5 Contoh Laporan Kegiatan beserta Cara Penulisannya

Contoh laporan kegiatan – Mengetahui cara membuat laporan yang baik dan benar perlu untuk Anda ketahui, terlebih lagi untuk Anda yang bekerja di sebuah instansi. Para pelajar dan mahasiswa juga perlu mengetahui cara membuat laporan yang benar, karena seringnya melakukan berbagai kegiatan.

Setelah melakukan kegiatan secara resmi, biasanya laporan dibutuhkan sebagai bentuk pertanggungjawaban kepada atasan atau pemangku kekuasaan.

Laporan sebenarnya merupakan bentuk pemberitahuan atau penyampaian berita tentang kejadian atau kegiatan kepada atasannya, sehingga Anda harus memahami contoh laporan yang baik agar nantinya bisa membuat laporan yang baik pula. Laporan dapat berbentuk lisan maupun tulisan.

Berbagai jenis laporan tersebut dibedakan berdasarkan kegiatan dan tujuannya. Berikut ini contoh-contoh laporan kegiatan yang baik dan benar.

Dasar-Dasar Laporan

dasar dasar laporan
penerbitdeepublish.com

Sebelum membahas tentang contoh laporan yang benar, mengetahui dasar-dasar laporan merupakan hal yang penting untuk diketahui. Untuk bisa membuat laporan yang baik maka Anda harus mengetahui pembuatan format laporan yang sempurna.

Laporan yang tersusun dengan baik akan menjadikan informasi yang disampaikan tercapai kepada atasan. Berikut ini dasar-dasar pembuatan laporan yang benar.

  • Pemberi Laporan

Pemberi laporan adalah seseorang atau sebuah panitia yang memiliki tugas tertentu. Misalnya seorang mahasiswa yang diberi tugas melakukan penelitian terhadap sebuah objek, maka yang membuat pemberi laporan adalah mahasiswa tersebut.

  • Penerima Laporan

Selain dibuat oleh seseorang atau sebuah panitia, laporan juga harus ditujukan atau disampaikan kepada seseorang atau badan. Untuk yang menerima laporan tersebut bisa orang atau badan yang menugaskan.

  • Tujuan laporan

Tujuan dibuatnya laporan biasanya untuk mengatasi sebuah masalah, mengambil keputusan yang efektif, mengetahui perkembangan masalah untuk perbaikan, menemukan teknik-teknik terbaru, dan lain sebagainya.

  • Sifat Laporan

Sifat-sifat utama yang harus ada dalam sebuah laporan adalah: mengandung imajinasi, laporan disajikan secara menarik, serta laporan harus lengkap dan sempurna.

Contoh Laporan dari Berbagai Macam Kegiatan

Untuk Anda yang ingin belajar membuat laporan yang benar, maka bisa mempelajarinya dari contoh-contoh laporan yang akan di bawah ini. Berikut ini merupakan contoh laporan yang dibuat dari berbagai macam kegiatan.

Contoh Laporan Kegiatan Seminar

contoh laporan kegiatan seminar
satriabjahitam.com

SMK TUNAS BANGSA

SEMINAR NASIONAL BEDAH KURIKULUM 2013

Alamat: Jalan Kemerdekaan Nomor 223

Telp. (0271) 234342 Jakarta

 

Laporan Kegiatan

Nama Kegiatan

Tema “Seminar Nasional Bedah Kurikulum 2013” dalam rangka peningkatan pengetahuan tentang kurikulum terbaru di lingkungan Universitas Tunas Bangsa tahun 2019.

