57+ Contoh Pantun Jenaka Paling Bagus dan Lengkap

Contoh pantun jenaka – Pantun jenaka menjadi salah satu jenis pantun yang sering kali diperdengarkan. Penggunaan pantun ini memiliki tujuan yaitu untuk menghibur orang yang mendengarnya, atau kadang juga digunakan sebagai media untuk menyindir seseorang di dalam kondisi keakraban. 

Namun tetap saja kehadiran bait-bait pantun jenaka akan menghibur meski terdapat pesan sindiran yang tersirat di dalamnya. Sangat menarik sekali jika kegiatan canda tawa bersama teman menggunakan baitan pantun jenaka yang penuh dengan lelucuan ini. 

Bagi Anda yang ingin saling berbalas pantun jenaka saat berkumpul bersama teman, namun bingung mau mengucapkan pantun jenaka seperti apa, tepat banget nih untuk menyimak ulasan artikel yang satu ini. Langsung saja, berikut pengertian pantun jenaka, ciri-ciri,  jenis-jenis pantun jenaka dan contoh pantun jenaka yang rekomendasi untuk Anda.

Pengertian Pantun Jenaka 

pengertian pantun jenaka 
sinau.info

Apakah Anda juga pelantun pantun jenaka? Kalau iya, pasti Anda sudah sangat mahir untuk menciptakan bait-bait pantun jenaka yang lucu dan membuat orang ngakak. Sebenarnya apa sih yang dimaksud dengan jenaka itu sendiri? 

Sudah sering mengungkapkan pantun jenaka dalam berbagai acara tetapi tidak tahu apa itu arti jenaka sendiri? Apakah seperti itu? Jenaka artinya adalah lucu. Jadi pantun jenaka adalah pantun yang lucu. Lebih mudahnya mungkin anak-anak zaman sekarang menyebutnya sebagai pantun gokil atau pantun humor. 

Jenaka sendiri berasal dari bahasa Melayu. Pantun sebenarnya lebih berkembang terhadap suku Melayu. Tidak heran jika Anda melakukan studi pantun, terutama pantun-pantun lama Anda akan menemukan beberapa bahasa asing di telinga. 

Keberadaan pantun jenaka sebagai karya seni yang disajikan dalam bentuk yang kreatif dan menarik ini memang sangat menghibur dan dapat mencairkan suasana. Selain sebagai hiburan, di dalam bait pantun jenaka ini juga bisa disampaikan sebuah nasihat bijak. 

Namun tetap menggunakan bahasa yang lucu dan menyenangkan. Jadi bisa dibilang fungsi dari pantun jenaka ini plus-plus ya. Bisa digunakan untuk menghibur, bisa untuk menyampaikan nasihat bijak atau bisa juga untuk menyampaikan ungkapan perasaan.

Ciri-Ciri Pantun Jenaka 

ciri ciri pantun jenaka 
www.gurupendidikan.co.id

Layaknya, jenis pantun yang lain, pantun jenaka juga memiliki ciri-ciri yang sama dengan jenis pantun pada umumnya. Adapun ciri-ciri pantun adalah sebagai berikut;

  • Setiap bait terdiri atas empat baris
  • Jumlah suku kata dalam setiap baris pantun terdiri dari 8 sampai 12 suku kata
  • Baris pertama dan kedua disebut lampiran
  • Baris pertama dan kedua tidak mengandung makna berarti
  • Baris ketiga dan keempat disebut isi
  • Baris ketiga dan keempat inilah yang mengandung intisari dari pantun
  • Pantun memiliki sajak A-B-A-B

Ciri-Ciri Syair Pantun

ciri ciri syair pantun
obatrindu.com

Kalau sebelumnya sudah dibahas tentang ciri-ciri pantun jenaka atau ciri-ciri pantun secara umum, syair pantun juga memiliki ciri-ciri yang khas. Ciri-ciri syair pantun adalah sebagai berikut;

  • Syair pantun terdiri atas empat baris dalam setiap baitnya 
  • setiap bait memberi tambahan makna sebagai sebuah satu kesatuan 
  • Semua baris dalam syair merupakan isi, menjadi dalam syair tidak tersedia sampiran 
  • Syair memiliki pola A-A-A
  • Setiap satu baris syair terdiri atas 8 hingga 12 suku kata
  • Syair berisi petuah, nasihat, cerita atau dongeng

Jenis-Jenis Pantun Jenaka 

jenis jenis pantun jenaka 
thegorbalsla.com

Pantun jenaka terdiri atas beberapa jenis. Anda bisa memilih jenis pantun jenaka sesuai yang Anda inginkan. Berikut beberapa jenis pantun jenaka yang sering digunakan pada umumnya:

  • Pantun dongeng  binatang 
  • Pantun mengolok-olok/ejekan 
  • Pantun kelakar 
  • Pantun sindir menyindir 

Contoh Pantun Jenaka

contoh pantun jenaka
contoh.pro

Apakah Anda memiliki pengalaman layaknya bercanda dengan orang-orang di sekitar Anda? Apa yang dirasakan saat Anda melemparkan sebuah pantun jenaka dan teman Anda tidak dapat menerimanya dengan baik? Sebagian orang akan tersipu malu saat mendapat serangan pantun jenaka yang bertemakan rayuan.

