29 Gambar Buah-Buahan segar, Jenis-jenis, ciri-ciri dan penjelasan

Gambar Buah – Buah buahan tentu memiliki tekstur, rasa dan juga warna yang beragam. Setiap buah menyimpan manfaat dan kegunaan sendiri-sendiri sejalan dengan yang dibutuhkan oleh manusia. Tidak hanya itu, bentuk dari buah-buahan juga beragam yang bisa menjakan mata Anda. 

Nah, pada kesempatan ini akan diulas mengenai gambar buah sebagai bahan renungan Anda akan indahnya ciptaan dari Allah Swt untuk manusia. Selain itu, ulasan kali ini juga bisa dijadikan sebagai salah satu bahan untuk pengenalan kepada anak-anak Anda mengenai berbagai jenis buah yang ada di sekitar lingkungan Anda.

Di bawah ini adalah beberapa jenis buah segar yang cocok untuk dijadikan bahan pengetahuan.

Gambar Buah Apel

gambar buah apel
pixabay.com

Apel merupakan jenis buah-buahan yang bagian luarnya biasanya berwarna merah saat sudah matang dan siap untuk dimakan. Akan tetapi, ada juga buah apel yang warnanya kuning atau hijau saja sudah matang.

Pohon apel sendiri biasanya tumbuh pada daerah-daerah yang mempunyai suhu udara sejuk dan dingin. Pohonnya sendiri sekitar tiga sampai dua belas meter dan menghasilkan jenis buah yang manis. Di samping itu, ia juga memiliki biji yang ukurannya kecil di dalam daging buahnya.

Gambar Buah Anggur

gambar buah anggur
pixabay.com

Buah atau tanaman anggur hidup di kawasan daratan rendah. Jenis tanaman satu ini memerlukan musim kemarau, yakni antara bulan empat sampai bulan tujuh. Dan agar jenis tanaman satu ini bisa tumbuh, dibutuhkanlah yang namanya sinar matahari. Dengan demikian, maka akan menghasilkan buah anggur yang lezat.

Buah anggur sendiri terdiri atas beberapa warna dan jenis yang cukup bervariasi. Di antaranya adalah kaiji grape atau anggur merah agak putih bening. Selain itu juga ada anggur jenis Auxerrois Grape yang berwarna kuning terang keputihan, Dan juga Carbernet Franc Grape yang warnanya relatif biru gelap.

Kemudian ada juga Rosario Bianco Grape yang berwarna hijau muda dan Barborrossa Crape yang berwarna merah. Selanjutnya adalah Chenin Blance Grape berwarna hijau pekat dan Takazuma Crape dan juga Seikire Grape yang berwarna merah pekat.

Gambar Buah Alpukat

gambar buah alpukat
pixabay.com

Buah alpukat atau yang di dalam bahasa Inggrisnya dikenal dengan Avocado mempunyai cukup banyak manfaat. Di antaranya adalah ia mampu menangkal adanya radikal bebas atau berbagai jenis racun di dalam tubuh manusia.

Buah alpukat sendiri kerap dipakai untuk membuat jus. Campuran untuk es campur dan berbagai hidangan untuk jenis minuman segar yang lain.

Untuk ukurannya sendiri, buah alpukat memiliki kisaran ukuran 7 sampai dengan 20 cm. Ia memiliki berat sekitar 100 hingga 1000 gram untuk setiap bijinya. Buah ini juga mempunyai biji cukup besar, yaitu antara 5 sampai dengan 6,4 cm.

Gambar Buah Belimbing

gambar buah belimbing
pixabay.com

Buah belimbing mempunyai warna kuning kehijauan. Ketika sedang proses tumbuh, buahnya memiliki warna hijau. Buah ini memiliki rasa manis namun sedikit ada unsur asamnya. Adapun bentuknya sendiri seperti bintang. Saat di potong buah ini banyak mengandung vitamin C sehingga sangat baik untuk kesehatan manusia.

Di Indonesia, ada beberapa daerah atau kawasan yang sangat terkenal dengan jenis buah belimbingnya. Di antaranya adalah Demak. Belimbing dengan warna kuning cerah tentu saja memiliki rasa yang manis.

