4 Contoh Laporan Prakerin dengan Berbagai Jurusan

Contoh laporan prakerin – Laporan Prakerin atau praktik kerja industri merupakan sebuah laporan yang ditulis oleh siswa menengah kejuruan, sebagai bukti bahwa kegiatan Prakerin tersebut sudah benar-benar dilaksanakan, dan sebagai bentuk tanggung jawab siswa ke guru yang telah memberikan tugas Prakerin tersebut.

Bagi yang baru sekali mengalami Prakerin ini pasti masih bingung bagaimana sih bentuk contoh laporan Prakerin itu? Nah, bagi Anda yang masih bingung cara membuat laporan Prakerin untuk memenuhi salah satu tugas kejuruan Anda, berikut contoh laporan Prakerin untuk berbagai bidang yang bisa Anda pelajari. 

Contoh Laporan Prakerin Jurusan TKJ

contoh laporan prakerin jurusan tkj
satriabajahitam.com

PENDAHULUAN 

Latar Belakang 

Pelaksanaan Prakerin atau praktik kerja industri ini tentu memiliki peran yang penting. Sebab, Prakerin sendiri sudah menjadi dasar di dalam bidang pendidikan kejuruan. Pelaksanaan Prakerin ini bertujuan untuk menambah wawasan serta pengalaman yang berharga. 

Dengan diadakannya Prakerin juga sebagai bekal bagi para siswa agar jika suatu saat nanti masuk ke dunia kerja sudah memiliki sedikit pengalaman kerja sekaligus sistem kerjanya sesuai jurusannya masing-masing. 

Oleh karenanya, siswa akan merasa lebih mampu dan lebih percaya diri setelah sudah lulus nanti dan memasuki dunia kerja yang sesungguhnya. Berkat pengalaman yang di dapatkannya dari praktik kerja industri atau Prakerin di perusahaan. 

Tujuan Dibuatnya Prakerin

Kegiatan Prakerin ini sudah dilaksanakan oleh siswa dan siswa SMKN 1 Wadaslintang setiap tahunnya untuk memenuhi salah satu tugas di sekolah. Pelaksanaan Prakerin ini bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mendapatkan wawasan dan pengalaman tentang dunia kerja sebelum benar-benar terjun ke dunia kerja setelah menjadi alumni. 

Selain itu, juga menjadi tempat terbaik bagi para siswa untuk mengaplikasikan ilmu-ilmu yang telah dipelajari dan di dapatkannya di sekolah, kemudian mengaplikasikannya di dunia kerja secara nyata. Adapun tujuan mendasar dari dilaksanakannya Prakerin ini adalah sebagai berikut.

  • Tujuan Umum

Keahlian kompetensi merupakan elemen mendasar dari keahlian profesional di setiap dunia kerja. Karena setiap perusahaan pastilah memerlukan tenaga ahli profesional untuk menghadapi perkembangan ekonomi yang terjadi secara global. 

Sehingga dengan dilaksanakannya kegiatan praktik kerja industri ini akan sangat membantu di dalam mengembangkan kemampuannya saat mulai memasuki dunia kerja. 

  • Tujuan Khusus

Selain tujuan secara umum seperti yang telah disebutkan di atas, pelaksanaan Prakerin ini juga memiliki beberapa tujuan khususnya. Adapun tujuan khusus Prakerin adalah sebagai berikut.

  1. Merealisasikan pengetahuan yang didapat di sekolah untuk kemudian diaplikasikan ke dalam dunia kerja
  2. Memperluas wawasan serta pandangan siswa terhadap jenis pekerjaan yang berkaitan di tempat praktik kerja industri
  3. Memperkokoh hubungan antara dunia pendidikan dengan dunia kerja
  4. Menghasilkan tenaga kerja yang memiliki keahlian profesional serta memiliki etos kerja yang tinggi dan pengetahuan yang luas, dimana keadaan seperti inilah yang dibutuhkan oleh perusahaan
  5. Memberikan penghargaan dan pengetahuan terhadap salah satu pengalaman kerja yang telah dilaksanakan
  6. Meningkatkan efisiensi pelatihan dan pendidikan untuk menciptakan tenaga kerja yang profesional.

Manfaat Penelitian 

READ  4 Contoh Karya Tulis Ilmiah yang Bisa Anda Jadikan Referensi

Dengan dilaksanakan praktik kerja industri atau Prakerin ini diharapkan dapat memberikan beberapa manfaat seperti di bawah ini.

