Tips dan Cara Mewarnai Frozen beserta Contoh Gambarnya

Mewarnai frozen – Dunia anak memang sangat berwarna dan beragam. Tak heran jika banyak sekali imajinasi yang diciptakan oleh anak-anak yang tidak masuk akal orang dewasa. Namun, imajinasi tersebut sangatlah unik dan harus terus dikembangkan.

Hal ini dilakukan agar si anak bisa tumbuh dan berkembang dengan baik dan memiliki pola pikir yang luas. Salah satu cara untuk mendorong anak-anak agar bisa berpikir lebih baik adalah dengan mengajarkan cara mewarnai yang baik dan benar. Misalnya seperti mewarnai Frozen.

Pasti Anda bertanya-tanya mengapa dari sekian banyak gambar harus Frozen yang dipilih? Ya, sebab Frozen merupakan salah satu kartun yang populer dikalangan anak-anak. Selain itu, tingkat kesulitan untuk mewarnai juga lebih tinggi daripada gambar lainnya seperti pegunungan dan lain-lain.

Jadi, saat akan mewarnai anak-anak akan lebih berhati-hati untuk membuatnya lebih rapi. Nah, bagi Anda yang ingin mengerti lebih lanjut mengenai hal ini, yuk simak ulasan selengkapnya di bawah ini.

Tips Mewarnai Frozen

tips mewarnai frozen
www.romadecade.org

Nah, untuk mewarnai gambar Frozen tidak semudah mewarnai gambar lain. Oleh karena terdapat beberapa bagian yang kecil seperti rambut dan pernak-pernik pakaian yang digunakan oleh princess, untuk mewarnainya harus lebih konsentrasi dan teliti. Hal ini dilakukan agar warnanya tidak masuk ke bagian yang lain.

Agar hasil mewarnai semakin rapi dan indah dipandang, Anda harus melakukan beberapa cara atau tips tertentu. Tentu saja terdapat beberapa tips yang bisa Anda lakukan saat akan mewarnai gambar yang satu ini. penasaran apa saja tipsnya? Berikut beberapa tips yang bisa Anda ajarkan pada anak:

  • Pensil yang akan digunakan harus diasah terlebih dahulu

Frozen merupakan sebuah kartun yang memiliki beberapa bagian kecil seperti pada pernak-pernik, rambut dan beberapa bagian baju yang dikenakannya. Oleh karena itu, saat akan mulai mewarnainya Anda harus mengasah pensil warna atau krayon terlebih dahulu. Hal ini bertujuan agar saat mewarnai bisa lebih mudah dan lebih rapi.

Apabila pensil atau krayon tidak diasah dan tumpul maka hasil pewarnaan menjadi tidak rapi serta berantakan. Hasilnya pun tidak memuaskan dan tidak indah dipandang mata. Nah, permasalahan yang kerap muncul ketika sedang mewarnai adalah keluar garis. Untuk mengatasi hal ini, Anda bisa mengasah alat pewarna terlebih dahulu.

Sangat mudah bukan cara mewarnainya? Bukan hanya mengasah alat pewarna saja, Anda juga harus teliti pada saat mewarnai Frozen. Hal ini bertujuan agar hasil mewarnai bisa bagus dilihat dan bisa digunakan untuk contoh anak TK, SD dan PAUD.

  • Warnai bagian yang lebih kecil terlebih dahulu

Dalam mewarnai setiap gambar Frozen yang harus dilakukan adalah mewarnai bagian yang kecil terlebih dahulu. Setelah itu, warnailah bagian yang lebih besar. Hal ini bertujuan agar proses pewarnaan lebih rapi dan bagus dilihat. Apabila Anda mewarnai bagian yang lebih  besar dikhawatirkan bagian yang kecil akan ikut terwarna.

Sehingga semua warna akan menjadi sama dan tidak memiliki corak atau warna lain. Alhasil gambar yang sudah diwarnai akan menjadi berantakan dan tidak menarik. Tips yang satu ini sangat penting dan harus diperhatikan lebih. Hal ini dikarenakan dapat membuat hasil gambar menjadi lebih nyata.

  • Warnai setiap bagian dengan perlahan

Nah, tips selanjutnya agar gambar bisa terlihat lebih bagus dan indah yaitu mewarnai dengan cara perlahan dan sedikit demi sedikit. Pasalnya, mewarnai gambar apapun termasuk kartun Frozen akan membuat tingkat konsentrasi Anda lebih terasah. Dalam proses mewarnai Anda harus lebih bersabar dan penuh perasaan.

