37 Jenis Hewan Peliharaan Unik, Lucu dan Cara Perawatannya

Pada dasarnya hewan peliharaan memang hewan yang sengaja dipelihara manusia sebagai teman. Bahkan terkadang hewan juga bisa membantu beberapa orang seperti menjaga rumah, mengusir hama, membajak sawah, bahkan juga teman untuk menghilangkan penat dan stress karena aktivitas seharian penuh.

Ada banyak sekali jenis hewan yang bisa dipelihara, mulai dari reptil, unggas dan hewan mamalia. Anda pun bisa memilih salah satu berdasarkan beberapa aspek yang disukai. Misal dari bentuknya yang lucu, cara perawatan mudah.

Jenis Hewan Peliharaan

jenis hewan peliharaan

Nah di bawah ini adalah beberapa jenis hewan yang bisa Anda jadikan peliharaan dan teman sehari-hari.

Kucing Persia

kucing persia
www.agrinak.com

Kucing persia menjadi pilihan hewan yang banyak dipelihara oleh manusia. Mungkin Anda juga sudah tidak asing lagi dengan kucing dari spesies ini.

Tubuhnya mungkin dengan bulu rambut yang lebat sehingga menjadikannya terlihat seperti buntelan bulu. Sedikit berbeda dengan kucing lainnya, persia memiliki kaki yang cenderung pendek.

Kucing satu ini sangat mudah untuk beradaptasi dengan lingkungan yang baru. Jadi setelah Anda memutuskan untuk memilih kucing persia sebagai hewan peliharaan maka sudah barang pasti jika ia akan mudah akrab dengan rumah Anda.

Cara merawat kucing persia juga sangat mudah Anda hanya perlu merapikan bulunya secara rutin dan memandikannya sesekali agar bulu tua dan mati bisa rontok.

Kucing Kampung

kucing kampung
hewan peliharaan

Kucing kampung adalah salah satu kucing yang berasal dari kawasan Indonesia. Tampilannya memang terlihat biasa saja si seperti kucing yang biasa Anda lihat setiap harinya.

Namun jika dirawat dengan benar, maka corak dari kucing akan memberikan tampilan yang tidak kalah dengan kucing-kucing lainnya.

Bahkan perawatan kucing kampung lebih mudah dibandingkan kucing-kucing pada umumnya. Pasalnya kucing kampung tergolong sangat mandiri sejak lahir. Tidak ada salahnya memelihara kucing kampung toh saat ini juga banyak orang yang memiliki dan memeliharanya.

Kucing Anggora

kucing anggora
www.scout.id

Selain dua kucing yang di atas, ada satu kucing yang sudah tidak asing bagi beberapa orang sebagai hewan peliharaan yaitu kucing anggora.

Hal ini disebabkan karena kucing ini mempunyai bentuk bulu rambut yang sangat harus terutama pada bagian ekor yang mengembang. Ekor tersebut juga jadi saya tarik tersendiri bagi para pecinta hewan.

Anjing Shiba Inu

anjing shiba inu
pixabay.com

Anjing Shiba Inu merupakan salah satu anjing spesies anjing yang asalnya dari negara Jepang, anjing ini mempunyai ciri khas pada bagian telinga dimana cukup terlihat jelas berukuran kecil dan berdiri tegak ke arah atas. Satu lagi tubuhnya yang tegap menjadikan anjing ini mirip sekali dengan bentuk tubuh seekor serigala.

Anjing Shiba Inu juga mempunyai karakteristik tubuh yang cukup lincah, suka bermain, serta bisa dengan mudah mempelajari hal baru.

Bulunya halus berwarna cokelat pada bagian punggungnya serta warna putih di bagian dada menjadikan anjing ini terlihat lucu meskipun mempunyai ukuran tubuh sedang. Anjing Shiba Inu tergolong hewan yang sangat mandiri jadi perawatannya relatif mudah.