Namun tidak mengapa, pengungkapan rasa lewat sebuah pantun akan terasa lebih menarik dan menyenangkan.  Sehingga, Anda perlu mempelajari situasi dan kondisi terhadap siapa Anda bercanda. Meski hanya melayangkan sebuah pantun, namun jika Anda salah sasaran bisa kacau jadinya. Nah di bawah ini terdapat beberapa macam pantun jenaka yang bisa Anda jadikan referensi.

  • Pantun Jenaka Anak 

pantun jenaka anak 
contoh.pro

Di bawah ini adalah contoh pantun jenaka anak yang bisa digunakan untuk kalangan usia anak-anak :

Harimau menjadi sombong

Suka menghina dan mengelak

Masih kecil sudah ompong

Mirip sekali dengan nenek-nenek

***

Lebar sekali daun talas

Untuk menaikkan daun talam

Makanya jangan suka malas

Sikat gigi pagi dan malam

***

Kancil mencari undur-undur

Mencarinya sampai muter-muter

Ada anak suka tidur

Sambil ngorok sambil ngiler

***

Prasasti di daun lontar

Ada kecap kecapnya cap bango

Ada anak sok pintar

Tapi ditanya plonga plongo

***

Jari sakit karena luka

Lukanya lebar dan besar

Inilah contoh pantun jenaka 

Untuk anak sekolah dasar

***

Selalu menang tidak ngalah 

Kancil tetap menjadi juara

Pantun jenaka anak sekolah

Untuk anak kelas empat lima

***

Sungguh nikmat santap ketupat

Terima kiriman dari abang ibar

Kita anak kelas empat

Rajin Belajar dan pintar-pintar

***

  • Pantun Jenaka Remaja

pantun jenaka remaja
thegorbalsla.com

Nih pas banget buat ngelawak dengan menggunakan pantun untuk teman-teman Anda yang sukanya bercanda ria. Langsung saja, berikut di bawah ini untuk Anda;

Panas-panas kota Jakarta

Ini baru panasnya dunia

Bila mendambakan segera sarjana

Tidur malam tanpa celana

***

Di entong mengerek bendera

Si enting duduk di gerdu

Bila rindu terasa membara

Itulah tanda cinta berpadu

***

Nasi uduk dimakan pas anget

Membelinya di tepi jalan

Yang lagi duduk manis banget 

Boleh dong minta kenalan

***

Berjalan pake sedotan

Sepeda kakak bunyinya kring-kring

Terlihat adek waktu makan

Air mata jatuh ke piring

***

Mangga muda jangan dibeli

Pasti rasanya kecut sekali

Kukira dia masih sendiri

Ternyata sudah bersuami

***

Tanam jengkol di pinggir kali

Jengkolnya banyak malah dicuri

Jangan miscall aja kalau berani

Telpon gue kalau punya nyali

***

Si rudi lagi mainan

Mainannya rusak ke injak orang

Sekarang cantik bukan jaminan 

Akhlak baik yang dicari orang

***

Sepatu dina diinjak bebek

Lalu di lap pake plastik

Tak apa berwajah jelek

Tapi adek tetap menarik 

***

Beli jambu di pasar hewan

Jambunya dua dimakan pak sabar

Ingin peluk dirimu tapi tak mampu

Karena badanmu amat besar

***

  • Pantun Jenaka Cinta

pantun jenaka cinta
www.uniqpost.com

Menggombal menggunakan pantun cinta sepertinya menarik sekali ya? Pasti di doa bakalan klepek-klepek tersipu malu ya kan? Pokoknya di jamin seru deh momen gombal-gombalan dengan pantun. Penasaran? Berikut contoh pantun cinta untuk Anda;

