an garis-garis hitam.

Berdasarkan Beratnya

Berat anjing mini pom juga bervariasi. Untuk anjing yang dipelihara sendiri dengan anjing yang digunakan untuk show memiliki berat yang berbeda. Anjing mini pom yang dipelihara sendiri di rumah memiliki berat 1,4 sampai 3,2 kg. Sedangkan untuk anjing mini pom yang digunakan untuk show memiliki berat 1,8 kg sampai 2,7 kg.

Berdasarkan Gerakannya

Anda juga bisa membedakan anjing mini pom dari gerakannya. Karena ada anjing Pomeranian yang lincah dan ada pula yang kurang lincah. Anjing mini pom yang lincah dan aktif biasanya berani, loyal, dan protektif. Sedangkan mini pom yang kurang lincah biasanya disebabkan masih dalam tahap mengenali lingkungan dan pemiliknya.

Berdasarkan Ekornya

Ekor yang dimiliki anjing mini pom juga berbeda-beda. Ada anjing mini pom yang memiliki ekor tegak dan berbulu. Serta ada juga anjing mini pom yang memiliki ekor panjang dan berbulu. Namun, bentuk ekor yang dimiliki oleh anjing mini pom sesuai dengan  bentuk tubuhnya yang mungil.

Cara Merawat Anjing Mini Pom

cara merawat anjing mini pom
dijualcepat.com

Karakter unik dan khusus yang dimiliki anjing Pomeranian menjadikannya harus dirawat dengan khusus pula. Terlebih lagi karena bulunya yang tebal dan halus, maka merawatnya harus benar. Kebersihan tubuh, makanan, dan kandangnya harus selalu diperhatikan. Berikut cara perawatan anjing mini pom yang benar.

Perawatan Area Bulu

Bulu yang panjang dan tebal pada anjing mini pom menjadikannya harus dibersihkan setiap hari. Caranya adalah dengan menyisir secara teratur. Apabila tidak disisir maka bulunya akan mudah rontok. Sisirlah dari arah kepala dengan memisahkan bulu ke arah depan. Pisahkan bulu yang rontok. Saat memandikan sebaiknya gunakan dry shampoo agar tetap sehat dan bersih.

READ  Mengenal Burung Cendrawasih, Burung Super Cantik dari Indonesia Timur

Perawatan Area Mata

Anda harus memandikan anjing mini pom dengan teratur agar tetap terjaga kebersihan dan kesehatannya. Selain itu, bersihkan pula area mata secara teratur agar tidak ada noda di mata. Kotoran yang menempel di mata mini pom juga dapat segera dibersihkan.

Perawatan Telinga

Bagian telinga mini pom juga harus diperhatikan dengan benar. Bulu yang ada di telinga anjing mini pom sangat lebat, bahkan sampai dua lapis, sehingga harus dibersihkan secara teratur agar tidak menumpuk. Anda bisa membersihkan telinga dengan menggunakan cotton swab yang dicelupkan ke dalam cairan pembersih yang tidak mengandung alkohol.

Perawatan Kuku

Kuku anjing mini pom juga harus dipotong secara berkala saat sudah panjang. Karena kuku yang panjang dapat digunakan untuk mencakar berbagai benda yang ada di rumah. Cara memotong kukunya ialah dengan cara mengangkat telapak kaki dari belakang kemudian tekuk sendinya.

Agar bagian dalam kuku tetap terjaga anda bisa menyisakan sekitar 5 mm. Gunakanlah alat potong kuku khusus anjing yang di jual di toko hewan terdekat dari rumah anda.

Perawatan Gigi

Sebagai pemiliknya anda harus selalu memperhatikan kesehatan gigi anjing mini pom. Anda bisa membersihkan area gigi secara teratur agar anjing terhindar dari infeksi dan bakteri yang membahayakan. Gunakanlah sikat dan pasta gigi khusus untuk anjing.

Saat disikat biasanya anjing akan menolak. Anda bisa menyikatnya jangan terlalu keras, karena anjing memiliki gusi yang sensitif.

Makanan

Untuk menjaga kesehatan anjing mini pom maka anda harus memperhatikan asupan makanannya. Dalam sehari anda dapat memberikan makanan sebanyak dua atau tiga kali. Berikan makanan anjing yang memiliki kandungan gizi yang tinggi, agar anjing tetap sehat.

Berikan pula makanan yang lunak, agar proses mengunyahnya menjadi lebih mudah. Anda juga bisa merendam terlebih dahulu makanan tersebut agar lebih mudah dimakan.

Cara merawat anjing mini pom sebenarnya tidak terlalu sulit, asalkan anda mau telaten dalam melakukannya. Selain itu, bersihkan secara teratur pula kandang mini pom agar tetap sehat dan terbebas dari berbagai macam penyakit.

Baca Juga : Mengenal Lebih Dalam Anjing Maltase, Si Mungil yang Lincah

Anda harus memperhatikan hal-hal di atas dengan cermat agar anjing mini pom yang hendak dibeli menjadi sehat, gemuk, dan imut. Sebenarnya perawatannya cukup mudah, namun anda tidak boleh bosan dalam melakukannya.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.