9+ Contoh Berita Acara Rapat, Kejadian, kegiatan, Kehilangan, Serah Terima Dll

Contoh Berita Acara – Berita acara merupakan sebuah bukti legal yang di dalamnya berisi suatu pengesahan atau pernyataan di dalam sebuah acara. Selain itu, berita acara juga bisa dijadikan sebuah bukti legal mengenai peristiwa tertentu, serah terima, transaksi, jual beli, insiden tertentu dan masih banyak lagi yang lainnya.

Fungsi atau tujuan dari berita acara sendiri adalah untuk menjadi bukti legal tertulis atas sebuah transaksi atau peristiwa tertentu.

Membuat berita acara memang gampang-gampang susah mengingat jenis surat satu ini memiliki cakupan yang cukup luas dan digunakan untuk beragam situasi dan kondisi.

Bahkan, seringkali setiap instansi atau perusahaan atau lembaga memiliki patokan sendiri-sendiri di dalam membuat berita acara.

Namun, secara umum pembuatan berita acara harus menggunakan konsep  yang resmi dengan memakai bahasa yang baku. Selain itu, juga harus mengikuti standar yang umum digunakan.

Mengingat berita acara sendiri adalah sejenis surat resmi yang nantinya dijadikan sebagai arsip atau dokumen khusus sebagai bukti jika diperlukan di kemudian hari. Selain itu, juga untuk menghindarkan terjadinya berbagai penipuan dan berita tidak benar.

Banyak orang yang masih bingung mengenai bagaimana sejatinya sebuah berita acara. Nah, untuk memudahkan Anda di dalam belajar, berikut akan diulas mengenai contoh dari berita acara yang baik dan juga benar.

Contoh-contoh yang akan dipaparkan di bawah ini terdiri dari jenis contoh berita acara rapat, serah terima, kejadian, kehilangan, serah terima sebuah pekerjaan, kerusakan barang, acara kehilangan dokumen penting, acara kegiatan sekolah, contoh untuk jenis berita acara pemeriksaan dan masih banyak lagi yang lainnya.

Untuk rinciannya sendiri adalah sebagai berikut.

Contoh Berita Acara Rapat

contoh berita acara rapat

Sebelum menuju ke contoh dari berita acara rapat, sebaiknya dipahami terlebih dahulu apa yang dimaksud dengan berita acara rapat. Berita acara rapat merupakan sebuah catatan serta pernyataan mengenai jalannya agenda rapat yang dilakukan. Berita acara ini mencakup sebuah cacatan resmi mengenai agenda yang dilakukan. Berikut ini adalah contoh dari berita acara rapat yang bisa dijadikan sebagai acuan.

Berita Acara Di Desa Cimanggi Kelurahan Jatisari Kecamatan Majalengka Jawa Barat

Untuk Program Pendampingan

Berhubungan dengan rapat perencanaan agenda perbaikan jalan di desa Cimanggi kelurahan Jatisari Kecamatan Majalengka Jawa Barat yang dilaksanakan pada:

Hari/Tanggal: Minggu, 11 Juni 2018

Waktu: 08.00 – selesai

Lokasi: Balai kelurahan Cimanggi kelurahan Jati Sari Kecamatan Majalengka Jawa Barat

Materi maupun topic yang dibahas serta didiskusikan pada agenda tersebut memiliki beberapa tugas. Baik sebagai unsur dari kepala rapat itu sendiri serta unsur narasumber adalah:

Pimpinan Rapat:

Sekretaris Rapat:

Narasumber:

  • ………………….dari……..
  • ………………….dari……….
  • ………………….dari………

Setelah dilakukan pembahasan serta diskusi mengenai materi dan topik tersebut, berikutnya semua peserta menentukan serta menyetujui berbagai hal yang akan menjadi keputusan akhirnya, yakni sebagai berikut:

………………………………

………………………………

………………………………

……………………………..

Demikian tadi berita acara yang kami buat berdasarkan tanggung jawab sepenuhnya supaya bisa digunakan sebagaimana mestinya.