Minum jamu sambil berdiri

Kaki kesleo menjadi kaku

Apakah kamu masih sendiri

Berilah area untuk diriku

***

Pergi ke Lampung pake lamborgini

Biar indah diberi pita

Cobalah adek tatap mata ini

Di sana adek temukan cinta

***

Pasar klewer ada di kota

Banyak penjual tidak laku

Bila engkau dikejar cinta

Sembunyilah dalam hatiku

***

Kulihat jerawat ada di pipi

Jerawatnya besar dan muka kaku

Tadi malam aku bermimpi

Luna Maya jadi jodohku

***

Di sana gunung di sini gunung

Di tengah-tengahnya pohon jati

Betapa hati ini bingung

Menunggu jawaban yang tak pasti

***

Burung merpati burung cenderawasih

Hinggap di pohon rantingnya bundar

Percayalah wahai kekasih

Kasih sayang ini tak akan pudar

***

Beli donat di pasar Jetak

Sambil duduk minum jamu

Selama jantung masih berdetak

Hati abang tetap milikmu

***

Ada tikus di selokan

Tikusnya takut berlarian

Jangan pernah meragukan

Janji setia yang aku ikrarkan

***

Kamar Agung bentuknya persegi

Disewakan penjual roti

Ku ucapkan selamat pagi

Untuk kamu sang pemilik hati

***

  • Pantun Jenaka Lucu

pantun jenaka lucu
www.romadecade.org

Kalau yang di bawah ini contoh pantun buat super lucu-lucuan. Intinya biar keadaan santai dan tidak sepaneng. Cocok banget untuk mencairkan suasana. Langsung saja, berikut contoh pantun jenaka lucu untuk Anda;

Burung perkutut

Burung kutilang

Kamu kentut

Nggak bilang-bilang

***

Buah pisang kue donat

Disimpan di lumbung padi

Pantas tercium bau menyengat

Rupanya kamu yang belum mandi

***

Bunga mawar bunga melati 

Pohon jati pohon cendana

Jangan suka bermain hati

Kalau tidak ingin merana

***

Memasak ikan lampunya mati

Paling enak bumbu terasi

Gayanya aja kaya selebriti

Tapi dompetnya kagak berisi

***

Paling enak minum limau

Campur sirup tambah nikmat

Hai kamu janganlah mau

Kalau di goda janda yang nekat

***

Memang indah warna kuning

Tidak kalah warna ungu

Lebih baik gigi kuning

Daripada putih tapi palsu

***

Jalan-jalan ke rawa-rawa

lelah datang duduk di pohon palm

Geli hati menahan tawa

Melihat katak gunakan helm

***

Ke Cimanggis beli kopiah

Kopiah hitam yang kudapati

Banyak gadis yang sudah singgah

Hanya dinda yang memikat hati

***

Pagi-pagi sarapan bubur

Jangan lupa sama keripik

Dari semalem gak bisa tidur

Bunga mawar tangkainya berduri

Lungguh laris minum cendol

Ingin tertawa sepuas hati

Ingat dulu waktu mengompol

***

Rumahku dari kayu

Atapnya dari jerami

Rupamu sangat ayu

Tapi sayang jarang mandi

***

Layangan putus kesangkut paku

Pakunya nempel di jemuran baju

Cintaku tulus hanya untukmu

Tapi sayang mamamu tidak setuju

***

Naik pesawat ke pulau sumbawa

Sungguh senang di pesawat terbang

Kalau kamu ingin tertawa

Tarik bibir kearah belakang

***

Dulu delman

Sekarang dokar

Dulu teman

Sekarang Pacar

***

Orang sasak pergi ke Bali 

Membawa jeruk manis rasanya

Berbisik pekak dengan tuli

Tertawa si buta melihatnya

***

Mengambil rumput di tepi kali

Melihat dua ekor buaya

Jikalau kucing tidak bergigi

Alamat tikus berpesta pora

***

Ada kucing menangkap ikan

Udah dapat lalu berlari

Tahukah kamu yang melelahkan

Menunggumu tanpa pasti

***

Bunga sekuntum indah terikat

Bunga melati hanya sebatang

Sekali lirik aku terpikat

Hatiku senang terbang melayang

***

  • Pantun Jenaka Pendidikan

pantun jenaka pendidikan
www.infokekinian.com

Di bawah ini contoh pantun jenaka pendidikan yang bermakna nasihat bijak bagi yang membacanya. Simak selengkapnya di bawah ini;

Si Udin masuk ke kamar

Pake bedak supaya halus

Jika kamu rajin belajar

Sudah pasti dapat lulus

***

Si Dina pergi ke kali

Semua baju langsung dicuci

Bangkitlah anak pertiwi

Bangunlah negerimu ini

***

  • Pantun Lucu

pantun lucu
made-blog.com

Buat Anda yang suka lucu-lucuan dengan pantun jenaka, tepat banget nih untuk saling berlempar pantun dengan contoh pantun jenaka di bawah ini;