  1. Sebagai media promosi yang baik dan efisien bagi alumni dan instansi pendidikan SMK N 1 Wadaslintang
  2. Mempererat ikatan dan hubungan instansi sekolah dengan dunia industri
  3. Meningkatkan motivasi dan etos kerja yang baik bagi para siswa
  4. Secara tidak langsung siswa sudah memberikan kontribusinya bagi perusahaan yang dijadikan tempat Prakerin
  5. Siswa akan mendapatkan pengalaman dan kompetensi baru yang tidak didapatkan di sekolah

Perincian kegiatan yang dilakukan selama melaksanakan kegiatan Prakerin di CV. Media Solusi Purworejo:

  1. Maintenance komputer
  2. Mengetes ulang proyektor
  3. Mengetes ulang laptop
  4. Merakit komputer
  5. Mengupgrade processor
  6. Mengecek spesifikasi CPU
  7. Menginstall Windows XP, 7 dan Windows 8
  8. Menginstall driver dan software.

Adapun hasil kegiatan selama melaksanakan praktik kerja industri di CV. Media Solusi Purworejo adalah sebagai berikut:

  1. Menjadi tahu dan mengerti bagaimana cara memelihara komputer yang baik dan benar
  2. Menjadi mengerti bagaimana cara memperbaiki komputer yang rusak
  3. Menjadi lebih paham apa saja hal-hal yang harus diperhatikan ketika ingin membeli laptop
  4. Menjadi mengerti secara mendalam tentang software dan driver dan cara menginstalnya
  5. Menjadi lebih mengerti tentang cara setting BIOS dan cara menggunakan partisi hardisk
  6. Menjadi mengerti cara dan tahapan apa saja yang harus dilakukan dalam melakukan perakitan dan apa saja yang harus dicek ketika komputer akan dijual
  7. Menjadi lebih mengerti hal apa saja yang penting untuk diperhatikan ketika akan membeli PC
  8. Menjadi mengerti bagaimana tata cara memasang processor yang baik dan benar
  9. Menjadi lebih mengerti tentang operating system dan cara menginstalnya secara mendalam.

PENUTUP

Kesimpulan

Pembelajaran yang dilakukan di dunia kerja merupakan salah satu peluang dan strategi yang dialami oleh para siswa dalam proses mendapatkan pengalaman di tempat Prakerin. Sehingga dengan adanya program Prakerin ini penulis dapat merasakan langsung bagaimana rasanya terjun di dunia kerja. 

Saran

  1. Disiplin dalam bekerja, etika, ketelitian, kesopanan, dan tanggungjawab yang perlu ditingkatkan oleh setiap karyawan,.
  2. Menjalin hubungan kerjasama yang baik antara atasan dan bawahan merupakan hal yang penting, karena hal tersebut merupakan kunci keberhasilan dan kesuksesan di suatu perusahaan.

Contoh Laporan Prakerin Jurusan Akuntansi

contoh laporan prakerin jurusan akuntansi
thegorbalsla.com

PENDAHULUAN

Latar Belakang

Praktik kerja industri atau Prakerin adalah salah satu tugas sekolah yang harus dilakukan oleh siswa maupun siswi sekolah menengah kejuruan. Program Prakerin disusun bersama pihak sekolah dan dunia kerja, guna memenuhi kebutuhan peserta didik sebagai kontribusi yang baik terhadap perkembangan dunia pendidikan.

Dalam rangka mengembangkan program sekolah, meningkatkan mutu pendidikan serta pelatihan, dan untuk menyediakan tenaga kerja yang profesional dan berkualitas. Maka dibuatlah program praktik kerja industri atau yang lebih akrab dikenal dengan istilah Prakerin tersebut. 

Permasalahan yang ada saat ini adalah lulusan sekolah kejuruan dianggap belum memiliki kemampuan yang cukup untuk masuk ke dunia kerja. Hal ini terjadi karena antara pihak sekolah dan pihak industri atau dunia kerja belum memiliki adanya keterkaitan atau kerjasama yang baik.

Seharusnya, dunia industri dan dunia pendidikan saling mendorong dalam memaksimalkan produktivitas serta mengoptimalkan aktivitas positif peserta didik agar menghasilkan lulusan yang baik dan menjadi tenaga kerja yang profesional.

Implementasi Kegiatan Prakerin

  1. Jenis retribusi pasar yang memadai
  2. Mengenai pemahaman tentang retribusi pasar
  3. Sistem pemungutan yang dilakukan di retribusi pasar
  4. Alat yang digunakan dalam retribusi pasar.

Pengertian Retribusi Pasar 

Retribusi pasar merupakan pembayaran yang dilakukan oleh para pedagang di pasar, atas fasilitas dan pelayanan yang dikelola oleh pemerintah daerah yang sudah disediakan untuk para pedagang di pasar. Objek retribusi pasar adalah sebagai berikut:

  1. Biaya balik nama pemakai
  2. Keramaian pasar
  3. Segala jenis kegiatan yang membongkar hasil muatan bumi, laut, ternak, dan juga barang dagangan pada radius sekitar 200 m dari pasar
  4. Penyediaan fasilitas pasar misalnya pelataran, kios, front toko, dan ios yang sudah disediakan oleh pemerintah daerah.