Anjing Norwegian Elkhound

anjing norwegian elkhound
thegorbalsla.com

Binatang peliharaan yang lima masih pada jenis anjing yaitu Anjing Norwegian Elkhound. Anjing satu ini menjadi anjing yang mempunyai bentuk tubuh gagah, telinga tegak lurus pada bagian atas, dengan wajah mirip serigala.

Sedangkan bulu rambutnya mempunyai tekstur halus serta berwarna hitam pada bagian atas dan warna putih pada bagian bawah yakni di area perut serta kakinya.

Anjing sangat suka bermain dan juga bisa Anda jadikan sebagai penjaga rumah. Tenang saja dia pasti bisa menjaga rumah sebab tergolong anjing yang penurut terhadap majikannya.

Sudah banyak orang memeliharanya dan menyatakan jika Anjing Norwegian Elkhound peka terhadap perasaan pemiliknya. Ketika perasaan pemiliknya sedang sedih anjing ini akan berusaha untuk menghibur misalnya dengan cara tidur di pangkuan pemiliknya.

Golden Retriever

golden retriever
hewan peliharaan

Golden Retriever adalah hewan yang sangat cocok untuk Anda jadikan peliharaan atau teman di rumah, sebab ukurannya tidak terlalu besar bahkan juga bisa dikatakan mempunyai ukuran sedang. Warnanya putih kecokelatan dengan bulu rambut yang lebat. Karakteristiknya cukup menyenangkan dan mudah dilatih sebagai hewan peliharaan.

Perawatan anjing Golden Retriever tidak terlalu sulit, Anda hanya perlu memandikannya secara teratur dengan memakai shampo khusus untuk anjing. Kemudian sisir perlahan bulunya, sebab bulu anjing ini halus serta cenderung panjang.

Anjing Pomeranian

anjing pomeranian
hewan peliharaan

Anjing Pomeranian masuk ke dalam spesies anjing selanjutnya yang tentunya sangat cocok untuk Anda dipelihara, terutama jika Anda termasuk seorang pemula. Pasalnya anjing ini sangat mudah diatur pemiliknya.

Bentuknya tubuhnya yang kecil dan lucu menjadikan anjing ini disukai banyak kalangan. Bukan hanya itu saja anjing ini juga memiliki karakter yang ceria dan suka lari kesana-sini. Sehingga anjing Pomeranian terlihat begitu menggemaskan.

Bulu anjing pomeranian berwarna coklat keputihan dan sangat lembut ketika disentuh, hal inilah yang membuat bulunya harus sering disisir agar tidak kusut. Selain itu juga bisa sekali-kali dimandikan dengan menggunakan shampo, namun harus segera dikeringkan agar anjing ini tidak mengalami kedinginan.

Landak Mini

landak mini
hewan peliharaan

Landak mini menjadi salah satu jenis hewan peliharaan yang berasal dari spesies landak berukuran ukuran kecil. Landak mini belakangan ini cukup diminati oleh para pecinta binatang.

Sebab bentuknya yang mini sangat mirip ukuran dari gumpalan tangan, sehingga tampilannya bisa sangat lucu dan menggemaskan. Ditambah lagi warnanya cukup beragam seperti cokelat, hitam, dan putih. Anda pun bisa memilih salah satu yang paling disukai.

Landak juga bukan termasuk hewan berbahaya meskipun pada bagian punggungnya terdapat duri memiliki duri.

Duri dari landak mini sangat kecil sehingga tidak tajam bahkan bisa terlihat lembut. Perawatannya sangat mudah Anda hanya perlu memandikannya saja secara rutin serta rajin membersihkan kandang agar selalu sehat.

Hamster

hamster
hewan peliharaan

Hamster merupakan hewan pengerat yang tentunya berkerabat dekat dengan hewan tikus. Hamster memiliki banyak sekali spesies yang mana tersebar di wilayah Asia serta Eropa.