Cimanggi, 11 Juni 2018

Pimpinan Rapat

…………………….

Sekretaris Rapat

…………………….

Mengetahui,

Lurah Desa Cimanggi

……………………..

Contoh Berita Acara Kejadian

contoh berita acara kejadian

Untuk contoh selanjutnya adalah berita acara kejadian. Berita acara kejadian sendiri merupakan sebuah berita acara yang di dalamnya terdapat susunan dari kejadian tertentu. Pembuatan berita acara kejadian ini bertujuan untuk dijadikan sebagai bukti legal mengenai berlangsungnya sebuah kejadian tertentu. Berita acara kejadian ini umumnya meliputi kejadian tertentu. Berita acara untuk kejadian ini biasanya meliputi berbagai kejadian seperti pencurian, penganiayaan, pemerkosaan dan lain sebagainya. Berikut ini adalah contoh dari berita acara kejadian yang bisa dijadikan sebagai bahan pembelajaran.

 

Berita Acara Kejadian

Nomor: -/III/BIK/05/2017

Pada hari kamis, tepatnya tanggal 21 Maret 2018 pukul 08.00 WIB, Saya

Jabatan…….sesudah menerima laporan mengenai……………………………….selanjutnya membuat sebuah berita acara kejadian sebagaimana berikut ini:

Saya telah mendapatkan laporan dari seseorang:

Pekerjaan: Sebagai penjual bakso

Yang telah melaporkan kejadian bahwa telah terjadi : Perampokan

Saya dengan dibantu oleh:

…………………………telah berupaya menangani kasus tersebut dengan memohon keterangan kemudian memeriksa para korban dan juga pelapor,  Adapun keterangan yang didapatkan adalah sebagai berikut:

a. Korban :

Nama: Suliyati

Umur: 24 Tahun

Alamat: Jl. Cemara No. 45 Malang

b. Pelaku:

Nama: AN

Umur: 30 tahun

Alamat: Perumahan Pondok Cabe No. 11 Sidoarjo

c. Saksi:

Nama: Ahmad Safi

Umur: 36 tahun

Alamat: Jl. Cemara No 34 Malang

  1. Kerugian: uang sebanyak 30 juta rupiah
  2. Barang bukti: KTP, SIM, Pisau
  3. Kronologi kejadian: Suliyati tengah keluar dari bank sesudah ia mengambil sejumlah uang miliknya. Saat ia tengah berjalan menuju ke lokasi halte untuk menunggu kedatangan bis, seorang pria dengan mengenakan motor secara tiba-tiba mengambil tasnya. Lalu Suliyati pun berteriak untuk memohon pertolongan dari orang lain. Akhirnya perampok yang merampas tasnya tersebut berhasil ditangkap.
  4. Tindakan yang diambil: pertama adalah menangkap pelaku dan selanjutnya melaporkan kepada pihak yang berwajib untuk melalui proses persidangan.

Demikian berita acara mengenai pemeriksaan kejadian ini dibuat dengan sesungguhnya tanpa adanya paksaan dari pihak manapun. Berita acara kejadian ini dapat dipertanggung jawabkan kebenarannya. Selanjutnya ditutup dan ditandatangani sesuai dengan tanggal dan juga tempat sebagaimana yang sudah disebutkan di atas.

Pembuat Berita Acara

Ahmad Munawwir

Mengetahui

Susilo

Contoh Berita Acara Kegiatan

kegiatan

Berita acara kegiatan adalah salah satu berita yang di dalamnya berisi rangkaian proses atau catatan tertentu dari sebuah kegiatan. Kegiatan yang dimaksud bisa berupa kegiatan yang sifatnya formal ataupun yang sifatnya informal. Sebagaimana berita acara yang lain, berita acara kegiatan ini tujuannya adalah agar bisa dijadikan sebagai bukti secara legal atas berlangsungnya suatu kegiatan tertentu. Di antara contoh kegiatan yang biasanya dijadikan sebagai berita acara kegiatan adalah diskusi ilmiah, raoat, musyawarah dan lain sebagainya. Adapun contoh dari berita acara kegiatan sendiri adalah sebagai berikut.