Jikalau kita pegang kuas

Maka melukislah pada kertas

Jikalau anak bangsa cerdas

Maka bangsa pun berkualitas

***

Segeralah melempar jangkar

Kalau ada perahu yang singgah

Kalau anak bangsa ini pintar

Maka negeri akan bangga

***

Pergi ke hutan mencari mangsa

Cepatlah mencari tali

Wahai anak-anak bangsa

Cepatlah bangun dan lekas mandi

***

Jikalau Anda pergi ke dusun

Janganlah lupa membawa beras

Mulailah belajar dengan tekun

Agar bisa segera naik kelas

***

Jalan-jalan ke padang datar

Jangan lupa untuk berlabuh

Apabila Anda ingin pintar

Belajarlah dengan nyata

***

  • Pantun Jenaka Sindiran

pantun jenaka sindiran
hot.liputan6.com

Pantun jenaka sindiran bisa Anda gunakan untuk menyindir orang lain dengan cara yang lebih halus. Berikut ini pantun jenaka sindiran yang bisa Anda gunakan;

Pergi jalan-jalan naik delman

Berkeliling kota sampai senja

Jangan pernah mengaku teman

Jika hanya maunya saja

***

Kunang-kunang berlaksa-laksa

Turun hujan badannya basah

Pinjam uang dengan memaksa

Lalu bayarnya sangatlah susah

***

Pagi hari menanam bawang

Datang ular berkelat-kelit

Sering sekali meminjam uang

Saat dipinjam menjadi pelit

***

Hidup senang karena iman

Nafsu maksiat menjadi terkekang

Mengapa disebut teman

Jika masih menusuk dari belakang

***

Raja membangun satu dinasti

Jangan mau saling mencelakai

Lain di mulut lain di hati

Jika berteman hanya melukai

***

Obat tabib benar-benar manjur

Badan sakit ditutupi selimut

Kusangka teman yang jujur

Ternyata musuh dalam selimut

***

Cari baju pergi ke pekan

Jalan kaki dengan pelan-pelan

Berkali-kali sudah dimaafkan

Tapi jangan ulangi kesalahan

***

Dahulu indah si gandaria

Indah bagaikan bunga di taman

Daripada hilang bahagia

Lebih baik hilang teman

***

Bagus hati jika tabah

Saat membaca surat biru

Jika dinasehati tak kunjung berubah

Maka akan kucari kawan baik baru

***

  • Pantun Jenaka Nasehat

pantun jenaka nasehat
www.bbmundo.com

Pantun jenaka nasehat bisa Anda gunakan untuk menasehati orang lain namun dengan kata-kata yang jenaka, sehingga akan lebih mengena. Berikut ini contoh pantun jenaka nasehat;

Jikalau emas di kata kuasa

Maka kuningan seperti tembaga

Jikalau tidak mau berusaha

Maka mintalah kerjanya

***

Tidak baik menadahkan tangan

Dan selalu mengemis di pinggir jalan

Apa karena malasnya insan

Maka tidak malu dengan kerjaan

***

Mencari kerja sangatlah susah

Apalagi tak punya keahlian

Tapi banyak yang termasuk mudah

Jika malas mencari makan

***

Hidup bukanlah untuk mencari makan

Namun hidup memiliki tujuan

Jika makan sebagai kehidupan

Maka sama saja dengan sang hewan

***

Carilah harta yang halal

Agar anak istri tidak menjadi jalal

Jika mengemis membuatmu sial

Jangan bohong karena kenal

***

Jika tidak malu berwajah buruk

Di terminal terbungkuk-bungkuk

Jadi pengemis pura-pura kikuk

Mengharap imbalan dari sopir truk

***

Menjajah anak di tepi jalan

Sambil memegang kerincingan

Tangan menadah minta kasihan

Ada banyak pengemis musiman

***

Dikejar satpol terbirit-birit

Lari kencang ke dalam parit

Ditangkap petugas matanya sipit

Duduk bersila dengan lagak wirit

***

Kenapa mau panen kelapa

Padahal tunas belum tumbuh

Kenapa mau membeli vespa

Jika cicilan kompor belum lunas

***

READ  Puisi Anak: Pengertian, Unsur, Contoh dan Tips Membuatnya

Baca Juga Kode Telepon Negara

Demikianlah ulasan tentang contoh pantun jenaka yang lengkap. Semoga bermanfaat untuk Anda yang saat ini sedang mencari contoh pantun jenaka yang baik dan pastinya bermanfaat untuk Anda gunakan, sehingga bermain pantun bersama teman-teman menjadi lebih asik.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.