Cara Mengajari Anak Mewarnai Hewan dan Memilih Pewarna yang Tepat

Cara mewarnai – Mewarnai adalah salah satu hal yang paling disukai oleh anak-anak. Ya, kegiatan ini sangat menyenangkan karena anak-anak akan berkutat dengan beragam jenis warna. Tentu saja, selain bisa menjadi hiburan dan media belajar, mewarnai juga bisa menjadi sarana untuk membentuk ekspresi anak sejak dini. Oleh karena itu, mengajari anak untuk mewarnai hewan menjadi krusial untuk diajarkan. 

Perlu diketahui, mewarnai beragam jenis hewan menjadi salah satu tema yang sangat menarik untuk diajarkan kepada anak Anda. Tidak hanya membantu mereka berekspresi dengan warna, namun hal ini juga akan mengenalkan mereka tentang beragam jenis hewan, terutama yang hidup di sekitar mereka. Namun, tentu Anda harus bersabar untuk mengajari mereka terbiasa dengan mewarnai.

Mulai Mengajari Anak Mewarnai Hewan

mulai mengajari anak mewarnai hewan
digstraksi.com

Mungkin Anda berpikir bahwa mewarnai adalah hal yang simple dan mudah dilakukan. Namun, ketika Anda harus mengajari anak Anda mewarnai, terutama mewarnai hewan, maka ada beberapa tips dan cara yang harus Anda perhatikan.

Tentu, mengetahui beberapa tips tersebut menjadi penting agar Anda menemukan cara yang efektif untuk membuat anak Anda belajar mewarnai. Nah, adapun beberapa tips tersebut diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Mengajarkan Cara Memegang Pewarna yang Benar

Tidak dimungkiri bahwa anak-anak masih sangat awam dengan pewarna, terutama untuk mereka yang baru mengetahuinya. Oleh karena itu, hal yang paling pertama untuk dilakukan saat Anda sebagai orang tua dan ingin mengajarkan anak Anda tentang mewarnai adalah mengajarkan bagaimana cara memegang pewarna yang benar.

Ya, ini adalah langkah yang sangat penting dan juga mendasar. Tentu, ketika anak memegang pewarna dengan benar, maka ia akan bisa mewarnai dengan lebih baik dan hasilnya pun pasti juga akan lebih indah. Namun, meskipun terlihat simple, perlu ketelatenan dan kesabaran dalam hal ini. Ajari dengan penuh kelembutan dan jangan memarahi jika anak Anda belum terbiasa.

  • Mulai Dengan Gambar yang Sederhana

Sebagaimana disinggung di awal, mewarnai hewan bisa menjadi salah satu cara yang digunakan untuk mengenalkan berbagai jenis hewan kepada anak Anda. Namun, tentu, ketika mengajari mereka mewarnai terutama untuk awal mewarnai, maka ada baiknya jika Anda memilih gambar hewan yang cenderung sederhana untuk dijadikan objek mewarnai.

Pemilihan gambar hewan yang sederhana ini menjadi cukup penting untuk memudahkan anak Anda saat mewarnai. Nah, dalam hal ini, carilah gambar hewan dengan ukuran yang besar dan memiliki lekukan yang cenderung lebih sederhana. Misalnya saja, Anda bisa memilihkan gambar ikan paus untuk diwarnai.

  • Memberikan Kesempatan Anak Memilih Gambar

Tidak ada salahnya jika Anda memberikan kesempatan kepada anak Anda untuk memilih gambar yang ia inginkan dengan tetap mengarahkannya. Sesekali, hal ini menjadi penting agar mereka memiliki motivasi yang baru untuk menyelesaikan tugas mewarnai.

Tentu, dengan memilih gambar sendiri, maka minimal mereka lebih menyukai gambar tersebut dan keinginan mewarnai menjadi lebih besar. Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk membebaskan anak Anda memilih gambar sendiri. Dalam hal ini, bisa saja Anda mengajak anak Anda ke toko buku lalu membiarkan mereka memilih buku mewarnai sesuai dengan keinginan.

  • Ajarkan Anak Mencampur Warna

Hal lain yang perlu diajarkan saat mewarnai hewan –dan juga gambar lainnya, adalah mengajarkan kepada anak Anda tentang mencampur warna. Ya, campuran warna tentu akan memberikan hasil pewarnaan yang cenderung lebih bagus dan lebih menarik. Oleh karenanya, ajarkan anak Anda untuk mencampur warna saat hendak mewarnai gambar yang sudah dipilih.