Ciri khas hewan satu ini adalah bentuk tubuhnya yang mirip bulatan bulu, bahkan ekornya kecil. Jadi tidak heran jika banyak anak yang suka menjadikannya hewan peliharaan.

Hewan ini mempunyai berbagai jenis warna bergantung pada spesies dari hamster tersebut. Ada cukup banyak hewan peliharaan yang bisa Anda pilih seperti warna putih, cokelat, hitam abu-abu dan lucunya warna merah pun ada. Memeliharanya sangat mudah Anda hanya perlu memberi makan dan membersihkan kandangnya secara berkala.

Marmut

marmut
hewan peliharaan

Berbicara mengenai hamster tentu kurang lengkap rasanya apabila tidak membicarakan marmut. Jika dilihat sekilas kedua binatang tersebut mempunyai bentuk dan karakteristik sama persis. Bahkan perbedaan cukup jelas terlihat dari ukuran tubuh marmut yang lebih besar dari hamster.

Marmut mempunyai sisi unik tersendiri yang dijadikan seseorang memeliharanya. Entah itu dijadikan teman, atau sengaja diternakkan untuk dijual kembali.

Cukup berbeda dengan hamster, marmut lebih ramah terhadap pemiliknya. Bahkan bisa diajak bermain tanpa rasa takut jika hewan ini akan melarikan dirinya.

Ayam Cemani

ayam cemani
hewan peliharaan

Ayam Cemani menjadi hewan peliharaan yang berasal dari spesies ayam lokal, ayam ini adalah hewan endemis dari Indonesia. Ayam Cemani mempunyai keunikan tersendiri dimana semua badannya berwarna hitam pekat dari bulu, bagian kaki hingga kepala.

Bahkan beberapa ayam juga mempunyai warna daging serta tulang berwarna hitam. Jadi tidak heran lagi jika banyak orang yang memeliharanya sebagai hewan eksklusif. Untuk satu ekor Ayam Cemani saja bisa di banderol dengan kisaran harga 40 juta rupiah?

Nominal yang fantastis untuk satu ekor ayam bukan? Hanya orang tertentu saja yang memelihara hewan ini. Berdasarkan mitos yang beredar, ayam ini mempunyai keistimewaan yakni bisa mendatangkan rezeki untuk pemiliknya. Meskipun hanya mitos nyatanya banyak masyarakat percaya mitos tersebut.

Ayam Onagadari

ayam onagadari
hewan peliharaan

Ayam Onagadari masuk dalam spesies ayam yang asalnya dari negara Jepang. Ayam ini dulu dipelihara di Jepang sudah sejak abad ke-16 Masehi. Sedangkan di Indonesia sendiri sudah mulai banyak dibudidayakan. Harganya untuk satu ekor ayam ini berkisar dari satu hingga jutaan rupiah.

Ayam ini mempunyai karakteristik yang unik yakni memiliki bentuk dan ekor yang sangat panjang, satu ayam saja ekornya bisa mencapai ukuran 15 hingga 20 meter. Hanya saja di Indonesia ayam ini hanya memiliki ekor kisaran 1 hingga 2 meter saja. Hal ini disebabkan karena terdapat perbedaan lingkungan serta jenis makanan yang diberikan. Tetapi Ayam Onagadari termasuk sangat bagus jika Anda jadikan hewan peliharaan.

Kelinci New Zealand White

kelinci new zealand white
hewan peliharaan

Hewan peliharaan yang selanjutnya jatuh pada Kelinci New Zealand White. Berdasarkan cerita yang ada kelinci satu ini dahulunya dibawa oleh orang Belanda pada saat masa penjajahan kemudian berkembang biak sampai saat ini dan sudah banyak ditemukan pada kawasan Indonesia.

Kelinci ini mempunyai ukuran tubuh yang lumayan besar. Bahkan bobot satu ekor saja bisa mencapai angka 5 kg.

Banyak orang Indonesia yang sengaja memelihara hewan ini sebagai hewan olahan makanan. Namun ada banyak orang juga yang menjadikannya sebagai kelinci hias, sebab bulunya putih bersih dan mempunyai keunikan tersendiri.

