Pengertian Komunitas : Jenis-Jenis, Manfaat dan Contohnya

Pengertian Komunitas Menurut Para Ahli, Jenis, Manfaat dan Contohnya

Anda mungkin salah satu orang yang aktif dalam sebuah komunitas. Tanpa mengetahui arti sesungguhnya dari kata “komunitas” Anda begitu aktif dan berperan dan komunitas tersebut. Melihat hal ini tentu akan lebih afdol jika Anda tahu apa  pengertian komunitas secara umum.

Komunitas ialah suatu kelompok sosial di suatu masyarakat yang terdiri dari beberapa orang/individu yang saling berinteraksi di lingkungan tertentu, dan umumnya mempunyai ketertarikan maupun habitat yang sama. Ada pula yang menyebutkan jika komunitas ialah kelompok di dalam masyarakat, dimana setiap anggotanya mempunyai kesamaan kriteria sosial sebagai ciri khasnya.

Sebagai contoh kelompok individu yang mempunyai kesamaan minat, kesamaan agama, kesamaan profesi, kesamaan tempat tinggal dan lain sebagainya. Suatu komunitas dibentuk karena adanya keinginan para anggotanya untuk mencapai tujuan tertentu yang sudah disepakati bersama.

Selain itu, komunitas pun bertujuan untuk saling memberikan bantuan sesama anggota sehingga bisa berkembang bersama.

Pengertian Komunitas Menurut Para Ahli

pengertian komunitas menurut para ahli

Untuk membuat Anda lebih mudah memahami pengertian komunitas pendapat beberapa ahli di bawah ini mungkin akan membantu.

  • Soenarno

Menurut Soenarno, pengertian komunitas adalah suatu identifikasi dan interaksi sosial yang dibentuk dengan berbagai dimensi kebutuhan fungsional.

  • Hendro Puspito

Menurut Hendro Puspito, pengertian komunitas adalah suatu kelompok sosial atau kumpulan nyata, teratur, dan tetap dari individu-individu yang melaksanakan peran-perannya secara berkaitan guna mencapai tujuan bersama.

  • Kertajaya Hermawan

Menurut Kertajaya Hermawan, komunitas adalah sekelompok orang yang saling peduli satu sama lain lebih dari yang seharusnya, dimana dalam sebuah komunitas terjadi relasi pribadi yang erat antara para anggota komunitas tersebut karena adanya kesamaan interest atau values.

  • Etienne Wenger

Menurut Etienne Wenger, pengertian komunitas adalah kelompok sosial yang memiliki habitat lingkungan dan ketertarikan yang sama dalam ruang lingkup kepercayaan ataupun ruang lingkup yang lainnya.

  • Christensson dan Robinson

Menurut Christensson dan Robinson, pengertian komunitas adalah orang-orang yang tinggal di daerah yang terbatas secara geografis, mereka berkomunikasi dengan satu sama lain dan memiliki ikatan antara orang-orang yang tinggal di daerah tempat tinggalnya.

  • Paul B. Horton dan Chaster L Hunt

Menurut Paul B. Horton & Chaster L. Hunt, arti komunitas adalah suatu kelompok sosial atau sekumpulan manusia yang memiliki kesadaran akan keanggotaannya dan saling berinteraksi.

READ  Pengertian Abstrak : Peran, Fungsi, Jenis-Jenis beserta Penjelasannya

Jenis-Jenis Komunitas

jenis jenis komunitas
www.maxmanroe.com

Secara umum komunitas dikelompokkan menjadi 3 jenis, berikut adalah jenis-jenis komunitas tersebut.

  • Komunitas Berdasarkan Minat

Komunitas berdasarkan minat ialah komunitas yang terbentuk karena adanya kebersamaan ketertarikan atau minat dari para anggotanya. Biasanya komunitas yang dibentuk berdasarkan dari minat terbanyak dari total jumlah anggotanya, sebab komunitas ini dibentuk untuk mendukung hobi dan minat mereka.

  • Komunitas Berdasarkan Lokasi

Komunitas berdasarkan lokasi ialah jenis komunitas yang terbentuk lantaran adanya kebersamaan tempat atau lokasi secara geografis. Umumnya komunitas ini berdiri karena dasar ingin saling mengenal satu sama lain, sehingga terciptalah interaksi yang bisa membantu perkembangan lingkungannya.

  • Komunitas Berdasarkan Komuni

Komunitas berdasarkan komuni ialah suatu komunitas yang terbentuk lantaran adanya kepentingan dan keinginan bersama. Dengan kata lain, komunitas berdasarkan komuni ini berdiri atas dasar kepentingan di dalam organisasi sosial pada kehidupan masyarakat.

