Cara Memilih Makanan Kucing Persia dan Anggora

Cara Memilih Makanan Kucing – Kucing merupakan salah satu hewan yang sangat di sayang oleh manusia. Bahkan dahulu Nabi Muhammad SAW pun sangat mencintai kucing peliharaannya. Kini, banyak orang dari berbagai kalangan yang sudah memelihara kucing jenis Persia dan Anggora, karena memang kedua jenis kucing tadi sangat lucu dan menawan.

Nah, untuk menjaga agar kucing tetap sehat salah satunya dengan memperhatikan makanan yang dikonsumsi nya. Selain itu, untuk memelihara kucing jenis Persia dan Anggora ini Anda juga harus memperhatikan kesehatannya. Terutama pada bagian bulu.

Selain itu, bagian bulu kucing juga harus rutin dibersihkan dan dirawat agar tidak mudah rontok. Jika bulu tersebut rontok dan tidak sengaja terhirup oleh manusia bisa menyebabkan flu. Oleh karena itu, jika Anda ingin memelihara kucing jenis Persia di rumah, Anda harus menyediakan segala sesuatunya dengan tepat.

Terlebih lagi, makanan yang dikonsumsi juga harus memiliki gizi yang baik. Perlu Anda ketahui bahwa kucing merupakan hewan karnivora obligat. Oleh karena itu, kucing Anda harus diberi makanan yang berbahan dasar daging atau ikan, sehingga jika Anda akan membeli makanan kucing jangan sampai salah ya!

Sebab, jika ada kesalahan dalam memberi makanan, Bisa terjadi gangguan kesehatan seperti pup yang encer dan sangat bau. Bahkan bisa membuat kucing  tersebut tidak memiliki nafsu makan lagi. Sehingga menyebabkan kucing tersebut sakit lalu mati.

Cara Memilih Makanan Kucing

Berikut tips dan cara memilih makanan kucing Persia dan Anggora.

Memilih Makanan Kucing Persia dan Anggora Berdasarkan Nutrisi

cara memilih makanan kucing persia dan anggora berdasarkan nutrisi
portalmeow.blogspot.com

Saat Anda akan membeli makanan kucing untuk peliharaan kesayangan, Anda harus memperhatikan kandungan yang terdapat di dalamnya. Seperti komposisi misalnya. Berikut ada anjuran cara memilih makanan kucing dan nutrisi yang terbaik untuk kucing kesayangan Anda khususnya jenis Persia dan Anggora.

  • Mengandung taurin
  • Mengandung asam arakidonat (aracihidonic acid)
  • Pada makanan kucing tersebut terdapat kadar magnesium yang rendah
  • Terdapat kandungan lemak yang rendah
  • Memiliki kandungan protein minimal 25%
  • Terdapat PH yang rendah
  • Banyak mengandung vitamin dan mineral seperti vitamin A, B12, Thiamin dan Niachin.
READ  31 Jenis Ikan Hias Air Tawar Paling Digemari dan Cara Perawatannya

Memilih Makanan Berdasarkan Tingkat Usia dan Keadaan

memilih makanan berdasarkan tingkat usia dan keadaan
poskotanews.com

Pada fase tertentu, beberapa kucing memiliki tingkat kebutuhan dan kandungan nutrisi yang berbeda. Begitupun dengan usianya, pasti memiliki selera makan yang bermacam-macam. Untuk mengatasi masalah tersebut, Anda bisa mencoba tips dibawah ini tentang cara memilih makan kucing Persia berdasarkan umur.

  • Anak Kucing (yang memiliki umur kurang dari 1 tahun)

Biasanya, anak kucing yang sudah berumur 3-4 minggu sudah bisa diberi makan makanan. Namun, anak kucing tersebut belum bisa memakan makanan kering siap saji. Oleh karenanya, Anda harus menyuapi para anak kucing tersebut dengan menggunakan pipet tetes.

Selain itu, Anda bisa melatihnya untuk memakan makanan kering dengan cara. Mencampurkan makanan kering dengan sedikit air agar makanan tersebut agak lunak dan bisa dimakan oleh si kucing kecil ini. jika Anda berhasil untuk memberinya seperti ini dengan rutin.

Lama-kelamaan kucing kecil tersebut bisa terbiasa untuk memakan makanan yang telah Anda sediakan sendiri tanpa disuapi lagi. Selamat mencoba!

  • Kucing Dewasa (berumur sekitar lebih dari 1 tahun)

Kali ini makanan yang cocok untuk kucing Anggora yang berumur lebih dari 1 tahun akan mulai dibahas nih. Kucing yang memiliki berat 4-5 kg memerlukan banyak kandungan kalori. Para kucing ini harus memakan makanan kucing dengan kandungan sebanyak 300 kalori per harinya.

Yang perlu Anda perhatikan dalam memilih makanannya adalah makanan yang dijual harus memiliki label balanced. Dengan adanya label tersebut, menandakan bahwa kandungan yang dimiliki sudah sudah memenuhi standar. Yaitu nutrisi yang seimbang bagi si kucing Persia ini.

  • Memilih Makanan untuk Kucing yang Sedang Hamil/Menyusui

Sama halnya dengan ibu hamil, kucing hamil juga memerlukan nutrisi yang lebih. Nutrisi ini harus dipenuhi agar kandungan si kucing menjadi lebih baik. Selain itu, si kucing pun memiliki energi lebih untuk melakukan aktivitasnya.