Kelinci ini mudah sekali untuk dipelihara atau dikembangbiakkan. Sekali melahirkan saja kelinci New Zealand White bisa beranak sebanyak 10 hingga 12 ekor. Banyak bukan?

Kelinci Lion Head

kelinci lion head
hewan peliharaan

Sesuai dengan namanya Kelinci Lion Head menjadi hewan peliharaan yang banyak disukai orang karena memiliki bentuk tampilan lucu dengan warna orange seperti singa.

Telinganya tumbuh tegak ke arah atas dengan bentuk wajah yang bundar. Bulu kelinci ini bisa dibilang sangat lebat, teksturnya halus dan lembut pada saat dipegang.

Selain itu ukurannya tubuhnya juga tidak terlalu besar, sehingga menjadikan kelinci ini sangat cocok Anda dijadikan hewan peliharaan.

Berat kelinci ini berkisar pada 1 hingga 2 kg saja. Untuk pemeliharaannya cukup mudah sebab tidak memerlukan kandang terlalu besar dan makanannya sangat mudah didapatkan seperti wortel dan beberapa sayur lainnya.

Kelinci Netherland Dwaf

kelinci netherland dwaf
hewan peliharaan

Kelinci Netherlands Dwaf sudah cukup banyak dibudidayakan dan dijadikan hewan peliharaan sebab mempunyai bentuk yang mini serta bulu lebat. Selain itu tampilan tubuh yang diberikan juga lucu. Kelinci ini berasal dari Negara Kincir Angin atau Belanda dan kini sudah tersebar di berbagai kawasan Eropa serta Asia.

Di Indonesia kelinci ini sudah ada sejak dulu sebab dibawa orang Belanda saat masa penjajahan kolonial di abad ke 18 hingga abad ke 19. Sangat disayangkan spesies kelinci ini sekarang sudah semakin sedikit namun masih cukup mudah ditemukan di Indonesia. Sama seperti kelinci lainnya perawatan yang diberikan juga mudah.

Katak

katak
hewan peliharaan

Katak pada dasarnya memang hewan yang kurang lazim untuk dijadikan hewan peliharaan. Namun saat ini justru banyak orang yang memeliharanya sebagai binatang buas.

Terutama jenis katak yang mempunyai keunikan tersendiri dari warna bentuk dan aspek lainnya. Salah satu jenis katak hias yang banyak dipelihara dan terkenal adalah Katak Pacman dari kawasan Amerika.

Bentuk dan tampilannya sangat bagus, sehingga orang tertentu saja yang bisa memelihara katak ini. Harga satu kata saja cukup mahal, sebab katak ini mempunyai warna sangat bagus yakni hijau serta kuning cerah.

Ular

ular
hewan peliharaan

Ular tentu pada dasarnya memang hewan yang berbahaya bagi manusia. Meski begitu ternyata kini banyak hewan orang yang gemar dengan hewan satu ini bahkan ada juga yang memeliharanya dalam jumlah banyak sebagai koleksi. Ular sendiri mempunyai banyak sekali spesies yang terbagi menjadi berbagai jenis warna serta ukuran berbeda-beda.

Hal tersebut adalah salah satu alasan banyak orang yang suka dengan warna maupun corak dari jenis ular dan sengaja menjadikannya hewan peliharaan. Beberapa ular yang banyak dipelihara banyak orang diantaranya yakni ular hijau, ular piton, ular sanca, sampai ular pelangi.

Kadal

kadal
hewan peliharaan

Kadal adalah hewan reptil yang mempunyai berbagai macam jenis yang mana memiliki warna sangat bagus diantaranya adalah Leopard Gecko, Bearded Dragon, Crested Gecko dan Blue Skinks.

Kadal-kadal di atas mempunyai warna serta corak yang sangat khas pada bagian tubuh masing-masing katak. Hal inilah yang menjadikan kadal menarik perhatian para pecinta hewan dan kolektor.