Apabila Anda tidak sabaran dan ingin cepat selesai, maka hasil dari pewarnaan tersebut akan kurang rapi dan tidak indah saat dipandang. Banyak sekali permasalahan yang kerap muncul apabila mewarnai dengan cepat dan tidak sabar. Salah satunya yaitu warna yang keluar dari garis dan membuat warna tidak rata.

Sebaliknya, apabila Anda mewarnai dengan penuh perasaan dan sabar maka hasilnya tentu saja akan memuaskan. Oleh karena itu, sangat dianjurkan untuk mewarnai dengan perlahan dan sedikit demi sedikit. Jangan pernah tergesa-gesa dalam mewarnai apalagi saat mewarnai gambar Frozen.

Hal ini dikarenakan, gambar Frozen ini memiliki beberapa bagian yang kecil seperti pada pernak-pernik dan lain-lain. Biasanya pernak-pernik tersebut letaknya pada busana yang dikenakan oleh ratu Elsa dan putri Ana. 

Pada dasarnya mewarnai sebuah gambar sangatlah mudah. Namun, dibutuhkan ketelitian dan kesabaran yang ekstra agar hasilnya memuaskan. Tentunya Anda akan merasa bahagia bukan jika gambar yang dihasilkan memiliki tampilan yang menarik dan indah? Nah, untuk itu, lakukan yang terbaik pada saat mewarnai gambar apapun mulai dari sekarang.

  • Tebalkan garis setelah selesai mewarnai

Hal yang biasa terjadi setelah selesai mewarnai adalah garis gambar yang semakin memudar. Nah, memudarnya garis tersebut akan menjadikan gambar tidak enak dipandang dan nilai keindahannya berkurang.

Oleh karena itu, poin yang satu ini sangat penting untuk dilakukan yaitu menebalkan garis saat selesai mewarnai. Nah, dalam proses menebalkan juga terdapat tekniknya tersendiri yaitu dengan cara perlahan dan hati-hati. Anda harus bisa menebalkan garis sesuai dengan garis pada gambar yang hampir pudar tersebut.

Jangan sampai Anda salah garis dan mencoret bagian gambar yang lain. Hal ini akan secara otomatis menghancurkan hasil karya yang sudah dibuat.

  • Tambahkan glitter pada gambar

Glitter merupakan sebuah manik-manik yang biasanya digunakan untuk mempercantik lukisan atau gambar yang telah dibuat. Terdapat banyak sekali warna glitter yang bisa Anda gunakan lho.

Mulai dari warna gelap hingga terang. Selain itu, glitter juga kerap digunakan oleh anak-anak pada saat lomba mewarnai. Pasalnya dengan menggunakan glitter ini, hasil gambar yang sudah dibuat akan menjadi lebih cantik dan menarik. Tak heran jika glitter merupakan salah satu komponen penting dalam proses melukis atau mewarnai.

Mengingat jika Frozen adalah gambar yang mengangkat tema putri kerajaan, penggunaan glitter sangat cocok untuk gambar ini. Glitter ini akan menambah keagungan sang putri. Cara menggunakan glitter sangat mudah dan semua orang pasti bisa melakukannya.

Ya, hanya dengan cukup keluarkan glitter secara perlahan lalu tempelkan atau oleskan secara perlahan pada garis yang ingin diberi glitter. Setelah itu, tunggu hingga glitter mengering. Bagaimana, sangat mudah bukan cara penggunaannya? Nah, untuk penggunaan glitter pada gambar Frozen, Anda bisa menambahkannya di area gaun ratu Elsa dan putri Ana. Hal ini akan membuat gaun mereka terlihat lebih megah.

Gambar Mewarnai Frozen

gambar mewarnai frozen
www.romadecade.org

Nah, biasanya dalam gambar mewarnai Frozen terdapat beberapa background atau latar belakang. Oleh karena kartun ini bercerita tentang ratu yang memiliki kekuatan es atau salju, kebanyakan latar belakangnya adalah salju. Namun, ada juga yang berlatar belakang laut, kerajaan dan lain-lain.

Nah, dalam mewarnai latar belakang Anda harus lebih teliti. Ya, teliti dalam hal warna, Anda tidak boleh mewarnai menggunakan warna yang sama seperti busana yang dikenakan oleh tokoh. Hal ini bertujuan agar hasil dari pewarnaan tersebut bisa lebih menarik dan indah.