Kapan anak diajari mencampur aneka warna?

kapan anak diajari mencampur aneka warna
review.bukalapak.com

Dalam hal ini, jika anak Anda mulai bisa mewarnai dengan rapi, maka cobalah untuk mengenalkan kepadanya warna campuran. Dengan unsur pewarnaan yang berbeda, tentu akan timbul rasa penasaran baru yang membuat mereka semakin semangat untuk mewarnai objek yang diinginkan.

  • Hindari Memaksa Anak Untuk Mewarnai

Perlu diketahui bahwa anak-anak cenderung masih labil, terutama untuk mewarnai beragam jenis gambar. Oleh karena itu, saat Anda hendak mengajari mereka mewarnai hewan, maka sebaiknya hindari mereka untuk mewarnai.

Ya, jika mereka sudah kehilangan mood, maka jangan memaksanya untuk menyelesaikan pewarnaan karena hanya akan berdampak buruk di kemudian hari. Namun, tidak ada salahnya jika Anda menggunakan beberapa ide agar anak bisa menyelesaikan tugas mewarnai dengan sempurna.

Misalnya saja, Anda menyiapkan hadiah untuk diberikan kepada mereka ketika gambar hewan yang disediakan sudah berhasil diwarnai. Dengan demikian, meskipun simple, ada motivasi tambahan untuk membuat mereka semangat mewarnai.

Nah, beberapa hal di atas bisa menjadi tips untuk mengajarkan anak Anda mewarnai hewan dan juga aneka gambar lainnya. Terapkan beberapa tips di atas secara berkala dan juga penuh kesabaran hingga nantinya anak Anda terbiasa mewarnai dan bisa menyelesaikan tugasnya dengan baik dan tepat waktu. 

Memilih Pewarna dan Rekomendasi Terbaik

memilih pewarna dan rekomendasi terbaik
review.bukalapak.com

Terkait mewarnai hewan, selain mengajarkan tips mewarnai kepada anak Anda, tentu Anda juga harus menyediakan pewarna yang lengkap dan aman untuk mereka. Perlu diketahui bahwa anak-anak terkadang cukup sensitif, termasuk dengan pewarna.

Pemilihan pewarna yang salah terkadang bisa membuat anak terkena alergi dan beberapa masalah lainnya. Oleh karenanya, sebelum Anda memilih pewarna di toko, maka Anda harus memilih pewarna yang tepat, salah satunya melihat standar mutu produk tersebut.

Tentu, produk pewarna yang baik adalah produk yang sesuai dengan standar mutu dan juga sertifikasi dari otoritas tertentu. Umumnya, ada penanda pada kemasan pewarna yang menginformasikan bahwa produk tersebut sudah sesuai dengan standar.

Nah, dengan memilih produk yang sesuai standard ini, maka Anda akan mendapatkan produk yang berkualitas. Tidak hanya itu, produk juga dipastikan aman dan tidak akan menyebabkan masalah saat digunakan untuk mewarnai.

Selain itu, ada baiknya jika Anda memilih produk pewarna dari merek yang cenderung terkenal. Ya, memilih produk pewarna yang terkenal memang cenderung lebih disarankan karena merek cukup menentukan kualitas. Artinya, apa yang membuat merek tersebut terkenal salah satunya adalah kualitas dari pewarna tersebut.

Untuk memudahkan Anda, ada beberapa rekomendasi crayon yang bisa Anda pilih. Memilih crayon daripada pewarna kayu atau spidol memang bisa menjadi opsi yang tepat. Crayon menyediakan warna yang cenderung lebih lengkap dan juga anak-anak cenderung menyukai crayon. Adapun beberapa rekomendasi crayon terbaik untuk mengajarkan anak Anda mewarnai hewan adalah sebagai berikut:

  • Crayon Greebel

Greebel adalah salah satu rekomendasi crayon terbaik yang bisa Anda pilih untuk anak Anda. Ya, ini adalah produk crayon dengan kualitas premium yang tentu awet dan menghasilkan warna yang begitu istimewa. Selain itu, ada cukup banyak pilihan set warna yang tersedia di pasaran. Untuk anak Anda, bisa saja Anda memilih produk dengan total 36 buah crayon.

