Contoh Cover Makalah Lengkap Dengan Format Penulisannya

Contoh cover makalah – Dalam dunia pendidikan, setiap peserta didik tentunya akan selalu diberi tugas baik oleh guru maupun dosen. Mulai dari tugas harian hingga tugas seperti makalah, skripsi ataupun tugas akhir lainnya. 

Nah jika Anda sedang mendapat tugas untuk membuat makalah, baik untuk kepentingan pendidikan, organisasi atau yang lainnya, cover adalah salah satu bagian yang paling penting perhatikan.

Meskipun tidak mengupas bagaimana isi makalah tersebut, namun cover makalah yang menarik bisa memberikan nilai plus pada tugas Anda. pembuatan cover makalah pun harus sesuai dengan format yang benar alias tak boleh asal-asalan.

Format Contoh Cover Makalah

format contoh cover makalah
www.wajibbaca.com

Dalam membuat cover makalah, format pembuatannya sebenarnya cukup simple dan mudah di praktikkan. Format yang digunakan antara contoh cover makalah penelitian, skripsi dan lain sebagainya sama. 

Berikut adalah format umum pembuatan cover makalah;

  •  Judul Makalah

Bagian paling utama dan teratas adalah judul makalah. Judul bisa diletakkan pada bagian tengah cover dan dituliskan secara lengkap. Penulisan secara lengkap ditujukan agar informasi yang disampaikan lebih jelas, menarik dan bisa memberikan gambaran mengenai isi makalah tersebut.

Standar penggunaan huruf pada penulisan judul makalah adalah Arial, Calibri atau New Roman dan tentunya harus menggunakan huruf kapital dan diberi cetak tebal atau bold. 

  • Tujuan Makalah

Setelah judul, bagian bawahnya akan disusul dengan penulisan tujuan makalah. Bagian ini juga bisa diletakkan pada bagian sub judul. Penulisannya pun menggunakan ukuran font yang lebih kecil dibanding penulisan judul.

Contoh penulisan tujuan makalah adalah sebagai berikut “Makalah ini Disusun Untuk Memenuhi Tugas Sekolah SMK N 2 Lembang”.

  • Logo atau Gambar Makalah

Posisi logo atau gambar pada contoh cover makalah  yakni di bagian tengah sampul. Ukuran panjang maupun lebarnya pun harus disamakan sehingga terlihat proporsional, hindari membuat logo atau gambar dengan ukuran yang terlalu kecil ataupun besar

Menjadi bagian yang paling mencolok dan banyak diperhatikan, bagian logo atau gambar sebaiknya di-print dengan tinta warna sehingga tampak lebih menarik. Biasanya logo yang digunakan merupakan logo sekolah, perguruan tinggi ataupun lembaga/organisasi.

  • Data Penulisan Penyusunan Makalah

Bagian selanjutnya yakni data penulisan penyusunan makalah yang harus disesuaikan dengan proses pembuatan makalah tersebut. Jika pembuatannya dalam lingkup kelompok, maka Anda harus menuliskan siapa saja anggota kelompok yang bersangkutan.

Selain sebagai syarat pembuatan cover makalah, penulisan data penyusun makalah juga bertujuan agar makalah karya Anda tidak diklaim oleh pihak lain.

  • Nama Fakultas dan Jurusan

Selain nama pembuatan makalah, Anda juga perlu menuliskan nama fakultas atau jurusan yang sedang Anda tempuh saat ini. bagian penulisan nama fakultas atau jurusan sendiri berada di bagian bawah.

  • Tahun Pembuatan

Bagian terakhir yang tak kalah pentingnya adalah tahun pembuatan atau tahun di selesaikannya penyusunan makalah tersebut. Posisinya pun berada di bagian bawah dan diletakkan di bagian tengah.

Contoh Cover Makalah

contoh cover makalah
quaility.com

Setelah mengetahui format penulisan cover makalah, langsung saja simak contoh cover makalah berikut untuk mendapatkan gambaran lebih jelasnya. Tapi sebelumnya Anda juga harus mengetahui jika cover makalah bisa ditulis dengan beberapa format, yakni APA, MLA, Turabian/Chicago da IEEE.

Berikut penjelasan dan contoh lengkapnya;

Contoh Cover Makalah Format APA

Contoh Cover Makalah Format APA
www.infokekinian.com

APA (American Psychology Association) merupakan salah satu standar formatting makalah yang diakui di dunia, khususnya untuk makalah psikologi, sosial atau pendidikan. Tujuan penggunaan format APA ini adalah agar penulis bisa konsisten untuk menjelaskan ide atau hasil penelitiannya.

Aturan penulisan contoh cover makalah berformat APA ialah menggunakan huruf Times New Roman dengan ukuran huruf 12. Spasi double tidak hanya pada cover makalah, namun juga pada seluruh isi makalah. 