Berita Acara Rapat

Dalam rangka penyambutan atas ulang tahun instansi, pada hari ini, tepatnya:

Hari/tanggal: Kamis, 20 Juni 2018

Jam: 10.00 – selesai

Lokasi: Ruang rapat

Telah dilakukan agenda diskusi dan musyawarah bersama yang kebetulan dihadiri oleh beberapa staff dan karyawan perusahaan. Adapun nama-namanya sebagaimana terlampir pada lampiran daftar hadir.

Adapun unsur dari pimpinan rapat serta narasumber nya adalah sebagai berikut:

Pimpinan Rapat: Muhammad Hakim

Sekretaris: Sri Wahyuni

Narasumber: Taufiq

Sesudah dilakukan rangkaian diskusi dan juga musyawarah bersama mengenai sambutan agenda ulang tahun instansi, maka didapatkan beberapa keputusan atau kesepakatan yang disepakati bersama, yakni:

  1. Mengagendakan acara makan bersama yang bertempat di gedung utama perusahaan
  2. Meresmikan adanya beberapa keputusan penting mengenai kebijakan perusahaan
  3. Menyepakati adanya beberapa kerja sama dengan perusahaan yang lain

Demikian berita acara rapat ini dibuat dengan sebenarnya dan disahkan dengan penuh pertanggung jawaban supaya dapat digunakan sebagaimana mestinya.

Jakarta, 10 Maret 2018

Pimpinan Rapat

……………………..

Sekretaris

……………………….

Direktur Utama Perusahaan

……………………..

Contoh Berita Acara Serah Terima

contoh berita acara serah terima
www.slideshare.net

Contoh berita acara selanjutnya adalah berita acara serah terima yang merupakan salah satu jenis berita acara untuk acara serah terima. Serah terima yang dimaksud umumnya adalah untuk serah terima jabatan ataupun tugas. Rangkaian berita acara ini sendiri dimulai sejak proses awalnya hingga berbagai pernyataan serah terima yang dilakukan. Adapun contoh dari berita acara serah terima adalah sebagai berikut.

PT Jaya Abadi
Jl. Melati No. 90 Jakarta 98766
Telp. 082726427328 Fax. 022 7485241 Mobile. 0813327890
Website: www.jayaabadi.com Email: [email protected]

 

READ  13+ Contoh Paragraf Persuasi & Pengertian | Pendidikan, Politik, Iklan, Propaganda

SURAT SERAH TERIMA
No. 80/JAB/PJIE/V/2018

Yang bertanda tangan berikut ini:

Nama : Yanuar Salim
Jabatan : Manager utama PT Jaya Abadi
NIP : 99829482
Alamat : Jl. Pahlawan No. 23 Jakarta Pusat
No. KTP/SIM : 2842884294029402

Telah melakukan proses serah terima jabatan sebagai manager utama PT Jaya Abadi kepada:

Nama : Farah Hilma
Jabatan : Asisten Manager PT Jaya Abadi
NIP : 2248274248
Alamat : Jl. Hasanudin No. 9 Jakarta Utara
No. KTP/SIM : 8392842084024029

Di dalam serat terima tugas ini lantaran manager tengah melakukan tugas khusus di luar kota untuk beberapa bulan ke depan. Adapun berbagai tugas serta administrasi di perusahaan yang dibebankan kepada manager, diserahkan kepada asisten manager. Demikian berita acara ini kami buat sebagai bahan dokumentasi untuk perusahaan.

Dibuat di Jakarta, 20 Juni 2018

Contoh Berita Acara Kehilangan

contoh berita acara kehilangan
www.scribd.com

Berita acara kehilangan adalah jenis berita acara yang di dalamnya mencatat sebuah insiden atau kejadian kehilangan yang sudah didokumentasikan untuk kemudian menjadi sebuah bukti legal sebuah kasus tertentu. Berita acara kehilangan ini sebenarnya adalah untuk dijadikan sebagai bukti kehilangan barang di tempat tertentu serta kesaksian mengenai kehilangan tersebut. Sehingga, proses pengusutan kasusnya pun akan semakin mudah dengan adanya berita acara ini. Adapun contoh dari berita acar kehilangan adalah sebagai berikut.