Hal lain yang menarik dari produk ini adalah adanya beberapa keunggulan yang mungkin tidak ditemukan pada produk lain. Crayon ini memberikan hasil pewarnaan yang halus dan juga tajam. Selain itu, crayon juga tidak hanya bisa digunakan untuk kertas, namun juga media lain seperti gelas dan kayu.

  • Crayon Faber Castell 

Anda tentu sudah sangat familiar dengan merek yang satu ini, bukan? Faber Castell memang menjadi salah satu merek crayon yang sangat terkenal dan umum dimiliki. Untuk Anda yang ingin mulai mengajarkan anak Anda mewarnai hewan, maka crayon ini bisa menjadi salah satu pilihan yang tepat.

Ada beberapa alasan kenapa Faber Castell menjadi merek crayon yang Anda pilih. Produk crayon ini dibuat dengan bahan yang aman sehingga tidak akan menyebabkan alergi. Tidak hanya itu, setiap stok crayon sudah dilapisi dengan kertas sehingga tidak akan mengotori tangan saat digunakan.

Tentu, crayon merek ini akan menghasilkan warna yang kuat dan juga tajam. Anda bisa memilih produk crayon Faber Castell dengan jumlah isi yang berbeda.

  • Crayon Carandache 

Pilihan lain dari produk crayon yang cocok dan aman untuk anak Anda adalah crayon Carandache. Ini adalah salah satu produk crayon premium dengan kualitas produk yang sangat baik. Crayon ini berasal dari Swiss dan termasuk yang cukup langka di Indonesia.

Nah, apa yang menarik dari crayon ini adalah paduan antara lili dan oil yang tepat. Dengan campuran tersebut, warna yang dihasilkan dari crayon ini tampak sangat luar biasa. Tidak hanya itu, bahkan, produk ini bisa juga digunakan untuk memberikan warna pada kertas yang berwarna hitam sekalipun. Namun, tentu saja, crayon ini memiliki harga yang cenderung mahal.

  • Crayon Graps

Graps menjadi salah satu opsi crayon yang cukup menarik untuk Anda pertimbangkan. Jenis craton pigmented ini berasal dari China dan menjadi salah satu craton cerah yang sangat digemari di pasaran.

Produk ini menggunakan sistem ulir dalam pembuatannya sehingga crayon pun tidak akan mudah patah saat digunakan. Tentu saja, hal ini menjadi alasan tersendiri terutama untuk Anda yang ingin mengajari anak Anda mewarnai. 

  • Crayon Giotto

Opsi lain yang sangat menarik untuk membeli crayon saat ingin mengajari anak Anda mewarnai hewan adalah crayon Giotto. Opsi crayon ini termasuk yang sangat menarik dengan warna yang sangat komplit. Bagaimana tidak, Giotto menyediakan crayon dengan total hingga 82 jenis warna. Tentu, dengan aneka warna tersebut Anda bisa mengajari anak Anda membuat kombinasi beragam jenis warna. 

Keunggulan lain dari produk ini selain warnanya yang banyak adalah crayon terasa sangat lembut ketika digoreskan. Tentu saja, anak Anda tidak akan mengalami kesulitan untuk menggunakannya, terlebih jika ia masih dalam tahap belajar mewarnai.

Baca Juga Mewarnai Kuda Poni

READ  Tips dan Cara Mewarnai Frozen beserta Contoh Gambarnya

Nah, beberapa opsi di atas adalah beragam produk crayon yang bisa menjadi rekomendasi saat Anda ingin membelikan pewarna yang tepat untuk mengajari anak Anda mewarnai. Tentu saja Anda bisa membandingkan beberapa produk tersebut untuk mendapatkan pewarna terbaik sesuai keinginan.

Selain itu, untuk membuat anak Anda terbiasa mewarnai, ada baiknya jika Anda membuat jadwal yang teratur. Misalnya saja, satu hari Anda mengajarkannya tentang mewarnai hewan, lalu di lain hari mewarnai gambar lainnya dengan waktu yang sama dan tepat. Hal ini akan membentuk semacam kebiasaan yang tentu saja nantinya akan cenderung memudahkan mereka meningkatkan skill mewarnai. Semoga bermanfaat. 

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.