Waktu Pelaksanaan

9 November 2019

Tempat

Gedung Ballroom Jakarta

Jalan Pahlawan No. 22 Jakarta

Tujuan

Setelah mengikuti seminar nasional bedah Kurikulum 2013 dengan tema: “Mampukah Kurikulum 2013 menjawab semua tantangan peningkatan kompetensi guru”, diharapkan semua peserta seminar mampu:

  1. Memahami apa itu Kurikulum 2013
  2. Memahami cara mengembangkan materi yang ada pada Kurikulum 2013
  3. Melakukan evaluasi terhadap Kurikulum 2013
  4. Mampu memahami cara merancang strategi pembelajaran serta implementasi Kurikulum 2013
  5. Mampu menerapkan Kurikulum 2013 pada semua jenjang pendidikan.

Materi Seminar

Materi seminar Kurikulum 2013 ini disampaikan oleh Prof. Dr. Suyadi, M.Hum (Tim PUSKUR Kemendiknas RI). Secara umum materi seminar yang disampaikan ialah sebagai berikut:

  1. Hasil Evaluasi BSNP
  2. Penyederhanaan mapel
  3. Arah perubahan kurikulum
  4. Pokok-pokok kurikulum 2013
  5. Kompetensi inti
  6. Kompetensi dasar
  7. Beban belajar
  8. Struktur kurikulum
  9. Mata pelajaran dan alokasi waktunya
  10. Pembelajaran tematik integratif
  11. Standar isi
  12. Mapel peminatan
  13. Standar isi
  14. Tabel kompetensi inti
  15. Tabel kompetensi dasar.

Tindak Lanjut

  1. Terselenggaranya workshop/ kegiatan/ IHT dalam rangka mengembangkan dan merancang strategi pembelajaran yang berdasarkan kurikulum 2013
  2. Mampu mengimplementasikan kurikulum 2013 dengan baik dan benar.

Dampak

READ  4 Contoh Karya Tulis Ilmiah yang Bisa Anda Jadikan Referensi

Adapun dampak dilaksanakannya kegiatan seminar ini terhadap peningkatan kompetensi peserta selaku pendidik adalah sebagai berikut.

  1. Secara umum seminar nasional ini berdampak pada meningkatnya kompetensi tenaga kependidikan dan pendidik, khususnya pada kompetensi pedagogik dan kompetensi profesional.
  2. Secara khusus seminar nasional ini berdampak pada meningkatnya pemahaman peserta seminar tentang kurikulum 2013. Selain itu, peserta juga bisa membagikan pemahaman tersebut kepada tenaga kependidikan dan pendidik yang ada di satuan kerja atau sekolah.

Penutup

Demikianlah laporan ini kami buat sebagai bentuk pertanggungjawaban atas tugas yang telah diberikan. Mohon maaf atas segala kesalahan dan kekurangan. Terimakasih atas semua dukungan yang telah diberikan kepada kami. Semoga laporan ini dapat bermanfaat sebagaimana mestinya.

Contoh Laporan Kegiatan Sekolah

contoh laporan kegiatan sekolah
sarungpreneur.com

Laporan Kegiatan Porseni di SMP

Kebangkitan Bangsa Bandung

 

Pendahuluan

Masa muda merupakan masa di mana imajinasi dan daya kreasi masih sangat tinggi, seperti yang dimiliki oleh anak-anak yang masih duduk di bangku SMP. Kreativitas dibutuhkan oleh manusia untuk meningkatkan dan menumbuhkan kepekaan terhadap rasa artistik dan estetik. Dengan begitu, nantinya akan memunculkan sikap kreatif, kritis, serta apretiatif kepada kepribadian siswa secara keseluruhan.

Berbagai sikap positif tersebut akan muncul apabila diadakan kegiatan yang mampu memancing daya kreativitas pada siswa seperti contohnya kegiatan Porseni atau Pekan Olahraga dan Seni yang diadakan di sekolah. Adapun tujuan diadakannya Porseni adalah untuk meningkatkan potensi diri setiap siswa serta mampu mengajarkan kebersamaan dalam mengerjakan hal yang bermanfaat.