PT. Cahaya Indah
Jl. Singosari No. 67 Malang
Telp. 089662327328 Fax. 012392637489
=======================================

SURAT BERITA ACARA KEHILANGAN

Berita acara kehilangan ini dibuat tepat pada hari, Senin, 11 Maret 2018 yang berlokasi di Malang oleh:

Nama : Siti Aminah
Jabatan : Akuntan
Departemen : General Manager

Dengan penuh kesadaran menyatakan bahwa telah kehilangan barang yang dimiliki oleh perusahaan dengan perincian sebagaimana berikut ini:

Jenis Barang : Mobil
Merek Barang : Avanza
Plat nomor: N 8769 IL
Nomor aset: 09/HG-JB/IK/09/2015

Yang sudah hilang pada hari Jum’at 9 Maret 2018 di tempat parkit PT Cahaya Indah pada sekitar pukul 10.00 pagi. Demikian berita acara kehilangan ini saya buat dengan sebenar-benarnya dan sejujur-jujurnya tanpa adanya rekayasa ataupun paksaan dari pihak manapun.

Senin, 11 Maret 2018

Yang menyatakan kehilangan

READ  17+ Contoh Surat Tugas Resmi Terbaru, Dinas Guru, Perorangan, Mandat, Siswa dll

Siti Aminah

Contoh Berita Acara Kerusakan Barang

contoh berita acara kerusakan barang
www.scribd.com

Berita cara kerusakan barang merupakan jenis berita acara yang di dalamnya berisi sebuah kejadian kerusakan barang di tempat tertentu. Adanya surat ini bertujuan untuk bukti bahwa kejadian tersebut memang benar-benar ada dan terjadi. Adapun contoh dari berita acara kerusakan barang adalah sebagai berikut.

BERITA ACARA KERUSAKAN PROYEKTOR SD SUKA MAJU MALANG
No. 98/SK/JHK/HUJ-J/VI/2018

 

Pada hari ini, Senin 23 Juni 2018 menerangkan bahwa:

Nama Unit: proyektor

No. Proyektor: 247242984

No. Merk. HS2739284

Telah mengalami kerusakan barang. Dan saat ini adalah beberapa kerusakan yang meliputi baterainya rusak. Adapun penyebab dari kerusakan baterai adalah karena pemakaian yang terlalu lama.

Maka dibuatkan berita acara kerusakan barang pada proyektor perusahaan yang sudah diperiksa oleh bagian staf pemrograman serta KTU. Dan telah diketahui bahwa baterai pada proyektor ini memang mengembang lantaran daya pemakaian yang terlalu berlebihan sehingga ia tidak bisa digunakan kembali. Demikian berita acara kerusakan barang ini kami buat dengan sebenar-benarnya supaya bisa digunakan sebagaimana mestinya.

SD Suka Maju, Senin 23 Juni 2018

Mengetahui

………………..

Diperiksa

……………..

Dibuat oleh

……………..

Contoh Berita Acara Bencana Alam

contoh berita acara bencana alam
merdeka.com

Berita acara bencana alam merupakan berita acara kejadian bencana alam berikut kerusakan yang terjadi akibat bencana tersebut. Di dalam berita acara bencana alam ini juga disebutkan para korbannya. Tujuannya agar bisa menjadi laporan mengenai bagaimana kronologis kejadian dan berbagai dampak atasnya. Adapun contoh dari berita acara bencana alam sendiri adalah sebagai berikut.

