10 Ragam Cara Untuk Mengecilkan Perut Secara Alami

Cara mengecilkan perut – Baik bagi pria ataupun wanita, memiliki perut yang buncit adalah salah satu masalah yang cukup serius. Selain mengurangi rasa percaya diri karena penampilan menjadi kurang maksimal, perut yang buncit juga akan berpengaruh pada tingkat kesehatan.

Kondisi ini tentu saja akan cukup merugikan bagi Anda jika sampai mengalaminya. Perlu diketahui bahwa dalam suatu penelitian dikatakan jika seseorang yang memiliki perut yang buncit akan meningkatkan risiko terserang beberapa penyakit. Beberapa penyakit yang dimaksud adalah stroke, jantung hingga diabetes.

Hal ini dikarenakan perut yang buncit tersebut dikarenakan adanya lemak yang bertumpuk. Lalu, bagaimana cara mengatasi masalah ini dan cara mengecilkan perut yang kadung buncit tersebut?

Ragam Cara Mengecilkan Perut Secara Alami

ragam cara mengecilkan perut secara alami
sekolahpintar.com

Berbincang tentang cara mengecilkan perut, ada cukup banyak cara yang sebenarnya Anda lakukan. Cara yang dimaksud bisa berupa cara medis ataupun cara alami. Namun, tentu, cara alami adalah cara yang lebih disarankan. Hal ini dikarenakan tidak ada efek samping dari cara alami yang Anda hendak terapkan.

Nah, dilansir dari beberapa sumber, berikut ini beberapa cara mengecilkan perut secara alami yang bisa Anda terapkan di rumah secara kontinu.

1. Olahraga Secara Teratur

1. olahraga secara teratur
lifestyle.kompas.com

Tidak dimungkiri memang jika olahraga adalah solusi terbaik untuk mengecilkan perut secara alami. Namun, meskipun manfaatnya besar dan cenderung mudah dilakukan, nyatanya tidak sedikit orang yang mampu melakukannya dengan baik.

READ  15 Cara Menghilangkan Jerawat Di wajah Secara Cepat Dan Alami

Tanpa olahraga, bisa jadi bahwa cara mengecilkan perut yang Anda lakukan akan kurang efektif. Dalam hal ini, ada beberapa jenis olahraga yang bisa Anda lakukan sebagai cara mengecilkan perut. Beberapa olahraga yang dimaksud adalah jogging, renang, cardio dan bulu tangkis.

Namun, jika Anda memiliki waktu yang terbatas untuk berolahraga, maka Anda bisa melakukan push up atau sit up untuk mengecilkan perut.

2. Minum Air Putih Secara Teratur

2. minum air putih secara teratur
Minum Air Putih Secara Teratur

Menjaga pola konsumsi air putih adalah salah satu cara yang tepat untuk membantu Anda mengecilkan perut. Ini adalah salah satu cara alami yang sangat mudah dilakukan dan efeknya pun cukup maksimal.

Nah, dalam hal ini, Anda sebaiknya menjaga pola konsumsi air putih dengan mengkonsumsi setidaknya 8 gelas air putih setiap hari. Ini adalah takaran yang dianjurkan untuk menjaga kesehatan Anda. Selain itu, konsumsi air putih ini akan mampu menghindarkan Anda dari kemungkinan terjadi dehidrasi.

3. Menjaga Konsumsi Makanan

3. menjaga konsumsi makanan
Menjaga Konsumsi Makanan

Selain olahraga dan memperbanyak minum air putih, cara lain yang bisa dilakukan untuk mengecilkan perut adalah dengan menjaga konsumsi makanan. Ini adalah langkah yang sangat penting dan tentu saja cukup berpengaruh.

Nah, untuk mengecilkan perut, maka Anda sebaiknya menghindari makanan yang banyak mengandung lemak. Beberapa makanan seperti junk food, gorengan atau lainnya harus mulai dikurangi. Sebaliknya, Anda perlu menambah konsumsi beberapa jenis makanan, terutama sayuran dan buah.

Kedua jenis makanan ini mengandung banyak nutrisi yang akan berguna untuk menjaga kesehatan tubuh dan membantu Anda mengecilkan perut.

4. Perbaiki Waktu Tidur

4. perbaiki waktu tidur
Perbaiki Waktu Tidur

 

Hal lain yang perlu Anda lakukan untuk mengecilkan perut adalah dengan menjaga waktu tidur. Kebanyakan orang yang memiliki perut buncit adalah mereka yang tidur dengan tidak teratur.

Nah, dengan menjaga pola tidur yang baik, maka Anda akan cenderung lebih sehat dan masalah perut yang buncit bisa diatasi dengan baik. Lalu, bagaimana cara untuk memperbaiki waktu tidur tersebut? Dalam hal ini, Anda harus memastikan bahwa minimal Anda tidur sekitar 5-7 jam setiap harinya.