Jika Anda menggunakan format APA, Anda harus menyampaikan informasi mendasar tentang apa, siapa, dan juga dari mana penulisan makalah tersebut bersumber. Dalam penulisan cover makalah dengan format APA, ada beberapa unsur yang terkandung di dalamnya

  • Running Head dan Nomor Halaman

Running head atau yang lebih dikenal dengan sebutan header berfungsi sebagai kepala halaman. Bagian ini berisikan judul makalah dalam tulisan uppercase (semua tulisan di blok dan kapital) dengan penulisan rata kiri. Jumlah karakternya pun tak diperbolehkan lebih dari 50 karakter, termasuk tanda baca dan spasi.

Oleh sebab itu, Anda boleh menyingkat penulisan judul yang posisinya di heading ini. bukan dengan cara memperpendek kata, namun dengan membuat judul baru dengan kalimat lebih singkat. Format APA sendiri menggunakan penomoran halaman walau di bagian cover. Nomor halaman tersebut dituliskan rata kanan, sejajar dengan running head.

  • Judul

Bagi sebagian penulis, pembuatan judul adalah salah satu yang tersulit, karena judul akan mempengaruhi probabilitas makalah yang ditulis.

Semakin menarik judul yang dibuat, maka akan semakin mengundang rasa penasaran pembaca. Namun pada penulisan judul makalah, judul harus spesifik dengan bahasa yang jelas. Cara termudah dalam membuat judul makalah adalah lihat hipotesis dan juga variabel penelitian.

Judul pun harus dibuat singkat, dan tidak lebih dari 12 kata, namun dalam ketentuan lain juga bisa dibuat dengan jumlah kata maksimal 20.

  • Nama Penulis

Dalam format APA, nama harus dituliskan dengan sistem nama depan, nama tengah (disingkat) dan nama keluarga. Contoh: Arya C. Reyhan, bukan Arya Cahya Reyhan.

Nama penulis pun harus ditulis semua, dan bisa diurutkan sesuai dengan struktur kelompok tersebut.

  • Instansi Penulis

Instansi penulis adalah lokasi dimana proses penelitian tersebut dilakukan. Biasanya instansi penulis merupakan perguruan tinggi atau lembaga penelitian khusus. Apabila banyak instansi penulis, maka masing-masing penulis hanya diperbolehkan menyertakan 2 instansi saja.

  • Catatan Penulis

Catatan penulis adalah kalimat yang berisikan apa yang ingin disampaikan penulis pada pembaca. Posisinya berada di bawah institusi dengan spasi double. 

Contoh Cover Makalah Format APA

contoh cover makalah format apa
www.romadecade.org

(Pada kolom header; RH: rata kiri; Halaman: rata kanan; 1 inci dari tepi atas)

Running Head: KEMAMPUAN KOGNITIF SISWA PADA PELAJARAN 1

(Keluar dari header, pada halaman normal; tengah kertas; spasi double; tengah)

Pengaruh Kemampuan Kognitif Siswa terhadap Tingkat Penerimaan Pelajaran Bahasa Indonesia di SMA Suka Maju 1 

(bawah judul; spasi double; tengah)

Ahmad I. Hafidz

(LOGO)

(bawah nama; spasi double; tengah)

 

Universitas Perjuangan Bangsa

 

READ  4 Contoh Laporan Prakerin dengan Berbagai Jurusan

(bawah instansi; spasi double)

 

(spasi double; tengah)

 

Catatan Penulis

Makalah ini ditulis di bawah bimbingan

Professor Drs. Rizki Kusuma, M.PD, Ph.D,

Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Sebelas Maret

Contoh Cover Makalah Format MLA

contoh cover makalah format mla
mikkcarraj.blogspot.com

MLA (Modern Language Association) yakni sebuah asosiasi yang mengeluarkan aturan tentang standar format untuk artikel. Format MLA ini banyak digunakan pada makalah di bidang kebahasaan dan literature.

Jika dibandingkan format APA, format MLA bisa dibilang lebih fleksibel. Penggunaan cover sampul juga opsional, jadi ada yang menggunakan cover da nada yang tidak. Format ini juga lebih sering digunakan untuk makalah yang berupa essay, dan bukan makalah penelitian.

Berikut unsur atau format penulisan cover makalah MLA.

  • Nama Instansi

Bagian pertama pada format MLA ini adalah nama instansi, yang dituliskan rata kiri. Penulisannya pun menggunakan huruf maupun spasi yang sama dengan bagian isi makalah.

Instansi yang dapat dimasukkan bisa berupa instansi pendidikan, organisasi atau lembaga lain.

  • Judul

Penentuan judul makalah disini bisa ditentukan pada awal maupun akhir proses, yang mana judul dibuat dengan pengkajian isi makalah terlebih dahulu. Penulisan judul sendiri berada di bawa nama instansi dengan memberi jarak spasi sampai kurang lebih tulisan berada di sepertiga kedua tinggi halaman.