Maka dari itu, kegiatan Porseni di sekolah ini harus dilaksanakan agar mampu meningkatkan potensi setiap siswa yang bersekolah di SMP Kebangkitan Bangsa Bandung. Oleh karena itu, SMP Kebangkitan Bangsa telah melaksanakan kegiatan Porseni di luar jam sekolah pada tahun ajaran 2019/2020.

Tujuan Kegiatan Porseni

  • Meningkatkan daya kreativitas setiap siswa
  • Mencari bibit baru dalam bidang olahraga dan seni
  • Menciptakan hubungan yang erat agar setiap siswa mampu bekerja sama mengelola bakat masing-masing
  • Meningkatkan tali silaturahmi antar siswa dan siswa dengan guru.

Kegiatan

Nama kegiatan : Pekan Olahraga dan Seni

Tema kegiatan : Mengembangkan bakat, minat, dan kreativitas demi kemajuan diri

Sasaran kegiatan : Seluruh siswa SMP Kebangkitan Bangsa Bandung

Tanggal kegiatan : 5 sampai 8 November 2019

Tempat kegiatan : SMP Kebangkitan Bangsa.

Anggaran Dana

Pemasukan : Rp. 3.000.000,00

Pengeluaran : Rp. 3.000.000,00

Penutup

Demikianlah laporan kegiatan Porseni di SMP Kebangkitan Bangsa Bandung yang telah terlaksana dengan sukses dan tanpa halangan suatu apapun. Kami menyadari jika dalam pembuatan laporan ini masih banyak kekurangan dan kesalahan, untuk itu kami mohon maaf yang sebesar-besarnya atas segala kekurangan dalam laporan ini. Sekian dan terima kasih.

Contoh Laporan Kegiatan Pelatihan

contoh laporan kegiatan pelatihan
thegorbalsla.com

PENDAHULUAN

Latar Belakang

Penyuluhan pertanian merupakan salah satu upaya yang dilakukan guna meningkatkan kemampuan setiap petani dalam mengolah lahan. Kemampuan tersebut meliputi sikap maupun keterampilan agar mampu mengambil keputusan terkait usaha pertanian yang tengah dilakukan.

Jenis pelatihan yang dilakukan juga harus disertai dengan beberapa kriteria agar dianggap baik, yaitu meliputi tersusunnya kegiatan dengan rapi, terwujudnya perencanaan yang baik, pelaksanaan kegiatan, serta evaluasi yang memenuhi syarat terpenuhinya pelatihan yang dilakukan.

Tujuan Laporan Kegiatan

READ  4 Contoh Laporan Prakerin dengan Berbagai Jurusan

Tujuan laporan kegiatan ini sebagai bentuk tanggung jawab dari kegiatan pelatihan yang sudah terlaksana, guna untuk memenuhi persyaratan pemenuhan tugas ujian akhir semester 5 di Universitas Pertanian Bogor.

METODE PELAKSANAAN

Waktu dan Tempat

Kegiatan pelatihan ini dilaksanakan pada Hari Kamis, Tanggal 14 November 2019 pukul 08.00 sampai 12.00 WIB. Bertempat di kelompok tani Manunggal, Desa Kaliputih, Kecamatan Wonoyoso, Kabupaten Bogor.

Peserta Pelatihan

Untuk peserta yang mengikuti pelatihan ini diantaranya seluruh pengurus dan anggota kelompok tani Manunggal Desa Kaliputih, para tokoh masyarakat, dan juga penyuluh pertanian setempat.

Rincian peserta yang hadir dalam pelatihan yaitu sebagai berikut: anggota beserta pengurusnya berjumlah 15 orang, tokoh masyarakat berjumlah 5 orang, dan penyuluh pertanian berjumlah 2 orang.

Materi Pelatihan

Materi pelatihan yang digunakan dalam kegiatan ini adalah pemberian pupuk organik terhadap tanaman.