READ  15 Cara Menghilangkan Jerawat Di wajah Secara Cepat Dan Alami

Selain itu, hindari begadang jika memang tidak ada keperluan. Perlu diketahui bahwa jam tidur yang teratur juga akan berdampak pada metabolisme tubuh Anda.

5. Menghindari Stress

5. menghindari stress
Menghindari Stress

Cara lain yang cocok untuk dilakukan guna mengecilkan perut adalah menghindari stress. Ya, stress adalah salah satu penyebab terjadinya timbunan lemak di dalam perut.

Saat Anda mengalami stress, maka kelenjar adrenal yang ada di dalam tubuh akan melepaskan hormon stress secara berlebihan. Nah, saat hormon stress tersebut muncul secara berlebihan, maka efek yang terasa adalah nafsu makan akan meningkat.

Kondisi ini akan membuat pola konsumsi tidak teratur dan bertambah sehingga kemungkinan perut buncit pun akan semakin besar.

6. Melakukan Diet Tinggi Protein

6. melakukan diet tinggi protein
Melakukan Diet Tinggi Protein

Diet yang dilakukan memang menjadi salah satu cara yang tepat untuk mengecilkan perut. Nah, salah satu cara diet yang bisa dilakukan dengan manfaat yang cukup besar adalah diet tinggi protein.

Perlu diketahui bahwa protein adalah salah satu nutrisi yang akan mengendalikan tingkat berat badan Anda. Dalam hal ini, jika protein terpenuhi secara kurang, maka potensi berat badan akan naik dan menyebabkan perut buncit akan semakin besar.

Oleh karena itu, diet tinggi protein perlu dilakukan. Artinya, Anda menambah level protein yang dimasukkan ke dalam tubuh.

7. Penuhi Kebutuhan Serat

7. penuhi kebutuhan serat
Penuhi Kebutuhan Serat

Salah satu cara yang tepat untuk mengecilkan perut adalah memenuhi kebutuhan serat harian. Ini adalah salah satu langkah yang bisa dikatakan cukup penting. Hal ini dikarenakan di dalam tubuh serat memiliki fungsi yang penting karena akan memperlambat penyerapan makanan.

Artinya, jika kebutuhan serat bisa terpenuhi dengan baik, maka Anda akan merasa kenyang lebih lama dan tentu saja pola makan akan menjadi lebih baik. Pola makan yang lebih baik inilah yang bisa diandalkan untuk membantu Anda mengecilkan perut dengan cara alami yang tentu saja sangat aman.

READ  15 Cara Menghilangkan Jerawat Di wajah Secara Cepat Dan Alami

8. Hindari Konsumsi Minuman Beralkohol

8. hindari konsumsi minuman beralkohol
www.klikdokter.com

Konsumsi minuman beralkohol adalah sesuatu yang buruk. Dampak minuman beralkohol bagi tubuh adalah sangat besar, terutama bisa menyebabkan perut menjadi buncit. Hal ini dikarenakan alkohol yang masuk ke dalam tubuh menyebabkan lemak berkembang dengan sangat pesat.

Oleh karena itu, jika Anda ingin mengecilkan perut demi kesehatan, maka hindari konsumsi minuman beralkohol. Selain minuman beralkohol, membatasi minuman yang mengandung soda juga diperlukan. Hal ini dikarenakan soda juga bisa memicu terjadinya perut buncit.

9. Konsumsi Minyak Kelapa

9. konsumsi minyak kelapa
lifestyle.okezone.com

Salah satu cara yang bisa dikatakan mudah untuk membantu Anda mengecilkan perut adalah dengan mengkonsumsi minyak kelapa. Dalam suatu penelitian dikatakan bahwa rantai asam lemak dalam minyak kelapa bisa meningkatkan metabolisme serta mengurangi jumlah lemak yang tersimpan di dalam tubuh.

Dengan manfaat ini, maka minyak kelapa bisa menjadi salah satu agen mengecilkan perut alami yang cukup efektif. Nah, untuk hasil yang maksimal, maka konsumsi setidaknya dua sendok makan minyak kelapa setiap harinya.

10. Hindari Makanan dan Minuman yang Mengandung Terlalu Banyak Gula

10. hindari makanan dan minuman yang mengandung terlalu banyak gula
wartakota.tribunnews.com

Pemilihan makanan menjadi kunci dari usaha untuk mengecilkan perut. Dalam hal ini, hindari memilih makanan dan juga minuman yang terlalu banyak mengandung gula. Hal ini dikarenakan gula tersebut berpotensi menjadi lemak dan membuat perut menjadi lebih buncit.

Baca Juga Cara Diet Alami

Nah, demikian beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengecilkan perut secara alami. Tentu, masih banyak cara lain yang bisa Anda lakukan. Namun, dengan menerapkan cara di atas secara teratur, Anda akan mendapatkan manfaat yang besar. Semoga bermanfaat.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.