Selain itu, dalam mewarnai latar belakang juga harus dengan perlahan, agar warna yang dimasukkan bisa merata dan rapi. Cara mewarnainya hampir sama dengan cara mewarnai tokoh kartun yang lain. Namun, mewarnai latar belakang tidak serumit itu. Hanya saja Anda harus tetap hati-hati dan teliti.

Sebab, pada latar belakang akan terdapat butiran salju atau pohon yang harus diwarnai dengan benar. Apabila Anda dapat melakukan pewarnaan dengan baik dan benar maka hasilnya akan memuaskan. Nah, dalam mewarnai setiap tokoh, tentu saja Anda harus mengenal dan mengetahui karakter dari setiap tokohnya terlebih dahulu.

Agar saat mewarnai Anda bisa memberikan warna yang pas dan cocok dengan karakter tokoh tersebut. Bagi Anda yang penasaran dan ingin mengetahui setiap karakter tokoh Frozen, diantaranya sebagai berikut:

  • Anna

anna

Putri Anna merupakan adik dari ratu Elsa. Anna merupakan sosok yang pemberani dan sering kali bertindak sesuka hati tanpa memikirkan akibatnya. Karakternya sangat kuat dengan sifat optimis yang ada pada dirinya dan Anna juga merupakan sosok yang penyayang. Hal ini terbukti bahwa keinginannya yang ingin kembali dekat dengan sang kakak.

Ya, Elsa yang merupakan kakak dari Anna dan dia pula yang menyebabkan kerajaan Arendelle mengalami musim dingin abadi. Pasalnya pada saat bermain dengan sang adik ia tidak sengaja melepaskan kekuatan sihir rahasianya. Hal ini menyebabkan musim dingin abadi pada negerinya tersebut.

Dengan penuh keberanian Anna memiliki tekad yang kuat untuk menyelamatkan keluarga dan kerajaan dari sihir tersebut. Biasanya anak-anak yang menyukai karakter Anna ini karena karakter tersebut memiliki sifat pemberani, penyayang dan juga sifat penuh optimis serta pantang menyerah dalam menggapai suatu hal.

Contohnya saja Anna berusaha mati-matian untuk bisa menemukan Elsa yang berhasil pergi dari kerajaan. Pada saat itu, Anna sangat yakin bahwa dirinya dapat membawa pulang sang kakak. Selain memiliki sifat atau karakter yang baik dan patut di contoh, dibalik itu semua terdapat sifat buruk Anna yang tidak boleh di contoh oleh anak.

Sifat tersebut adalah mengambil keputusan tanpa mempertimbangkan baik buruknya atau akibatnya. Dengan mengetahui beberapa sifat dari tokoh Anna, Anda dapat memberikan warna pada gambar yang sesuai dengan karakternya. Sehingga hasil pewarnaan tersebut akan terlihat seperti kenyataan.

  • Elsa

elsa

Nah, sosok yang satu ini memiliki sifat anggun dan pendiam. Namun, dibalik semua itu, Elsa memiliki ketakutan dalam dirinya. Hal ini dikarenakan Elsa memiliki kekuatan sihir yang dahsyat yaitu dapat membuat es dan salju. Ia selalu dihantui dengan ketakutan dimana pada saat itu Elsa pernah hampir membunuh sang adik.

Kejadian tersebut membuat Elsa semakin terpuruk dan tidak ingin bertemu siapapun. Selain itu, Elsa juga mengisolasi diri dan menghabiskan waktunya untuk menahan kekuatan yang dimilikinya. Ia harus bertahan dan mengendalikan kekuatan yang semakin besar. Selain pendiam, tokoh ini juga memiliki sifat pemalu dan tertutup.

Dengan mengetahui karakter dari tokoh Elsa ini, warna yang bagus untuk digunakan adalah beberapa warna yang anggun. Hindari beberapa warna mencolok dan kurang pas seperti warna hitam, coklat dan lain-lain.

  • Kristoff

kristoff
colornimbus.com

 

READ  Mewarnai Bunga: Definisi, Manfaat, Tips dan Tekniknya

Tokoh Frozen yang satu ini terkenal dengan wataknya yang pemberani dan memiliki prinsip hidup. Sosok ini juga merupakan sosok yang pekerja keras. Hal ini bisa dibuktikan bahwa sejak kecil ia selalu mendapatkan uang dengan cara berjualan es ke kerajaan Arendelle.