HASIL DAN PEMBAHASAN

Pelaksanaan kegiatan yang seharusnya dimulai jam 08.00 terpaksa harus mundur menjadi jam 08.30 karena beberapa alasan, seperti para petani yang berangkat ke ladang terlebih dahulu serta kepentingan lainnya. Jumlah orang yang hadir pada pelatihan tersebut adalah 20 orang, belum termasuk penyuluh pertanian yang juga datang terlambat.

Partisipasi para petani dalam kegiatan ini masih sangat kurang, karena banyak petani yang merasa sudah berpengalaman dalam membuat pupuk organik, namun tidak berhasil. Sehingga, banyak petani yang malas menggunakan pupuk organik lagi dengan alasan banyaknya kendala dalam membuat pupuk organik.

Penutupan

Kegiatan pelatihan ini ditutup dengan melakukan upacara penutupan, pemberian pupuk organik untuk petani yang hadir, serta untuk anggota kelompok secara gratis.

Contoh Laporan Kegiatan Lomba

contoh laporan kegiatan lomba
www.romadecade.org

Dasar Pemikiran

Pramuka merupakan salah satu agen perubahan yang menjadi harapan untuk negara, bangsa, dan agama. Sehingga, pramuka dituntut mampu berpartisipasi pada setiap kegiatan yang ada di masyarakat. Pramuka harus senantiasa mampu meningkatkan kuantitas dan kualitasnya untuk kepentingan pramuka sendiri serta masyarakat sekitar.

Melalui lomba tangkas pramuka ini diharapkan nantinya penerus bangsa golongan penggalang yang ada di SMP Satu Jaya Bandung dan sekitarnya mampu menunjukkan eksistensinya, serta mampu memberikan sumbangsih kepada bangsa Indonesia.

Oleh karena itu, kami dari Universitas Kesatuan Bandung yang menjadi anggota pramuka mengadakan kegiatan lomba ini. Lomba tangkas pramuka ini sebagai wadah bagi generasi muda SMP Satu Jaya Bandung agar nantinya memiliki karakter kuat dan nasionalis.

Tujuan Kegiatan Lomba

  1. Untuk memupuk rasa persaudaraan di kalangan sesama siswa SMP Satu Jaya Bandung.
  2. Menjadi wadah yang tepat untuk membentuk generasi muda yang memiliki karakter kuat dan nasionalis.
  3. Untuk melatih jiwa kompetitif yang mampu bersaing secara sehat dan kreatif.
  4. Untuk mencetak kader pramuka yang mampu menjadi pejuang penerus bangsa dengan jiwa nasionalis.

Nada dan Tema

Nama kegiatan : Lomba tangkas pramuka penggalang

Tema kegiatan : Menciptakan karakter mandiri dan memiliki daya juang tinggi untuk para pemuda pemudi.

Waktu dan Kegiatan

Hari : Jum’at

Tanggal : 15 November 2019

Waktu : Jam 08.00 – 15.00

Tempat : Kampus Universitas Kesatuan Bandung

Penutup

Demikianlah laporan kegiatan lomba tangkas pramuka ini dibuat sebagai bentuk pertanggungjawaban kami sebagai penyelenggara lomba, serta untuk melaporkan hasil kegiatan lomba yang telah dilaksanakan.

Laporan kegiatan lomba ini kami buat dengan sebenar-benarnya, apabila masih terdapat banyak kesalahan dalam laporan maka akan kami perbaiki lagi pada kegiatan yang akan dilakukan berikutnya.

Ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya kami sampaikan kepada semua pihak yang telah ikut serta membantu demi terlaksananya acara ini dengan sukses. Semoga bantuan dari semua pihak mendapatkan balasan dari Tuhan YME. Aamiin.

Contoh Laporan Kegiatan Pentas seni

contoh laporan kegiatan pentas seni
www.romadecade.org

Pendahuluan

READ  4 Contoh Karya Tulis Ilmiah yang Bisa Anda Jadikan Referensi

Puji syukur kami panjatkan atas kehadirat Tuhan Yang Maha Esa yang telah memberikan karunia dan Rahmat-Nya dengan tiada tara.Pada dasarnya Indonesia memiliki beragam budaya yang unik dan indah.