Jenis-jenis retribusi pasar di antaranya sebagai berikut:

  1. Pedagang malam
  2. Karcis pasar
  3. Pasar bawah
  4. Pasar atas.

Alat yang digunakan untuk retribusi pasar yaitu:

  1. Bolpoin
  2. Printer
  3. Map
  4. Penghapus
  5. Kalkulator
  6. Pensil
  7. Komputer.

PENUTUP

Kesimpulan

Pembelajaran yang dilakukan di dunia kerja merupakan salah satu peluang dan strategi yang dialami oleh para siswa dalam proses mendapatkan pengalaman di tempat Prakerin. Sehingga dengan adanya program Prakerin ini penulis dapat merasakan langsung bagaimana rasanya terjun di dunia kerja. 

Saran

  1. Meningkatkan kedisiplinan kerja antar karyawan
  2. Meningkatkan kekompakan antar karyawan
  3. Meningkatkan tanggung jawab kerja
  4. Mengutamakan etika, ketelitian, kesopanan dalam interaksi di dalam dunia kerja
  5. Menjalin hubungan kerjasama yang baik antara atasan dan bawahan dalam satu perusahaan.

Contoh Laporan Prakerin Jurusan Pemasaran

contoh laporan prakerin jurusan pemasaran
made-blog.com

PENDAHULUAN

Latar Belakang

Setiap siswa atau siswi yang lulus dari sekolah menengah kejuruan tentunya dituntut untuk memiliki keahlian tertentu yang didapat dari sekolah. Oleh sebab itu, maka di adakanlah program Prakerin atau praktik kerja lapangan yang bertujuan agar siswa dan siswi memiliki pengalaman di dalam dunia usaha setelah lulus dari sekolah kejuruan tersebut. 

Pola penyelenggaraan di SMK dianggap belum mampu dalam menghasilkan lulusan seperti yang diharapkan dan belum menghasilkan tenaga kerja yang profesional. Dengan demikian, pihak sekolah dan dunia kerja harus memiliki kerjasama yang baik agar menghasilkan hasil lulusan yang berkompeten dan ahli dalam bidangnya. 

Spesifikasi Praktik Kerja di Lapangan 

Saat penulis melaksanakan Prakerin di Sumber Rejeki Grup, penulis ditempatkan di bagian pemasaran, yaitu bertugas melakukan beberapa pekerjaan seperti display, melakukan pelabelan barang, melayani pembeli toko, mengecek stok opname, mengecek barang, dan sebagainya. Selain itu, pihak Sumber Rejeki Group juga menerapkan kedisiplinan dan kejujuran selama bekerja. 

Uraian kegiatan Prakerin di Sumber Rejeki Group

Pelaksanaan Prakerin dimulai dari hari 13 Desember 2016 sampai tanggal 15 Maret 2016. Jam kerja penulis selama mengikuti Prakerin disana adalah mulai jam 07.00 WIB sampai jam 15.00 WIB dan mendapat libur di hari Sabtu dan Minggu. 

Sebelum memulai kerja, penulis diharuskan untuk membersihkan toko terlebih dahulu agar nyaman digunakan. Kemudian dilanjutkan dengan menata barang agar terlihat rapi dan tertata, juga melakukan pengecekan stok barang, serta membuat laporan untuk setiap barang yang masuk dan keluar. 

PENUTUP 

Setelah melakukan Prakerin selama 3 bulan lamanya, ternyata banyak sekali manfaat yang penulis dapatkan selama mengikuti praktik kerja industri atau Prakerin. Di antaranya sebagai berikut ini:

  1. Mengetahui dan mengenal dengan baik Sumber Rejeki Group khususnya di bagian toko yang penulis tempati selama Prakerin.
  2. Belajar untuk menyesuaikan diri dengan dunia kerja sehingga menambah wawasan dan pengalaman yang berharga di dunia kerja nyata.
  3. Melatih kesabaran diri ketika menghadapi problematika dunia kerja dan beberapa hambatan yang terjadi dalam melaksanakan tanggung jawab kerja.
  4. Mampu bertanggungjawab atas setiap pekerjaan dan tugas yang dilakukan selama bekerja.
  5. Melakukan kedisiplinan yang baik dalam memanajemen waktu.

Contoh Laporan Prakerin Jurusan Multimedia

contoh laporan prakerin jurusan multimedia
www.liputan6.com

PENDAHULUAN 

Latar Belakang

Kegiatan Prakerin atau praktik kerja industri merupakan pembeda antara sekolah menengah atas dengan sekolah menengah kejuruan. Adanya Prakerin ini akan melatih para siswa untuk menerapkan ilmu yang telah di dapatkannya dari sekolah. 