Gambar Buah Ceri

gambar buah ceri
pixabay.com

Buah ceri kerap disebut sebagai jenis buah kersen. Buah satu ini hidup di kawasan yang mempunyai iklim sedang. Buah ini cukup banyak ditemukan di Indonesia, khususnya di daerah pinggir jalanan. Buah satu ini memiliki pohon yang sangat rindang sehingga sangat pas untuk dijadikan tempat untuk berteduh.

Berdasarkan sebuah penelitian yang dilakukan, buah ceri ini memiliki kandungan yang amat beragam. Selain kandungannya yang beragam, manfaatnya juga sangat beragam. Misalnya adalah ia bisa dijadikan sebagai antiseptik, kemudian membantu meringankan gejala flu, sakit kepala, diabetes dan juga bisa dijadikan sebagai bahan anti peradangan.

Buah Cokelat

buah cokelat
pixabay.com

Cokelat kerap dipakai untuk membuat es krim, kue, makanan ringan, susu dan lain sebagainya. Cokelat asalnya adalah dari pohon kakao yang menghasilkan buah bernama buah kakao. Masyarakat kerap menyebutnya dengan nama coklat.

Buah ini mempunyai aroma yang sangat khas dan juga gurih. Maka tidak heran jika ia cukup banyak diminati orang, khususnya kalangan anak-anak.

Cokelat sendiri mempunyai rasa yang manis. Buah ini dikonsumsi untuk pertama kalinya oleh masyarakat kawasan Meosamerika Kuno. Dan saat ini orang bisa menikmati berbagai olahan dari buah kakao satu ini. Entah itu di dalam bentuk makanan atau di dalam bentuk minuman.

Gambar Buah Duku

gambar buah duku
pixabay.com

Buah duku merupakan salah satu jenis buah yang asalnya dari Asia Tenggara. Buah ini mirip sekali dengan jenis buah kokosan, langsat, celoring dan juga buah pisitan. Di Indonesia sendiri, buah ini menjadi buah yang menjadi ciri dari provinsi Sumatera Selatan. Dan ada juga yang rasanya sangat terkenal serta digemari oleh masyarakat luas, yaitu duku Palembang.

Pohon dari buah satu ini memiliki daun yang cukup rimbun dengan warna hijau yang cerah. Adapun untuk bentuk dari buah duku sendiri adalah hampir bulan disertai kulit yang cukup tebal. Selain itu, buah satu ini juga mempunyai biji yang kecil, daging yang tebal, sedikit bergetah  dengan rasa asam manis.

Gambar Buah Durian

gambar buah durian
pixabay.com

Buah durian merupakan salah satu jenis buah yang mempunyai kulit buah dengan lekuk yang tajam menyerupai duri. Buah ini memiliki rasa yang cukup unik dan lezat. Sedangkan untuk teksturnya sendiri bisa dibilang sangat pulen dan tidak keras. Selain itu, ia juga tidak melumer.

Buah ini cukup banyak disukai oleh masyarakat, namun tidak sedikit masyarakat yang kurang suka terhadap jenis buah yang satu ini, salah satunya karena aroma yang dimilikinya.

Di Indonesia sendiri, ada cukup banyak jenis buah durian. Di antara jenis buah durian yang terkenal di Indonesia adalah durian montong, durian bawor, durian bokor, durian merah, durian matahari dan lain sebagainya.

Buah Jambu Air

buah jambu air
pixabay.com

Ini adalah jenis buah yang memiliki kandungan air cukup banyak sehingga ia dikenal dengan jambu air. Saat matang, buah satu ini umumnya mempunyai warna merah muda. Buah satu ini sangat cocok untuk dimakan khususnya saat hawanya sedang panas serta dahaga.

Buah jambu air ini sangat sering dipakai untuk campuran rujak buah atau untuk manisan. Di samping jenis jambu air, ternyata masih ada lagi jenis varietas yang lain misalnya jambu batu, jambu bol dan lain sebagainya.

Buah Jambu Batu

buah jambu batu
pixabay.com

Di samping jambu air, ada juga yang namanya jambu batu. Kebetulan jambu satu ini mempunyai tekstur yang sangat keras layaknya batu. Akan tetapi, untuk rasanya tentu saja tidak kalah manis dibandingkan dengan rasa yang dimiliki oleh jambu air.

Buah jambu batu ini mempunyai biji yang kecil dengan warna orange keputihan. Biji tersebut terletak di tengah bagian daging buahnya.

