6 Contoh Surat Tanda Terima yang Penting dan Harus Diketahui

Contoh surat tanda terima – Anda tentunya sudah tidak asing lagi dengan yang nama surat tanda terima. Bahkan, biasanya surat ini kerap Anda jumpai ketika membeli suatu barang dan menggunakan jasa pengiriman. Contoh surat tanda terima ini biasanya sering Anda jumpai sebagai struk pembelian suatu barang. 

Adapun surat tanda terima sendiri diberikan oleh perusahaan pemilik barang kepada pelanggannya. Tujuan pemberian surat ini adalah sebagai sebuah bukti pembelian suatu barang sehingga ketika ada kerusakan maka kerusakan tersebut bisa segera diproses. 

Tidak hanya itu saja, surat ini juga sering dijadikan sebagai surat kepemilikan yang sah bagi si pengguna barangnya. Apalagi jika barang yang Anda beli ini memiliki surat kepemilikan yang sah, maka surat tanda terima bisa dijadikan sebagai penggantinya terlebih dahulu.

Nah, contoh surat tanda terima juga dibagi menjadi beberapa macam, ada yang bersifat resmi dan juga ada pula yang tidak bersifat resmi. Mau tahu apa saja macam-macamnya? Yuk langsung saja simak penjelasan selengkapnya di bawah ini. 

Contoh Surat Tanda Terima Pembayaran Pelunasan Barang

contoh surat tanda terima pembayaran pelunasan barang
www.romadecade.com

Contoh surat ini yang pertama adalah tanda terima pembayaran dari pelunasan suatu barang. Misalnya Anda telah membeli suatu barang dengan cara mencicil. Maka pada saat Anda luas melakukan pembayaran, nantinya Anda akan mendapatkan bukti bahwa barang yang Anda beli benar-benar sudah lunas. 

Keberadaan surat tanda terima ini juga sangat penting selain sebagai bukti, Anda juga akan terhindar dari yang namanya penipuan. Sehingga belanja menjadi lebih nyaman karena sudah tidak ada lagi hal yang dirugikan. 

Adapun contoh dari surat ini antara lain adalah sebagai berikut:

Surat Tanda Terima Pembayaran Pelunasan Barang

PT. PUSAKA PERMATA HIJAU

Jl. Gatot Subroto no 111, Jakarta Utara

Surat Tanda Terima

Nomor. 60/GA/STTO/V/2019

Pada hari Senin, 2 Desember 2019, Kamu yang bertanda tangan di bawah ini menyatakan telah menerima sejumlah uang sebagai bentuk pelunasan pembayaran sebanyak Rp. 100.000.000 (Seratus Juta Rupiah) yang diperoleh melalui PIHAK KEDUA.

Sebagai bentuk dari pelunasan pembelian barang yakni 90 unit handphone. Adapun surat ini akan disetujui sekaligus ditandatangani secara langsung oleh PIHAK KEDUA yang bernama: Ahmad Jaelani

Pekerjaan: Owner Mandala Cell

Alamat: Jln. Mawar no 3, Jakarta Utara

Demikian surat tanda terima ini dibuat dengan sebenar-benarnya dan bisa digunakan sebagaimana mestinya. Selai itu, surat ini juga bisa dijadikan sebagai suatu bentuk bukti pembelian yang telah dilakukan oleh pihak kedua dan dinyatakan telah lunas dalam proses pembayaran dan akan segera dilakukan proses pengiriman. 

Adapun pengiriman akan dilakukan melalui ekspedisi tercepat dan kurang lebih akan memakan waktu antara 3 sampai empat hari. Atas segala biaya ekspedisi yang diperlukan semuanya sudah ditanggung oleh kami. 

Untuk konfirmasi pengirimannya nanti akan dikabarkan setelah kami mendapatkan nomor resi pengiriman. Atas perhatiannya kami ucapkan terima kasih.

Jakarta 2 Desember 2019

Hormat Kami, 

Anderson

 

Contoh surat tanda terima pembayaran DP rumah

contoh surat tanda terima pembayaran dp rumah
www.rumah.com

Ketika Anda mengambil kredit KPR, maka nantinya Anda akan diminta untuk membayar DP rumah terlebih dahulu. Nah, pastinya nanti Anda akan mendapatkan surat tanda terima pembayaran DP rumah yang dijadikan sebagai bentuk persetujuan dari pihak developer kepada pelanggannya. 