Kristof ini memiliki teman sejati berupa seekor rusa yang diberi nama Sven. Banyak sekali anak-anak yang menyukai tokoh ini. Biasanya, anak yang menyukai karakter kristoff adalah anak yang pendiam, setia dan juga sederhana. Setelah mengetahui hal ini, Anda dapat memberikan warna yang sesuai dengan karakter tokohnya.

Sangat mudah bukan memberikan warna sesuai dengan karakter?. Caranya yaitu dengan mengetahui karakternya terlebih dahulu kemudian berikan warna yang pas. Dengan demikian, karakter tersebut akan terlihat lebih hidup pada saat selesai mewarnai. Hasilnya pun akan lebih memuaskan.

  • Sven

sven

Tokoh yang satu ini merupakan hewan peliharaan kristoff. Bisa juga disebut dengan sahabat sejatinya. Hal ini dikarenakan tokoh sven selalu mendampingi dan menemani kristoff sejak kecil. Hingga dewasa ia selalu bersama. Bahkan pada saat menolong putri Anna tokoh ini juga ikut dengan kristoff untuk membantunya.

Meski hanya hewan, tokoh ini sangat digemari anak-anak lho. Banyak sekali anak yang menyukai hewan yang satu ini. hal ini dikarenakan sifat baik dan penolongnya, selain itu bentuknya yang lucu membuat anak menjadi lebih tertarik dengan tokoh hewan ini.

Biasanya warna yang cocok digunakan untuk mewarnai hewan ini adalah warna coklat muda, hitam atau abu-abu. Meski hanya seekor rusa, hewan ini juga memiliki bagian sulit untuk diwarnai seperti pada bagian tanduk, mata dan baju yang dikenakan. Jadi, Anda harus teliti dan hati-hati pada saat mewarnainya.

  • Olaf

olaf

Nah, tokoh ini dibuat menggunakan kekuatan yang dimiliki Elsa. Pada masa kecilnya, Anna sangat menyukai manusia salju. Kemudian, Elsa pun membuatkannya untuk sang adik. Dikala dewasa, manusia salju tersebut benar-benar ada dan hidup. Dengan adanya kekuatan Elsa, manusia salju ini mampu bertahan hidup pada kondisi apapun.

Tokoh ini memiliki sifat ceria, penghibur dan penolong. Karakter ini membuat film Frozen menjadi lebih berwarna. Nah, warna yang cocok digunakan untuk  mewarnainya adalah putih, hitam dan orange. Meski sebagian warna yang digunakan adalah putih, namun Anda juga dapat memberikan warna lain untuk kombinasi.

READ  Sejarah dan Cara Mewarnai Doraemon Agar Terlihat Lebih Menarik

Karya Mewarnai Frozen

karya mewarnai frozen
www.romadecade.org

Berdasarkan karya yang sudah dibuat sebelumnya, biasanya gaun ratu Elsa diberi warna biru muda. Hal ini dikarenakan Elsa memiliki kekuatan salju dan memiliki watak yang anggun serta pendiam. Warna tersebut sangat cocok untuknya. Pada bagian latar tempatnya yaitu istana, juga bisa diberi warna biru.

Hanya saja warna biru yang digunakan untuk mewarnai istana lebih gelap. Sedangkan untuk putri Anna warna gaunnya diberi warna hitam. Pada bagian bawah gaun bisa diberi warna hijau tua kelumutan. Apabila Anna menggunakan kerudung, biasanya kerudung tersebut diberi warna ungu. Anda juga bisa menggunakan warna lain. Hanya saja warna yang dicontohkan dari karya ini lebih terlihat sama dengan kartun atau filmnya.

Baca Juga Fenomena Gambar Pelangi

Frozen merupakan salah satu kartun yang saat ini sedang naik daun dan sangat populer di kalangan anak-anak. Tak heran jika kartun ini menjadi salah satu gambar yang kerap dijumpai dimanapun. Misalnya seperti di baju anak, toko dan beberapa furniture anak. Nah, hal ini bisa Anda jadikan untuk mengasah pola pikir anak.

Tentunya juga bisa untuk memicu tumbuh kembang anak. Seperti yang sudah dijelaskan di atas bahwa dengan mengajarkan anak untuk mewarnai Frozen maka akan melatih ketelitian anak. Jadi, lakukanlah yang terbaik untuk anak dan ajarkan hal yang baru untuk memicu tumbuh kembangnya.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.