Saat baru saja berkembang, buah jambu batu memiliki warna hijau tua. Kemudian lambat laun ia akan berubah warna menjadi kekuning-kuningan saat buah tersebut sudah matang.

Gambar Buah Jeruk

gambar buah jeruk
pixabay.com

Buah jeruk adalah salah satu jenis buah yang di dalamnya banyak terkandung Vitamin C, kalsium dan juga mineral. Buah ini terdiri dari beberapa jenis, di antaranya adalah jeruk lemon, jeruk nipis. Jeruk mandarin, jeruk Sunkist, jeruk bali dan masih banyak lagi yang lainnya.

Buah satu ini cenderung memiliki rasa asam, segar dan juga manis. Rasanya tersebut ditentukan berdasarkan jenis jeruknya sendiri. Selain itu juga ditentukan berdasarkan kematangannya. Hasil olahan dari jeruk sendiri sangatlah mudah dan sederhana. Baik itu olahan di dalam bentuk cair ataupun dalam bentuk bubuk.

Buah Kecapi

buah kecapi
pixabay.com

Pohon kecapi adalah salah satu jenis pohon besar dan bisa dibilang rimbun. Tinggi dari pohon satu ini bahkan bisa mencapai 20 sampai dengan 30 meter. Jenis pohon ini masuk ke dalam golongan pohon bergetah. Buah kecapi sendiri secara umum memiliki warna kuning saat ia matang. Ia mempunyai rasa yang manis dan juga masam. Adapun daging buahnya sendiri bisa dibilang sangat tebal.

Kulit dari buah kecapi sangat lunak sehingga Anda bisa langsung membuka buahnya hanya melalui gigitan pada bagian kulitnya.

Buah Kedondong

buah kedondong
pixabay.com

Buah kedondong menjadi buah yang teksturnya bisa dibilang keras akan tetapi buah ini bisa langsung Anda konsumsi di dalam keadaan segar. Buah satu ini umumnya akan diolah menjadi sejenis asinan, acara, selai dan juga rujak. Biji buah ini relatif berserabut dan rasanya cenderung manis keasam-asaman.

Buah kedondong masuk ke dalam jenis buah mangga-manggaan. Warna dari buah satu ini adalah hijau dengan corak berwarna hutan. Adapun teksturnya sendiri adalah keras.

Buah Kelapa

buah kelapa
pixabay.com

Pohon kelapa mampu hidup bahkan hingga puluhan tahun lamanya. Pohon ini cukup banyak tumbuh di sekitar pantai serta berbagai daerah yang memiliki intensitas sinar matahari cukup. Buah ini terdiri dari beberapa bagian utama yang meliputi kulit, batok, daging buah kelapa, dan juga air kelapa itu sendiri.

Nah, adapun manfaat dari air buah ini di samping bisa menghilangkan dahaga, ia juga memiliki rasa yang sangat segar. Buah kepala sendiri juga memiliki banyak manfaat utama, misalnya adalah untuk mengurangi penuaan dini dan juga antioksidan untuk tubuh.

Wallpaper Buah Lemon

wallpaper buah lemon
pixabay.com

Tidak sedikit orang yang menganggap bahwa buah jeruk atau lemon ini sama dengan buah jeruk nipis. Anggapan tersebut sesungguhnya kurang benar. Karena buah lemon memiliki warna kuning dan bentuknya agak bulat lonjong. Ia memiliki rasa asam dan juga sedikit manis.

Itu tentu berbeda dengan jeruk nipis yang secara umum memiliki warna hijau. Bentuknya bulat sementara rasanya cenderung asam dan sedikit pahit.

Gambar Buah Mangga

gambar buah mangga
pixabay.com

Buah mangga adalah salah satu jenis buah yang cukup favorit di Indonesia. Hal itu dikarenakan buah satu ini memiliki rasa yang manis dan juga daging yang cukup tebal. Bentuk dan juga tingkatan rasa manis dari buah satu ini cukup berbeda, tergantung dari jenis mangga apa. Karena buah satu ini memiliki beberapa jenis.

Di Indonesia ada beberapa jenis buah mangga yang amat terkenal dengan rasanya yang lezat, misalnya adalah mangga ponding, mangga arum manis, mangga madu, simanalagi, dan beberapa jenis yang lainnya.