Perawatan kadal sebagai hewan peliharaan juga tergolong mudah dimana Anda hanya perlu memberikan makan dengan teratur serta membersihkan kandangnya beberapa kali dalam satu minggu.

Kura-Kura

kura kura
hewan peliharaan

Kura-kura sudah sejak lama memang disukai banyak orang sebagai salah satu binatang hias maupun binatang peliharaan.

Ada beberapa jenis kura-kura menjadikan banyak orang tertarik memeliharanya. Hanya saja saat sudah semakin berkurang jumlah dari kura-kura pada habitat aslinya. Dengan begitu beberapa spesies dari kura-kura tidak boleh untuk ditangkap maupun dipelihara dengan ilegal.

Dibutuhkan izin yang diberikan oleh pemerintah apabila Anda ingin menjadikannya sebagai hewan peliharaan, terutama untuk jenis kura-kura yang langka dan saat ini sudah hampir mengalami kepunahan karena penangkapan liar manusia.

Tarantula

tarantula
hewan peliharaan

Tarantula adalah salah satu kerabat dekat hewan laba-laba. Meskipun bentuknya relatif mirip dan sama ternyata ada perbedaan di antara keduanya yakni ukuran tarantula memiliki lebih lebih besar dibandingkan laba-laba. Tarantula sendiri mempunyai beberapa jenis dengan warna dan corak berbeda.

Kini Tarantula semakin diminati untuk dipelihara manusia sebab warna maupun coraknya menarik. Jika Anda memutuskan untuk merawat hewan maka Anda harus hati-hati sebab ada beberapa spesies yang tergolong sangat mematikan bagi manusia.

Musang

musang
hewan peliharaan

Musang sering kali dimanfaatkan manusia sebagai hewan untuk memilih biji kopi berkualitas, terutama bagi jenis musang pandan yang mana sangat ahli dalam membedakan biji kopi yang berkualitas.

Namun untuk para pecinta binatang hewan, musang ternyata mempunyai keunikan tersendiri sebagai hewan peliharaan. Wajahnya tampak sangat lucu, ekornya juga panjang, serta memiliki warna dan corak menarik.

Selain itu, hewan musang menjadi hewan yang pintar serta ramah pada manusia, sehingga sangat cocok jika Anda dipelihara.

Di masa sekarang spesies musang yakni Musang Akar, Musang Bulan, Musang Rase Musang Binturung adalah beberapa jenis musang yang banyak dipelihara para pencinta hewan Indonesia.

Sugar Glider

sugar glider
hewan peliharaan

Sugar Glider adalah hewan jenis nokturnal asalnya dari wilayah timur Indonesia misalnya Maluku dan juga Papua. Binatang ini mempunyai bentuk kecil, bahkan karena bentuk yang kecil hewan satu ini bisa dimasukkan dalam kantong baju pemiliknya. Hewan ini mempunyai beberapa warna yakni hitam, putih dan cokelat.

Sugar Glider cukup populer di zaman sekarang, bahkan ada beberapa komunitas para pecinta Sugar Glider dari berbagai penjuru Nusantara. Hal ini bukan tanpa alasan ya sebab hewan ini cukup mudah dipelihara serta memiliki bentuk yang lucu.

Burung Hantu

burung hantu
hewan peliharaan

Burung Hantu menjadi salah satu hewan unik yang dapat memutar kepalanya hingga arah 180 derajat. Bahkan hewan ini juga sangat unik karena bentuk wajah yang seram serta bulunya halus. Dari aspek tersebut banyak orang yang menyukainya.

Dewasa ini sudah banyak orang yang menjadikan burung kakak tua sebagai hewan peliharaan yang sangat. Jinak. Sebab jika hantu sudah dekat dengan para majikannya sudah sejak lama maka burung ini tidak akan pernah melarikan diri meskipun dilepaskan begitu saja.