Terdapat juga berbagai karya seni memukau yang ada di Indonesia. Oleh karena itu, kami dari OSIS ingin menyelenggarakan sebuah pentas seni di SMA Melati. Dengan adanya kegiatan pentas seni ini diharapkan dapat meningkatkan apresiasi para siswa terhadap kesenian dan kebudayaan yang ada di Indonesia.

Dengan diadakannya kegiatan ini kami selaku pengurus OSIS berharap akan tumbuh rasa cinta dan kepedulian terhadap seni dan budaya Indonesia dan juga seni dan budaya modern. Selain itu, acara pentas seni ini juga dapat dijadikan sebagai ajang hiburan bagi para siswa menjelang Ujian Akhir Semester tiba.

Latar Belakang

Kegiatan pentas seni ini dilaksanakan sehubungan dengan hari Sumpah Pemuda yang diperingati setiap tanggal 28 Oktober. Dengan perayaan hari Sumpah Pemuda maka kegiatan pentas seni ini merupakan wujud rasa terima kasih para pemuda Indonesia terhadap para pemuda yang telah memperjuangkan kemerdekaan.

Tujuan Acara Pentas Seni

  1. Untuk melestarikan budaya di Indonesia.
  2. Untuk melestarikan kesenian di Indonesia.
  3. Menjadi sebuah acara komersial.
  4. Sebagai bentuk ucapan terima kasih kepada seluruh pemuda yang telah memperjuangkan kemerdekaan.
  5. Sebagai bentuk apresiasi kepada siswa yang telah berkreasi.
  6. Untuk mengembangkan bakat, potensi, serta kreatifitas siswa.

Waktu dan Tempat

Hari/Tanggal : Senin, 28 Oktober 2019

Waktu : Pukul 08.00 – selesai

Jenis Kegiatan yang Ditampilkan

  1. Tari tradisional dan modern perwakilan para siswi.
  2. Musik tradisional dan kreasi seni dari siswa siswi, seperti vokal grup dari masing-masing kelompok ekstrakurikuler.
  3. Teater persembahan dari anak-anak yang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler teater.

Penutup

Demikianlah hasil dari laporan kegiatan pentas seni yang telah kami selenggarakan. Puji syukur alhamdulillah kegiatan tersebut telah berjalan dengan lancar dan sukses. Kami mohon maaf yang sebesar-besarnya apabila masih terdapat banyak kekurangan dalam laporan kegiatan ini. Kritik dan saran yang membangun dari pembaca sangat kami harapkan. Sekian dan terima kasih.

Cara Menulis Laporan Penelitian

cara menulis laporan penelitian
www.youworkforthem.com

Ada satu jenis laporan yang penulisannya berbeda dengan laporan yang lain, yaitu laporan penelitian. Hal ini dikarenakan laporan penelitian ditulis berdasarkan pada hasil penelitian dan memerlukan kajian mendalam. Dalam menulis laporan penelitian memerlukan kaidah-kaidah khusus yang berbeda dari laporan yang lain.

Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam membuat laporan penelitian seperti mengetahui tema dan topik penelitian, memahami judul penelitian, mendalami maksud dan tujuan penelitian, melakukan kajian teori-teori terkait, memahami cara penulisan yang baik dan benar, serta mengamalkan penulisan sitasi. Dengan cara tersebut maka laporan penelitian yang Anda buat menjadi lebih baik dan benar.

Baca Juga Contoh Catatan Kaki

Demikianlah ulasan tentang dasar-dasar laporan, contoh laporan yang baik, serta hal yang perlu diperhatikan dalam membuat laporan penelitian. Dengan mengikuti contoh laporan yang telah dijabarkan di atas maka laporan kegiatan ataupun penelitian yang Anda buat menjadi lebih benar, sesuai dengan kaidah penulisan laporan yang berlaku.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.