Gambar Buah Manggis

gambar buah manggis
pixabay.com

Buah manggis memiliki warna merah yang agak keunguan ketika buah ini matang. Buah ini biasa dikenal sebagai si ratu buah. Sedangkan untuk raja buahnya disematkan kepada jenis buah durian.

Buah manggis memiliki kandungan antioksidan dan juga antininflamasi. Beberapa jenis penelitian menyatakan bahwa buah manggis merupakan jenis buah yang kandungan antioksidannya tinggi dibandingkan dengan berbagai jenis buah lain di dunia.

Wallpaper Buah Melon

wallpaper buah melon
pixabay.com

Melon adalah jenis buah dan juga tanaman yang cukup menarik dan banyak diminati. Buah ini masuk ke dalam jenis labu-labuan. Buah satu ini bisa dimakan secara langsung ataupun dijadikan campuran untuk es buah. Daging dari buah melon ini memiliki warna orange muda atau kuning keemasan.

Meskipun Anda sering juga menemui daging buah melon yang warnanya putih kehijauan.

Foto Buah Nanas

foto buah nanas
pixabay.com

Di dalam bahasa Inggrisnya, buah nanas dikenal dengan nama Pineapple. Buah ini memiliki rasa asam manis dan juga segar. Anda bisa menemukan buah satu ini dengan sangat mudah di pasar dan tentunya dengan harga yang terjangkau.

Buah nanas memiliki warna kuning dan menjadi ikon tersendiri untuk daerah Kota Subang, Jawa Barat. Buah ini memiliki khasiat yang cukup ampuh untuk membantu melancarkan sistem pencernaan Anda. Selain itu, ia juga bisa mengatasi jerawat pada wajah.

Di samping terkenal di Kota Subang, buah satu ini juga sangat terkenal di daerah provinsi lampung karena di sana terdapat pusat penanaman nanas dengan berbagai pabrik yang mengolahnya.

Gambar Buah Naga

gambar buah naga
pixabay.com

Buah naga sering dianggap membawa keberkahan tersendiri. Khususnya bagi kalangan masyarakat Vietnam dan juga Tiongkok. Mereka kerap meletakkan jenis buah ini di antara patung-patung naga di atas meja altar. Di dalam bahasa China, buah ini dikenal dengan Thang Loy yang diterjemahkan menjadi sebutan Dragin Fruit di dalam bahasa Inggris.

Tekstur dari buah naga sendiri kerap disamakan dengan jenis buah kiwi lantaran bijinya yang sangat renyah dan juga hitam. Daging dari buah satu ini sangatlah manis saat dimakan. Ia juga memiliki biji yang biasanya dimakan oleh orang-orang bersamaan dengan dagingnya.

Buah Pepaya

buah pepaya
pixabay.com

Pohon pepaya adalah salah satu jenis pohon yang banyak ditemukan di sekitar masyarakat. Buah pepaya yang telah matang biasanya memiliki warna orange. Sementara untuk daging buahnya yang masih muda bisa dijadikan sebagai sayuran.

Sementara untuk daging buah yang sudah matang dan berwarna orange bisa konsumsi secara langsung  atau dicampurkan untuk berbagai jenis minuman misalnya es campur, jus dan lain sebagainya. Di dalam bahasa Jawa, buah pepaya ini dikenal dengan nama kates dan di dalam bahasa Sunda, buah ini dikenal dengan nama gedang.

Buah Buahan Pir

buah buahan pir
pixabay.com

Jika dilihat, buah pir ini secara sekilas memang nampak seperti buah apel, baik secara bentuk ataupun rasanya. Namun, sebenarnya keduanya memiliki perbedaan. Secara umum, buah pir memiliki warna kuning saat matang. Adapun untuk bentuknya sendiri bulat melonjong.

Buah ini memiliki cukup banyak manfaat, salah satunya adalah untuk melancarkan pencernaan apabila buahnya dikonsumsi saat sebelum matang. Sementara buah pir yang telah matang dipercaya mampu membuat seseorang merasa mengantuk sesudah mengkonsumsi jenis buah ini. Hal itu dikarenakan buah ini memiliki kandungan efek Diuretik.