Burung Kakak tua

burung kakatua
hewan peliharaan

Burung Kakak tua, sepertinya hampir semua orang kenal dengan spesies burung ini. Habitat asli dari burung Kakak tua banyak tersebar pada Indonesia wilayah Timur, Australia, serta Papua Nugini.

Menurut data yang ada burung ini menjadi salah satu burung yang mempunyai kepintaran berada di atas rata-rata. Bahkan ada beberapa jenis bisa menirukan suara dari manusia.

Burung kakak tua sengaja dipelihara bukan sekadar karena kepintarannya yang dimiliki saja, namun juga karena sudah banyak jenis, karakteristik dan spesiesnya. Karakteristik bisa dilihat dari bentuk paruh, jenis bulu, dan bentuk jambul khas yang tentunya cukup menarik burung perhatian dari orang.

Love Bird

love bird
hewan peliharaan

Love Bird sebenarnya nama dari jenis burung pada akhir-akhir ini sedang populer, hal ini disebabkan banyak pecinta burung yang mulai meliriknya untuk dijadikan hewan peliharaan.

Bagaimana tidak, Love Bird mempunyai warna bulu yang sangat beragam serta terlihat cantik. Bulu yang berwarna-warni didominasi oleh warna merah serta hijau. Burung sangat mudah dipelihara dan dikembangbiakkan jadi sangat cocok dipelihara oleh Anda.

Burung Kenari

burung kenari
hewan peliharaan

Burung Kenari menjadi salah satu burung yang tergolong sangat kebal dengan warna dan kicauannya. Ada banyak pecinta burung yang mempunyai burung ini lebih dari satu.

Burung ini sangat cocok Anda dijadikan hewan peliharaan sebab jumlahnya cukup banyak dengan berbagai macam jenis. Di habitat yang aslinya burung ini bisa Anda jumpai pada berbagai wilayah misalnya di Eropa serta di Asia.

Burung Jalak

burung jalak
hewan peliharaan

Burung Jalak merupakan hewan ke 27 yang bisa Anda dijadikan sebagai binatang peliharaan, binatang ini mempunyai ciri khas pada suara yang keras serta terdengar nyaring. Banyak sekali tipe dan jenis burung ini di di berbagai wilayah utamanya di negara Indonesia.

Namun sangat disayangkan beberapa jenis dari burung jalak tidak bisa dipelihara sebab tidak diizinkan pemerintah dengan alasan keberadaannya sudah terancam akan mengalami kepunahan. Salah satu jenis burung jalak yang langka yakni jalak bali dimana burung tersebut hanya ada beberapa saja pada habitat aslinya.

Ikan Mas

ikan mas
hewan peliharaan

Ikan Mas banyak sekali dipelihara oleh orang Indonesia baik itu nantinya akan dijadikan ikan hias maupun atau dikonsumsi.

Pasalnya ikan ini mempunyai rasa sangat nikmat pada saat dimasak. Ikan Mas sendiri sudah banyak tersebar di berbagai perairan yang ada di Indonesia, Anda juga bisa menemui Ikan Mas di negara-negara Asia.

Ciri khas ikan mas yakni warna yang mirip sekali dengan warna emas yakni kuning kecokelatan. Bukan hanya itu saja Ikan Masa juga mempunyai beberapa jenis spesies yang bisa di konsumsi serta beberapa spesies lain tentunya bisa dijadikan ikan hias.

Ikan Cupang

ikan cupang
hewan peliharaan

Ikan Cupang atau yang dikenal sebagai ikan petarung merupakan salah satu ikan yang sudah tidak perlu Anda ragukan lagi kecantikannya.

Warna tubuhnya yang terang dan sangat cantik dengan bentuk sirip pada ekornya menjadikan banyak orang ingin menjadikannya sebagai hewan peliharaan. Jadi tidak heran lagi jika ikan cupang sudah cukup dikenal baik itu di Indonesia atau di mancanegara.