READ  37 Jenis Hewan Peliharaan Unik, Lucu dan Cara Perawatannya

Untuk kucing yang sedang hamil, alangkah baiknya Anda memilih makanan yang banyak mengandung protein. Biasanya ukuran protein yang ada pada makanan kucing hamil sebanyak 2 kali lipat dari kucing biasa. Apabila kucing Anda sudah melahirkan dan berada pada tahap menyusui, Anda bisa memberinya vitamin tambahan pada induk si kucing.

Sebenarnya, memilih makanan kucing yang seimbang tidaklah sulit. Jika kucing kesayangan Anda mendapatkan makanan yang baik pertumbuhannya pun akan baik pula. Selain itu, dengan mengkonsumsi makanan yang bergizi seimbang emosi kucing juga bisa terkontrol dan pertumbuhan nya  pun akan menjadi lebih stabil.

Makanan Khusus yang Bisa Dimakan oleh Kucing Persia

makanan khusus yang bisa dimakan oleh kucing persia
www.dictio.id

Sebenarnya, semua makanan kucing yang mengandung daging atau pun ikan sudah bagus untuk dikonsumsi. Namun, kandungan nutrisi dan gizinya kurang lengkap. Nah, kini ada solusi untuk memberikan makanan kucing Persia selain dari bahan dasar daging loh.

Yuk, simak di bawah ini mengenai beberapa makanan yang mengandung lemak dan asam amino dan tentu bisa dikonsumsi oleh kucing.

  • Keju

Ternyata bukan hanya manusia saja yang suka mengkonsumsi makanan yang satu ini. kucing jenis Persia juga menyukai keju. Bahkan, ada beberapa kucing Persia yang selalu di kasih makan oleh pemiliknya menggunakan keju.

Selain mudah didapatkan, keju ini juga mengandung protein dan vitamin yang cukup untuk seekor kucing loh. Seperti vitamin B2 dan lain-lain. Jadi, berilah makanan sehat untuk kucing kesayangan Anda agar tidak mudah sakit.

  • Ikan

Ikan merupakan makanan yang sangat digemari oleh jenis hewan karnivora seperti kucing. Kandungan protein dan asam amino yang terdapat dalam ikan sangat membantu dalam proses pertumbuhan kucing.

Namun, jenis kucing Persia jangan terlalu sering diberi makan ikan. Sebab, jika kucing jenis ini diberi makan ikan terlalu sering akan menimbulkan beberapa masalah. Salah satunya adalah kucing bisa terkena kekurangan vitamin E. Jadi, jika memberi ikan sebaiknya 2 kali dalam seminggu.

  • Daging

Hewan karnivora yang satu ini sangat menyukai daging. Bahkan makanan favoritnya adalah daging segar. Daging juga merupakan salah satu makanan kucing terbaik untuk semua jenis kucing. Mulai dari kucing persia, Anggora hingga kucing hutan.

READ  Ciri-Ciri, Jenis, dan Cara Merawat Anjing Mini Pom yang Benar

Biasanya kucing kesayangan Anda akan lebih semangat dan aktif setelah memakan daging atau dalam makanannya dicampur dengan daging. Untuk memudahkan kucing jenis Persia dalam memakannya, iris daging segar hingga membentuk bagian yang kecil-kecil. Lalu hidangkan irisan daging tersebut pada kucing kesayangan Anda.

Nah, daging yang biasanya sangat digemari oleh kucing ini adalah daging kelinci, daging sapi dan daging ayam. Jika Anda ingin memberi makan daging sebaiknya pilih daging yang disukai oleh kucing tersebut agar makannya semakin lahap.

Beberapa Merek Makanan Kucing yang Direkomendasikan

beberapa merek makanan kucing yang direkomendasikan

Selain dengan bahan alami, kucing juga bisa diberi makan dengan makanan siap saji. Seperti makanan kemasan atau makanan yang dibungkus dengan kaleng. Nah, berikut ada beberapa merk makanan kucing siap saji yang bisa Anda beli.

  • Royal Canin

Merek yang satu ini sudah terkenal dengan kualitasnya di seluruh belahan dunia. Bahkan, banyak orang yang sudah membuktikan dengan  memberikan makanan ini kepada kucingnya.

Bahkan beberapa dokter hewan pun menyarankan untuk memberikan makanan kucing dengan merek Royal Canin ini. Sebab, makanan yang satu ini memiliki kandungan nutrisi yang cukup.

  • Pro Plan

Nah, merek Pro Plan ini khusus diberikan untuk kucing yang memiliki tubuh kurus. Jadi, tidak semua kucing bisa memakan makanan jenis ini ya. Sangat tidak lucu kan jika ada kucing Persia kurus? Jadi sebagian dokter hewan menyarankan untuk kucing yang kurus mengkonsumsi makanan jenis ini.

  • Whiskas

Merk makanan kucing yang satu ini pasti sering Anda lihat di TV, karena memang ada cukup banyak iklan tentang merek ini. Jenis makanan ini hampir sama dengan makanan merk Frienkis yang membedakan hanya teksturnya.

Jika merek Frienkis teksturnya lebih kasar, maka Whiskas memiliki tekstur yang lebih lembut. Anda bisa memberi makan kucing kesayangan dengan makanan merk Whiskas ini.

Bagi Anda yang memiliki kucing jenis Persia atau Anggora, Anda bisa memberikan makanan seperti yang sudah tertulis di atas. Selain makanan alami yang bisa diberikan untuk kucing kesayangan, ada juga makanan kucing dengan beberapa merek yang sudah terjamin kualitasnya. Jadi, jangan salah pilih ya!

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.