 

PEMERINTAH KABUPATEN PONOROGO
Kecamatan Wonokromo
Jl. Mawar No. 45 Ponorogo

=====================================

Nomor:

Sifat:

Lampiran:

Perihal: Laporan Bencana Alam

Kepada:

Yth. Bupati Ponorogo

Di Tempat-

Sehubungan dengan datangnya surat ini kami hendak melaporkan bahwa pada hari ini, Sabtu, 11 Juni 2018 di Kecamatan Wonokromo, Kabupaten Ponorogo telah terjadi sebuah bencana alam berupa tanah longsor yang mengakibatkan puluhan rumah warna rusak tertimbun oleh tanah. Selain itu, juga banyak korban meninggal dunia ataupun luka-luka.

Besar harapan kami kiranya Bapak berkenan untuk membantu meringankan beban yang dialami oleh semua korban.

Demikian berita acara bencana alam ini kami sampaikan dengan sebenar-benarnya. Dan atas perhatian dari Bapak kami sampaikan terima kasih yang sebesar-besanya.

Ponorogo, 11 Juni 2018

Camat Wonokromo

………………..

Tembusan kepada Yth.

  1. Kepala Badan Untuk Penanggulangan bencana Kabupaten Ponorogo
  2. Kepala bagian Dinas Sosial untuk Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Ponorogo

Contoh Berita Acara Jual Beli Tanah

contoh berita acara jual beli tanah
contohsuratmenyurat.blogspot.com

Adapun contoh selanjutnya adlah contoh dari berita acara jual beli tanah. Berita acara jual beli tanah sendiri merupakan sebuah berita acara yang di dalamnya berisi tentang suatu kegiatan transaksi yang dilakukan oleh penjual kepada pembeli. Tujuan dari berita acara jual beli tanah ini adalah untuk bukti bahwa transaksi sudah dilakukan. Berita acara ini amatlah penting khususnya bagi Anda yang melakukan transaksi dalam jumlah yang besar. Berikut adalah contoh dari berita acara jual beli tanah yang bisa dijadikan sebagai bahan rujukan.

Berita Acara Jual Beli Tanah

READ  9+ Contoh Artikel Singkat Bahasa Indonesia Ilmiah, Kesehatan, Pendidikan, Populer

Yang bertanda tangan berikut ini adalah:

Nama: Mustofa

Umur: 40 tahun

Pekerjaan: PNS

Alamat: Jl. Bali no. 34 Blitar

Untuk selanjutnya disebut dengan pihak pertama telah menjual tanahnya yang berlokasi di Jl. Bali dengan ukuran panjang 60 Meter dan lebarnya 56 meter. Adapun luas dari tanah sendiri adalah 1000 M kepada pihak kedua berikut ini:

Nama: Amhad Kafa

Umur: 42 Tahun

Pekerjaan: Swasta

Alamat: Jl. Pramuka No. 11 Kota Blitar

Untuk selanjutnya adalah pihak kedua yang sudah membayar pembelian tanah tersebut secara lunas dengan harga sebesar Rp. 50.000.000 rupiah kepada pihak pertama. Demikian berita acara jual beli ini dan sudah ditanda tangani oleh kedua pihak dan disaksikan pula oleh beberapa saksi.

13 Juni 2018

Pihak 1

………………..

Pihak 2

…………………

Saksi

………………

……………….

Contoh Berita Acara Negoisasi Harga

contoh berita acara negoisasi harga
es.scribd.com

Selanjutnya akan dibahas mengenai berita acara negoisasi harga. Berita acara jenis ini adalah berita acara yang tulisan di dalamnya digunakan untuk negoisasi harga dari pihak produsen kepada pihak konsumen. Tujuan darinya adalah untuk ajang promosi serta membuat kesepakatan dengan kedua belah pihak yang bersangkutan.

PT JAYA SELAMANYA
KECAMATAN SINGOSARI KABUPATEN MALANG
Jl. Bromo No. 13 Nomor 5 Telp. 0958237827382

=====================================

Nomor:

Lampiran:

Perihal: Negoisasi untuk harga bagan material bangunan

Kepada Yth. Direktur PT Adi Jaya

Di tempat-

Kami merupakan salah satu perusahaan yang bergerak di sector konstruksi atau pembangunan. Khususnya untuk proyek skala besar.