Ikan Arwana

ikan arwana
hewan peliharaan

Ikan Arwana adalah salah satu jenis hewan endemis Indonesia yang mempunyai bentuk yang sangat cantik dan warna kemerahan.

Sayang sekali hewan ini saat ini sudah sangat sulit dipelihara sebab sudah sangat jarang Anda temukan di habitat aslinya.

Selain itu harga dari ikan arwana juga tergolong cukup mahal mahal. Harganya pula yang menjadi salah satu tantangan tersendiri Anda bisa menjadikan ikan ini sebagai hewan peliharaan di akuarium.

Ikan Guppy

ikan guppy
hewan peliharaan

Ikan Guppy menjadi spesies ikan yang mempunyai bentuk sangat kecil, ikan ini pun mempunyai warna yang sangat beragam dan sangat cantik.

Corak pada tubuhnya terlihat sangat menawan dan berhasil membuat pencinta ikan tidak dapat menahan diri untuk memilikinya sebagai hewan peliharaan.

Ikan ini sudah sangat terkenal di dunia dan di Indonesia sendiri sudah banyak yang memeliharanya. Ikan ini cenderung sangat mudah untuk dirawat dan dikembangbiakkan karena mereka dapat dengan mudah beradaptasi dengan lingkungan hidup mereka.

Hewan Peliharaan – Ikan Kumpai

hewan peliharaan – ikan kumpai
hewan peliharaan

Ikan Kumpai merupakan spesies ikan yang bisa Anda dipelihara, ikan ini mempunyai ciri khas yang ada di bagian siripnya dimana terlihat menarik. Sirip ikan Kumpai terumbai sampai berkesan indah serta elegan. Ikan ini mempunyai berbagai jenis warna mulai dari warna cokelat, kuning, sampai berwarna putih bersih.

Tentu saja bentuk tampilan yang disajikan dari ikan ini menjadi salah satu faktor paling utama dan sangat cocok untuk dipelihara. Di samping itu cara merawatnya juga sangat mudah dan tentunya sama dengan berbagai jenis ikan pada umumnya.

Kuda

kuda
hewan peliharaan

Kuda pada dasarnya memang jadi hewan peliharaan yang sudah banyak disukai oleh beberapa orang. Selain memiliki bentuk serta karakteristik yang menarik kuda pun dapat menemani Anda berjalan-jalan dengan naik di atas punggungnya.

Namun hewan di banderol dengan harga yang cukup mahal. Bahkan ukuran kecil saja harganya bisa mencapai puluhan juta. Menarik bukan?

Selain itu, cara merawat kuda sedikit butuh perjuangan sebab hewan ini cukup mudah sakit dan terkadang cenderung susah.

Bahkan banyak orang beranggapan mengurus kudu lebih susah dibandingkan hewan mamalia yang lainnya. Makanan kuda wajib untuk Anda harus dari segi gizi serta nutrisi yang ada di dalamnya. Perhatian ini bertujuan agar semua kebutuhan nutrisi bisa terpenuhi.

Sapi

sapi
Sapi

Sama halnya dengan hewan kaki empat peliharaan lainnya sapi juga sering dijadikan sebagai hewan peliharaan yang akan diambil hasilnya seperti daging, susu, kulit dan lainnya.

Banyak usaha makanan yang menggunakan daging dari hewan ini, sehingga banyak juga yang memeliharanya untuk dikembangkan di peternakan.

Selain bisa diambil dagingnya sapi nyatanya juga bisa dipelihara karena ingin diambil susunya. Susu dari sapi ini banyak digunakan di dalam proses pembuatan membuat susu kemasan bayi atau olahan susu lainnya seperti keju dan yogurt. Susu sapi dikenal memiliki rasa yang nikmat dengan kandungan gizi serta nutrisi lengkap bagi tubuh manusia

Iguana

iguana
hewan peliharaan

Iguana adalah salah satu hewan reptil yang masuk ke dalam kelas hewan kadal. Iguana ini bisa ditemukan pada wilayah Amerika.