Adapun surat ini sendiri dijadikan sebagai sebuah bentuk jaminan kepada pelanggan yang telah memberikan uang sebagai tanda jadi pembelian rumah tahap awal. Bahkan, surat ini juga bisa dijadikan sebagai bentuk surat kepemilikan rumah yang asli selagi sertifikat rumah belum turun. 

Sebab, di dalam surat tanda pembayaran ini juga terdapat informasi yang penting seperti adanya informasi antara penjual dengan pembeli. Adapun memiliki surat anda terima ini adalah hal yang sangat penting untuk dilakukan. 

Tujuannya adalah untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Oleh sebab itu, pastikan bahwa saat melakukan pembayaran DP rumah, Anda harus menerima atau meminta surat tanda terima pembayarannya terlebih dahulu. Berikut ini adalah contoh syarat tanda terima pembayaran DP rumah. 

Surat Tanda terima Pembayaran DP Rumah

PT Indah Jaya Developer

Jl. Soekarno Hatta no 11, Jakarta Utara

Surat Tanda Terima

Nomor. 70/DG/STTI/V 2019

Pada hari Senin, 2 Desember 2019, kami yang bertanda tangan di bawah ini menyatakan telah menerima sejumlah uang sebagai tanda pembayaran biaya awal rumah senilai Rp. 40.000 (empat puluh juta rupiah) yang diperoleh melalui PIHAK KEDUA. 

Adapun sebagai bentuk persetujuan dari pembelian rumah yang beralamatkan di Perumahan Asri Permai Komplek A, No. 4C. Untuk persetujuan ini juga sudah ditandatangani oleh pihak kedua langsung.

Nama : Dimas Aji

Alamat: Taman Sari, Jakarta Selatan

Pekerjaan: Pegawai Negeri Sipil

Demikian surat tanda terima ini dibuat dengan sebenar-benarnya dan bisa dipergunakan sebagaimana mestinya. Surat ini juga bisa dijadikan sebagai bukti konkrit atas pembelian rumah yang telah dimaksud.

Jakarta, 2 Desember 2019

Yang menerima, 

Kriss Juana

 

Contoh Surat Tanda Terima Pembayaran Mobil Bekas

contoh surat tanda terima pembayaran mobil bekas
www.liputan6.com

Ketika Anda membeli kendaraan bekas seperti mobil bekas mislay, di sana Ada juga harus meminta surat tanda pembayaran lho. Meskipun hanya barang bekas, namun Anda tidak bisa menyepelekan surat tanda terima ini. 

Sebab, surat ini dijadikan sebagai bukti bahwa Anda benar-benar melakukan pembelian. Sehingga ketika nanti ada hal-hal yang tidak diinginkan Anda tetap bisa memberikan bukti yang konkrit. 

Nah, surat tanda pembelian ini akan diberikan kepada pelanggan ketika sudah melakukan pelunasan pembayaran. Adapun surat ini juga berbeda dengan surat lainnya yang mana tidak ada kop di dalamnya. 

Yang paling penting adalah adanya pernyataan yang jelas antara pihak pertama dengan pihak kedua. Adapun contoh surat tanda terima pembayaran mobil bekas ini antara lain adalah sebagai berikut:

Surat Tanda Terima 

Yang bertanda tangan di bawah ini,

Nama: Alexander 

Pekerjaan: Karyawan Swasta

Alamat: Jalan Pengangsaan Timur No 2 Jakarta Selatan

Menyatakan bahwa saya telah menerima uang sebanyak Rp. 80 juta sebagai uang pembayaran mobil dari pihak kedua:

Nama: William Smith

Pekerjaan: Wirausaha

Alamat: Komplek Madani, Jakarta Timur

Surat tanda terima ini dijadikan sebagai tanda bukti penerimaan pembayaran terhadap mobil merek Ayla atas nama Alexander. Segala bentuk perawatan dan pengurusan surat ijin sudah ditandatangani oleh bapak William Smith, sehingga nantinya diharapkan bapak bisa merawat mobil ini dengan baik.

Demikian surat tanda terima ini dibuat dengan sebenar-benarnya dan bisa digunakan sebagaimana mestinya. Surat ini juga dapat dijadikan sebagai bukti pembelian yang SAH sehingga nantinya bisa mencegah hal-hal yang tidak diinginkan. 