Penulisan judul harus rata tengah dengan menggunakan ukuran dan jenis huruf serta spasi yang sama dengan bagian isi makalah.

  • Nama Penulis dan Keterangan

Nama penulis dituliskan dengan lengkap, yakni nama depan, nama tengah dan nama belakang tanpa perlu disingkat. Jika makalah dibuat oleh mahasiswa/siswa juga disertakan dengan program pendidikan yang sedang ditempuh.

  • Heading dan Nomor Halaman

Jika Anda menggunakan format MLA, nomor halaman tidak dibutuhkan pada bagian cover makalah namun tetap digunakan pada bagian isi. Cara penggunaannya ialah dengan memberi page break setelah keterangan dan juga set page layout dengan different first page. Posisinya berada di bawah halaman atau sekitar sepertiga akhir halaman cover.

Contoh Cover Makalah Format MLA

(bagian atas; tengah)

Universitas Perjuangan Bangsa

 

(enter hingga lebih kurang sampai ke sepertiga kedua bagian kertas; tengah)

 

Serat Centini:

Penyaduran Karya Klasik dalam Sastra Modern

 

(enter hingga lebih kurang sampai ke bagian sepertiga terakhir kertas; tengah)

 

READ  4 Contoh Karya Tulis Ilmiah yang Bisa Anda Jadikan Referensi

Ahmad Ibnu Hafidz

Mata Kuliah Sastra Indonesia,

Program Studi Bahasa dan Sastra Indonesia

18 November 2018

Contoh Cover Makalah Format Turabian/Chicago

Contoh Cover Makalah Format Turabian/Chicago
www.groovypost.com

Nama resmi dari format ini adalah The Chicago Manual of Style yang diterbitkan langsung oleh University of Chicago Press. Walaupun dengan tata bahasa yang berbeda, akan tetapi format ini banyak digunakan oleh Negara lain termasuk Indonesia. 

Secara umum, cover makalah dengan format Chicago tidak memiliki aturan baku, namun tetap memiliki beberapa unsur yang harus ada, yakni cover, isi makalah, lampiran (jika diperlukan), catatan dan bibiliografi. Sementara pada contoh cover makalahnya, berikut format yang digunakan.

  • Judul

Judul ditulis dengan memperhatikan isi makalah secara umum. Anda bisa melihat bagian kesimpulan makalah untuk mendapatkan judul terbaik. Nah untuk penulisan judulnya sendiri adalah rata tengah dan posisinya berada di tengah halaman. 

Biasanya judul pada cover makalah berformat Chicago menggunakan huruf Times New Roman dengan ukuran 12. Penulisannya pun tidak menggunakan unsur dekoratif seperti penebalan, garis bawah atau ukuran berbeda. Cukup tulis secara natural saja.

  • Nama Penulis

Tepat di bagian bawah judul Anda bisa mengisinya dengan nama penulis, ukuran dan jenis huruf yang digunakan pun sama yakni TNR 12. Tata cara penulisannya pun fleksibel, Anda bisa menuliskan nama secara lengkap tanpa perlu disingkat.

  • Keterangan

Tiga baris terakhir pada cover makalah akan diisi dengan keterangan. Isi keterangan sendiri biasanya merupakan tujuan dari penulisan makalah dan kappa makalah tersebut dibuat.

Untuk menghindari halaman yang tersambung, Anda bisa menambahkan page break setelah penulisan keterangan.

  • Penggunaan Header dan Nomor Halaman

Sama seperti format MLA, format Chicago juga tidak menggunakan nomor halaman pada bagian cover dan hanya digunakan pada bagian isi saja. 

Contoh Cover Makalah Format Turabian/Chicago

(enter sekitar separuh halaman; tengah)

 

Keuntungan dan Kekurangan Sistem Perbankan Online di Indonesia

 

(di bawah judul; spasi double; tengah)

 

Ahmad Ibnu Hafidz

 

(spasi doubleskip sampai tiga baris terakhir; tengah)

 

Mata Kuliah Perbankan

Drs. Muhammad Tantowi, MBA, Ph.D.

20 Desember 2019

Contoh Cover Makalah yang Umum Digunakan di Indonesia

contoh cover makalah yang umum digunakan di indonesia
www.anakui.com

(bagian atas halaman; 14pt; bold;tengah)

EFEKTIVITAS PENGGUNAAN JALUR LAMBAT DI JALAN SLAMET RIYADI KOTA SURAKARTA

READ  Contoh Laporan dan Format Penulisannya yang Benar

(di bawah judul, beri jarak; 12pt; tengah)

Ditulis untuk Memenuhi Nilai Mata Kuliah Perencanaan Transportasi

Dosen Pengampu: Dr. Ir. Yahya Taulani, M.T.