Meskipun wajah dan tubuhnya garang sekarang iguana sudah berhasil masuk ke dalam jenis hewan peliharaan dan kesayangan manusia.

Iguana termasuk binatang sulit untuk dirawat, jadi selalu pastikan jika Anda memilih serta membeli iguana yang sudah dalam keadaan baik serta sehat.

Banyak orang menjadikan hewan iguana sebagai peliharaan dengan melihat keunikan yang berbeda dengan hewan lainnya.

Selain itu pemiliknya juga termasuk pecinta reptil. Iguana memiliki daya tarik tersendiri yakni sebagai hewan purba yang mempunyai kulit eksotis. Kebanyakan iguana yang dipelihara yakni iguana hijau kelebihan penampilan lincah, gesit, serta responsif.

Iguana hijau tergolong binatang jinak jadi sangat cocok untuk Anda jadikan hewan peliharaan. Iguana juga mempunyai gelambir kulit lebar pada bagian lehernya. Bagian tersebut memiliki fungsi sebagai alat pengatur suhu tubuh pada. Bagaimana? Apakah Anda tertarik untuk memelihara hewan iguana?

Ubur-ubur

ubur ubur
Ubur-ubur

Sebenar masih sedikit orang yang belum mengetahui jika ubur-ubur bisa dijadikan sebagai hewan peliharaan di akuarium. Memang si tidak semua jenis ubur-ubur bisa dipelihara. Namun saat ini kebanyakan yang dipelihara tipe yakni ubur-ubur jenis upside-down jellyfish.

Untuk ubur-ubur jenis yang lainnya dan dipelihara banyak orang adalah ubur-ubur bulan, laguna serta blue blubber. Masing-masing tentunya memiliki keunikan yang berbeda. Biasanya binatang laut satu ini akan dimasukkan pada akuarium khusus kemudian dilengkapi lampu led agar tampilannya semakin cantik.

Makanan ubur-ubur yakni hewan kecil serta juga plankton. Bisa dibilang juga tidak mudah Anda memperoleh makanan tersebut. Jadi ya sebaiknya cari tau terlebih dahulu beberapa informasi dari ubur-ubur sebelum menjadikannya sebagai hewan peliharaan.

Kalajengking

kalajengking
hewan peliharaan

Kalajengking bagi kebanyakan orang mungkin menjadi hewan menakutkan dan mengerikan. Akan tetapi memelihara kalajengking pada kalangan para pecinta hewan dianggap sebagai hal unik dan ‘keren’. Kalajengking tergolong hewan yang mudah untuk dipelihara, baik itu pada orang yang berpengalaman atau pemula.

Hal terpenting menjadikan kalajengking sebagai hewan peliharaan adalah jaga selalu kebersihan dari kandang.

Untuk pemula sangat dianjurkan untuk memilih kalajengking dengan racun atau bisa yang berbahaya. Ciri dari kalajengking berbisa kuat yakni mempunyai ekor gemuk serta capit yang kecil. Kalajengking jenis tersebut memakai kandungan racun di ekor agar bisa melumpuhkan buruan.

Sedangkan kalajengking yang memiliki bisa tidak berbahaya digambarkan dengan ciri ekor kecil dan capit besar kuat.

Mereka memakai capit sebagai untuk utama melumpuhkan mangsa. Indonesia tidak ada jenis kalajengking yang memiliki bisa tergolong mematikan. Jadi, semua jenis kalajengking yang ada di indonesia kemungkinan besar bisa Anda dijadikan hewan peliharaan.

Kini tidak ada alasan lagi bagi Anda merasa sepi berada di rumah. Sebab ada beberapa hewan yang bisa Anda pelihara seperti beberapa hewan yang ada di atas. Pilih saja salah satu hewan peliharaan yang Anda suka dan dirasa cukup murah merawatnya.

READ  Metamorfosis Katak Sempurna Proses fase telur, Kecebong, Dewasa

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.