 

Surat Tanda terima Barang Sewaan

surat tanda terima barang sewaan
sleekr.co

Jenis contoh surat tanda terima barang yang satu ini biasanya digunakan sebagai suatu bukti peminjaman atau penyewaan barang dari satu pihak ke pihak lainnya. Adapun adanya surat ini biasanya digunakan pada barang-barang yang memiliki nilai jual yang tinggi saja.

Saat barang ini nantinya sudah dikembalikan, maka harus dibuatkan juga surat tanda terima pengembalian barang. Dengan begitu antara pihak satu dengan pihak lainnya mendapatkan kesepakatan serta kerja sama yang baik. 

Adanya surat ini juga sangat penting dibuat terutama jika terjadi kerusakan pada saat barang dipinjamkan. Maka si pihak yang meminjami bisa meminta ganti rugi dari barang yang rusak. Adapun contoh surat ini antara lain adalah sebagai berikut:

PT Jaya Abadi Selamanya

Jln. Soekarno Hatta No. 1 Jakarta Selatan

Surat Tanda Terima

Saya yang bertanda tangan di bawah ini, menyatakan telah meminjam atau menyewa barang berupa 3 unit GoPro dari:

Nama: Adimas

Pekerjaan: Pegawai Swasta

Alamat: Bandung Lautan Api

Adapun barang yang kami pinjam telah diterima dalam keadaan yang baik dengan melalui proses pengecekan terlebih dahulu. Adapun GoPro tersebut juga akan kami kirimkan kembali dalam keadaan yang sama.

Di bawah ini juga sudah dilampirkan surat pengembalian barang yang akan dikembalikan pada tangga 5 Desember 2019. Semoga kerja sama yang terjalin antara kita menjadi lebih baik lagi. 

Demikian surat ini dibuat dengan sejelas-jelasnya dan bisa digunakan sebagaimana mestinya. Atas perhatiannya kamu ucapkan terima kasih. 

Jakarta, 2 Desember 2019

Yang menerima

Bizantium

 

Contoh Surat Tanda Terima Dokumen

contoh surat tanda terima dokumen
www.royallmax.com

Ketika Anda menggunakan jasa pengiriman dokumen melalui jasa ekspedisi, maka biasanya Anda akan mendapatkan surat sebagai bentuk tanda terima. Ketika dokumen ini sampai, maka nantinya Anda akan dimintai anda tangani.

Mengapa demikian? Sebab, dokumen yang diterima kadang kala bersifat penting. Sebagai contoh seperti akta tanah atau dokumen kantor yang penting. Bahkan, pengiriman dokumen ini juga biasanya akan lebih mahal karena ada jaminan bahwa dokumen akan selamat sampai tujuan. Adapun contoh surat tanda terima Dokumen ini antara lain adalah sebagai berikut:

PT Jaya Apparel

Jalan. Soekarno Hatta no 1 Jakarta selatan

Surat Tanda Terima

Nomor. 67.765/2019

Sehubungan dengan terjadinya transaksi properti yang kami lakukan, maka saya yang bertanda tangan di bawah ini menyatakan telah menerima dokumen yang dikirimkan oleh Pt Jaya Abadi Selamanya.

Adapun dokumen yang dimaksud merupakan surat persetujuan kerja sama jual properti dalam bentuk ruko 20 lantai atas nama Dimas Anggara. Ruko ini juga beralamatkan di Jalan Mayjend Abadi center Building No. 4 Jakarta, akan dibeli atas,

Nama : Dimas Anggara

Pekerjaan: Pengusaha

Alamat: Jl. Kyai Muntang no 3 Jakarta

Sehubungan dengan pembayaran dari properti di atas, maka kami juga melampirkan kwitansi pembayaran yang dilakukan oleh bapak Dimas Anggara senilai Rp. 980.000.000 (sembilan ratus delapan puluh juta rupiah).

Selain itu, saya juga melampirkan tanda pembelian awal yang sudah dijadikan sebagai bukti dari transaksi di atas. Sehingga diharapkan nantinya tidak ada kekeliruan di masa yang akan datang. 

Demikian surat tanda terima ini dibuat dengan sebenar-benarnya agar bisa digunakan sebagaimana mestinya. Semoga kerja sama yang kita lakukan bisa berlangsung dengan baik. Atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih. 