Manfaat Komunitas

manfaat komunitas
www.kaskus.co.id

Sebuah komunitas dibentuk tentunya bukan tanpa manfaat atau fungsi bagi anggota atau bahkan masyarakat luas. Adapun manfaat dari komunitas ialah sebagai berikut:

  • Sarana Informasi

Komunitas dijadikan sebagai sarana penyebaran informasi yang pastinya bisa menyebar dengan cepat di seluruh anggotanya. Semisal pada komunitas pecinta burung, segala macam informasi yang berkaitan dengan burung tentunya akan tersebar begitu cepat dalam komunitas tersebut.

  • Menjalin Hubungan

Manusia adalah makhluk sosial yang tak bisa hidup sendiri, atau dengan kata lain manusia membutuhkan manusia lain dalam kehidupannya. Nah dengan adanya komunitas, maka sesama anggota bisa menjalin relasi yang baik satu sama lain.

  • Saling Mendukung

Komunitas yang berdiri karena adanya minat dan ketertarikan dalam sebuah bidang tertentu maka akan membentuk sebuah motivasi atau sikap saling mendukung. Bukan hanya mendukung sesama anggota komunitas, akan tetapi dukungan atau motivasi juga bisa dirasakan oleh orang lain yang tak masuk dalam komunitas tersebut.

READ  Mengenal Pengertian Inflasi Beserta dengan Dampak, Penyebab dan Strategi Memeranginya !

Contoh Komunitas yang Ada di Indonesia

contoh komunitas yang ada di indonesia
kulinerjourney.blogspot.com

Dengan jumlah penduduk terbanyak ke-4 di dunia, tentu masing-masing penduduk di Indonesia mempunyai minat dan hobi yang berbeda dan beragam. Inilah yang menjadikan komunitas di tanah air pun begitu beragam. Menariknya komunitas ini bukan hanya terbentuk secara langsung, akan tetapi juga banyak yang terbentuk hanya via internet atau online.

Berikut adalah beberapa contoh komunitas yang ada di tanah air Indonesia.

  • Komunitas Blogger

Profesi blogger mungkin sudah mulai begitu diminati oleh masyarakat Indonesia, selain sistem kerjanya yang bisa dikatakan “fleksibel”, seorang blogger juga bisa mendapat keuntungan yang begitu besar lho!

Komunitas blogger ini muncul karena adanya kebutuhan serta ketertarikan pada dunia blogging. Umumnya para anggota komunitas ini ialah orang yang aktif di dunia maya dana kemudian saling memberikan dukungan terhadap anggota lain, baik dalam teknis di bidang blogging ataupun non teknis.

  • Komunitas Petani/Peternak

Jika melihat nama komunitasnya mungkin Anda beranggapan jika komunitas ini hanya berisikan bapak-bapak saja. Tapi sekarang ini begitu banyak generasi muda yang mulai tertarik dan terjun ke dunia pertanian/peternakan modern sehingga mereka pun membentuk sebuah komunitas.

Komunitas ini pun dibentuk karena adanya ketertarikan serta kebutuhan di dunia pertanian maupun peternakan. Melalui komunitas ini setiap anggota bisa berbagi informasi atau pengalaman serta saling memberi dukungan guna meningkatkan hasil tani/peternakan mereka.

Baca Juga : Mengenal Pengertian Inflasi Beserta dengan Dampak, Penyebab dan Strategi Memeranginya !

  • Komunitas Photography

Contoh komunitas lain yang juga mulai berkembang di Indonesia ialah komunitas photography. Anggota dari komunitas ini tentunya mereka yang memiliki ketertarikan pada dunia photography. Namun bukan hanya photographer professional, beberapa komunitas photography juga merekrut orang awam yang ingin belajar serta mendapatkan informasi tentang bidang terkait.

  • Komunitas Seni

Komunitas seni ini terbentuk lantaran adanya ketertarikan dan kepentingan di bidang seni, baik seni lukis, tari, musik, kriya dan lain sebagainya. Komunitas seni bisa juga digunakan sebagai wadah untuk menyalurkan bakat serta kemampuan di bidang seni.

READ  Pengertian Koperasi, Jenis-Jenis, Prinsip Bahkan Hingga Modal Koperasi

Semoga dengan penjelasan di atas Anda bisa lebih aktif atau memiliki ketertarikan tinggi untuk ikut dalam sebuah komunitas.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.