Gambar Buah Pisang

gambar buah pisang
pixabay.com

Buah pisang adalah jenis buah yang cukup banyak ditemukan di sekitar masyarakat. Buah ini memiliki bentuk yang tersusun rapi di dalam tandan dan saat ia sudah matang, warnanya yang awalnya hijau bisa berubah menjadi berwarna kuning.

Akan tetapi, ada juga buah pisang yang memiliki warna hijau, merah, ungu, jingga dan juga semi hitam saat buahnya sudah matang. Di dalam buah pisang sendiri ada kandungan sumber energi atau karbohidrat dan juga mineral. Selain itu, juga memiliki kandungan kalium.

Aneka Buah Rambutan

aneka buah rambutan

Buah satu ini mempunyai bagian yang menyerupai rambut pada bagian kulitnya. Karena itulah buah ini dikenal dengan nama buah rambutan. Adapun kulit dari buah ini ada yang warnanya merah, hijau kekuningan dan ada juga yang berwarna kuning saat buahnya matang.

Daging dari buah rambutan sendiri memiliki warna putih yang terdapat biji di dalamnya. Bentuk dan juga rasa dari buah satu ini cukup beragam. Tergantung dari jenis pohonnya. Ada jenis rambutan rapiah, binjai, bongkok, sinyoinya dan lain sebagainya.

Buah Salak

buah salak

Di dalam bahasa Inggris, buah salak ini dikenal dengan sebutan Snake Fruit atau jenis buah ular karena buah ini memiliki bentuk kulit yang memiliki sisik seperti ular. Buah salak ini memiliki rasa yang cukup manis, kesat dan juga memiliki biji keras di dalam daging buahnya.

Di Indonesia sendiri ada beberapa jenis buah salak yang sangat terkenal dengan kelezatannya. Misalnya salak pondoh Yogyakarta, Salak Sidempuan yang asalnya dari Sumatera Utara dan juga ada namanya Salak Bali.

Foto Buah Semangka

foto buah semangka

Buah semangka merupakan salah satu jenis buah yang dihasilkan oleh tanaman merambat. Buah satu ini memiliki bentuk yang besar dengan kulit buah yang relatif keras. Buahnya memiliki warna hijau muda yang ditambah dengan garis hijau tua.

Buah semangka yang kerap dikonsumsi masyarakat umumnya memiliki warna merah disertai dengan biji yang kecil di dalamnya berwarna coklat. Namun, tahukah Anda bahwa ada juga daging buah semangka yang memiliki warna kuning.

Gambar Buah Buahan Sawo

gambar buah buahan sawo

Di Indonesia, ada beberapa jenis buah sawo yang sangat terkenal. Di antaranya adalah jenis buah sawo manila, sawo kecik, sawo duren dan juga sawo mentega. Semua jenis buah sawo tersebut memiliki manfaat dan juga varian rasa yang berbeda tergantung dari jenis sawo apa yang Anda konsumsi.

Buah Sirsak

buah sirsak

Nama dari buah satu ini diambil dari nama Zurzak yang memiliki arti kantung yang asam. Nama tersebut diambil dari bahasa Belanda. Buah ini sudah dikenal cukup lama di Indonesia, yakni sekitar abad ke 19 sesudah datangnya bangsa Belanda yang menjajah Indonesia.

Pohon dari buah ini bisa tumbuh pada ketinggian 1000 MDPL. Untuk tinggi pohonnya sendiri bisa mencapai 9 meter. Untuk ukuran dari buahnya sendiri antara 20 sampai dengan 30 cm. Di dalam buah ini ada cukup banyak kandungan gizi.

Foto Buah Strawberry

foto buah strawberry
pixabay.com

Ini adalah jenis buah yang ketika matang berwarna merah. Namun saat proses berkembang, buah ini mempunyai warna hijau keputihan. Buah ini ada yang rasanya manis dan ada yang rasanya asam manis. Biasanya, jenis buah ini mudah ditemui di daerah-daerah yang iklimnya sejuk.

Demikianlah ulasan tentang gambar buah yang bisa dijadikan sebagai tambahan pengetahuan Anda. Semoga informasi di atas bermanfaat untuk Anda.

READ  Gambar Sketsa Bunga Indah dan Mudah | Sakura, Mawar, Melati, Matahari, Anggrek, Tulip dll

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.