Jakarta, 2 Desember 2019

Yang menerima

Noel Anderson

 

Contoh surat tanda terima inventaris kantor

contoh surat tanda terima inventaris kantor
www.infoana.com

Jenis surat yang satu ini hanya bisa dibuat oleh seseorang yang memiliki jabatan yang tinggi dalam sebuah kantor. Bahkan, surat ini juga sering dijadikan sebagai surat persetujuan inventaris yang harus dicatat sesuai dengan rincian penerimaan barang yang telah diberikan kepada orang lain. adapun contoh surat ini antara lain adalah sebagai berikut:

PT Jaya Apparel

Jalan. Soekarno Hatta no 1 Jakarta selatan

Surat Tanda Terima

Nomor. 67.765/2019

Surat Tanda Terima

Saya yang bertanda tangan di bawah ini menyatakan serta membuat surat tanda terima yang digunakan sebagai bukti yang jelas bahwa saya,

Nama: Adimas

Jabatan: Manager Pemasaran

Alamat: Jln Bandung Utara

Adapun barang inventaris kantor yang telah saya terima antara lain adalah sebagai berikut:

1 unit laptop merek Asus tipe Vivobook Ma

1 unit rumah di kawasan perumahan Pondok Baru H3 No 2

1 unit mobil Xenia 

Selanjutnya barang-barang tersebut akan saya gunakan sebagaimana mestinya untuk keperluan kantor. Setelah penandatanganan dari surat ini, maka semua tanggung jawab serta perawatan dari barang-barang inventaris tersebut menjadi tanggung jawab saya. 

Semua bentuk penggunaan biaya perawatan akan selalu saya laporkan setiap bulannya agar nantinya tidak timbul kekeliruan. Sedangkan untuk surat kepemilikan rumah juga sudah saya terima dan akan saya kembalikan kepada bagian administrasi untuk segera diproses. 

Demikian surat tanda terima ini saya buat sebenar-benarnya dan bisa digunakan sebagai-baiknya di kemudian hari. Atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih. 

Jakarta, 2 Desember 2019

Yang menerima

Manager t Jaya Apparel

Dari beberapa contoh surat tanda terima di atas, tentunya Anda bisa menemukan perbedaan yang cukup signifikan. Beberapa surat yang berasal dari sebuah perusahaan, lembaga maupun instansi biasanya dilengkapi dengan sebuah kop surat.

Mengapa? Sebab ini adalah surat resmi yang sangat penting dan memang bisa berdampak pada masa yang akan datang jika tidak diterima. Sedangkan untuk surat yang tidak ada kopnya biasanya bukan surat yang berasal dari perusahaan.

Biasanya berisikan tentang perjanjian antara dua belah pihak yang menyatakan telah menerima barang tertentu. Seperti halnya surat membeli mobil bekas. Nah, mobil bekas ini dibeli dari perorangan da bukan dari sorum mobil seperti mobil yang baru.

Karena itu, dalam surat ini tidak ada yang namanya kop surat. Meskipun demikian, surat ini tetap saja sah karena terdapat tanda tangan dari kedua belah pihak yang setuju telah menyerahkan mobil atau barang kepada pihak kedua. 

Lantas, apa saja si manfaat dari surat tanda terima ini? ternyata ada banyak manfaat yang dimiliki oleh surat ini lho. Mau tahu apa saja manfaatnya? Yuk langsung saja simak selengkapnya di bawah ini:

  • Mencegah Hal-Hal yang Tidak Diinginkan di Masa Depan

Adanya surat tanda terima juga bisa digunakan untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan di masa depan. Misalnya ada tuntutan seperti barang belum diterima atau ada komplain dari pihak kedua. Dengan menunjukkan surat ini maka Anda akan lebih aman. 

  • Digunakan Sebagai Sebuah Bukti yang Konkrit

Surat tanda terima juga bisa dijadikan sebagai bukti yang konkrit atas transaksi yang dilakukan oleh kedua belah pihak. Sehingga kerja sama akan jauh lebih nyaman dan aman. 

Dari macam-macam contoh surat tanda terima di atas menunjukkan bahwa surat tanda terima itu sangat penting keberadaannya. Karena itu, ketika Anda melakukan transaksi seperti yang sudah disebutkan di atas, jangan lupa untuk meminta surat tanda terima.

Baca Juga Contoh Laporan Kegiatan

Tujuannya adalah agar transaksi yang Anda lakukan lebih aman dan menghindari hal-hal yang tidak diinginkan di masa depan. Semoga informasi ini bisa memberikan manfaat. 

READ  9 Contoh Surat Resmi Berbagai Keperluan yang Rekomendasi Untuk Anda

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.