Prakerin akan melatih kemandirian, tanggung jawab, mengenalkan siswa tentang praktik kerja nyata. Dengan demikian, siswa memperoleh gambaran yang lebih nyata tentang teori yang didapatkan di sekolah dan cara mengaplikasikannya di dunia kerja. 

Tujuan Prakerin yang Dilakukan

  1. Melatih para siswa untuk membuat laporan yang baik dan benar setelah melaksanakan program Prakerin
  2. Melatih keterampilan yang dimiliki oleh para siswa agar dapat melakukan kerja dengan baik saat benar-benar sudah bekerja nanti
  3. Membentuk mental wirausaha jika sudah lulus nanti
  4. Mengembangkan kreatifitas para siswa
  5. Menambah pengalaman dalam dunia kerja.

Tata Tertib Selama Bekerja di Arjuna Multimedia

  1. Mulai bekerja dari pukul 07.00 WIB hingga pukul 16.00 WIB
  2. Dilarang merokok selama berada di ruangan kerja 
  3. Dilarang menggunakan handphone selama bekerja
  4. Dilarang bermain game selama bekerja
  5. Dilarang keluar masuk kantor sesuka hati tanpa izin dari pembimbing
  6. Dilarang menggunakan alat-alat yang berada di studio tanpa seizin pembimbing
  7. Jika meminjam alat yang ada di gudang maka wajib mengembalikannya ke tempat semula saat mengambilnya
  8. Dilarang menerima tamu selama waktu kerja.

Jenis Pelayanan yang Terdapat di Arjuna Group

  1. Transfer data atau file atau apapun ke CD atau DVD
  2. Pembuatan video profil 
  3. Pembuatan website streaming atau website biasa
  4. TV programing
  5. Menyewakan alat-alat yang berhubungan dengan multimedia
  6. Melayani pembuatan animasi baik yang dua dimensi maupun tiga dimensi
  7. Studio foto untuk keperluan foto apapun sudah sepakat dengan editing foto
  8. Shooting video untuk berbagai keperluan seperti acara pernikahan, prewedding, ulang tahun dan sebagainya.

PENUTUP 

Manfaat yang didapatkan penulis selama melakukan Prakerin di Arjuna Multimedia yaitu sebagai berikut:

  1. Mengenal pekerjaan industri lapangan di bidang multimedia
  2. Menambah keterampilan serta wawasan yang baru selama bekerja di Arjuna Multimedia

Hasil Kegiatan Prakerin

  1. Memahami jenis permintaan pelanggan dan layanan apa saja yang bisa diberikan
  2. Mengetahui berbagai macam kendala atau hambatan yang mungkin terjadi di lapangan 
  3. Mengetahui beberapa software yang tidak diajarkan di sekolah
  4. Mampu mengoperasikan peralatan multimedia karena sudah sering menggunakannya

Hambatan yang Ditemui Selama di Lapangan

  1. Kesulitan mengatur pencahayaan di ruangan yang luas
  2. Kesulitan mendapatkan sumber listrik selama bekerja di lapangan.

Penutup

Kegiatan Prakerin merupakan hal yang sangat penting untuk dilaksanakan oleh siswa menengah kejuruan. Dengan adanya Prakerin sangat bermanfaat untuk mengaplikasikan ilmu-ilmu yang telah didapatkan di sekolah dan menerapkannya di dunia kerja.

Dengan demikian, siswa mendapatkan pengalaman dan wawasan yang luas dan sangat bermanfaat untuk bekal nanti apabila sudah memasuki dunia kerja yang sesungguhnya.

Baca Juga Pengertian Pendidikan

READ  4 Contoh Proposal Penelitian Ilmiah, Pendidikan dan Kesehatan

Itulah beberapa contoh laporan Prakerin yang Anda jadikan referensi dalam membuat laporan praktik kerja industri, atau Prakerin yang Anda laksanakan sebagai salah satu tugas wajib bagi siswa sekolah menengah kejuruan.

Tentu Anda bisa menambahkan detail lain jika memang dirasa penting dan berguna, juga berhubungan dengan Prakerin yang Anda lakukan. Jangan malas atau malu untuk menanyakan hal-hal yang kiranya perlu ditambahkan pada pembimbing, sehingga laporan yang Anda buat bisa mendapatkan apresiasi dan nilai yang memuaskan.

Sudah tidak bingung lagi kan bagaimana caranya membuat hasil pelaksanaan praktik kerja industri ini? Dengan adanya laporan ini menjadi bukti bahwa kegiatan Prakerin atau praktik kerja industri benar-benar sudah Anda laksanakan. Semoga bermanfaat!. 

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.