(di bawah keterangan; ukuran menyesuaikan; tengah)

 

[Logo Instansi]

(di bawah logo; 12pt; tengah)

Oleh:

(enter; 12pt; tengah)

Ahmad Ibnu Hafidz

Nisa Anggita

Risa Amelia

Andika Satria

Bambang Adi Setyawan

 

(di bawah nama penulis, beri jarak; 12pt; bold; tengah)

PROGRAM STUDI PERENCANAAN WILAYAH DAN KOTA

FAKULTAS TEKNIK

UNIVERSITAS PEMBANGUNAN BANGSA

SURAKARTA 2019

 

Contoh 2

MAKALAH
“PALANG MERAH INDONESIA : SEJARAH DAN PERKEMBANGANNYA”

Makalah ini dibuat untuk memenuhi tugas akhir Pendidikan Jasmani dan Kesehatan

 

(Logo instansi)

 

Disusun oleh:
Maula Indra Syahputra
NIS 00200998

 

Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Semarang tahun Ajaran 2018-2019

Semarang

2019

 

Contoh 3

MAKALAH
“TINGKAT KEBUTUHAN MANUSIA TERHADAP ALAT ELEKTRONIK”

Makalah ini dibuat untuk memenuhi tugas kelompok mata kuliah Sosiologi

 

(Logo Instansi)

Disusun oleh:
Aira Cantika 2015928009
Audina Mahesti 2015592029
Deny Akmal Maulana 2015562123
Kurniawan Pamungkas 20155923112

 

Fakultas ilmu Sosial Gadjah Mada
Yogyakarta
2019

 

Contoh 4

MAKALAH
ANALISIS PENGARUH PENGGUNAAN SMARTPHONE TERHADAP PRESTASI MAHASISWA

Makalah ini dibuat untuk memenuhi tugas kuliah akhir semester

 

(Logo instansi)

 

Disusun oleh:
Naila Amalia 1230980002
Rasti Ayudiasandra 1230974743
Sintia Ika Sari 1230848292
Sonia Larasati 1239484840
Tantiana Dewi Lestari 1234947088
Yunda Ayudia 1234985068

 

Fakultas Ilmu Sosial Universitas Padjajaran Tahun Ajaran 2018/2019
Bandung

 

Contoh 5

MAKALAH
PENELITIAN : CARA PEMBUATAN JAMUR MENGGUNAKAN BUBUK KAYU

Makalah ini dibuat untuk memenuhi tugas kelas semester ganjil

 

(Logo Instansi)

 

Disusun oleh kelompok 3 :
Adiana Arman Kurniawan 123019379
Candra Adi Setiaji 123349400
Deswita Arumingsih 123938484
Denta Ahmad Riza 123048484
Eliya Melinda Sari 123984820
Maudia Agustina 123459682

 

Sekolah Menengah Atas Negeri 02 Surabaya
Surabaya
2019

 

Contoh Makalah 6

MAKALAH
TATA CARA BERWUDHU YANG DISUNNAHKAN

Makalah ini dibuat untuk memenuhi tugas Agama Islam semester genap

 

(logo Instansi)

 

Disusun oleh :
Arinda Febriana 09484733
Disa Anita Kurnia 48903020
Muhammad Arda Aksara 84779297
Rizka Melisa Ari 84048822

 

SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 04 BLITAR
BLITAR
2019

 

Contoh 7

MAKALAH
PEMBUSUKAN OLEH BAKTERI PADA TOMAT

Makalah ini dibuat untuk memenuhi tugas IPA

 

(Logo instansi)

 

Disusun oleh :
Ahmad Angga Saputra 123019379
Cindi Alika 123349400
Destina Anisa 123938484
Deri Anggoro Purnomo 123048484
Eliya Rahma Wati 123984820
Maulida Ayuni Sari 123459682

 

Sekolah Menengah Atas Negeri 02 Balikpapan
BALIKPAPAK
2018

 

Contoh 8

MAKALAH
MACAM-MACAM CARA PERKEMBANGBIAKAN MAKHLUK HIDUP

Makalah ini dibuat untuk memenuhi tugas akhir sekolah

 

(logo instansi)

 

Disusun oleh :
Arya Pramana Siregar 123019379
Alex Julio Fernandes 123349400
Andika Tri Aji123938484
Lasmi Kurnia Sastri123048484
Lisa Anita Sari 123984820
Malida Listiyani 123459682

 

SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 05 BOGOR
BOGOR
2018

Baca Juga Contoh Surat Tanda Terima

Itu dia beberapa contoh cover makalah baik untuk tugas sekolah, kuliah maupun organisasi/instansi. Tentunya Anda bisa menyesuaikan dengan format yang digunakan, baik APA, MLA atau Chicago.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.