Kami memiliki keinginan untuk melakukan sebuah bentuk negoisasi dengan harga bahan bangunan di perusahaan yang kebetulan Anda pimpin sekarang. Lantaran pembelian yang bisa dikatakan dalam jumlah besar, maka kami berharap kita bisa bekerja sama dengan baik dan saling menguntungkan. Atas perhatian dan kerja samanya, kami sampaikan banyak terima kasih.

Demikian berita acara ini dibuat dengan penuh tanggung jawab untuk digunakan sebagaimana mestinya.

Malang, 13 Juni 2018

………………………..

NIP……………

Contoh Berita Acara Pemeriksaan

contoh berita acara pemeriksaan
jejakinvestigator.blogspot.com

Selanjutnya adalah berita acara pemeriksaan yang merupakan sebuah berita acara untuk dijadikan sebuah dokumen bagi seorang petugas yang berwenang kepada tersangka atau pelaku pelanggaran tertentu. Adapun contoh dari berita acara pemeriksaan sendiri adalah sebagai berikut ini.

POLRI KOTA BESAR SURABAYA

SEKTOR KOTA SURABAYA

BERITA ACARA PEMERIKSAAN SAKSI

……Pada hari ini, Senin 10 Maret 2018 di sekitar pukul 16.00, saya……………..sebagai penyidik pembantu di kantor tersebut di atas berdasarkan kepada SK yang dikeluarkan oleh Kapolda Surabaya, sudah menjalankan sebuah pemeriksaan terhadap salah seorang wanita yang tidak dikenal bernama Arnita dengan tempat tanggal lahir di Malang, 11 Mei 1990. Usia 28 tahun. Agama Islam, Kewarganegaraan Indonesia. Pekerjaan PNS. Alamat Jl. Mawar No. 1 Malang. Nomor Hp. 08572328728.

Atas pertanyaan-pertanyaan pemeriksa yang sudah diperiksa telah memberikan keterangan serta jawaban sebagaimana yang dituliskan berikut ini:

1. Apakah pada saat ini saudari sedang dalam keadaaan sehat baik jiwa ataupun raganya? Bersedia diperiksa dan siap memberikan jawaban dengan jujur?

Saya dalam keadaan sehat dan siap untuk memberikan jawaban atas pertanyaan sejujur-jujurnya.

2. Saudari akan dimintai keterangan saudari mengenai perkara pembunuhan, apakah saudari bisa memberikan keterangan saat ini?

Iya, saya berkenan dan siap memberikan keterangan sekarang.

3. Dimana pembunuhan tersebut terjadi?

Pembunuhan tersebut terjadi pada minggu, 9 Maret 2018. Sekitar pukul 15.00 di Jl. Harapan Baru Surabaya.

4. Apakah Anda bisa mengenai oknum yang melakukan kejahatan pembunuhan tersebut?

Saya tidak mengenal orang yang melakukan aksi pembunuhan tersebut. Hanya bisa menyebutkan ciri-cirinya secara sekilas.

5. Bagaimana cara laki-laki tersebut melakukan pembunuhan?

Laki-laki tersebut melakukan pembunuhan dengan menancapkan pisau ke tubuh sang korban hingga berkali-kali.

Demikian berita acara ini ditulis dengan apa adanya tanpa adanya paksaan dari pihak manapun untuk digunakan sebagaimana mestinya.

Penyidik pembantu

………………………….

Demikianlah beberapa ulasan tentang contoh dari berita acara yang benar dan juga baik. Dimulai dari contoh berita acara rapat dan berbagai contoh lain yang relevan.

Baca juga contoh surat tugas

Dengan mengetahui berbagai contoh yang telah disebutkan di atas, dijamin Anda akan semakin mudah dalam membuat berita acara sekaligus menyesuaikan dengan konteks beritanya. Semoga bermanfaat.

1 thought on “9+ Contoh Berita Acara Rapat, Kejadian, kegiatan, Kehilangan, Serah Terima Dll”

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.